Macam Macam Bioma Lengkap Dengan Ciri Cirinya

Diposting pada

Macam Macam Bioma Lengkap Dengan Ciri Cirinya – Bioma memiliki pengertian yaitu ekosistem yang terdapat pada daerah luas dalam lingkup besar seperti flora dan fauna khas. Bioma tersebut berasal dari perbedaan letak astronomis dan geografis sehingga membentuk sebuah ekosistem yang besar. Bioma tersusun oleh produsen, dekomposer (pengurai) dan konsumen yang kemudian membentuk sebuah siklus tertentu yang berawal dari tumbuhan. Bagaimana ciri ciri bioma tersebut? Apa saja macam macam bioma?

Jenis jenis bioma dan ciri ciri bioma

Bioma memiliki ciri utama yaiu mendominasi sebuah wilayah dengan vegetasi tertentu sehingga mempengaruhi keadaan iklim regionalnya. Dengan begitu vegetasi tumbuhan yang terdapat dalam masing masing bioma terlihat jelas. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang macam macam bioma lengkap dengan ciri ciri biomanya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Macam Macam Bioma Lengkap Dengan Ciri Cirinya

Sebelum menjelaskan tentang macam macam bioma. Saya akan membagikan beberapa ciri ciri bioma secara umum terlebih dahulu. Berikut beberapa ciri umum dari bioma yaitu:
  • Unsur unsur lingkungan dalam suatu daerah saling berinteraksi seperti tanah, air, organisme, maupun iklim.
  • Membentuk komunitas klimaks (sekumpulan berbagai jenis populasi) yang digunakan untuk tanda bahwa daerah tersebut terdominasi oleh vegetasi utama.
  • Memiliki komunitas yang stabil.
  • Mudah dikenali melalui adanya dominasi vegetasi.
  • Memiliki nama bioma yang berdasar pada dominasi vegetasinya.

Macam Macam Bioma

Bioma di dunia dapat dibagi menjadi beberapa macam seperti bioma gurun, padang rumput, sabana, hutan tropis, hutam musim, dan sebagainya. Berikut penjelasan tentang macam macam bioma beserta ciri ciri biomanya yaitu:
Bioma Gurun dan Setengah Gurun
Macam bioma yang pertama ialah bioma gurun dan setengah gurun. Bioma ini sering ditemukan di Asia Barat, Amerika Utara, Australia dan Afrika Utara. Adapun ciri ciri bioma gurun dan setengah gurung yaitu meliputi:
  • Rendahnya curah hujan sekitar ±25 cm/tahun.
  • Penguapan airnya lebih cepat daripada kecepatan presipitasinya.
  • Memiliki kelembapan udara yang cukup rendah.
  • Tingginya perbedaan suhu siang hari dan malam hari yaitu 45°C untuk siang hari dan 0°C untuk malam hari.
  • Memiliki tanah yang tandus karena sulit menyimpan air.
Macam bioma ini ditinggali oleh beberapa jenis flora dan fauna. Jenis flora dan fauna tersebut memiliki karakteristik yang sesuai dengan ciri ciri bioma gurun dan setengah gurun di atas. Adapun jenis flora yang hidup dalam bioma tersebut misalnya tumbuhan serofit (tumbuhan yang hidup dalam daerah kering). Sedangkan jenis faunanya meliputi unta (hewan yang mampu menyimpan cadangan air didalam tubuhnya) dan hewan kecil (kadal, semut, ular, dan tikus). Biasanya hewan hewan kecil tersebut tidur didalam lubangnya ketika siang hari dan beraktifitas pada malam hari.
Bioma Padang Rumput
Macam bioma selanjutnya ialah bioma padang rumput. Penjabaran dari bioma padang rumput berawal dari daerah tropis hingga daerah yang iklimnya sedang. Misalnya Asia Tengah, Australia, Rusia Selatan, Amerika Selatan, dan Hongaria. Adapun ciri ciri bioma padang rumput yaitu:
  • Memiliki curah hujan sekitar 25 sampai 50 cm/tahun, namun adapula yang mencapai 100 cm/tahun di beberapa padang rumput.
  • Curah hujannya tidak teratur dan relatif rendah.
  • Hujan turun secara tidak teratur sehingga drainase dan porositasnya kurang baik. Maka dari itu tumbuhan disekitarnya sulit untuk mengangkut air.

Baca juga : Pengertian Sistem Informasi Geografis Beserta Komponennya

Macam bioma ini ditinggali oleh beberapa jenis flora dan fauna. Jenis flora dan fauna tersebut memiliki karakteristik yang sesuai dengan ciri ciri bioma padang rumput di atas. Adapun jenis flora yang hidup dalam bioma tersebut misalnya rumput. Sedangkan untuk jenis faunanya seperti singa, cheetah, bison dan kuda liar (Amerika), serigala, angjing liar, Kanguru dan domba (Australia), serta jerapah dan gajah (Afrika).
Bioma Sabana
Macam bioma selanjutnya ialah bioma sabana. Bioma sabana ialah padang rumput yang didalamnya terdapat beberapa sekumpulan pohon. Bioma ini dapat dibagi menjadi dua jenis berdasarkan penyusun tumbuhannya yaitu :
  • Sabana murni ialah jenis sabana yang disusun oleh satu jenis tumbuhan pohon saja.
  • Sabana campuran ialah jenis sabana disusun oleh berbagai jenis tumbuhan pohon yang bercampur menjadi satu.
Bioma Hutan Tropis
Macam bioma selanjutnya ialah bioma hutan tropis. Bioma hutan tropis ialah jenis bioma yang mempunyai hewan dan tumbuhan yang beranekaragam. Contohnya di daerah Asia Tenggara, Papua Nugini, sungai Amazone Orinaco, lembah Kongo Afrika dan Amerika Serikat. Adapun ciri ciri bioma hutan tropis yaitu:
  • Memiliki curah hujan yang sepanjang tahun merata dan tinggi sekitar 220 – 225 cm/tahun.
  • Sepanjang tahun matahari selalu bersinar.
  • Perubahan suhu setiap bulan relatif kecil.
  • Suhu siang hari dan malam hari tidak mengalami perubahan yang signifikan.
Macam bioma ini ditinggali oleh beberapa jenis flora dan fauna. Jenis flora dan fauna tersebut memiliki karakteristik yang sesuai dengan ciri ciri bioma hutan tropis di atas. Adapun jenis flora yang hidup dalam bioma tersebut misalnya pohon jati, pohon pinus, tanaman eukaliptus, pohon nipa pidada dan sebagainya. Sedangkan untuk jenis faunanya seperti kucing hutan, burung hantu, macam tutul, dan babi hutan.
Bioma Hutan Musim
Macam bioma selanjutnya ialah bioma hutan musim. Adapun ciri ciri bioma hutan musin yaitu meliputi :
  • Tumbuhannya mampu beradaptasi dengan daerah kering (tumbuhan tripofit).
  • Memiliki daun meranggas ketika musin kemarau.
  • Memiliki daun yang lebat ketika musim hujan.
  • Memiliki nama sesuai dominasi tumbuhan didalamnya. Contohnya hutan angsana dan hutan jati.
Macam bioma ini ditinggali oleh beberapa jenis flora dan fauna. Jenis flora dan fauna tersebut memiliki karakteristik yang sesuai dengan ciri ciri bioma hutan musim di atas. Bioma ini banyak ditemukan di Indonesia sekitar wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Selain itu juga sering ditemukan jenis fauna seperti harimau, rusa, dan babi hutan.
Bioma Hutan Lumut
Macam bioma selanjutnya ialah bioma hutan lumut. Hutan lumut biasanya berada pada wilayah yang ketinggiannya di atas batas kondensasi uap air seperti pegunungan atau lereng gunung. Bioma ini dinamakan hutan lumut karena tumbuhan lumut mendominasi vegetasi didalamnya. Tumbuhan lumut tersebut menutupi hampir semua komponen hutan seperti tanah, bebatuan dan batang pohon kayunya. Hutan lumut memiliki suhu rendah dengan kelembaban yang tinggi karena hampir sepanjang hari terjadi hujan sehingga secara terus menerus embun selalu muncul.

Bioma Hutan Gugur
Macam bioma selanjutnya ialah bioma hutan gugur. Bioma ini banyak ditemukan di Chili, Amerika Serikat, Asia Timur dan Eropa Barat. Hutan gugur mempunyai ciri khas yakni daun tumbuhannya akan meranggas ketika musim dingin. Selain itu adapula ciri ciri bioma hutan gugur lainnya yang meliputi:

  • Memiliki curah hujan sepanjang tahun sekitar 75 sampai 100 cm/tahun secara merata.
  • Memiliki empat musim yaitu musim semi, panas, gugur dan musim dingin.
  • Jenis tumbuhannya lebih sedikit dibandingkan jenis tumbuhan pada hutan tropis.

Baca juga : Pengertian Teori Geosentris, Heliosentris, dan Antroposentris

Bioma Hutan Homogen (Hutan Taiga)
Macam bioma selanjutnya ialah bioma hutan homogen atau hutan taiga. Jenis bioma ini banyak ditemukan di antara daerah kutub dengan daerah sub tropika. Misalnya Kanada, Rusia, Alaska, Skandinavia, dan Siberia. Adapun ciri ciri bioma hutan homogen yaitu:
  • Suhu pada musim dingin dan msim panas memiliki perbedaan yang cukup tinggi. Ketika musim dingin suhunya menjadi rendah, sedangkan ketika musim panas suhunya menjadi tinggi.
  • Ketika musim panas tiba, tanamannya mengalami pertumbuhan selama 3 – 6 bulan.
Macam bioma ini ditinggali oleh beberapa jenis flora dan fauna. Jenis flora dan fauna tersebut memiliki karakteristik yang sesuai dengan ciri ciri bioma hutan taiga di atas. Adapun jenis flora yang hidup dalam bioma tersebut misalnya Pinus Merkusii, pohon konifer dan jenis pohon berdaun jarum lainnya. Bioma ini hampir didominasi oleh pohon konifer, keragaman jenis tumbuhannya rendah, dan vegetasinya hampir seragam, serta sepanjang tahun tumbuhannya selalu hijau meski suhu pada musim dingin rendah. Kemudian untuk jenis fauna yang hidup di dalam bioma ini seperti tupai, mamalia kecil, serigala, beruang hitam, dan burung burung migrasi.
Bioma Hutan Tundra
Macam bioma selanjutnya ialah bioma hutan tundra. Bioma ini memiliki iklim kutub karena banyak ditemukan di daerah Kutub Utara. Tundra sendiri memiliki arti yaitu dataran tanpa pohon. Didalamnya didominasi oleh vegetasi tumbuhan lumut, rumput rumputan, tumbuhan berbunga yang ukurannya kecil dan lumut kerak. Adapun ciri ciri bioma hutan tundra yaitu meliputi:
  • Memiliki musim dingin yang panjang selama 9 bulan sehinga tingkat radiasi mataharinya sedikit.
  • Pertumbuhan vegetasi terjadi pada musim panas yaitu selama 3 bulan saja.
  • Memiliki jenis fauna khas seperti rusa kutub (Caribou/Reindeer) dan bison berbulu tebal (Muskoxem).
Hutan Mangrove (Hutan Bakau)
Macam bioma selanjutnya ialah bioma hutan mangrove atau hutan bakau. Jenis bioma ini terdapat di daerah sub tropis maupun tropis disepanjang pantainya. Bioma ini memang didominasi oleh tumbuhan bakau, tetapi masih ada tumbuhan lain yang hidup didalam bioma tersebut seperti pohon bogem (Bruguiera) dan pohon kayu api (Avicennia). Adapun ciri ciri bioma hutan mangrove yaitu:
  • Memiliki kadar garam yang tinggi, baik dalam tanah ataupun dalam air.
  • Memiliki kadar O2 yang rendah, baik dalam tanah maupun air.
  • Lingkungannya menjadi berlumpur dan becek ketika air surut dan lingkungannya menjadi banjir ketika air pasang.
Sekian penjelasan mengenai macam macam bioma lengkap dengan ciri ciri biomanya. Masing masing jenis bioma memang memiliki ciri khasnya masing masing sehingga keanekaragaman flora dan faunanya juga berbeda beda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *