Pengertian Jaringan Komputer, Manfaat, dan Jenis Jenisnya

Diposting pada

Pengertian Jaringan Komputer, Manfaat, dan Jenis Jenisnya – Mempelajari setiap unsur komputer memang sangat menyenangkan. Tak heran bila siswa betah mendengarkan celoteh guru tentang seluk beluk informatika. Dari sekian banyak materi, pembahasan tentang jaringan menjadi salah satu fokus yang perlu kita perhatikan. Pasalnya, tak sedikit yang ternyata kurang memahami seperti apa konsep dan jenis jaringan komputer.

Jaringan adalah sejumlah sistem operasi yang tersusun oleh beberapa komputer yang dirangkai agar dapat bekerja sama dengan tujuan yang sama pula. Adapula yang mengatakan bahwa jaringan (network) ialah sistem jaringan kerja yang tersusun oleh nodes (titik titik) yang saling berhubungan sama lain, baik menggunakan atau tanpa kabel. Sedangkan pengertian dari komputer sendiri ialah perangkat elektronik yang dapat digunakan untuk memanipulasi data atau informasi.

Pengertian Jaringan Komputer, Manfaat dan Jenis Jenisnya
Ilustrasi Jaringan Komputer

Lalu apa pengertian jaringan komputer? Apa saja manfaat jaringan komputer? Apa saja jenis jenis jaringan komputer? Komputer dalam sebuah jaringan tersebut disusun menjadi satu yang dihubungkan dengan menggunakan media komunikasi (transisi) tertentu. Dengan begitu dalam sebuah jaringan antar komputer dapat terjadi pembagian aplikasi ataupun data tertentu. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Jaringan Komputer, Manfaat, dan Jenis Jenisnya

Di era perkembangan jaman seperti sekarang  banyak sekali teknologi yang diciptakan untuk memudahkan manusia dalam berbagai hal. Salah satunya ialah berbagi informasi, kirim mengirim file dan sebagainya menggunakan jaringan komputer.

Materi yang membahas pengertian jaringan komputer dan manfaatnya bisa kita jumpai di jenjang sekolah menengah. Bila kalian mengambil jurusan TKJ atau RPL guru bahkan akan memberi penjelasan secara mendetail tentangnya.

Kendati demikian, ternyata masih ada beberapa siswa yang belum paham pembagian jenis jaringan komputer. Padahal sedikit banyak jenis jaringan itu pasti muncul sebagai butir soal ketika ujian berlangsung.

Baca juga : Rumus Rangkaian Seri dan Paralel Beserta Perbedaannya

Untuk itu dalam pembahasan kali ini lebih spesifik membahas tentang jaringan komputer. Saya akan membaginya menjadi beberapa sub menu yakni pengertian jaringan komputer, manfaat jaringan komputer dan jenis jenis jaringan komputer. Untuk lebih jelasnya simaklah penjelasan di bawah sampai selesai.

Pengertian Jaringan Komputer

Pengertian jaringan komputer adalah sistem yang tersusun dari 2 atau lebih komputer yang terhubung lewat media komunikasi atau media transmisi satu sama lain sehingga dapat digunakan untuk berbagi aplikasi maupun data. Adapula yang mengartikan jaringan komputer sebagai jaringan telekomunikasi yang dapat memungkinkan adanya komunikasi pertukarann data antara komputer satu dengan yang lainnya.

Dalam jaringan ini terdapat istilah mengenai Client (Klien) yakni pihak yang menerima atau meminta layanan. Sedangkan Server (Peladen) ialah pihak yang mengirim atau memberikan layanan. Kemudian untuk desain sistem jaringan komputer tersebut dinamakan Client-Server.

Pengertian Jaringan Komputer, Manfaat dan Jenis Jenisnya
Ilustrasi Client Server

Kita juga dapat mendefinisikan pengertian jaringan komputer yakni dua komputer atau lebih yang menggunakan penghubung tools (media transmisi data) seperti kabel atau nirkabel agar dapat menerima maupun mengirim data. Jaringan komputer tersebut memiliki jangkauan yang luas, namun tools yang digunakan harus ditambah dengan Bridge, Hub, Gateway, Router, Switch dan alat lainnya yang berguna sebagai alat interkoneksi.

Manfaat Jaringan Komputer

Selain pengertian jaringan komputer, adapula beberapa manfaat dari sistem jaringan tersebut. Adapun beberapa manfaat jaringan komputer yaitu:

  • Untuk pertukaran data dan berbagi sumber daya.
  • Untuk memudahkan bertransaksi dan berkomunikasi.
  • Memberikan bantuan dalam mengakses informasi.
  • Dapat memberikan informasi yang uptodate dan cepat.

Jenis Jenis Jaringan Komputer

Jenis jenis jaringan komputer dapat dibagi berdasarkan beberapa kategori seperti menurut jangkauannya, menurut media transmisi, fungsi, distribusi sumber data/informasi, dan topologinya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak penjelasan berikut ini:

Berdasarkan Jangkauannya

Jenis jenis jaringan komputer yang pertama akan saya bahas yaitu berdasarkan jangkauannya. Jaringan komputer berdasarkan jangkauannya dapat dibagi menjadi jaringan LAN (Local Area Network), MAN (Metropolitan Area Network), dan WAN (Wide Area Network). Berikut penjelasannya:

Local Area Network (LAN)

Pengertian Jaringan Komputer, Manfaat dan Jenis Jenisnya
Ilustrasi Local Area Network

Jenis jaringan komputer berdasarkan jangkauannya yang pertama ialah Local Area Network (LAN). Pengertian jaringan komputer LAN ialah jaringan yang menghubungkan dua komputer atau lebih dengan jarak ruangan yang dekat atau terbatas. Jenis jaringan ini dapat kita jumpai dalam area perkantoran, kampus dan sebagainya. Tidak heran jika jaringan LAN merupakan jaringan komputer yang cukup familiar.

Metropolitan Area Network (MAN)

Pengertian Jaringan Komputer, Manfaat dan Jenis Jenisnya
Ilustrasi Metropolitan Area Network

Jenis jaringan komputer berdasarkan jangkauannya selanjutnya ialah Metropolitan Area Network (MAN). Pengertian jaringan komputer MAN ialah jaringan dalam lingkup wilayah yang lebih luas, dimana transfer datanya memiliki kemampuan yang kecepatannya tinggi. MAN memiliki cakupan jarak wilayah sekitar 50 km.

Wide Area Network (WAN)

Pengertian Jaringan Komputer, Manfaat dan Jenis Jenisnya
Ilustrasi Wide Area Network

Jenis jaringan komputer berdasarkan jangkauannya yang terakhir ialah Wide Area Network (WAN). Pengertian jaringan komputer WAN ialah jaringan yang memberikan layanan hingga antar negara. WAN tersebut merupakan sekumpulan LAN dalam beberapa titik lokasi yang dihubungkan dengan device yang dinamakan dengan router.

Berdasarkan Media Transmisi

Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang jenis jenis jaringan komputer berdasarkan media transmisinya. Adapun penjelasannya yaitu sebagai berikut:

Wired Network (Jaringan Kabel)
Jenis jaringan komputer berdasarkan media transmisi yang pertama ialah Wired Network (Jaringan Kabel). Pengertian jaringan komputer berkabel ialah jaringan yang menghubungkan setiap komputer menggunakan media kabel.

Wireless Network (Jaringan Nirkabel)
Jenis jaringan komputer berdasarkan media transmisi selanjutnya ialah Wireless Network (Jaringan Nirkabel). Pengertian jaringan komputer nirkabel ialah jaringan yang menghubungkan setiap komputer menggunakan gelombang elektromagnetik yang berupa sinyal sehingga dapat mengirim atau menerima informasi/data.

Berdasarkan Fungsinya

Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang jenis jenis jaringan komputer berdasarkan fungsinya. Adapun penjelasannya yaitu sebagai berikut:

Pengertian Jaringan Komputer, Manfaat dan Jenis Jenisnya
Ilustrasi Jaringan Komputer Berdasarkan Fungsinya

Client Server
Jenis jaringan komputer berdasarkan fungsinya yang pertama ialah Client Server. Pengertian jaringan komputer client server ialah jaringan yang berisi transaksi antara komputer satu (penerima) dan komputer dua (pegirim).

Peer to Peer
Jenis jaringan komputer berdasarkan fungsinya selanjutnya ialah Peer to Peer. Pengertian jaringan komputer peer to peer ialah jaringan komputer yang semua host dapat dijadikan sebagai server maupun client. Misalnya komputer satu dapat dijadikan server sekaligus client, begitu pula dengan komputer lainnya.

Berdasarkan Distribusi Sumber Data

Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang jenis jenis jaringan komputer berdasarkan distribusi sumber data atau informasinya. Adapun penjelasannya yaitu sebagai berikut:

Pengertian Jaringan Komputer, Manfaat dan Jenis Jenisnya
Ilustrasi Jaringan Komputer Berdasarkan Distribusi Sumber Data/Informasi

Jaringan Terpusat
Jenis jaringan komputer berdasarkan distribusi sumber data/informasi yang pertama ialah jaringan terpusat. Pengertian jaringan komputer terpusat ialah jaringan yang tersusun oleh satu komputer server yang digunakan untuk media akses sumber data/informasi bagi beberapa komputer client.

Jaringan Terdistribusi
Jenis jaringan komputer berdasarkan distribusi sumber data/informasi selanjutnya ialah jaringan terdistribusi. Pengertian jaringan komputer terdistribusi ialah gabungan dari beberapa jaringan terpusat sehingga beberapa komputer dapat dijadikan sebagai server yang saling terhubung dengan client berbentuk jaringan sistem tertentu.

Berdasarkan Topologinya

Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang jenis jenis jaringan komputer berdasarkan topologinya. Adapun penjelasannya yaitu sebagai berikut:

Topologi Ring

Pengertian Jaringan Komputer, Manfaat dan Jenis Jenisnya
Ilustrasi Topologi Ring

Jenis jaringan komputer berdasarkan topologi yang pertama ialah topologi ring. Pengertian jaringan komputer dengan topologi ring ialah jaringan yang menghubungkan semua komputer menjadi satu sehingga akan berbentuk seperti sebuah cincing/ring.

Topologi ini membutuhkan data token untuk berkomunikasi dan mengontrol hak akses setiap komputernya sehingga data dapat diterima. Misalnya komputer 5 ingin diberikan data oleh komputer 1, maka data tersebut harus melewati komputer 2, 3, 4 dan akhirnya sampai di komputer  5. Dengan kata lain, pengiriman data harus dilanjutkan melalui komputer komputer tadi sehingga dapat sampai di komputer yang dituju. Jenis topologi ring memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yaitu sebagai berikut:

Kelebihan jenis jaringan komputer dengan topologi ring yaitu sebagai berikut:

  • Perancangannya mudah.
  • Instalasinya mudah.
  • Tidak membutuhkan kabel yang banyak.
  • Tidak menimbulkan tabrakan data.
  • Pemasangannya tidak terlalu rumit.

Kekurangan jenis jaringan komputer dengan topologi ring yaitu sebagai berikut:

  • Kesalahan jaringannya lebih peka. 
  • Seluruh komunikasi data pada komputer akan terganggu jika salah satu titik jaringannya mengalami gangguan.
  • Pengembangan jaringannya tergolong sulit.

Topologi Bus

Pengertian Jaringan Komputer, Manfaat dan Jenis Jenisnya
Ilustrasi Topologi Bus

Jenis jaringan komputer berdasarkan topologi selanjutnya ialah topologi bus. Pengertian jaringan komputer dengan topologi bus ialah jaringan komunikasi data yang dihubungkan dengan kabel coaxial menyerupai jalur bus sehingga setiap komputer dapat membawa sinyal menggunakan konektor BNC. Dalam topologi bus, ujung ujung kabel coaxial diakhiri dengan menggunakan terminator. Jenis topologi bus memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yaitu sebagai berikut:

Kelebihan jenis jaringan komputer dengan topologi bus yaitu sebagai berikut:

  • Tidak membutuhkan banyak kabel.
  • Pengembangan jaringannya mudah.
  • Biaya pemasangan lebih hemat.

Kekurangan jenis jaringan komputer dengan topologi bus yaitu sebagai berikut:

  • Sering mengalami antrian data karena tingkat lalu lintasnya tergolong tinggi.
  • Jaringannya kurang stabil karena apabila terdapat satu komputer yang terganggu maka akan mengganggu jaringan lainnya.
  • Gangguan jaringannya sulit dicari.
  • Untuk jaringan jarak jauhnya membutuhkan repeater.
  • Deteksi kesalahannya memiliki tingkat yang sangat kecil.

Topologi Star

Pengertian Jaringan Komputer, Manfaat dan Jenis Jenisnya
Ilustrasi Topologi Star

Jenis jaringan komputer berdasarkan topologi selanjutnya ialah topologi star. Pengertian jaringan komputer dengan topologi star ialah jaringan komputer yang menggunakan hub sebagai penghubungnya. Dengan begitu hub dijadikan sebagai pengatur lalu lintas untuk semua komputer yang telah dihubungkan. Hal inilah yang membuat biasa pemasangannya tinggi karena proses penerimaan dan pengiriman data dapat dilakukan secara langsung. Jenis topologi star memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yaitu sebagai berikut:

Kelebihan jenis jaringan komputer dengan topologi star yaitu sebagai berikut:

  • Pengontrolannya dapat dilakukan dengan mudah.
  • Mudah melakukan deteksi kesalahan.
  • Keamanannya lebih tinggi.
  • Mudah melakukan perubahan stasiun dan jaringan lain tidak akan terganggu.
  • Cukup fleksibel.

Kekurangan jenis jaringan komputer dengan topologi star yaitu sebagai berikut:

  • Membutuhkan kabel yang banyak.
  • Seluruh jaringan akan mengalami gangguan apabila komputer pusatnya terganggu.
  • Sangat bergantung pada jaringan terminal pusat.
  • Dapat mengakibatkan jaringan lambat karena adanya tabrakan data.
  • Membutuhkan biaya yang mahal.

Topologi Tree

Pengertian Jaringan Komputer, Manfaat dan Jenis Jenisnya
Ilustrasi Topologi Tree

Jenis jaringan komputer berdasarkan topologi selanjutnya ialah topologi tree. Pengertian jaringan komputer dengan topologi tree ialah perpaduan antara beberapa topologi star dengan topologi bus sehingga topologi bus digunakan untuk menghubungkan setiap komputer pada beberapa topologi star. Dalam topologi tree biasanya terdapat tingkatan jaringan dari yang tertinggi (pengontrol jaringan) hingga jaringan terendah. Jenis topologi tree memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yaitu sebagai berikut:

Kelebihan jenis jaringan komputer dengan topologi tree yaitu sebagai berikut:

  • Pengontrolannya dapat dilakukan dengan mudah.
  • Mudah melakukan deteksi kesalahan.
  • Bentuk kelompoknya dapat mudah dirubah, namun jaringan lain tidak akan terganggu.

Kekurangan jenis jaringan komputer dengan topologi tree yaitu sebagai berikut:

  • Simpul bagian terendah akan terganggu jika simpul yang tinggi mengalami kerusakan.
  • Banyak menggunakan kabel.
  • Cara kerjanya lambat.
  • Tabrakan data sering terjadi.

Topologi Mesh

Pengertian Jaringan Komputer, Manfaat dan Jenis Jenisnya
Ilustrasi Topologi Mesh

Jenis jaringan komputer berdasarkan topologi selanjutnya ialah topologi mesh. Pengertian jaringan komputer dengan topologi mesh ialah jaringan yang komputernya dapat dihubungkan dengan kabel tunggal. Maka dari itu komputer tujuan dapat melakukan pengiriman data menuju komputer lain secara langsung tanpa harus melalui konputer lain ataupun tanpa menggunakan hub/switch. Jenis topologi mesh memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yaitu sebagai berikut:

Kelebihan jenis jaringan komputer dengan topologi mesh yaitu sebagai berikut:

  • Komputer lain tidak akan terganggu apabila salah satu komputer mengalami kerusakan.
  • Proses pengiriman data langsung menuju komputer tujuan tanpa melalui komputer lain terlebih dahulu.
  • Kerusakan dalam titik jaringan komputernya dapat diperbaiki dengan dinamis.
  • Proses pengiriman datanya lebih cepat.

Kekurangan jenis jaringan komputer dengan topologi mesh yaitu sebagai berikut:

  • Membutuhkan banyak port Input/Output.
  • Proses instalasinya rumit dan sulit.
  • Pemasangannya membutuhkan biaya yang cukup besar.
  • Memerlukan kabel yang banyak.

Sekian penjelasan mengenai pengertian jaringan komputer, manfaat jaringan komputer, dan jenis jenis jaringan komputer. Jaringan komputer merupakan sistem yang tersusun oleh 2 atau lebih komputer yang dihubungkan melalui media komunikasi atau media transmisi satu sama lain sehingga dapat digunakan untuk berbagi aplikasi maupun data. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca.

Baca Juga  Rumus Kapasitor Lengkap Dengan Contoh Soal Kapasitor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.