10 Bentuk Kerjasama ASEAN Dalam Bidang Ekonomi dan Politik Terlengkap

Diposting pada

10 Bentuk Kerjasama ASEAN Dalam Bidang Ekonomi dan Politik Terlengkap – Organisasi yang terdiri dari berbagai negara di Asia Teggara dinamakan dengan organisasi ASEAN atau Association of South East Asia Nations. ASEAN dibentuk pada tanggal 8 Agustus 1967 dengan jumlah anggota yaitu 10 negara, termasuk negara Indonesia. Lalu apa saja bentuk kerjasama ASEAN dalam bidang Ekonomi? Apa saja bentuk kerjasama ASEAN dalam bidang Politik? Tentu saja kerjasama ASEAN di bidang ekonomi dan kerjasama ASEAN di bidang politik ini memiliki keuntungan bersama. Kemudian negara Indonesia merupakan salah satu negara yang mempelopori pembentukan himpunan negara negara yang terdapat di wilayah Asia Tenggara tersebut.

10 Bentuk Kerjasama ASEAN Dalam Bidang Ekonomi dan Politik Terlengkap
Kerjasama ASEAN di Bidang Ekonomi dan Politik

Dalam organisasi ASEAN terdapat dukungan dari negara Indonesia dalam membangun hubungan Internasional dengan semua negara di Asia Tenggara. Kemudian peran Indonesia dalam organisasi ASEAN juga lebih menguat di dunia Internasional. Nah dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang beberapa bentuk kerjasama ASEAN dalam bidang Ekonomi dan kerjasama ASEAN dalam bidang politik terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

10 Bentuk Kerjasama ASEAN Dalam Bidang Ekonomi dan Politik Terlengkap

Pembentukan ASEAN tidak hanya diwujudkan dalam bentuk kerjasama ASEAN dalam bidang Ekonomi dan kerjasama ASEAN dalam bidang politik. Tetapi ASEAN juga dibentuk dengan tujuan tertentu yakni untuk memperkuat kerjasama antar anggota beserta negara lain agar lebih kuat karena kedudukannya sama. Seperti halnya negara Indonesia yang termasuk salah satu negara pelopor berdirinya ASEAN. Tentu saja peran Indonesia sangat penting dalam menghimpun negara negara di kawasan Asia Tenggara ini. Peran Indonesia tersebut pastinya juga memberikan keuntungan bagi negara tersebut. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai beberapa kerjasama ASEAN di bidang politik dan kerjasama ASEAN di bidang ekonomi. Berikut penjelasan selengkapnya:

Baca juga : Pengertian dan Bentuk Analisis Kebijakan Publik Terlengkap

Kerjasama ASEAN Dalam Bidang Ekonomi

Sejak ASEAN berdiri, kerjasama antar negara anggota dan bukan anggota sangat terjalin dengan baik, terutama dalam bidang ekonomi. Adapun beberapa benuk kerjasama ASEAN di bidang ekonomi yaitu diantaranya:

Pembukaan Pusat Promosi ASEAN
Bentuk kerjasama ASEAN dalam bidang ekonomi yang pertama ialah pembukaan pusat promosi ASEAN. ASEAN sendiri sebenarnya sudah terkenal dalam kalangan PBB sehingga tidak perlu mempromosikan dirinya lagi. Namun disini ASEAN membuat promosi terkait sektor perdagangan, investasi dan pariwisata. Negara Jepang merupakan negara terpilih yang ditunjuk sebagai tempat pembukaan pusat promosi ASEAN. Hal ini dikarenakan negara Jepang memiliki perkembangan berbagai sektor yang tergolong cepat. Pembukaan pusat promosi ASEAN ini bertujuan untuk meningkatkan kegiatan ekspor di negara negara ASEAN menuju Jepang. Selain itu juga bertujuan sebagai peningkatan jumlah investor Jepang untuk semua negara yang tergabung dalam ASEAN.

Menyediakan Cadangan Pangan
Bentuk kerjasama ASEAN dalam bidang ekonomi selanjutnya ialah menyediakan cadangan pangan. Tiga negara ASEAN yang terkenal sebagai negara lumbung padi ialah negara Indonesia, Kamboja dan Thailand. Bahkan negara negara tersebut tetap konsisten menyediakan pangan untuk semua negara anggota ASEAN sampai sekarang. Bentuk kerjasama ASEAN di bidang ekonomi seperti menyediakan cadangan pangan ini tidak hanya demi keuntungan semata, namun juga bentuk kerjasama ketika dalam kondisi darurat. Contohnya salah satu negara anggota ASEAN mengalami krisis bencana pangan. Maka untuk membantu negara tersebut, negara anggota ASEAN lainnya akan memberikan suplai cadangan makanan demi negara tersebut. Bahkan dalam organisasi ASEAN terdapat beberapa negara yang telah siap dijadikan sebagai penyedia cadangan pangan dalam kondisi darurat seperti negara Thailand, Indonesia, Filipina, Singapura dan Malaysia.

Menyelenggarakan Proyek Industri
Bentuk kerjasama ASEAN dalam bidang ekonomi selanjutnya ialah menyelenggarakan proyek industri. Negara negara di ASEAN tersebut telah menaungi beberapa sektor Industri yang beragam. Bentuk kerjasama di bidang ekonomi ini bertujuan untuk memajukan semua negara anggota ASEAN secara bersama sama. ASEAN bahkan telah mengadakan beberapa proyek industri seperti abu soda, pupuk, vaksin dan tembaga. Adapun beberapa bentuk proyek industrinya yaitu:

  • Pabrik pupuk di Aceh Indonesia (ASEAN Aceh Fertilizer Project)
  • Pabrik pupuk di Malaysia (ASEAN Urea Project)

Baca juga : Perbedaan Demokrasi dan Komunisme Lengkap

  • Pabrik industri tembaga di Filipina (ASEAN Copper Fabrication Project)
  • Produksi vaksin di Singapura (ASEAN Vaccine Project)
  • Produksi abu soda di Thailand (Rock Salt Soda Ash Project)

Kawasan Perdagangan Bebas
Bentuk kerjasama ASEAN dalam bidang ekonomi selanjutnya ialah kawasan perdagangan bebas. Kawasan ini dinamakan dengan ASEAN Free Trade Area (AFTA) yang telah disetujui untuk mengelola berbagai sekotor produksi lokal bagi semua negara anggota ASEAN tanpa ada pengecualian. AFTA tersebut berguna untuk meningkatkan daya saing produksi pasar dunia bagi negara negara ASEAN karena telah diadakan penghapusan bea dalam ASEAN. Kemudian AFTA juga berguna untuk meningkatkan investasi negara negara ASEAN dari pihak asing secara langsung.

Koperasi ASEAN
Bentuk kerjasama ASEAN dalam bidang ekonomi selanjutnya ialah koperasi ASEAN. Koperasi ASEAN dapat disebut sebagai ACO (ASEAN Cooperative Organization) yakni organisasi koperasi yang berguna untuk menyejahterakan negara negara ASEAN agar lebih meningkat. Koperasi ASEAN ini sebenarnya memiliki tujuan untuk membuat organisasinya agar lebih kokoh melalui penopang perekonomian Asia Tenggara dalam gerakan koperasi ini.

Kerjasama ASEAN Dalam Bidang Politik

Selanjutnya terdapat beberapa bentuk kerjasama ASEAN dalam bidang politik. Kerjasama ASEAN di bidang politik ini pada dasarnya berpedoman pada sistem hukum Internasional. Dengan begitu hubungan kerjasamanya tidak dapat mengakibatkan sengketa Internasional karena di berbagai negara memiliki sistem politik yang berbeda. Adapun beberapa bentuk kerjasamanya yaitu sebagai berikut:

Defense Ministers Meeting
Bentuk kerjasama ASEAN dalam bidang politik yang pertama ialah Defense Ministers Meeting. ADMM (ASEAN Defense Ministers Meeting) ialah kerjasama yang mempertemukan menteri keamanan dari semua anggota ASEAN secara rutin. Pengadaan pertemuan ini dilakukan agar diplomasi politik dan kerjasama negara ASEAN tetap terjalin terutama dalam bidang keamanan dan pertahanan.

Pengiriman Konsulat dan Duta
Bentuk kerjasama ASEAN dalam bidang politik selanjutnya ialah pengiriman konsulat dan duta yang mewaliki negara negara di ASEAN. Konsulat dan duta ini merupakan wakil dari negara asalnya masing masing untuk menjalankan perannya dan berdiskusi terkait stabilitas politik di ASEAN. Sebagai bagian dari ASEAN, pengadaan pengiriman Konsulat dan Duta ini dilakukan secara rutin sebagai wujud menjalankan peran dan fungsi dari negara itu sendiri.

Baca juga : Pengertian Negara Hukum, Ciri Ciri dan Unsurnya Lengkap

Perjanjian Ekstradisi ASEAN
Bentuk kerjasama ASEAN dalam bidang politik selanjutnya ialah perjanjian ekstradisi ASEAN. perjanjian ini adalah bentuk kerjasama yang berguna dalam penanganan tersangka kejahatan jika melarikan diri di kawasan negara ASEAN lainnya. Dengan begitu tersangka dapat dikembalikan ke negara aslinya melalui perjanjian Ekstradisi ASEAN. Maka dari itu stabilitas politik negara negara ASEAN dapat lebih terjaga.

Perjanjian Kawasan Bebas Nuklir
Bentuk kerjasama ASEAN dalam bidang politik selanjutnya ialah perjanjian kawasan bebas nuklir. Bentuk perjanjian ini melarang senjata nuklir dalam kawasan negara ASEAN, baik membuat ataupun hanya merancang.

Perjanjian Kawaasan Bebas, Damai dan Netral
Bentuk kerjasama ASEAN dalam bidang politik selanjutnya ialah perjanjian kawasan bebas, damai dan netral. Kerjasama ASEAN di bidang politik yang bebas ini memberikan kebebasan hak bagi setiap negara ASEAN sesuai dengan ketentuan yang telah di sepakati. Kemudian untuk kata netral sendiri memiliki makna yaitu setiap negara ASEAN tidak dapat ikut campur dalam berbagai konflik di negara ASEAN lainnya termasuk negara bukan ASEAN.

Selain bentuk kerjasama ASEAN dalam bidang ekonomi dan kerjasama ASEAN dalam bidang politik, sebenarnya masih ada bentuk kerjasama dalam bidang lainnya. Kerjasama ini dilakukan tidak hanya untuk negara anggota ASEAN saja. Namun juga untuk negara bukan anggota ASEAN seperti negara negara di Uni Eropa dan Jepang. Sekian beberapa bentuk kerjasama ASEAN di bidang ekonomi dan bentuk kerjasama ASEAN di bidang politik yang dapat saya jelaskan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *