Pembahasan Soal SBMPTN 2019 Semua Jurusan (Soshum dan Saintek)

Diposting pada

Pembahasan Soal SBMPTN 2019 Semua Jurusan (Soshum dan Saintek) – Mengikuti tes SBMPTN 2019 merupakan salah satu cara untuk bisa masuk ke perguruan tinggi negeri. Dalam menjalani tes, siswa wajibkan untuk mengerjakan berbagai soalĀ  mulai dari soal TKD dan soal TKPA dengan benar. Jurusan dalam SBMPTN 2019 nanti dibagi menjadi dua rumppunyakni soshum dan saintek, dan masing masing rumpun tersebut akan mendapatkan soal tkd dan soal tkpa yang berbeda beda. Jadi dapat disimpulkan bahwa soal SBMPTN Soshum akan berbeda dengan Soal SBMPTN Saintek. Maka dari itu setiap siswa yang memuilih jurusan kuliah soshum maupun saintek harus giat belajar dengan mempelajari kumpulan soal SBMPTN soshum untuk jurusan soshum dan soal SBMPTN saintek untuk jurusan kuliah saintek yang terdiri dari soal TKD dan soal TKPA.

Baru baru ini beredar rumor bahwa dalam tes SBMPTN nanti akan diberlakukan aturan baru sesuai dengan standar kurikulum 2013 yakni menerapkan prinsip HOTS. Hots sendiri adalah singkatan dari high order thinking skill. Singkatnya siswa yang mengikuti ujian tertulis sbmptn akan menghadapi soal SBMPTN 2019 HOTS yang notabennya lebih sulit karena menggunakan high order thinking skill seperti yang diterapkan pada kurikulum 2013

Pembahasan Soal SBMPTN 2019 Semua Jurusan (Soshum dan Saintek)

Menyadari betapa sulitnya mengerjakan soal SBMPTN soshum dan saintek dengan tipe soal hots, maka siswa diminta untuk mempersiapkan ujian tertulis SBMPTN 2019 mendatang. Apa saja yang harus dipersiapkan untuk menghadapi tes SBMPTN? tentu saja belajar dengan giat. Namun sangat saya sarankan untuk mempelajari pembahasan kumpulan soal tkd dan soal tkpa SBMPTN di tahun tahun sebelumnya.

Namun dalam mendalami kumpulan soal sbmptn baik jurusan soshum maupun saintek tidaklah terlepas dari materi materi yang keluar didalamnya. Maka dari itu kita juga harus mengetahui secara presisi apa saja materi yang akan keluar dalam SBMPTN nantinya. setelah kita mengetahuinya barulah kita membuat target belajar soal SBMPTN 2019. Sebagai gambaran, kita bisa mulai belajar pembahasan soal TKD misalnya, lalu dilanjut pembahasan soal TKPA dan sebaliknya. teknik ini tentunya efektif untuk mempelajari pembahasan soal SBMPTN soshum dan soal SBMPTN saintek.

Untuk mempermudah kita mempelajari materi SBMPTN 2019 maka akan saya jelaskan jenis tes dan saya berikan ringkasan persebaran soal SBMPTN soshum dan saintek dari tahun tahun sebelumnya agar proses belajar soal anda bisa berjalan lebih efektif.

Soal TKPA SBMPTN Soshum Saintek

Tes kemampuan potensi akademik merupakan tes wajib yang harus dikerjakan baik peserta sbmptn soshum maupun peserta sbmptn saintek. Tes ini akan menguji kemampuan dan pengetahuan dasar kita tentang materi pelajaran yang ada di sekolahan. Singkatnya soal soal TKPA SBMPTN soshum dan saintek tidak jauh berbeda dari tes pada umumnya. Baik peserta soshum ataupun saintek akan mengerjakan soal TKPA yang sama.

Apa saja yang perlu dipelajari untuk lulus tes TKPA? jawabannya tentu saja semua pelajaran yang ada di sekolah mulai dari matematika dasar, bahasa indonesia, bahasa inggris, PKN, dan lain sebagainya. Namun dalam SBMPTN 2019 ini tentu butir soal akan difokuskan ke beberapa pelajaran penting saja. Sedikit saran saya, pelajarilah materi aritmatika dasar, verbal, dan pola gambar karena 3 materi tersebut sudah pasti keluar dalam tes.

Kita bisa menemukan kumpulan dan pembahasan soal SBMPTN 2019 khususnya soal TKPA dengan mudah di internet. Dari berbagai sumber tersebut kita bisa membuat komparasi dan memprediksi soal apa saja yang akan keluar nantinya.

Soal TKD SBMPTN Soshum

Terlepas dari tes TKPA, kini masing masing peserta akan dihadapkan pada tes TKD (tes kemampuan dasar). Disini peserta akan diberikan pertanyaan dasar dari rumpun jurusan yang diambil. Jika kita memilih jurusan rumpun soshum maka soal yang akan keluar adalah soal soal jurusan IPS (sosiologi, ekonomi, geografi dan lain sebagainya). Begitu juga jika kita memilih rumpun jurusan saintek.

Mempelajari soal SBMPTN soshum sangatlah penting jika kita ingin lulus tes. Karena faktanya tidak semua peserta yang mengikuti SBMPTN 2019 akan lulus dan diterima di universitas pilihannya, melainkan hanya sebagian saja. Maka dari itu kita harus menyiapkan diri dengan cara belajar.

Lalu bagaimana cara belajar yang efektif? apa saja prediksi soal SBMPTN soshum yang akan keluar? jika kita bicara soal prediksi tentu tidak ada yang tau pasti, tapi yang jelas butir soal dalam soal TKD soshum tentu tidak terlalu jauh dari materi pelajaran jurusan IPS di sekolahan.

Soal TKD SBMPTN Saintek

Sama halnya seperti soshum yang harus mengerjakan soal TKD, saintek pun juga sama saja harus mengerjakan tes SBMPTN khusus saintek. Tentunya materi yang keluar dalam soal SBMPTN saintek tidak terlalu berbeda dengan materi jurusan IPA di sekolah (Matematika, Fisika, kimia, biologi).

Jika kita adalah jebolan anak IPA tentunya tidak akan kaget dan akan merasa familiar dengan soal soal yang akan keluar nantinya. Namun bagaimana dengan siswa lintas jurusan? tentu mereka akan kaget dan bingung dengan model soal SBMPTN yang diberikan. Maka dari itu diperlukanlah persiapan untuk menghadapi soal SBMPTN saintek tersebut.

Kita bisa mencari dan menemukan kumpulan soal TKD saintek di berbagai media baik online maupun offline. Misalnya saja dengan membeli buku persiapan SBMPTN 2019 ataupun mendaftar bimbingan belajar khusus SBMPTN di kota anda. Ataupun kita bisa mencari referensi dan prediksi soal sbmptn saintek yang akan keluar nantinya melalui internet mengingat majunya teknologi sekarang ini.

Intinya adalah, bagaimana usaha kita dalam belajar materi pelajaran semasa kita masih sekolah dan menggali lebih dalam tentang pembahasan soal SBMPTN 2019 baik soshum maupun saintek guna memperlancar tes yang akan kita jalani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *