Rumus Penjumlahan Matriks dan Pengurangan Matriks

Diposting pada

Rumus Penjumlahan Matriks dan Pengurangan MatriksMenurut para ahli, pengertian Matriks ialah bilangan atau simbol yang dikumpulkan menjadi satu kemudian disusun menjadi baris dan koloh hingga membentuk bangun seperti persegi panjang. Matriks tersebut mempunyai bilangan yang dinamakan dengan komponen atau elemen bilangan matriks. Selain itu adapula operasi penjumlahan dan pengurangan pada matriks tersebut. Keduanya memiliki rumus penjumlahan dan rumus pengurangan matriks yang berbeda.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa bentuk penjumlahan ataupun pengurangan pada matriks memiliki ketentuannya sendiri. Ketentuan ketentuan dalam operasi matriks tersebut didasarkan pada rumus rumus matriks yang tersedia. Dengan rumus inilah, penjumlahan ataupun pengurangan matriks dapat diselesaikan dengan mudah.

Rumus Penjumlahan Matriks dan Pengurangan Matriks
Rumus Penjumlahan dan Pengurangan Matriks

Operasi dasar pada matriks tidak hanya penjumlahan maupun pengurangan saja. Melainkan masih adalagi yang lainnya seperti perkalian skalar matriks, pembagian mariks, perkalian matriks dan sebagainya. Operasi pada matriks tersebut sering kali muncul dalam ujian ujian sekolah ataupun nasional, baik dalam tingkat SMP ataupun SMA. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang rumus penjumlahan matriks dan rumus pengurangan matriks. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Rumus Penjumlahan Matriks dan Pengurangan Matriks

Matriks merupakan salah satu materi Matematika yang mudah untuk dipahami. Materi ini memiliki beberapa operasi hitung seperti halnya pada materi Matematika lainnya. Operasi hitung matriks tersebut dapat meliputi operasi perkalian, pengurangan maupun penjumlahan. Untuk penjumlahan dan pengurangan matriks tersebut dapat dilakukan dengan cara yang hampir sama dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan pada umumnya.

Seperti yang sudah saya katakan di atas bahwa matriks tersusun oleh bilangan bilangan yang dibentuk menjadi kolom dan baris. Maka dari itu rumus penjumlahan dan pengurangan matriks juga berhubungan dengan susunan kolom dan baris tersebut. Nilai nilai Matriks ini diperoleh dari penerapan sistem kolom dan baris seperti di bawah ini:

Rumus Penjumlahan Matriks dan Pengurangan Matriks
Sistem Baris dan Kolom Matriks

Setelah mengetahui susunan matriks di atas tentunya anda mengetahui bagaimana gambaran mengenai operasi hitung matriks tersebut. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai rumus penjumlahan dan pengurangan pada materi matriks yaitu sebagai berikut:

Baca juga : Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan (Cara Mudah)

Rumus Penjumlahan Matriks

Dalam rumus penjumlahan tersebut terdapat ketentuan khusus yaitu dua matriks dapat dijumlahkan jika ordonya sama, dengan begitu akan diperoleh nilai nilai matriks dari penjumlahan tersebut. Elemen atau komponen matriks yang letaknya sama tinggal dijumlahkan saja. Perhatikan rumus penjumlahan pada matriks ordo 2×2 di bawah ini:

Rumus Penjumlahan Matriks dan Pengurangan Matriks
Rumus Penjumlahan Matriks Ordo 2×2

Konsep rumus penjumlahan matriks diatas juga berlaku untuk ordo 3×3, 4×4 dan sebagainya. Yang terpenting dalam penjumlahan matriks ini ialah kedua ordo matriksnya sama. Dalam rumus tersebut a (elemen baris 1 kolom 1 matriks A) dijumlahkan dengan e (elemen baris 1 kolom 1 matriks B), kemudian begitu pula seterusnya. Agar anda lebih memahami mengenai rumus ini, saya akan membagikan contoh soal penjumlahan matriks seperti dibawah ini:

Rumus Penjumlahan Matriks dan Pengurangan Matriks
Contoh Soal Penjumlahan Matriks Ordo 2×2

Rumus Pengurangan Matriks

Konsep rumus pengurangan dalam matriks hampir sama dengan penjumlahan matriks. Untuk pengurangan matriks juga berlaku ketentuan khusus yaitu kedua matriks harus mempunyai jumlah ordo yang sama. Dengan begitu akan diperoleh nilai Matriks dari pengurangan tersebut. Elemen atau komponen matriks yang letaknya sama tinggal dikurangkan saja. Perhatikan rumus pengurangan pada matriks yang ordonya 2×2:

Rumus Penjumlahan Matriks dan Pengurangan Matriks
Rumus Pengurangan Matriks Ordo 2×2

Baca juga : Cara Menyelesaikan Persamaan Linier Satu Variabel dan Contoh Soal

Konsep rumus pengurangan matriks diatas juga berlaku untuk ordo 3×3, 4×4 dan sebagainya. Yang terpenting dalam pengurangan pada matriks ini ialah kedua ordo matriksnya sama. Dalam rumus tersebut a (elemen baris 1 kolom 1 matriks A) dikurangkan dengan e (elemen baris 1 kolom 1 matriks B), kemudian begitu pula seterusnya. Agar anda lebih memahami mengenai rumus ini, saya akan membagikan contoh soal pengurangan matriks seperti dibawah ini:

Rumus Penjumlahan Matriks dan Pengurangan Matriks
Contoh Soal Pengurangan Matriks Ordo 2×2

Contoh Soal Penjumlahan dan Pengurangan Matriks

Meskipun diatas telah saya bagikan contoh soal penjumlahan matriks dan contoh soal pengurangan matriks. Namun saya masih akan membagikan beberapa contoh soal lainnya terkait rumus penjumlahan matriks dan rumus pengurangan matriks di atas. Berikut beberapa contoh soal lainnya:

Rumus Penjumlahan Matriks dan Pengurangan Matriks
Contoh Soal Penjumlahan Matriks

Baca juga : Cara Mengubah Pecahan, Desimal dan Persen Lengkap

Rumus Penjumlahan Matriks dan Pengurangan Matriks
Contoh Soal Pengurangan Matriks

Sekian penjelasan mengenai rumus penjumlahan matriks dan rumus pengurangan matriks. Dua buah matriks dapat dijumlahkan atau dikurangkan jika keduanya mempunyai ordo yang sama. Dengan begitu akan diperoleh hasil elemen penjumlahan atau pengurangan matriks tersebut. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Rumus Diagonal Ruang Beserta Pengertian dan Contoh Soal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.