Kelebihan dan Kekurangan PC All In One Beserta Pengertiannya

Diposting pada

Kelebihan dan Kekurangan PC All In One Beserta Pengertiannya – Setiap orang tentunya kebingungan ketika ingin membeli sebuah komputer atau membeli laptop. Untuk komputer (PC) biasanya memiliki body atau bentuk yang besar sehingga membutuhkan tempat yang lega dan tidak dapat dibawa kemana mana. Sedangkan laptop memiliki body yang simple dan efisien sehingga lebih mudah di bawa kemana mana. Tetapi jika ditinjau dari segi performa, komputerlah yang lebih baik daripada performa laptop. Meskipun sebenarnya laptop memiliki kelebihannya sendiri yaitu tidak memerlukan desktop atau layar besar. Komputer tersebut telah dikembangkan menjadi PC All In One yang memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Apa saja kelebihan PC All In One dan kekurangan PC All In One?

Para produsen komputer terus mengembangkan perpaduan komputer dengan laptop sampai pada akhirnya terciptalah PC All In One ini. Komponen dan bentuknya merupakan perpaduan dari konsep pembuatan laptop dan komputer dekstop. Banyak orang yang belum mengetahui apa itu PC All In One. Padahal PC ini telah lama hadir dalam lingkup masyarakat meskipun tidak dapat mengalahkan ketenaran notebook. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang kelebihan PC All In One dan kekurangan PC All In One beserta pengertiannya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan PC All In One Beserta Pengertiannya

Pada dasarnya sebuah komputer dekstop tersusun oleh tiga bagian penting yaitu mesin dekstop utama (RAM, VGA, CPU, Motherboard, dan lain lain), layar monitor dan Input device (mouse dan keyboard). Bagian bagian komputer desktop ini saling terpisah satu sama lain. Tetapi untuk menggunakannya biasanya dihubungkan dengan kabel atau melalui wireless. Contohnya mouse dan keyboard. Namun sekarang telah tercipta PC All In One yang lebih sederhana dan efisien. Meski begitu komputer ini tetap memiliki kelebihan PC All In One dan kekurangan Pc All In One.

Kelebihan dan Kekurangan PC All In One Beserta Pengertiannya
Kelebihan dan Kekurangan PC All In One Beserta Pengertiannya

PC All In One memang dirancang menjadi lebih ringkas daripada komputer dekstop. Dalam PC All In One, komponen komponen utamanya dijadikan menjadi satu dalam casing monitornya. Sekumpulan komponen ini terletak di bagian belakang layarnya. PC ini dirancang sedemikian rupa sehingga lebih praktis, kecil, dan lebih portabel tanpa mengurangi performa kerja pada komputer tersebut. Meski bentuknya lebih praktis, anda juga harus memperhatikan kelebihan PC All In One dan kekurangan Pc All In One terlebih dahulu sebelum membelinya.

Baca juga: 4 Cara Mematikan Timer AC Panasonic Dengan Mudah

Komputer desktop jaman dulu biasanya menggunakan layar yang bentuknya cembung. Tetapi untuk PC All In One ini memiliki layar yang bentuknya flat. Bahkan sekarang telah tercipta komputer All In One dengan mesin dan spesifikasi yang tinggi, meskipun bentuk layarnya lebih tipis. Selain itu komputer ini juga memiliki tambahan fitur lainnya seperti operasi touchscreen sehingga kita tidak harus menggunakan mouse ataupun keyboard dalam pengoperasiannya. Nah dibawah ini terdapat penjelasan lengkap mengenai kelebihan PC All In One dan kekurangan PC All In One.

Kelebihan PC All In One

PC All In One memiliki desain yang hampir sama dengan komputer dekstop karena penggunaannya memang ditujukan untuk kepentingan kantor, aktivitas sehari hari yang berat serta untuk kepentingan di rumah. Namun PC All In One ini memiliki kelebihannya sendiri jika dibandingkan dengan laptop ataupun komputer dekstop. Berikut beberapa kelebihan PC All In One yaitu:

Hemat Ruang dan Lebih Praktis
Kelebihan PC All In One yang pertama ialah hemat ruang dan lebih praktis. Komputer ini memiliki komponen yang disatukan menjadi sebuah bentuk praktis sehingga tidak terlalu membutuhkan ruang dalam peletakannya.

Konfigurasi Kabelnya Tidak Banyak
Kelebihan PC All In One selanjutnya ialah konfigurasi kabelnya tidak banyak. Komputer ini memang dikemas menjadi satu sehingga semua komponennya terdapat dibagian belakang layar. Dengan begitu hampir tidak ada konfigurasi kabel yang banyak seperti pada komputer dekstop. Dengan kata lain PC All In One ini tinggal dipakai saja tanpa harus repot dalam menghubungkan komponen komponen kabelnya.

Lebih Modern
Kelebihan PC All In One selanjutnya ialah lebih modern. Para produsen komputer memang membuat inovasi terbaru berupa PC All In One. Inovasi ini memiliki model yang baru dan modern jika dibandingkan dengan komputer mini PC, PC dekstop ataupun PC rakitan.

Bagus Untuk Kegiatan Multimedia
Kelebihan PC All In One selanjutnya ialah bagus untuk kegiatan multimedia. PC ini cocok untuk kegiatan multimedia karena bentuk layarnya besar dan kualitas suara pada speakernya juga bagus dan jernih. Maka dari itu PC ini cocok anda gunakan untuk mendengarkan musik, menonton film dan lain sebagainya.

Kekurangan PC All In One

Selain kelebihan adapula kekurangan PC All In One. Dibawah ini terdapat beberappa kekurangan dari PC All In One beserta penjelasannya:

Susah di Upgrade (Diperbarui dan Ditingkatkan)
Kekurangan PC All In One yang pertama ialah susah untuk di upgrade. Komputer ini susah diperbarui dan ditingkatkan karena semua komponennya terintegrasi menjadi satu. Maka dari itu terdapat kesulitan bahkan tidak dapat mengupgrade hardwarenya. Kemungkinan hardware yang dapat diperbarui dan ditingkatkan hanya RAM dan Harddisk (HDD) saja. Sedangkan komponen lainnya tidak bisa.

Sulit Diperbaiki
Kekurangan PC All In One selanjutnya ialah sulit untuk diperbaiki. Apabila komputer ini rusak maka akan kesulitan dalam hal memperbaikinya. Karena semua komponen harus dibongkar satu persatu. Jika salah satu komponen rusak maka akan menimbulkan kerusakan pada komponen lainnya. Bebeda dengan kerusakan pada PC desktop atau PC rakitan, maka kita tinggal memperbaiki komponen yang rusak saja tanpa harus membongkar semua komponennya.

Hardware Gampang Panas
Kekurangan PC All In One selanjutnya ialah hardware gampang panas. Ketika komputer anda gunakan untuk main game dalam waktu yang lama biasanya akan lebih mudah panas pada bagian hardwarenya. Hal ini dapat terjadi karena bagian dalam komputerya tidak memiliki ruang yang luas untuk komponen komponen tersebut. Maka dari itu sistem pendinginan dan sirkulasi udaranya menjadi kurang baik.

Harganya Lebih Mahal
Kekurangan PC All In One selanjutnya ialah harganya lebih mahal. PC All In One ini dikemas dalam bentuk yang praktis dan modern. Hal ini membuat harganya menjadi lebih mahal daripada komputer lainnya.

Sekian penjelasan mengenai kelebihan PC All In One dan kekurangan PC All In One beserta pengertiannya. PC All In One ialah komputer yang semua komponennya dirancang menjadi satu dan diletakkan dibagian belakang layarnya. Setelah mengetahui berabgai kelebihan dan kekurangan pc all in one apakah anda tertarik membelinya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *