1 Inch Berapa cm? Berikut Jawaban Selengkapnya

Diposting pada

1 Inch Berapa cm? Berikut Jawaban Selengkapnya – Dalam pembahasan kali ini saya akan memberikan dan menjelaskan tentang jawaban 1 inch berapa cm? Pertanyaan ini sering muncul dalam perhitungan ukuran satu inch berapa centimeter. Dalam Bahasa Indonesia, kata inch tersebut merupakan sebutan dari ukuran inci atau inchi. Sebelum menjelaskan tentang jawaban satu inch berapa cm. Saya akan memberikan penjelasan singkat mengenai satuan pengukuran yang satu ini. Dengan begitu anda dapat benar benar memahami tentang cara pengerjaannya.

1 Inch Berapa cm? Berikut Jawaban Selengkapnya
Konversi Satuan Inchi ke cm

Satuan inch ialah salah satu jenis satuan panjang yang terdapat dalam sistem satuan imperal. Satuan inch ini biasanya dilambangkan dengan singkatan in atau tanda petik dua (“). Inchi ini pada dasarnya memang tidak termasuk dalam satuan standar Internasional. Namun satuan ini sering digunakan dalam beberapapa negara di Amerika Serikat. Meski begitu pertanyaan 1 inch berapa cm ini banyak orang yang tidak mengetahui jawabannya. Lalu apa jawaban satu inch berapa centimeter (satu inch berapa cm)? Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

1 Inch Berapa cm? Berikut Jawaban Selengkapnya

Sebelum memberikan jawaban 1 inch berapa cm, saya akan menjelaskan tentang satuan inchi tersebut secara singkat. Penulisan bilangan yang menggunakan satuan inch ini dapat menggunakan salah satu bentuk lambang satuan tersebut. Misalnya anda ingin menulis angka 12 inch. Maka angka ini juga dapat ditulis dalam bentuk 12″ atau 12 in. Satuan inchi tersebut pada dasarnya berhubungan dengan ukuran kaki atau feet. Pengukuran tinggi badan seseorang dapat dinyatakan dengan satuan inch dan kaki. Contohnya tinggi badan Andi 4 kaki 5 inch. Maka dapat ditulis 5’4″.

Baca juga : 1 Tahun Berapa Hari? Berikut Penjelasan Terlengkap

1 inch berapa cm?
Jawaban satu inch berapa centimeter ini memang hanya sederhana. Namun meski begitu tidak banyak orang yang mengetahui jawabannya. Sebelum memberikan jawaban selengkapnya, saya akan menjelaskan tentang satuan centimeter (cm) terlebih dahulu.

Satuan cm

Dalam jawaban 1 inch berapa cm terdapat peran satuan centimeter yang tidak dapat dilepaskan. Satuan cm tersebut adalah salah satu satuan panjang yang dapat menunjukkan ukuran sebuah benda. Centimeter (cm) adalah salah satu satuan panjang dalam sistem satuan cgs. Satuan ini masih kerabat dekat dengan satuan meter (satuan Internasional dari panjang). Centimeter (cm) terdapat dalam tangga pengukuran yang sama dengan satuan meter atau lebih tepatnya terletak di dua tangga setelah meter. Untuk itu pertanyaan satu inch berapa cm (satu inch berapa centimeter) tersebut tidak terlepas dari satuan meter.

Jenis satuan panjang yang paling sering digunakan ialah meter atau cm daripada satuan inchi tersebut. Bahkan inchi sangat jarang digunakan dalam mengukur tinggi sebuah benda. Hal ini tentunya membuktikan bahwa satuan inch memiliki perbedaan yang jelas dengan satuan cm. Letak perbedaannya ialah ukuran inch lebih besar dibandingkan ukuran centimeter (cm). 1 inch berapa cm? Di bawah ini tedapat jawaban dan penjelasan mengenai pertanyaan satu inch berapa cm (satu inch berapa centimeter) yaitu sebagai berikut:

Konversi Inch ke cm

Untuk memperoleh jawaban 1 inch berapa cm, maka dapat menggunakan perhitungan dalam mengkonversi satuan inch menjadi satuan cm ini. Langkah pertama dalam menghitung satu inch berapa cm ialah dengan menyamakan bentuk satuannya. Dengan begitu cara menghitungnya akan lebih mudah. Satu inch berapa centimeter? 1 inch setara dengan 2,54 cm, kemudian 1 cm tersebut setara dengan 0,4 inch.

Baca juga : 1 Tahun Berapa Minggu? Berikut Jawabannya

Maka terjawablah pertanyaan 1 inch berapa cm? Jawabannya ialah 1 inch = 2,54 cm. Namun bagaimana jika nilai angkanya lebih dari satu. Misal 2 inch berapa cm? 3 inch berapa cm? Dan seterusnya. Cara menghitungnya cukup mudah yaitu menggunakan rumus konversi dari satuan inch ke cm, begitu pula sebaliknya. Berikut rumus konversinya yaitu:

Rumus Konversi dari Inch ke cm

….inch x 2.54 = ….cm

Rumus Konversi dari cm ke Inch

….cm : 2.54 = ….inch

Selain penjelasan mengenai jawaban 1 inch berapa cm (satu inch berapa centimeter) dan rumus konversi dari inch ke cm beserta rumus konversi dari cm ke inch di atas. Saya juga akan membagikan beberapa contoh soal agar anda lebih paham mengenai rumus rumus konversi tersebut. Berikut contoh soal dan pembahasannya :

1. Hitunglah besar nilai 8 inch dalam bentuk satuan cm?
Jawab:
8 inch = 8 x 2,54 cm = 20,32 cm

2. Hitunglah besar nilai 12 cm dalam bentuk satuan inch?
Jawab:
12 cm = 12 cm : 2,54 inch = 4,724409448 cm

Kesimpulan dari rumus konversi dari inch ke cm dan rumus konversi dari cm ke inch di atas ialah mengalikan atau membaginya dengan 2,54. Selain itu pertanyaan 1 inch berapa cm juga telah terjawab. Adapun jawaban satu inch berapa cm yaitu 2,54 cm. Setelah mengetahui konsep dasar menghitung satuan inch ke cm dan sebaliknya, anda dapat lebih mudah untuk mengkonversikan bentuk bentuk soal yang hampir sama meski nilai angkanya berbeda. Sekian penjelasan mengenai jawaban satu inch berapa centimeter lengkap. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Baca Juga  Latihan Soal UN Matematika SD 2020 dan Kunci Jawabannya Terlengkap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.