Pengertian Pasar Konkret Beserta Ciri Cirinya

Diposting pada

Pengertian Pasar Konkret Beserta Ciri CirinyaPasar ialah salah satu media dalam menjalin hubungan sosial, institusi, infrastruktur, sistem, dan prosedur dalam menjalankan usaha jual tenaga kerja, barang maupun jasa dimana orang orang yang terdapat didalamnya akan memperoleh imbalan uang. Untuk jasa atau barang yang diperjualbelikan biasanya dibayar dengan uang fiat yang sah. Kegiatan jual beli tersebut merupakan wujud dari bagian perekonoman yang memperlihatkan adanya petukaran antara penjual dan pembeli. Pasar tersebut dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Salah satunya ialah pasar konkret. Apa itu pasar konkret? Apa saja ciri ciri pasar konkret?

Pengertian Pasar Konkret Beserta Ciri Cirinya

Pasar konkret merupakan salah satu jenis pasar yang melakukan kegiatan persaingan perdagangan. Perdagangan tersebut minimal dilakukan oleh tiga orang penjual untuk menciptakan adanya pasar. Para pedagang dalam pasar ini akan bersaing secara sehat meskipun barang atau jasa yang dijual hampir sama. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian pasar konkret dan ciri ciri pasar konkret. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Pasar Konkret Beserta Ciri Cirinya

Keanekaragaman pasar dapat dibedakan berdasarkan jenis barang dan jasa yang diperdagangkan, jangkauan, jenis lokasi, ukuran, komunitas ataupun skala geografis. Berdasarkan pengertian sempit, pasar diartikan sebagai tempat jual beli barang atau jasa. Sedangkan dalam pengertian yang luas, pasar merupakan banyaknya penawaran dan permintaan atas barang atau jasa tertentu. Salah satunya ialah pasar konkret ini. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai pengertian pasar konkret dan ciri ciri pasar konkret. Berikut penjelasan selengkapnya:

Baca juga : Pengertian Ilmu Politik Secara Umum dan Menurut Para Ahli (Terlengkap)

Pengertian Pasar Konkret

Kata konkret memiliki arti yaitu “nyata dan dapat dilihat dari kasat mata”. Sedangkan arti pasar ialah tempat melaksanakan kegiatan jual beli barang atau jasa. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa pengertian pasar konkret ialah sebuah tempat yang mempertemukan langsung antara penjual dan pembeli sehingga dapat melakukan tranaksi jual beli barang ataupun jasa. Pasar konkret tersebut menjual barang barang seperti barang barang kebutuhan sehari hari dan masih banyak lagi. Adapun contoh pasar konkret yang sering kita jumlai ialah swalayan, pasar tradisional dan supermarket.
Pasar konkret tidak hanya menjual berbagai jenis barang saja, tetapi adapula pasar konkret yang hanya menjual satu jenis barang. Misalnya pasar buah, pasar sayur, pasar jual beli hewan dan sebagainya. Jenis pasar ini melakukan transaksi jual beli secara langsung dan bertatap muka sesuai dengan pengertian pasar konkret di atas. Jenis jenis pasar konkret dapat dibedakan menurut jumlah barang yang dijual, manajemen pengelolaannya, ragam barang yang dijual, manajemen pelayanannya, dan banyak sedikitnya barang yang dijual.

Ciri Ciri Pasar Konkret

Pasar konkret memiliki beberapa ciri ciri yang terdapat didalamnya. Ciri ciri tersebut dapat digunakan sebagai pembeda dengan jenis pasar lainnya. Adapun ciri ciri pasar konkret yaitu meliputi:
  • Pasar konkret dapat dilihat dengan kasat mata sehingga wujudnya dapat terlihat jelas.
  • Pasar konkret menjual barang dan jasa yang wujudnya terlihat nyata. Misalnya pedagang yang menjual setumpuk sayur, setumpuk ikan, dan sebagainya.

Baca juga : Pengertian Masyarakat Beserta Karakteristiknya (Terperinci)

  • Penjual dengan pembeli dapat bertatap langsung atau bertemu dalam melakukan transaksi.
  • Memerlukan tempat penyimpanan barang.
  • Barang yang telah dibeli dapat dibawa pulang secara langsung.
  • Pasar ini biasanya menjual barang barang kebutuhan pokok
Berdasarkan ciri ciri pasar konkret di atas dapat kita simpulkan bahwa barang atau jasa yang diperjual belikan terlihat jelas dan nyata sehingga dapat dibawa pulang langsung setelah dibeli. Pasar ini memiliki pengaruh yang besar terhadap bidang perekonomian. Bahkan dapat memberikan kontribusi terhadap pemerinta pula. Contohnya melalui retribusi pajak dan sejenisnya sehinga dapat menambah kas pemerintah.
Sekian penjelasan mengenai pengertian pasar konkret dan ciri ciri pasar konkret. Setiap kota tentunya memiliki pasar konkretnya masing masing. Tetapi banyak pula yang lebih mengenal pasar konkret sebagai pasar tradisional. Yang jelas jenis pasar ini memiliki kegiatan jual beli antara pedagang dan pembeli sacara langsung serta barang dan jasa yang dijual belikan nyata. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *