Rumus Penjumlahan Matriks dan Pengurangan Matriks

Diposting pada

Rumus Penjumlahan Matriks dan Pengurangan MatriksMenurut para ahli, pengertian Matriks ialah bilangan atau simbol yang dikumpulkan menjadi satu kemudian disusun menjadi baris dan koloh hingga membentuk bangun seperti persegi panjang. Matriks tersebut mempunyai bilangan yang dinamakan dengan komponen atau elemen bilangan matriks. Selain itu adapula operasi penjumlahan dan pengurangan pada matriks. Keduanya memiliki rumus penjumlahan matriks dan rumus pengurangan matriks. Maka dari itu terdapat beberapa ketentuan dalam operasi matriks tersebut, baik dalam bentuk penjumlahan ataupun pengurangan.

Rumus Penjumlahan Matriks dan Pengurangan Matriks
Rumus Penjumlahan dan Pengurangan Matriks

Operasi dasar pada matriks tidak hanya penjumlahan maupun pengurangan saja. Melainkan masih adalagi yang lainnya seperti perkalian skalar matriks, pembagian mariks, perkalian matriks dan sebagainya. Operasi pada matriks tersebut sering muncul dalam ujian ujian sekolah ataupun nasional, baik dalam tingkat SMP ataupun SMA. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang rumus penjumlahan matriks dan rumus pengurangan matriks. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Rumus Penjumlahan Matriks dan Pengurangan Matriks

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa matriks tersusun oleh bilangan bilangan yang dibentuk menjadi kolom dan baris. Maka dari itu rumus penjumlahan matriks dan rumus pengurangan matriks juga berhubungan dengan susunan kolom dan baris tersebut. Nilai nilai Matriks ini diperoleh dari penerapan sistem kolom dan baris seperti di bawah ini:

Rumus Penjumlahan Matriks dan Pengurangan Matriks
Sistem Baris dan Kolom Matriks

Baca juga : Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan (Cara Mudah)

Rumus Penjumlahan Matriks

Dalam rumus penjumlahan matriks terdapat ketentuan khusus yaitu dua matriks dapat dijumlahkan jika ordonya sama dengan begitu akan diperoleh nilai nilai matriks dari penjumlahan tersebut. Elemen atau komponen matriks yang letaknya sama tinggal dijumlahkan saja. Perhatikan rumus penjumlahan pada matriks yang ordonya 2×2:

Rumus Penjumlahan Matriks dan Pengurangan Matriks
Rumus Penjumlahan Matriks Ordo 2×2

Konsep rumus penjumlahan matriks diatas berlaku untuk ordo 3×3, 4×4 dan sebagainya. Yang terpenting dalam penjumlahan pada matriks ini ialah kedua ordo matriksnya sama. Dalam rumus tersebut a (elemen baris 1 kolom 1 matriks A) dijumlahkan dengan e (elemen baris 1 kolom 1 matriks B), kemudian begitu pula seterusnya. Agar anda lebih memahami mengenai rumus ini, saya akan membagikan contoh soal penjumlahan matriks seperti dibawah ini:

Rumus Penjumlahan Matriks dan Pengurangan Matriks
Contoh Soal Penjumlahan Matriks Ordo 2×2

Rumus Pengurangan Matriks

Konsep rumus pengurangan matriks hampir sama dengan penjumlahan matriks. Untuk pengurangan matriks juga berlaku ketentuan khusus yaitu kedua matriks harus mempunyai jumlah ordo yang sama. Dengan begitu akan diperoleh nilai Matriks dari pengurangan tersebut. Elemen atau komponen matriks yang letaknya sama tinggal dikurangkan saja. Perhatikan rumus pengurangan pada matriks yang ordonya 2×2:

Rumus Penjumlahan Matriks dan Pengurangan Matriks
Rumus Pengurangan Matriks Ordo 2×2

Baca juga : Cara Menyelesaikan Persamaan Linier Satu Variabel dan Contoh Soal

Konsep rumus pengurangan matriks diatas berlaku untuk ordo 3×3, 4×4 dan sebagainya. Yang terpenting dalam pengurangan pada matriks ini ialah kedua ordo matriksnya sama. Dalam rumus tersebut a (elemen baris 1 kolom 1 matriks A) dikurangkan dengan e (elemen baris 1 kolom 1 matriks B), kemudian begitu pula seterusnya. Agar anda lebih memahami mengenai rumus ini, saya akan membagikan contoh soal pengurangan matriks seperti dibawah ini:

Rumus Penjumlahan Matriks dan Pengurangan Matriks
Contoh Soal Pengurangan Matriks Ordo 2×2

Contoh Soal Penjumlahan dan Pengurangan Matriks

Meskipun diatas telah saya bagikan contoh soal penjumlahan matriks dan contoh soal pengurangan matriks. Namun saya masih akan membagikan beberapa contoh soal lainnya terkait rumus penjumlahan matriks dan rumus pengurangan matriks di atas. Berikut beberapa contoh soal lainnya:

Rumus Penjumlahan Matriks dan Pengurangan Matriks
Contoh Soal Penjumlahan Matriks

Baca juga : Cara Mengubah Pecahan, Desimal dan Persen Lengkap

Rumus Penjumlahan Matriks dan Pengurangan Matriks
Contoh Soal Pengurangan Matriks

Sekian penjelasan mengenai rumus penjumlahan matriks dan rumus pengurangan matriks. Dua buah matriks dapat dijumlahkan atau dikurangkan jika keduanya mempunyai ordo yang sama. Dengan begitu akan diperoleh hasil elemen penjumlahan atau pengurangan matriks tersebut. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *