Bunyi Hukum Newton 1, 2, 3 Beserta Rumus dan Contohnya

Diposting pada

Bunyi Hukum Newton 1, 2, 3 Beserta Rumus dan Contohnya – Hukum newton merupakan hukum yang menjadi dasar dari mekanika klasik, hukum ini juga sangat identik dengan pembelajaran fisika. Terdapat beberapa bunyi hukum newton yang dapat kita pelajari dan kita jadikan pedoman dalam pembelajaran. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang bunyi hukum newton 1, bunyi hukum newton 2, bunyi hukum newton 3, Lengkap dengan rumus hukum newton 1, rumus hukum newton 2, rumus hukum newton 3, contoh hukum newton 1, contoh hukum newton 2 dan contoh hukum newton 3 dalam kehidupan sehari hari. Pertama kali hukum newton 1, 2, dan 3 diciptakan oleh seorang ahli astronomi, alkimiawan, fisikawan, teolog, filsuf alam, dan matematikawan yang bernama Isaac Newton dari Inggris. Isaac Newton memang memiliki pengaruh yang besar dalam dunia Fisika sampai hingga menemukan hukum tersebut.

Penemu Hukum Newton 1, 2, 3
Penemu Hukum Newton 1, 2, 3

Sebelum membahas tentang bunyi hukum newton 1, bunyi hukum newton 2, bunyi hukum newton 3, rumus hukum newton 1, rumus hukum newton 2, rumus hukum newton 3, contoh hukum newton 1, contoh hukum newton 2 dan contoh hukum newton 3. Kita harus mengetahui terlebih dahulu mengenai pengertian hukum newton. Apa itu hukum newton? Hukum newton ialah rumus dasar dalam mekanika klasik pada sebuah benda yang memiliki gaya sehingga dapat menyebabkan benda tersebut bekerja dan bergerak. Hukum ini terdapat dalam buku Mathematical Principles of Natural Philosopy (The Principia) karya Isaac Newton. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Bunyi Hukum Newton 1, 2, 3 Beserta Rumus dan Contohnya

Sebenarnya dalam belajar fisika tidaklah terlalu sulit, hanya saja kita dituntut harus tekun dan teliti dalam menghafal setiap rumus dalam pelajaran fisika. Meskipun demikian, faktanya masih banyak siswa yang merasa kesulitan dalam mengerjakan fisika khususnya mengaplikasikan bunyi hukum newton 1, bunyi hukum newton 2 dan bunyi hukum newton 3 beserta dengan rumus dan contoh hukum newton tersebut.

Baca juga : Contoh Hukum Newton 1, 2, 3 Dalam Kehidupan Sehari Hari

Menyadari pentingnya mempelajari hukum newton 1 2 3 maka banyak guru maupun siswa yang mencari cara singkat untuk menghafalkan bunyi hukum, rumus dan contohnya dalam konteks kehidupan sehari hari. Hal ini disebabkan karena materi hukum newton sering muncul dalam ujian baik UTS maupun UAS.

Hukum newton sering disebut dengan hukum gerak monumental. Di bawah ini terdapat penjelasan lengkap mengenai bunyi hukum newton 1, bunyi hukum newton 2, bunyi hukum newton 3, rumus hukum newton 1, rumus hukum newton 2, rumus hukum newton 3, contoh hukum newton 1, contoh hukum newton 2 dan contoh hukum newton 3. Berikut penjelasan selengkapnya:

Hukum Newton 1

Hukum newton 1 memiliki maksud yaitu benda diam akan terus diam sampai ada tarikan atau dorongan yang menggerakannya. Kemudian benda bergerak akan terus bergerak dan akhirnya akan diam jika dipengaruhi oleh gaya yang membuat bendanya diam. Adapun bunyi hukum newton I yaitu:
Bunyi Hukum Newton 1
“Apabila resultan gaya bekerja pada sebuah benda memiliki nilai sama dengan nol, maka benda yang awalnya diam akan terus diam. Benda yang awalnya melakukan gerak lurus beraturan akan terus lurus beraturan dengan kecepatan yang tetap.”
 
Bunyi hukum newton 1 ini dapat kita temukan dengan mudah dalam konteks kehidupan kita sehari hari. Hanya saja kita tidak menyadari adanya hukum newton 1 tersebut. Selain bunyi hukum newton 1, adapula rumus hukum newton 1. Adapun rumus hukum newton I nya yaitu:
Rumus Hukum Newton 1
Rumus Hukum Newton 1
Selain bunyi hukum newton 1 dan rumus hukum newton 1 diatas, adapula contoh hukum newton 1. Adapun contoh hukum newton I dalam kehidupan sehari hari yaitu:
Contoh Hukum Newton 1
  • Mobil yang melaju kencang dan tiba tiba direm sehingga menyebabkan badan penumpang mobil tersebut terdorong ke depan.
  • Koin di atas kertas yang terletak di meja akan tetap di atas meja karena penarikan kertas dilakukan dengan cepat.

Baca juga : Rumus Gelombang Elektromagnetik Beserta Contoh Soal

Hukum Newton 2

Hukum newton 2 memiliki maksud yaitu sebuah benda memiliki massa yang mempengaruhi gaya dari sistem benda itu sendiri. Kemudian pada akhirnya akan membuat perubahan setelah massa di kurangkan atau ditambahkan. Adapun bunyi hukum newton II yaitu:
Bunyi Hukum Newton 2
“Percepatan benda akan sebanding dengan resultan gaya yang bekerja pada benda itu sendiri namun berbanding terbalik dengan massa bendanya.”
 
Sama halnya seperti bunyi hukum newton 1, bunyi hukum newton 2 juga dapat dengan mudah kita temukan dalam konteks kehidupan sehari hari yang nantinya akan saya jelaskan setelah kita mengetahui rumus newton 2. Selain bunyi hukum newton 2, adapula rumus hukum newton 2. Adapun rumus hukum newton II nya yaitu:
Rumus Hukum Newton 2
Rumus Hukum Newton 2
Keterangan :
a = Percepatan (m/s²)
ƩF = Resultan Gaya (N)
F = Gaya (N)
m = Massa (kg)
Selain bunyi hukum newton 2 dan rumus hukum newton 2 diatas, adapula contoh hukum newton 2. Adapun contoh hukum newton II dalam kehidupan sehari hari yaitu:
Contoh Hukum Newton 2
  • Penarikan gerobak yang dipenuhi padi sehingga menimbulkan gaya. Hal ini menyebabkan gerobak yang awalnya berada di sawah dapat berpindah ke rumah.
  • Mobil yang melaju dijalan raya akan memiliki percepatan yang berbanding terbalik dengan massa mobilnya namun sebanding dengan gayanya.

Hukum Newton 3

Hukum newton 3 memiliki maksud yaitu sebuah benda akan melakukan interaksi jika diberikan gaya. Gaya tersebut akan ditanggapi dalam bentuk interaksi kepada benda tersebut tetapi arahnya berkebalikan. Gaya tidak akan berkerja hanya pada satu benda saja. Melainkan dua bendalah yang akan memperoleh gaya karena gaya memiliki dua ujung yang terletak di benda 1 dan benda 2. Adapun bunyi hukum newton III yaitu:

Baca juga : Contoh Soal Gerak Parabola Lengkap Dengan Pembahasan

Bunyi Hukum Newton 3
“Apabila sebuah benda melepaskan gaya pada benda lain, maka benda tersebut akan memiliki besar gaya yang sama dengan benda yang memberikan gayanya, tetapi arah gaya tersebut berbanding terbalik.”
Selain bunyi hukum newton 3, adapula rumus hukum newton 3. Adapun rumus hukum newton III nya yaitu:
Rumus Hukum Newton 3
Rumus pada hukum newton III meliputi beberapa rumus seperti rumus gaya gesek, gaya berat dan berat sejenis. Berikut penjelasan selengkapnya :
Gaya Gesek
Rumus Gaya Gesek
Keterangan :
Fg = Gaya Gesek (N)
μ = Koefisien Gesekan
N = Gaya Normal (N)
Gaya Berat
Rumus Gaya Berat
Keterangan :
w = Gaya Berat (N)
m = Massa Benda (kg)
g = Gravitasi Bumi (m/s²)
Berat Sejenis
Rumus Berat Sejenis
Keterangan :
s = Berat Jenis (N/m³)
p = Massa Jenis (kg/m³)
g = Gravitasi Bumi (m/s²)
w = Berat Benda (N)
V = Volume Benda (m³)
Selain bunyi hukum newton 3 dan rumus hukum newton 3 diatas, adapula contoh hukum newton 3. Adapun contoh hukum newton III dalam kehidupan sehari hari yaitu:
Contoh Hukum Newton 3
  • Adanya gaya gravitasi, gaya magnet dan gaya listrik.
  • Bola kasti yang dipantulkan ke dinding akan kembali memantul.
  • Seorang anak yang duduk di atas kursi akan membuat kursi terdorong kebawah sehingga badan akan terdorong keatas karena kursi menahannya.
Sekian penjelasan mengenai bunyi hukum newton 1, bunyi hukum newton 2, bunyi hukum newton 3, rumus hukum newton 1, rumus hukum newton 2, rumus hukum newton 3, contoh hukum newton 1, contoh hukum newton 2 dan contoh hukum newton 3. Hukum newton adalah rumus dasar dalam mekanika klasik pada sebuah benda yang memiliki gaya sehingga dapat menyebabkan benda tersebut bekerja dan bergerak. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *