Pembahasan Soal SBMPTN Saintek 2019 (TKD dan TKPA)

Diposting pada

Pembahasan Soal SBMPTN Saintek 2019 (TKD dan TKPA) – Mengikuti pendaftaran SBMPTN 2019 merupakan salah satu cara untuk masuk ke perguruan tinggi negara (PTN) selain menggunakan jalur undangan (SNMPTN). SBMPTN sendiri terbagi menjadi dua rumpun yakni Saintek dan Soshum, dan tentunya soal SBMPTN saintek 2019 akan bebeda dengan soal SBMPTN soshum seperti yang terjadi di tahun tahun sebelumnya. Secara garis besar soal soal yang keluar dalam sbmptn saintek akan lebih sulit jika dibandingkan soal latihan ujian sewaktu kita masih berada di jenjang sekolah karena soal sbmptn 2019 saintek didesain untuk menjaring siswa berprestasi yang layak untuk masuk ke perguruan tinggi. Tesnya pun juga masih dibagi menjadi dua jenis yakni tes TKD dan tes TKPA. Dalam tes pertama kita diharuskan untuk mengerjakan soal TKD SBMPTN (tes kemampuan dasar) yang terdiri dari matematika, biologi, fisika, dan kimia. Setelahnya kita harus mengerjakan soal TKPA (tes kemampuan potensi akademik) yang terdiri dari berbagai mata pelajaran tertentu.

Pembahasan Soal SBMPTN Saintek 2019 (TKD dan TKPA)
Kisi Kisi SBMPTN 2019 dan Latihan Soal SBMPTN Saintek

Kali ini kita akan membahas lebih dalam tentang kumpulan materi dan prediksi soal SBMPTN 2019 saintek terlebih dahulu. Jadi untuk anda yang ingin mengambil jurusan kuliah di rumpun saintek tidak perlu lagi bingung bertanya tanya apa saja materi yang keluar di ujian sbmptn saintek maupun prediksi soal sbmptn saintek. latihan soal sbmptn 2019 yang akan kita bahas kali ini meliputi soal TKD SBMPTN saintek dan soal TKPA SBMPTN saintek yang tentunya lengkap dengan kunci jawaban soalnya juga.

Pembahasan Soal SBMPTN Saintek 2019 (TKD dan TKPA)

Sebelum kita membahas tentang soal dan kunci jawaban soal sbmptn saintek 2019 akan lebih baik jika kita membahas terlebih dahulu jurusan kuliah yang masuk dalam kategori rumpun saintek agar tidak ada teman teman yang nantinya salah belajar mengingat setiap rumpun jurusan memiliki soal sbmptn 2019 yang berbeda.

Saintek sendiri merupakan rumpun jurusan yang meliputi ilmu sains dan teknologi atau biasa disebut jurusan kuliah IPA. Sedangkan soshum adalah jurusan sosial dan humaniora atau dalam bahasa umum disebut jurusan IPS. Contoh jurusan saintek sendiri seperti:

  • Matematika
  • Biologi
  • Fisika
  • Kimia
  • Astronomi
  • Statistika
  • dan berbagai jurusan teknik.

Singkatnya, jika anda memilih jurusan saintek SBMPTN 2019 maka anda diharuskan mengerjakan soal TKD SBMPTN (tes kemampuan dasar) yang terdiri dari matematika dasar, biologi, fisika dan kimia. Setelahnya anda harus mengerjakan soal TKPA SBMPTN 2019 (tes kemampuan potensi akademik) yang terdiri dari berbagai kumpulan soal matematika, Bahasa inggris, Bahasa indonesia, dan lain sebagainya.

Contoh Soal SBMPTN 2019 (TKD Saintek)

Pada bagian ini kita akan membahas materi SBMPTN dan prediksi soal SBMPTN 2019 Saintek yang akan keluar nantinya. Umumnya lembar soal dalam tes tkd sbmptn akan dibagi menjadi beberapa kode soal untuk menghindarkan peserta dari tindak kecurangan. Meskipun demikian, sebenarnya soal sbmptn yang keluar dalam tes TKD Saintek adalah sama, hanya saja posisi setiap soal akan diacak sehingga peserta tidak bisa mencontek pekerjaan temannya.

Meskipun butir soal TKD SBMPTN 2019 diacak sekalipun, asalkan kita sudah belajar dan mempersiapkan diri pasti kita bisa menemukan kunci jawaban soal sbmptn 2019 tersebut dengan mudah. Maka dari itu disinilah pentinya belajar dan bersiap siap menghadapi ujian sbmptn 2019 besok.

Baca juga: Contoh Cerpen Singkat Tentang Persahabatan (Contoh, Struktur, Alur dan Tema)

Berikut ini adalah prediksi soal sbmptn 2019 yang telah saya rangkum berdasarkan soal TKD SBMPTN pada tahun tahun sebelumnya:

  1. Soal TKD SBMPTN Saintek 2019 dan kunci Jawaban
  2. Prediksi Soal SBMPTN Saintek 2019 dan kunci Jawaban
  3. Soal SBMPTN Saintek 2018 dan kunci Jawaban
  4. Soal SBMPTN Saintek 2017 dan kunci Jawaban
  5. Soal TKD SBMPTN Saintek 2016 dan kunci Jawaban
  6. Soal SBMPTN dan Pembahasan PDF

Format file pada contoh soal sbmptn 2019 lengkap dengan pembahasan dan kunci jawaban diatas berformat pdf, pastikan anda sudah menginstall nitro pdf ataupun pdf reader lainnya untuk membuka soal tkd sbmptn tersebut.

Contoh Soal SBMPTN 2019 (TKPA Saintek)

Tidak hanya mengerjakan tes TKD saja, anda juga diharuskan mengerjakan kumpulan soal TKPA Saintek SBMPTN 2019 untuk memastikan potensi akademik anda. Ini merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi untuk masuk perguruan tinggi negeri (PTN). Meskipun anda berhasil lolos di tes TKD, tapi jika anda gagal dalam tes TKPA, maka persentase anda diterima di perguruan tinggi sangatlah kecil mengingat persaingan dalam mengerjakan soal sbmptn 2019 sangatlah tinggi.

Untuk mensiasatinya, kita bisa melakukan latihan sejak dini dengan mengerjakan soal soal TKPA SBMPTN Saintek tahun tahun sebelumnya ataupun mencari referensi yang berisi prediksi soal sbmptn 2019. Faktanya, untuk menemukan prediksi soal TKPA Saintek SBMPTN 2019 tidaklah semudah membalikkan telapak tangan karena sifat kurikulum dan pendidikan Indonesia yang sulit untuk ditebak. Lagi lagi disini peserta diharuskan belajar lebih tekun dengan mengerjakan latihan soal matematika, soal bahasa indonesia, soal ipa yang bersumber pada soal sbmptn tahun sebelumnya.

Dari permasalahan diatas akhirnya muncul berbagai pertanyaan kira kira materi apa saja yang akan keluar dalam SBMPTN 2019? Apakah soal SBMPTN Saintek sulit untuk dikerjakan? Lalu apa saja yang harus dipelajari agar lolos tes TKPA Saintek? dan lain sebagainya. Berikut ini saya mencoba merangkum beberapa contoh soal yang kemungkinan menjadi prediksi soal sbmptn saintek 2019 nanti.

  1. Soal TKPA SBMPTN Saintek 2019 dan kunci Jawaban
  2. Prediksi Soal SBMPTN 2019 dan kunci Jawaban
  3. Soal SBMPTN Saintek 2018 dan kunci Jawaban
  4. Soal SBMPTN dan Pembahasan PDF
  5. Soal SBMPTN Saintek 2017 dan kunci Jawaban
  6. Soal TKPA SBMPTN Saintek 2016 dan kunci Jawaban

Sebenarnya terdapat banyak sekelai referensi untuk mencari contoh soal sbmptn saintek maupun prediksi soal SBMPTN 2019 mendatang. Kita bisa belajar melalui buku pedoman dan kumpulan soal yang bisa dibeli di gramedia maupun toko buku kepercayaan anda dengan harga yang bervarisi berkisar antara 50 ribu hingga ratusan ribu rupiah. Selain itu, kita bisa saling bertukar soal maupun berdiskusi dengan teman teman kita yang juga mendaftar tes SBMPTN 2019 dan belajar bersama.

Namun seiring berkembangnya teknologi, banyak juga yang menyediakan prediksi soal SBMPTN 2019 dan kumpulan soal SBMPTN tahun sebelumnya seperti blog saya ini. Inti dari semuanya adalah bagaimana usaha kita untuk belajar dan mengerjakan setiap butir soal dalam tes TKD dan tes TKPA nantinya.

Sekian dan terimakasih telah membaca Pembahasan Soal SBMPTN 2019 Saintek (TKD dan TKPA). Akhir kata, semoga teman teman yang mendaftar ujian seleksi masuk perguruan tinggi negeri rumpun Saintek tahun 2019 diberikan kelancaran dalam mengerjakan soal. Dan jangan lupa untuk belajar latihan soal sbmptn saintek dan giat dalam mencari prediksi soal sbmptn 2019 mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *