Rumus Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

Diposting pada

Rumus Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)Dalam ilmu Fisika terdapat materi pembelajaran mengenai gerak lurus, baik gerak lurus beraturan (GLB) maupun gerak lurus berubah beraturan (GLBB). Masing masing kategori gerak lurus tersebut memiliki rumus gerak lurus beraturan (GLB) dan rumus gerak lurus berubah beraturan (GLBB). Gerak ialah pengamatan perubahan posisi objek dari sebuah titik acuan. Titik acuan tersebut ialah titik tempat atau titik awal objek tadi berada. Misalnya sebuah mobil bergerak lurus dengan kecepatan tertentu. Pergerakan mobil tersebut memiliki kecepatan yang tetap sehinga dapat bergerak secara beraturan. Hal inilah yang membuat mobil dapat berubah posisi.

Rumus Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)
Peta Konsep GLB dan GLBB

Gambar di atas merupakan peta konsep mengenai GLB dan GLBB. Apa sebenarnya Gerak Lurus Beraturan (GLB) itu? Apa pengertian gerak lurus berubah beraturan (GLBB) itu? Nah pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang rumus gerak lurus beraturan (GLB) dan rumus gerak lurus berubah beraturan (GLBB). Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Rumus Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

Dalam pembahasan mengenai gerak ini saya akan membaginya menjadi dua sub menu yaitu rumus gerak lurus beraturan (GLB) dan rumus gerak lurus berubah beraturan (GLBB). Masing masing rumus akan saya sertakan dengan contohnya masing masing. Berikut penjelasan selengkapnya:

Baca juga : Pengertian Tegangan Permukaan Lengkap Dengan Rumus

Gerak Lurus Beraturan (GLB)

Gerak lurus beraturan (GLB) ialah pergerakan sebuah objek secara lurus dengan kecepatan yang tetap tanpa disertai dengan percepatan. Dengan begitu  jarak yang diperoleh dalam GLB ini merupakan hasil kali dari kelajuan dan waktu. Adapun rumus gerak lurus beraturan (GLB) yaitu:

s = v x t

Keterangan:
s = perpindahan (m)
v = kecepatan (m/s)
t = waktu (s)

Selain rumus gerak lurus beraturan diatas, adapula beberapa contoh GLB yang sering kita jumpai sehari hari. Adapun contoh gerak lurus beraturan yaitu sebuah benda yang dilempar pada ruang hampa maka kecepatan pada gerak benda tersebut akan tetap, mobil yang bergerak di jalan tol dengan waktu tertentu sehingga menciptakan kecepatan gerak yang tetap.

Rumus gerak lurus beraturan (GLB) ini menciptakan pergerakan benda dengan kecepatan yang tetap. Gerak benda tersebut dapat dibuktikan melalui percobaan yang menggunakan pewaktu ketik (ticker timer). Untuk lebih jelasnya dapat anda perhatikan gambar dibawah ini.

Rumus Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)
Hasil Ticker Timer pada GLB

Baca juga : Pengertian dan Ciri Zat Padat, Cair dan Gas Beserta Perubahan Wujudnya

Berdasarkan hasil ticker timer diatas, dapat disimpulkan bahwa gerak lurus beraturan (GLB) menghasilkan jarak ketikan yang sama dengan selang waktu tertentu. Maka dari itu rumus gerak lurus beraturannya akan menghasilkan kecepatan benda yang tetap. Secara sistematik GLB dapat digambarkan menjadi sebuah grafisk seperti dibawah ini.

Rumus Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)
Grafik pada GLB

Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) ialah sebuah obyek yang bergerak secara lurus dengan kecepatan yang berubah setiap waktunya karena adanya percepatan yang tetap. Adapun rumus gerak lurus berubah beraturan (GLBB) yaitu:

Rumus Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)
Rumus GLBB

Keterangan :
Vt = Kecepatan setelah t sekon atau kecepatan akhir (m/s)
Vo = Kecepatan awal (m/s)
a = Percepatan (m/s)
t = waktu (s)
s = jarak tempuh (m)

Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) dapat dibagi menjadi dua yaitu GLBB diperlambat dan GLBB dipercepat. Kedua jenis GLBB ini memiliki rumus gerak lurus berubah beraturan yang hampir sama. Berikut penjelasan selengkapnya.

GLBB Dipercepat
GLBB dipercepat ialah sebuah benda yang pergerakan setiap detiknya mengalami pertambahan kecepatan. Misalnya Benda jatuh bebas dengan ketinggian tertentu ataupun benda yang bergerak turun pada bidang yang miring. Maka dari itu benda tersebut akan mengalami gerak lurus berubah beraturan dipercepat. Gerak ini memiliki rumus gerak lurus berubah beraturan seperti di atas. Pergerakan GLBB dipercepat dapat dibuktikan melalui percobaan yang menggunakan ticker timer. Untuk lebih jelasnya dapat anda perhatikan gambar dibawah ini.

Rumus Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)
Hasil Ticker Timer pada GLBB dipercepat

Baca juga : Pengertian dan Rumus Kalor Beserta Contoh Soal Lengkap

Berdasarkan hasil ticker timer diatas, dapat disimpulkan bahwa gerak lurus berubah beraturan (GLBB) dipercepat menghasilkan jarak ketikan yang semakin besar dengan selang waktu tertentu, namun perubahannya terjadi secara teratur. Maka dari itu rumus gerak lurus berubah beraturannya akan menghasilkan kecepatan benda yang lama kelamaan semakin besar. Secara sistematik GLBB dipercepat dapat digambarkan menjadi sebuah grafik seperti dibawah ini.

Rumus Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)
Grafik GLBB dipercepat

GLBB Diperlambat
GLBB diperlambat ialah sebuah benda yang pergerakan setiap detiknya mengalami pengurangan kecepatan. Misalnya pengereman mobil yang sedang melaju, benda yang dilempar ke atas secara vertikal. Maka dari itu benda tersebut akan mengalami gerak lurus berubah beraturan diperlambat. Gerak ini memiliki rumus gerak lurus berubah beraturan seperti di atas. Pergerakan GLBB diperlambat dapat dibuktikan melalui percobaan yang menggunakan ticker timer. Untuk lebih jelasnya dapat anda perhatikan gambar dibawah ini.

Rumus Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)
Hasil Ticker Timer pada GLBB diperlambat

Berdasarkan hasil ticker timer diatas, dapat disimpulkan bahwa gerak lurus berubah beraturan (GLBB) diperlambat menghasilkan jarak ketikan yang semakin kecil dengan selang waktu tertentu, namun perubahannya terjadi secara teratur. Maka dari itu rumus gerak lurus berubah beraturannya akan menghasilkan kecepatan benda yang lama kelamaan semakin kecil. Secara sistematik GLBB diperlambat dapat digambarkan menjadi sebuah grafik seperti dibawah ini.

Rumus Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)
Grafik GLBB diperlambat

Sekian penjelasan mengenai rumus gerak lurus beraturan (GLB) dan rumus gerak lurus berubah beraturan (GLBB). GLB merupakan jenis gerak yang tidak ditambahkan dengan percepatan. Sedangkan GLBB merupakan jenis gerak yang ditambahkan dengan percepatan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *