Pengertian dan Proses Metagenesis Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pengertian dan Proses Metagenesis Menurut Para Ahli – Apa itu metagenesis? bagaimana proses metagenesis terjadi? dan adakah contoh metagenesis di sekitar kita? Untuk menjawab pertanyaan tersebut tidaklah terlalu sulit. Metagenesis adalah materi pelajaran yang sangat umum kita jumpai di bangku SMP dan SMA, materi ini tentunya mencakup pengertian metagenesis, siklus dan proses metagenesis beserta skemanya. Metagenesis sendiri termasuk dalam kategori pembelajaran biologi yang tergolong mudah untuk dipelajari.

Secara umum pengertian metagenesis adalah sebuah proses yang disebut daur hidup suatu makhluk baik hewan maupun tumbuhan. Proses metagenesis sendiri dapat dengan mudah kita temukan bahkan di lingkungan kita, contoh metagenesis adalah tumbuhan paku, tumbuhan lumut, ubur ubur dan lain sebagainya. Selain mengakses internet untuk mencari informasi, kita bisa mempelajari pengertian metagenesis dan proses metagenesis lebih dalam kita juga bisa membaca buku biologi yang terdapat di sekolah.

Pengertian dan Proses Metagenesis Menurut Para Ahli

Untuk mengenal apa itu metagenesis secara tepat, kita harus mempelajari pengertian metagenesis menurut para ahli terlebih dahulu. Hal ini disebabkan karena rumusan metagenesis telah ditemukan sejak jaman dahulu dan telah dipatenkan oleh para ahli. Disamping itu kita juga harus mempelajari skema metagenesis dan proses metagenesis itu sendiri.

Dalam artikel singkat kali ini kita akan membahas pengertian metagenesis beserta dengan skema proses metagenesis itu sendiri. Rangkuman materi ini telah memenuhi standar pembelajaran karena diambil dari buku pedoman biologi siswa SMP dan SMA dan akhirnya dirangkum menjadi materi metagenesis.

Pengertian metagenesis menurut para ahli

Mengapa hanya untuk mencari pengertian metagenesis harus berdasarkan pendapat para ahli? Hal ini disebabkan karena jauh sebelum perkembangan teknologi, teori metagenensis telah ditemukan terlebih dahulu oleh para ahli sehingga membuatnya menjadi teori paten hingga saat ini.

Menurut para ahli, pengertian metagenesis adalah “alternations of generations occurred between asexual and sexual reproduction“. Maksudnya pertukaran generasi yang terjadi antara reproduksi aseksual dan seksual. Akhirnya secara umum metagenesis bisa diartikan sebagai sebuah proses pergiliran cara perkembangbiakan suatu makhluk hidup antara tidak kawin dan kawin.

Para ahli juga sepakat menyebut metagenesis adalah sebuah proses pergantian yang terjadi dalam siklus hidup suatu organisme dari bentuk multiseluler dan haploid. Pernyataan tersebut diperkuat dengan teori “Alternations of multicellular and haploid form in the organism’s cycle of life“. Dalam buku penelitian, pengertian metagenesis juga disebutkan bahwa teori diatas berlaku dan terlepas dari apakah suatu organisme itu hidup berkoloni maupun hidup bebas. Sebagai bahan ilustrasi, silahkan simak contoh metagenesis pada tumbuhan dibawah ini.

Berdasarkan pengertian metagenesis dari para ahli diatas akhirnya menimbulkan banyak perdedebatan di kalangan peneliti tentang proses metagenesis pada makhluk multiseluler. Contoh metagenesis yang simpel adalah Cnidarian, makhluk ini sering disebut beberapa kali dalam buku pembelajaran SMP maupun SMA. Namun jika kita pakai teori proses dan pengertian metagenesis menurut para ahli diatas terdapat fakta baru yang bisa diperoleh. Ternyata kedua proses baik seksual maupun aseksual Cnidarian merupakan diploid. Maka tidak bisa disebut sebagai metagenesis namun lebih mengarah kepada heterogami.

Namun, jika kalian mendapati pertanyaan apa itu metagenesis ataupun contoh metagenesis, sebutkan saja proses metagenesis tumbuhan paku, ataupun metagenesis tumbuhan lumut dan jika hewan sebutkan saja metagenesis ubur ubur meskipun Barnes (2001) and scott (1996) sama sekali tidak menyebutkan metagenesis yang terjadi pada hewan multiseluler.

Proses metagenesis
Pada bagian ini kita akan membahas bagaimana proses terjadinya metagenesis tumbuhan dan hewan. Silahkan amati gambar dibawah ini, perhatikan pada sebelah kanan gambar dimana proses metagenesis dimulai. Gambar dibawah ini merepresentasikan metagenesis tumbuhan paku, proses ini merupakan bagian dasar metagenesis yang nantinya akan berkembang menjadi berbagai variasi tergantung pada organismenya.

Pengertian metagenesis dan proses terjadinya metagenesis

Perlu kita ingat bahwa proses metagenesis tumbuhan yang terjadi pada gambar tersebut tidak berarti bahwa tumbuhan akan mengalami siklus daur hidup kembali secara berulang dan terus menerus, melainkan hanya mengalami metode perubahan reproduksi saja sebagai bentuk adaptasi untuk melestarikan jenisnya.

Baca juga: Metagenesis Tumbuhan Lumut Beserta Skema Metagenesis Lumut

Setelah kita mengetahui pengertian metagenesis menurut para ahli dan proses metagenesis, selanjutnya kita hanya harus mencari contoh metagenesis itu sendiri. Sebenarnya untuk mencari contoh metagenesis tidaklah sulit. Tumbuhan yang umum dijadikan sebagai contoh proses metagenesis adalah tumbuhan paku dan tumbuhan lumut. Sedangkan pada hewan, metagenesis sering terjadi pada ubur ubur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *