8 Contoh Latar Belakang Laporan PKL (Prakerin) yang Baik dan Benar

Diposting pada

8 Contoh Latar Belakang Laporan PKL (Prakerin) yang Baik dan BenarLatar belakang merupakan hal penting dalam sebuah laporan. Misalnya laporan prakerin atau PKL. Kegiatan prakerin tersebut banyak dilakukan oleh siswa siswi Sekolah Menengah Kejuruan kelas 2 pada pertengan semester maupun para mahasiswa semester pertengahan. Prakerin atau PKL bertujuan untuk melatih keterampilan siswa agar menjadi lebih baik, meningkatkan kreativitas siswa, mengembangkan potensi dalam diri siswa, dan masih banyak lagi. Setelah melakukan kegiatan prakerin, para siswa diharuskan untuk membuat laporan dengan struktur yang baik dan benar. Salah satunya alah latar belakang laporan prakerin tersebut. Lalu bagaimana contoh latar belakang laporan PKLyang baik dan benar?

8 Contoh Latar Belakang Laporan PKL (Prakerin) yang Baik dan Benar
Contoh Latar Belakang Laporan Prakerin yang bauk dan benar

Latar belakang laporan prakerin merupakan titik tolak atau dasar pemahaman dan gambaran mengenai apa yang dibahas untuk diberikan kepada pembacanya. Maka dari itu latar belakang prakerin ini sangat penting dalam sebuah laporan, tidak hanya dalam laporan prakerin saja melainkan juga jenis laporan laporan lainnya. Selain itu latar belakang yang baik dan benar pada umumnya berisi alasan pihak sekolah mengadakan kegiatan prakerin tersebut dan alasan mengapa kegiatan ini penting untuk dilakukan. Nah dalam pembahasan kali ini saya akan membagikan beberapa contoh latar belakang laporan prakerin yang baik dan benar. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

8 Contoh Latar Belakang Laporan PKL (Prakerin) yang Baik dan Benar

Anda harus membuat laporan prakerin dengan baik dan benar agar tidak mengalami revisi atau pengulangan dalam pembuatan laporan tersebut. Pembuatan laporan sendiri tidak hanya dengan cara copy paste saja, tetapi anda harus paham betul maksud dari tulisan yang anda buat tersebut. Di bawah ini terdapat contoh latar belakang laporan prakerin yang baik dan benar. Berikut ulasan selengkapnya:

Baca juga : 8 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat (Laporan Hasil Observasi Dan Strukturnya)

Contoh Latar Belakang Laporan PKL #1
Prakerin atau Praktik Kerja Industri dilaksanakan untuk melatih dan memberikan pengajaran kepada siswa dalam Dunia Industri atau Dunia Usaha yang relevan terkait kompetensi keahlian masing masing. Selain itu prakerin juga bertujuan untuk memberikan bekal ilmu dalam dunia kerja agar dimasa mendatang para siswa dapat bersaing dalam dunia industri yang semakin ketat seperti saat ini, untuk mempersiapkan siswa agar memiliki kemampuan teknis dengan wawasan yang luas dan fleksibel di era kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan, meningkatkan mutu dalam Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), serta mengasah dan mengimplementasikan materi yang diperoleh siswa dari sekolah masing masing terkait jurusannya.

Pada contoh latar belakang laporan PKL diatas diraikan sedikit tentang pentingnya dunia industri dan praktikum oleh siswa, kita bisa melihatnya dari kalimat pertama hingga kalimat kelima. Jika anda ingin membuat latar belakang laporan prakerin sangat saya sarankan juga untuk mengikuti gaya penulisan seperti diatas

Kegiatan prakerin merupakan salah satu bentuk kegiatan dari sekian banyak visi dan misi SMK Negeri 1 Cikampek dalam mempersiapkan siswa dan siswinya untuk memasuki dunia industri dan dunia usaha (DI/DU) nantinya. Dunia industri dan dunia usaha tersebut tentunya tidak dapat diperoleh dengan mudah, maka dari itu para siswa tidak hanya dibekali dengan teori belajar saja tetapi juga pemahaman tentang lingkungan yang akan mereka hadapi setelah lulus sekolah. Kegiatan prakerin dilaksanakan sesuai dengan kemampuan atau kejuruan yang terdapat pada masing masing siswa.

Contoh Latar Belakang Laporan PKL #2
Latar belakang laporan pkrakerin haruslah dibuat dengan bahasa yang lugas karena ketika penguji membaca laporan tentunya halaman pertama yang dilihat adalah latar belakang laporannya. Maka dari itu kita harus membuat latar belakang PKL sesuai dengan kaidah kebahasaan laporan yang ada.

Latar Belakang Prakerin
Praktik Kerja Industri (Prakerin) adalah bentuk kegiatan pembelajaran akademik pada mahasiswa untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan tenaga kerja yang berkualitas. Dengan kegiatan prakerin tersebut diharapkan dapat meningatkan keterampilan, pengetahuan dan pengalaman mahasiswa dalam memasuki dunia kerja yang sebenarnya. Maka dari itu mahasiswa dapat mempersiapkan dirinya dengan baik sebelum masuk ke dalam dunia industri atau dunia usaha.

Kegiatan prakerin ini juga digunakan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa terutama mahasiswa Sarjana Satu Pendidikan Bahasa Indonesia terkait materi yang dibahas sebelumnya. Para mahasiswa diharapkan dapat memperoleh pengalaman dalam dunia industri melalui kegiatan ini. Selain iu kegiatan prakerin berfungsi sebagai penghubung dunia pendidikan dengan dunia industri sehingga kewajiban Akademiknya dapat terpenuhi serta dapat mempersiapkan mahasiswa daleam menghadapi persaingan dunia kerja dengan pengetahuan yang mereka peroleh sebelumnya.

Baca juga : 8 Contoh Penutup Makalah Yang Baik dan Benar Terlengkap

Pada umumnya dalam dunia kerja terdapat beberapa masalah dalam tingkat yang luas sehingga penyelesaiannya memerlukan pengulangan. Mengingat dunia pendidikan dalam negeri ataupun luar negeri harus memiliki mutu pendidikan yang baik sehingga dapat menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Dengan begitu kehidupan mereka akan lebih baik dan dunia dapat menjadi lebih maju.

Jika anda ingin membuat contoh latar belakang laporan PKL menjadi agak panjang, maka contoh latar belakang laporan prakerin yang satu ini sudah sangat sesuai. Anda hanya perlu mengganti sedikit informasi dan menambah penyesuaian sesuai yang anda butuhkan.

Praktik Kerja Industri ini adalah wujud aplikasi antara keterampilan, sikap dan kemampuan mahasiswa yang diperoleh ketika dibangku kuliah. Prakerin tersebut dilaksanakan di berbagai instansi dan perusahaan yang dapat digunakan untuk menambah pengalaman, ilmu pengetahuan dan keterampilan mahasiswa. Praktik Kerja Industri juga dijadikan salah satu syarat kelulusan S1 Pendidikan Bahasa Indonesia Malang. Mahasiswa dapat lebih bertanggung jawab dan disiplin dengan apa yang ditugaskan kepada mereka melalui kegiatan prakerin ini.

Maka dari itu berbagai materi kuliah dan teori yang dipelajari sebelumnya dapat dipraktekkan langsung dalam Dunia Pendidikan yang ada di negara ini. Seperti yang kita ketahui bahwa materi dan teori yang diperoleh merupakan salah satu pendukung terjadinya pelaksanaan kerja yang baik dan benar. Sebagaimana yang telah diketahui sebelumnya bahwa praktek tersebut berasal dari teori yang dipelajari sebelumnya. Oleh karena itu untuk menyelesaikan program studinya, para mahasiswa harus melaksanakan praktek kerja industri ini.

Mengingat banyak perguruan tinggi yang berusaha untuk menciptakan sumber tenaga manusia yang berkualitas dan terampil melalui sarana prasara pendukung dan mutu pendidikan yang baik sehingga menghasilkan lulusan yang handal dan berkualitas.

Demikianlah contoh latar belakang laporan PKL yang dapat saya bagikan. Sebenarnya anda bisa mencari berbagai contoh latar belakang laporan prakerin di berbagai media baik online maupun offline. Latar belakang laporan tersebut berguna untuk  dasar dan titik tolak pemahaman serta gambaran mengenai apa yang dibahas untuk diberikan kepada pembacanya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat membantu anda dalam menyelesaikan tugas prakerin.

10 thoughts on “8 Contoh Latar Belakang Laporan PKL (Prakerin) yang Baik dan Benar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *