Pengertian dan Jenis Jenis Pesawat Sederhana Beserta Contohnya

Diposting pada

Pengertian dan Jenis Jenis Pesawat Sederhana Beserta Contohnya – Setiap alat yang tercipta dari tangan manusia selalu bertujuan untuk memudahkan pekerjaan. Kumpulan alat tersebut yang akhirnya disebut sebagai pesawat sederhana. Ada macam macam pesawat sederhana seperti katrol, bidang miring, dan sebagainya.

Sebenarnya kita bisa menempukan contoh pesawat sederhana dipakai untuk keperluan sehari hari. Misalnya palu digunakan untuk menancapkan paku pada kayu. Kunci pas sebagai pembuka untuk membuka baut. Alat timba manual di sumur daerah pedaesaan dan masih banyak lagi.

Pengertian dan Jenis Jenis Pesawat Sederhana Beserta Contohnya
Contoh Pesawat Sederhana

Dalam ilmu Fisika harusnya kita pernah mempelahari tentang materi pesawat sederhana. Materi ini berisi penjelasan mengenai pengertian pesawat sederhana, jenis jenis pesawat sederhana, dan contoh pesawat sederhana. Jika berhasil menguasai materi tersebut maka semua pekerjaan kalian akan terbantu dan terasa lebih ringan.

Pengertian dan Jenis Jenis Pesawat Sederhana Beserta Contohnya

Ada yang berpendapat bahwa fungsi pesawat sederhana yakni untuk memudahkan segala usaha serta pekerjaan manusia. Meski terdiri dari beberapa jenis alat sederhana, tapi prinsip kerjanya hampir sama. Dalam konteks pendidikan kita bisa menjumpai pengertian, jenis, contoh, dan fungsi pesawat sederhana dengan mudahnya. Bahkan penjelasannya sudah mulai diperkenalkan semenjak berada di bangku sekolah dasar.

Apa yang dimaksud pesawat sederhana itu? Pertanyaan seperti ini sering kali dipertanyakan oleh beberapa siswa, meskipun di beberapa kesempatan guru telah mengajarkan materi tersebut. Peswat sederhana ini sebenarnya dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti jungkat jungkit, katrol, roda berporos dan bidang miring. Menariknya materi yang berisi berbagai jenis pesawat sederhana dan contohnya sudah pasti muncul sebagia butir soal tes.

Maka dari itu, untuk membekali kalian agar tak kewalahan dalam menjawab soal mari perdalam pemahaman terkait materi ini. Selain menjelaskan pengertian pesawat sederhana, kita juga akan membahas jenis jenis, fungsi, dan contoh pesawat sederaha itu sendiri.

Apa Itu Pesawat Sederhana

Pengertian pesawat sederhana ialah alat sederhana yang berguna untuk memudahkan manusia melakukan usaha atau pekerjaan. Dengan menggunakan alat ini, usaha atau pekerjaan manusia dapat diselesaikan dengan mudah dan tidak perlu susah payah.

Contohnya ingin memotong kertas menjadi beberapa bagian yang sama besar. Jika menggunakan tangan maka potongan kertas tidak akan rapi dan sama besar. Maka dari itu akan lebih baik jika menggunakan gunting sehingga hasilnya akan rapi dan sama besar. Tentunya waktu yang digunakan juga lebih cepat.

Baca juga : Rumus Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

Pada dasarnya contoh pesawat sederhana ini sering dijumpai di sekeliling kita seperti tongkat, katrol, gunting, papan kayu, obeng, pemotong kuku, sapu, alat pancing, palu, pinset, linggis, tang dan masih banyak lagi. Contoh contoh tersebut dikelompokkan menjadi beberapa jenis pesawat sederhana.

Jenis Jenis Pesawat Sederhana

Macam macam pesawat sederhana dapat dibagi menjadi beberapa kategori seperti katrol, roda berporos (roda bergandar), tuas (pengungkit) dan bidang miring. Adapun penjelasan masing masing jenisnya yaitu:

Tuas atau Pengungkit

Macam pesawat sederhana yang pertama ialah tuas atau pengungkit. Adapun contoh alat yang prinsip kerjanya hampir sama dengan tuas yaitu jungkat jungkit, tang, gunting, pembolong kertas, pembuka botol/kaleng, dan cetekan kuku. Tuas memiliki persamaan seperti di bawah ini:

Fk x Lk = Fb x Lb

Keterangan :
Fk = Gaya Kuasa (Newton)
Fb = Gaya Beban (Newton)
Lk = Lengan Kuasa (meter)
Lb = Lengan Beban (meter)

Kemudian dalam jenis pesawat sederhana ini terdapat keuntungan mekanisnya. Keuntungan mekanis (M) merupakan perbandingan antara berat benda (W) dengan kuasa (F). Apabila dinyatakan dalam bentuk persamaan, maka akan menjadi seperti di bawah ini:

M = W/F atau M = Lk/Lb

Kegunaan pesawat sederhana jenis tuas ialah memudahkan usaha/pekerjaan manusia, tetapi bukan untuk mengurangi usaha/pekerjaan yang dilakukan. Tuas tersusun dari bagian titik kuasa, titik tumpu dan titik beban. Selain itu tuas juga dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu sebagai berikut:

Tuas Jenis I

Pengertian dan Jenis Jenis Pesawat Sederhana Beserta Contohnya
Gambar Tuas Jenis I

Jenis tuas yang pertama ialah tuas jenis I. Tuas jenis I ialah tuas yang titik tumpunya berada diantara titik kuasa dengan titik beban. Adapun contoh pesawat sederhananya yaitu gunting, neraca, tang, jungkat jungkit dan catut.

Tuas Jenis II

Pengertian dan Jenis Jenis Pesawat Sederhana Beserta Contohnya
Gambar Tuas Jenis II

Baca juga : Pengertian dan Rumus Perpindahan Beserta Contoh Soal

Jenis tuas selanjutnya ialah tuas jenis II. Tuas jenis II ialah tuas yang titik bebannya berada diantara titik tumpu dengan titik kuasa. Adapun contoh pesawat sederhananya yaitu pemotong kertas, gerobak roda satu. pemotong pelat logam dan pelubang kertas.

Tuas Jenis III

Pengertian dan Jenis Jenis Pesawat Sederhana Beserta Contohnya
Gambar Tuas Jenis III

Jenis tuas selanjutnya ialah tuas jenis III. Tuas jenis III ialah tuas yang titik kuasanya berada diantara titik tumpu dengan titik beban. Adapun contoh pesawat sederhananya yaitu pinset, lengan, penjepit roti, sekop dan staples.

Katrol

Jenis pesawat sederhana selanjutnya ialah katrol. Katrol adalah alat sederhana yang digunakan untuk mengangkat beban dengan mudah. Katrol dapat dibagi menjadi tiga jenis berdasarkan prinsip kerjanya yaitu katrol takal, katrol tetap dan katrol bergerak.

Katrol Tetap

Pengertian dan Jenis Jenis Pesawat Sederhana Beserta Contohnya
Gambar Katrol Tetap

Jenis katrol yang pertama ialah katrol tetap. Katrol tetap dapat disebut sebagai tuas yang mempunyai panjang lengan kuasa dengan lengan beban yang sama. Adapun contoh pesawat sederhananya yaitu katrol untuk mengambil air sumur. Katrol tetap memiliki keuntungan arah gaya tetapi tidak mempunyai keuntungan mekanis. Maka dari itu jika dinyatakan dalam bentuk persamaan akan menjadi seperti di bawah ini:

M = W/F = 1

Katrol tetap memiliki gaya ke bawah sehingga benda dapat terangkat ke atas. Maka dari itu jenis pesawat sederhana ini akan lebih memudahkan manusia dalam pekerjaan daripada katrol yang gayanya memiliki arah ke atas.

Katrol Bergerak
Jenis katrol selanjutnya ialah katrol bergerak. Katrol bergerak merupakan pesawat sederhana yang titik bebannya berada diantara titik kuasa dengan titik tumpu. Maka dari itu prinsip kerjanya hampir sama dengan tuas. Berikut gambar katrol bergeraknya:

Pengertian dan Jenis Jenis Pesawat Sederhana Beserta Contohnya
Gambar Katrol Bergerak

Gambar katrol bergerak di atas memiliki beberapa bagian seperti titik tumpu (titik A), titik beban (titik B), titik kuasa (titik C), lengan beban (jarak BA), dan lengan kuasa (jaral CA). Pesawat sederhana ini memiliki keuntungan mekanis berjumlah 2. Selain itu keuntungan mekanisnya juga dapat diketahui berdasarkan banyaknya tali yang tergantung pada katrol bergerak tersebut.

Baca juga : Rumus Pemuaian Panjang, Luas, dan Volume Beserta Contoh Soal

Katrol Takal

Pengertian dan Jenis Jenis Pesawat Sederhana Beserta Contohnya
Gambar Katrol Takal

Jenis katrol selanjutnya ialah katrol takal. Katrol takal ialah katrol majemuk yang tersusun oleh katrok bergerak dengan katrol tetap. Pesawat sederhana ini memiliki keuntungan mekanis berdasarkan banyaknya tali agar beban dapat terangkat.

Bidang Miring

Jenis pesawat sederhana selanjutnya ialah bidang miring. Bidang miring ialah alat sederhana yang berguna untuk memindahkan barang di tempat tinggi menuju tempat rendah dan sebaliknya. Contohnya barang yang dipindahkan dari truk ke lantai. Bidang miring memiliki rumus yaitu :

KM = W/S = S/h

Keterangan :
KM = Keuntungan Mekanis
S = Panjang papan (bidang miring), satuannya meter.
h = Tinggi papan (bidang miring), satuannya meter.
Contoh pesawat sederhana yang menerapkan konsep bidang miring ialah baut, obeng, paku ulir, sekrup dan paku.

Roda Berporos atau Roda Bergandar

Jenis pesawat sederhana selanjutnya ialah roda berporos atau roda bergandar. Roda berporos tersusun oleh alat pemutar (roda) yang dikaitkan dengan gandar sehingga dapat sama sama berputar. Misalnya gerinda, setir mobil, dan roda sepeda. Keuntungan mekanis pada roda berporos memiliki wujud berupa Gaya karena rodanya memiliki keliling yang lebih besar dibandingkan dengan gandar. Jika dinyatakan dalam bentuk persamaan maka akan menjadi:

M = Jari Jari Roda/Jari Jari Gandar

Sekian penjelasan mengenai pengertian pesawat sederhana dan jenis jenis pesawat sederhana beserta contohnya. Pesawat sederhana ialah alat sederhana yang berguna untuk memudahkan manusia melakukan usaha atau pekerjaan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Pengertian dan Rumus Perpindahan Beserta Contoh Soal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.