Jenis Jenis Laut Berdasarkan Kedalaman dan Letaknya

Diposting pada

Jenis Jenis Laut Berdasarkan Kedalaman dan LetaknyaIndonesia dikelilingi oleh lautan yang luas dengan berbagai kandungan dan ukuran. Laut laut Indonesia tersebut juga berpontensi untuk berbagai hal dikalangan negara dunia, baik potensi keindahan ataupun potensi adanya ikan. Tidak heran jika Indonesia dikatakan sebagai negara dunia air karena daratannya dikelilingi oleh lautan, banyaknya danau maupun sungai. Jenis laut Indonesia dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan kedalaman laut dan letak lautnya.

Apa saja jenis jenis laut berdasarkan kedalamannya? Apa saja jenis jenis laut berdasarkan letaknya? Seperti yang telah kita ketahui bahwa di bumi ini terdapat berbagai macam laut. Laut tersebut memang merupakan satu kesatuan dari bumi yakni daratan. Kita tahu bahwa bumi terdiri dari daratan dan lautan. Daratan dan lautan ini memiliki strukturnya masing – masing. Maka dari itulah kedua komponen bumi tersebut berbeda.

Indonesia memiliki laut dengan garis sepanjang pantainya sejauh 81.000 km dan luasnya sekitar 5,6 juta km². Meskipun memiliki lautan yang luas tetapi pemanfaatannya belum maksimal. Hal ini terlihat dari tingkat kemakmuran rakyat yang kurang signifikan. Lautan yang luas ini juga mengakibatkan adanya pencurian ikan diberbagai negara asing bahkan perbatasan laut negara Indonesia dipergunakan dengan seenaknya oleh negara asing. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang jenis jenis laut berdasarkan kedalamannya dan jenis jenis laut berdasarkan letaknya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Jenis Jenis Laut Berdasarkan Kedalaman dan Letaknya

Bumi dikelilingi dengan lautan yang terbagi menjadi beberapa samudera. Masing masing samudera tersebut saling terhubung satu sama lain. Samudera ini kemudian dibatasi oleh adanya pulau dan benua. Sedangkan luasnya lautan terbagi menjadi beberapa wilayah dan zona tertentu berdasarkan kondisinya. Apa saja macam macam laut itu?

Jenis jenis laut berdasarkan kedalamannya terbagi menjadi beberapa zona yaitu zona batial, zona lithoral, zona neritik dan zona abisal. Sedangkan jenis jenis laut berdasarkan letaknya dapat dibagi menjadi beberapa kategori yaitu laut tepi, laut pertengahan dan laut pedalaman. Berikut penjelasan selengkapnya:

Baca juga : Pengertian Sistem Informasi Geografis Beserta Komponennya

Berdasarkan Kedalaman Laut

Jenis Jenis Laut Berdasarkan Kedalaman dan Letaknya
Jenis Jenis Laut Berdasarkan Kedalaman

Hal pertama yang akan saya bahas ialah macam macam laut berdasarkan kedalamannya. Adapun beberapa macam lautnya yaitu diantaranya:

Zona Lithoral

Jenis laut berdasarkan kedalamannya yang pertama ialah zona lithoral. Zona lithoral sering disebut zona laut pasang surut. Zona laut tersebut mempunyai radius yang terdapat pada wilayah pasang dan wilayah surut.

Zona Neritik

Macam laut berdasarkan kedalaman selanjutnya ialah zona neritik. Zona neritik sering disebut zona laut dangkal karena kedalamannya kurang dari 200 meter. Zona laut tersebut berguna sebagai tempat ikan ikan berkumpul dengan bermacam macam keindahan terumbu karang. Maka dari itu zona neritik sering menjadi primadona dalam laut.

Baca juga : Pengertian Gempa Tektonik, Vulkanik dan Runtuhan Lengkap

Zona Batial

Macam laut berdasarkan kedalaman selanjutnya adalah laut dengan kategori zona batial. Zona batial sering disebut sebagai zona laut dalam. Zona ini mempunyai kedalaman antara 200 – 2.000 meter atau 2 km. Zona batial digunakan sebagai tempat tinggal ikan ikan yang besar. Di indonesia zona laut batial terletak hampir mengelilingi negara.

Zona Abisal

Jenis laut berdasarkan kedalaman selanjutnya ialah zona abisal. Zona abisal dapat disebut zona laut sangat dalam. Zona tersebut mempunyai kedalaman 2.000 meter lebih. Zona laut abisal memang minim adanya sinar matahari karena sangat dalam, bahkan dilaut tersebut suhunya sangat rendah. Zona ini tidak ditemukan adanya tumbuhan karena minimnya oksigen. Selain itu hewan hewan yang berada di zona abisal juga cukup sedikit. Contohnya saja jenis ikan angler fish.

Berdasarkan Letak Laut

Jenis Jenis Laut Berdasarkan Kedalaman dan Letaknya
Jenis Jenis Laut Berdasarkan Letaknya

Selanjutnya saya akan membahas tentang jenis jenis laut berdasarkan letaknya. Adapun macam macam lautnya yaitu diantaranya:

Baca juga : Bentuk Bentuk Muka Bumi Daratan Dan Perairan

Laut Pedalaman

Macam laut berdasarkan letaknya yang pertama ialah laut pedalaman. Laut pedalaman ialah jenis laut yang letaknya berada di tengah benua. Contohnya Laut Kaspia yang termasuk dalam danau paling besar di dunia.

Laut Tengah

Macam laut berdasarkan letak selanjutnya ialah laut tengah. Laut tengah ialah jenis laut yang letaknya berada diantara benua benua. Contohnya Laut Mediteran.

Laut Tepi

Jenis laut berdasarkan letak selanjutnya ialah laut tepi. Laut tepi ialah jenis laut yang letaknya di tepian benua. Contohnya Laut Cina Selatan.

Sekian penjelasan mengenai jenis jenis laut berdasarkan kedalamannya dan jenis jenis laut berdasarkan letaknya. Laut dibumi ini memang sangat luas dan banyak jenisnya. Maka dari itu penting sekali memahami apa saja macam dari laut tersebut. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda. Terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Materi Peta Topografi (Pengertian, Manfaat dan Cara Membacanya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.