Pembahasan Soal SBMPTN Soshum 2019 (TKD dan TKPA)

Diposting pada

Pembahasan Soal SBMPTN Soshum 2019 (TKD dan TKPA) – Mengerjakan soal TKD dan soal TKPA merupakan salah satu syarat mutlak dalam tes SBMPTN 2019. Seperti yang kita ketahui, setiap tahunnya perguruan tinggi negeri selalu membuka pendaftaran calon peserta didik melalui seleksi bersama yang dinamakan SBMPTN. Semua siswa berhak mengikuti tes ini dan mengambil jurusan sesuai rumpun yakni saintek dan soshum. Namun, bukan perkara mudah untuk bisa lolos mengerjakan soal SBMPTN soshum kali ini karena prekdiksi soal sbmptn 2019 akan lebih sulit dari tahun sebelumnya. Mengingat tingginya tingkat persaingan di rumpun soshum dan soal SBMPTN 2019 yang sulit untuk diprediksi, kita diharuskan untuk belajar lebih giat dalam untuk menghadapi tes soal TKD dan soal TKPA yang memuat pelajaran matematika, fisika, kimia, dan biologi. Disamping itu, kita juga harus mempelajari kumpulan soal SBMPTN soshum dan pembahasan dengan lebih mendalam.

Kisi kisi SBMPTN dan Contoh Soal SBMPTN Soshum 2019
Kisi kisi SBMPTN dan Contoh Soal SBMPTN Soshum 2019

Salah satu cara lulus SBMPTN soshum yang akan diselenggarakan tahun 2019 mendatang adalah dengan belajar dan berlatih mengerjakan soal. Pembahasan soal sbmptn soshum sebenarnya dapat dengan mudah kita temukan dalam berbagai media baik itu online maupun offline. Faktanya, masih banyak sekali siswa yang merasa malas mencari materi matematika, fisika, geografi, maupun sejarah dalam rangka untuk mempersiapkan tes SBMPTN 2019. Padahal jauh jauh hari siswa sudah dihimbau agar belajar dan berlatih mengerjakan prediksi soal SBMPTN soshum 2019. Dalam artikel kali ini kita akan membahas lebih dalam tentang contoh soal SBMPTN 2019 dan prediksi soal SBMPTN soshum lengkap dengan pembahasan beserta kunci jawabannya.

Pembahasan Soal SBMPTN Soshum 2019 (TKD dan TKPA)

Sekali lagi akan saya tekankan bahwa belajar soal SBMPTN 2019 baik soal TKD dan soal TKPA beserta pembahasannya sangatlah penting karena kuota masuk perguruan tinggi jalur SBMPTN sangatlah sedikit, bisa dibilang hanya 35% saja dari total 100%. Mengapa demikian? hal ini disebabkan karena 50% kuota masuk perguruan tinggi digunakan untuk jalur undangan (SNMPTN) dan 15% sisanya digunakan untuk ujian mandiri. Maka dari itu mempersiapkan diri dengan mengerjakan latihan soal SBMPTN soshum 2019 sangat penting.
Dari permasalahan diatas akhirnya muncul berbagai pertanyaan seperti materi apa saja yang akan keluar dalam SBMPTN soshum 2019? Apa itu TKD dan TKPA? Apa saja yang harus dipelajari untuk menghadapi soal SBMPTN 2019? apakah ada tips, kisi kisi sbmptn maupun contoh soal sbmptn agar siswa mudah belajar? jawaban pertanyaan tersebut sangatlah simpel. Tes SBMPTN soshum akan dibagi menjadi 2 sesi dimana kita harus mengerjakan soal TKD SBMPTN soshum dan dilanjutkan soal TKPA SBMPTN Soshum.
Adapun materi pelajaran yang akan keluar dalam soal TKD soshum (tes kemampuan dasar) adalah:
  • Geografi
  • Sejarah
  • Sosiologi
  • Ekonomi
Sedangkan soal TKPA soshum (Tes kemampuan potensi akademik) meliputi:
  • Matematika dasar
  • Bahasa Inggris
  • Bahasa Indonesia
  • dan TPA (Tes potensi akademik) jika diperlukan.
Dari list pelajaran dan materi SBMPTN 2019 diatas dapat disimpulkan baik peserta SBMPTN soshum dan peserta SBMPTN saintek akan mengerjakan soal TKPA SBMPTN 2019 yang sama. Yang membedakannya adalah soal SBMPTN 2019 TKD karena dasar saintek dan soshum berbeda.

Contoh Soal SBMPTN 2019 (TKD Soshum)

Pada bagian ini kita akan melakukan pembahasan soal TKD yang diprediksi akan keluar dan menjadi butir soal sbmptn 2019 yang akan datang. Tes kemampuan dasar atau TKD soshum sangat erat kaitannya dengan pelajaran IPS, bahkan bisa dibilang Soshum merupakan penjelmaan dari jurusan IPS yang ada di sekolah. Ada banyak sekali jurusan kuliah yang masuk dalam kategori soshum seperti sastra, pendidikan non tehnik, ilmu politik, ilmu hukum, Ekonomi dan sebagainya.
Kita bisa menemukan berbagai materi SBMPTN 2019 di banyak media. Cara paling mudah adalah memperlajari buku buku pelajaran ips yang kita dapatkan di sekolah, atau kita bisa membeli buku pembahasan soal SBMPTN 2019 di toko buku gramedia. Namun kita juga bisa mencari kumpulan soal TKD soshum untuk menghadapi SBMPTN 2019 melalui internet karena perkembangan teknologi sekarang ini sudah maju.

Umumnya kita akan menemukan contoh soal SBMPTN 2019 pdf ataupun kumpulan soal SBMPTN soshum pdf. Maksutnya adalah soal soal tersebut berformat PDF dan hanya bisa dibuka dengan pdf reader saja. Berikut adalah prediksi soal TKD SBMPTN soshum 2019 yang berhasil saya rangkum:

  • Soal TKD SBMPTN Soshum 2019 dan kunci Jawaban
  • Prediksi Soal SBMPTN Soshum 2019 dan kunci Jawaban
  • Soal SBMPTN Soshum 2018 dan kunci Jawaban PDF
  • Soal SBMPTN Soshum 2017 dan kunci Jawaban PDF
  • Soal TKD SBMPTN Soshum 2016 dan kunci Jawaban PDF
  • Soal SBMPTN dan Pembahasan PDF
Lembar soal sbmptn 2019 yang akan dikerjakan siswa pada saat tes TKD menggunakan sistem kode soal, jadi setiap siswa akan mendapatkan soal yang berbeda beda satu sama lain untuk menghindari tindak kecurangan dalam mengerjakan. Meskipun demikian, sebenarnya butir butir soal SBMPTN pada masing masing kode soal adalah sama. hanya saja soal soal tersebut dibolak balik untuk mengecoh peserta dan mengurangi tindak kecurangan. Namun jika kita telah mempelajari prediksi soal SBMPTN soshum dan pembahasan serta soal TKD SBMPTN 2019 khususnya, saya yakin kita bisa mengerjakan Tes TKD tanpa ada kendala.

Contoh Soal SBMPTN 2019 (TKPA Soshum)

Salah satu syarat mutlak lolos sbmptn adalah dengan mengerjakan dengan benar soal TKPA SBMPTN pada saat tes nanti. Baik rumpun saintek maupun soshom diharuskan untuk mengerjakan soal tes TKPA untuk mengukur potensi akademik masing masing siswa. Soal soal TKPA SBMPTN terdiri dari matematika dasar, bahasa inggris, dan bahasa indonesia. Meskipun kelihatannya mudah untuk dikerjakan karena materi tes tersebut ada pada pelajaran di sekolah,  namun faktanya masih banyak siswa yang kesulitan ketika mengerjakan karena kurang persiapan ditambah dengan model soal yang diluar perkiraan. Anggaplah mengerjaklan soal SBMPTN 2019 lebih sulit dari pada mengerjakan ujian nasional karena tingkatan perguruan tinggi lebih tinggi dari tingkat sekolah maka soal dibuat sedemikian rupa.

Baca juga: Pembahasan Soal SBMPTN Saintek 2019 (TKD dan TKPA)

Disini siswa kembali dipaksa untuk mempersiapkan diri menghadapi soal soal TKPA SBMPTN agar nantinya bisa lulus dengan nilai terbaik dan diterima di perguruan tinggi negeri. Salah satu cara mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan belajar soal SBMPTN soshum dan tentunya mencari prediksi soal SBMPTN 2019 dan pembahasan beserta kunci jawabannya. Langsung saja, berikut ini adalah contoh soal TKPA SBMPTN 2019 yang mungkin akan keluar dalam tes TKPA:
  • Soal TKPA SBMPTN Soshum 2019 dan kunci Jawaban
  • Prediksi Soal SBMPTN Soshum 2019 dan kunci Jawaban
  • Soal SBMPTN Soshum 2018 TKPA dan kunci Jawaban PDF
  • Soal SBMPTN Soshum 2017 dan kunci Jawaban PDF
  • Soal TKPA SBMPTN Soshum 2016 dan kunci Jawaban PDF
  • Soal SBMPTN dan Pembahasan PDF
Sebenarnya jika kita gali lebih dalam lagi masih terdapat banyak sekali kumpulan soal SBMPTN soshum yang dapat kita jadikan sebagai acuan dan sebagia bahan pembahasan. Untuk membuka contoh soal SBMPTN 2019 diatas silahkan install pdf reader terlebih dahulu karena semua format soal menggunakan format pdf.
Jika teman teman merasa kumpulan soal SBMPTN tersebut masih kurang, anda bisa membeli buku paket pembahasan soal SBMPTN 2019 yang didalamnya memuat kisi kisi SBMPTN, prediksi soal dan soal soal latihan yang dirangkum berdasarkan tes di tahun tahun sebelumnya. Anda bisa membeli buku tersebut di gramedia dengan harga berkisar antara 50 hingga ratusan ribu.
Itulah Pembahasan Soal SBMPTN Soshum 2019 (TKD dan TKPA) yang dapat saya sampaikan dalam artikel singkat kali ini. Sedikit saran dari saya adalah belarlah mengerjakan soal SBMPTN 2019 sejak dini sebagai persiapan untuk menghadapi tes TKD dan TKPA kare kedua tes tersebut tidak sesimpel yang kita bayangkan. Terimakasih telah membaca artikel tentang soal SBMPTN soshum 2019 kali ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *