Rumus Gelombang Elektromagnetik Beserta Contoh Soal

Diposting pada

Rumus Gelombang Elektromagnetik Beserta Contoh Soal – Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang rumus gelombang elektromagnetik beserta contoh soal gelombang elektromagnetik. Apa itu gelombang elektromagnetik? Pengertian gelombang elektromagnetik ialah gelombang yang digunakan untuk membawa magnet (elektromagnetik) dan energi listrik tanpa adanya perantara atau medium tertentu. Jenis gelombang ini berbeda dengan jenis lainnya karena tidak menggunakan media rambat. Dalam islitah ilmu fisika, gelombang elektromagnetik dapat juga disebut sebagai radiasi elektromagnetik. Rumus gelombang elektromagnetik ini juga sudah banyak sekali diterangkan dalam pelajaran fisika di berbagai jenjang baik sekolah menengah hingga perguruan tinggi.

Rumus Gelombang Elektromagnetik Beserta Contoh Soal
Ilustrasi Rumus Gelombang Elektromagnetik

Dalam ilmu Fisika terdapat materi pembelajaran mengenai rumus gelombang elektromagnetik dan tentunya contoh soal gelombang elektromagnetik itu sendiri. Perambatan energi elektromagnetik dapat diukur gelombangnya menurut beberapa karakter yaitu amplitudo, frekuensi, kecepatan, dan wavelength (panjang gelombang). Apa itu amplitudo? Apa itu panjang gelombang? Apa itu frekuensi? Amplitudo ialah tinggi gelombang dan panjang gelombang ialah jarak yang terdapat diantara dua puncak. Sedangkan frekuensi adalah jumlah gelombang dalam satuan waktu yang melewati sebuah titik. Rumus dalam panjang gelombang tersebut menganut panjang gelombang dan amplitudo. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Rumus Gelombang Elektromagnetik Beserta Contoh Soal

Sebelum membahas tentang rumus gelombang elektromagnetik dan contoh soal gelombang elektromagnetik. Saya akan menjelaskan tentang teori dasar pada gelombang elektromagnetik yaitu seperti:

  • Berdasarkan pendapat Coulomb, gelombang elektromagnetik merupakan muatan listrik yang menimbulkan medan listrik.
  • Berdasarkan pendapat Oersted, gelombang elektromagnetik merupakan gelombang disekitar arus listrik yang menyebabkan medan listrik.

Baca juga : Contoh Soal Gerak Parabola Lengkap Dengan Pembahasan

  • Berdasarkan pendapat Faraday, gelombang elektromagnetik merupakan medan magnet listrik yang disebabkan oleh perubahan medan magnet atau fluks magnet itu sendiri.
  • Berdasarkan pendapat Maxwell, gelombang elektromagnetik merupakan medan magnet yang disebabkan karena berubahnya medan listrik.

Selain teori diatas, rumus gelombang elektromagnetik mencakup beberapa sifat penting. Berikut beberapa sifat gelombang elektromagnetik berdasarkan percobaan Hertz yaitu meliputi:

  • Arah medan magnetik dengan medan listrik saling tegak lurus. Medan magnetik dan medan listrik ini mengarah ke gelombang rambat secara tegak lurus.
  • Gelombang elektromagnetik merupakan salah satu jenis gelombang transversal.
  • Terjadi perubahan antara medan magnet dan medan listrik secara bersama sama. Dengan begitu pada tempat dan waktu yang sama, keduanya memiliki harga minimum dan maksimum yang sama pula.
  • Gelombang elektromagnetik memiliki cepat rambat yang sesuai dengan aliran magnet medium dan sifat kelistrikannya. Di sebuah ruang hampa terdapat cepat rambat gelombang elektromagnetik yang bernilai 3.108 m/s.
  • Kemudian medan listrik dan medan magnet memiliki besar yang sama sama berbanding lurus. Adapun rumusnya yakni E = c x B, dimana c = kecepatan gelombang elektromagnetik, E = medan listrik dan B = medan magnet.
  • Rumus gelombang elektromagnetik mencakup sifat gelombangnya yaitu tidak disilangkan dengan medan listrik ataupun medan magnet.
  • Menimbulkan polarisasi, pemantulan, difraksi, pembiasan dan interfensi. Jika dinotasikan akan menjadi c = λ . f . Dimana f = Frekuensi, c = Cepat Rambat Cahaya, dan λ = panjang gelombang.
  • Tidak memiliki muatan listrik.

Rumus Gelombang Elektromagnetik

Dibawah ini saya akan menjelaskan tentang rumus gelombang elektromagnetik menurut pernyataan Maxwell. Berdasarkan pendapatnya, jenis gelombang ini dapat dinyatakan dalam bentuk persamaan yaitu:

Baca juga : Rumus dan Contoh Soal Gaya Coulomb Beserta Pembahasan

Rumus Gelombang Elektromagnetik Beserta Contoh Soal
Rumus Kecepatan Gelombang Elektromagnetik

Keterangan :
c = Laju gelombang elektromagnetik yang merambat pada ruang hampa.
μo = Permeabilitas pada ruang hampa, memiliki nilai 4π x 10⁻⁷ N s²/C².
εo = Permitivitas pada ruang hampa, memiliki nilai 8,85 x 10⁻ᴵ² C²/Nm².

Berdasarkan rumus gelombang elektromagnetik diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa kecepatan gelombang tersebut dapat merambat karena dipengaruhi oleh permeabilitas magnetik medium dan permitivitas listrik. Maka dari kecepatan perambatan gelombang elektromagnetik segala medium dapat ditulis menjadi persamaan seperti berikut ini:

Rumus Gelombang Elektromagnetik Beserta Contoh Soal
Rumus Cepat Rambat Gelombang Elektromagnetik

Keterangan :
c = Laju perambatan gelombang elektromagnetik dalam medium.
μ = permeabilitas medium.
ε = Permitivitas medium.

Selanjutnya saya akan membagikan contoh soal terkait rumus gelombang elektromagnetik di atas. Berikut contoh soal gelombang elektromagnetik beserta pembahasannya:

Contoh Soal Gelombang Elektromagnetik

Dalam suatu medium terdapat gelombang elektromagnetik yang besar lajunya 14 m/s. Berapakah besar permeabilitas medium jika permitivitas mediumnya ialah 6 wb/Am?

Baca juga : Pengertian dan Jenis Jenis Pesawat Sederhana Beserta Contohnya

Pembahasan
Diketahui : c = 14 m/s; ε = 6 wb/Am
Ditanyakan : μ = ?
Jawab :

Rumus Gelombang Elektromagnetik Beserta Contoh Soal
Jawaban Contoh Soal Gelombang Elektromagnetik

Jadi besar besar permeabilitas medium ialah 0,00085 wb/Am.

Sekian penjelasan mengenai rumus gelombang elektromagnetik dan contoh soal gelombang elektromagnetik. Gelombang elektromagnetik ialah gelombang yang digunakan untuk membawa magnet (elektromagnetik) dan energi listrik tanpa adanya perantara atau medium tertentu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *