Manfaat Iman Kepada Hari Akhir (Kiamat) Terlengkap

Diposting pada

Manfaat Iman Kepada Hari Akhir (Kiamat) Terlengkap Rukun Iman yang ke 5 pada agama Islam ialah Iman kepada Hari Akhir (Kiamat). Lalu apa saja manfaat Iman kepada hari akhir (kiamat)? Ilmu yang mempelajari tentang hari akhir ini hanya diketahui oleh Allah SWT saja. Bahkan kita (manusia) tidak dapat mengetahui kapan alam semesta ini akan hancur dan berakhir. Namun seperti yang kita ketahui bahwa dalam Al Qur’an terdapat penjelasan bahwa kiamat sendiri dapat dibagi menjadi dua kategori yaitu Kiamat Sugra (kecil) dan Kiamat Kubra (besar).

Manfaat Iman Kepada Hari Akhir (Kiamat) Terlengkap
Manfaat Iman Kepada Hari Akhir (Kiamat)

Kiamat sugra ialah kiamat kecil yang berupa rusaknya sebagian lingkungan dan makhluk hidup. Misalnya gunung meletus, gempa, dan lain lain. Sedangkan kiamat kubra ialah kiamat besar yang berupa hancurnya alam semesta ini beserta isinya. Jenis kiamat tersebut merupakan tanda berakhirnya makhluk hidup didunia dan manusia akan berlanjut di kehidupan akhirat. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang manfaat iman kepada hari akhir (kiamat) terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Manfaat Iman Kepada Hari Akhir (Kiamat) Terlengkap

Sebelum membahas tentang manfaat iman kepada hari akhir atau kiamat, saya akan menjelaskan tentang pengertian iman kepada hari akhir terlebih dahulu. Iman kepada hari akhir ialah keyakinan dan kepercayaan seseorang bahwa alam semesta beserta isinya suatu hari nanti akan hancur dan berlanjut ke kehidupan akhirat (kekal). Adapula pengertian iman kepada hari akhir berdasarkan etimologi (bahasa) yaitu percaya terhadap datanganya hari kiamat. Hari akhir (hari kiamat) ini memiliki dalil naqli dalam Surah An Naml ayat 87 yaitu:

Baca juga : Nama Nama Malaikat dan Tugas Malaikat Allah Beserta Dalilnya

Pengertian dan Jenis Jenis Pesawat Sederhana Beserta Contohnya
An Naml ayat 87

Artinya:
Dan (ingatlah) hari (ketika) di tiup sangkakala, maka terkejutlah segala yang ada di bumi, di langit dan segala yang ada di bumi, kecuali siapa yang di kehendaki Allah SWT. Dan semua akan datang menghadap-Nya dengan merendahkan diri.

Datangnya hari akhir (kiamat) tersebut ditandai dengan adanya suara tiupan terompet sangkakala oleh Malaikat Israfil. Setelah Sangkakala dibunyikan maka bumi akan bergoyang dan segala isinya akan keluar. Kemudian alam semesta ini akan lenyap dan berganti menjadi alam lain yang kekal (akhirat). Ketika hari akhir datang maka gunung akan pecah dan beterbangan hingga menjadi pasir. Bahkan langitpun akan terbelah dan hancur selayaknya minyak. Bintang bintang akan berjatuhan dan matahari akan tergulung. Di bawah ini terdapat beberapa manfaat Iman kepada hari akhir (kiamat) yaitu:

  • Membuat manusia sadar bahwa manusia nantinya akan memiliki kehidupan yang kekal (di Akhirat).
  • Membuat manusia sadar bahwa tujuan mereka hidup didunia ialah hari akhir ini.

Baca juga : Pengertian Takabur, Ciri Ciri orang takabur dan Bahaya Takabur

  • Membuat manusia agar lebih hati hati dalam menjalankan kehidupannya di dunia ini. Kehidupan tersebut harus diisi dengan ketaatan akan perintah agama dan menghindari kesenangan duniawi.
  • Membuat manusia agar selalu berbuat baik dan menjauhi hal hal yang dilarang oleh agama karena dihari akhir nanti segala perbuatan akan dibalas sesuai perbuatan mereka dikala masih hidup.

Sekian beberapa manfaat iman kepada hari akhir (kiamat) yang dapat saya bagikan. Kita sebagai umat agama Islam hendaknya percaya dan yakin serta beriman kepada hari akhir (kiamat) dengan cara mematuhi segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *