Mengenal Satuan Jumlah Lusin, Gross, Rim dan Kodi

Diposting pada

Mengenal Satuan Jumlah Lusin, Gross, Rim dan KodiDalam sistem operasi Matematika, kita sering mendengar tentang satuan jumlah lusin, satuan jumlah gross, satuan jumlah rim dan satuan jumlah kodi. Satuan jumlah ini merupakan wujud ukuran jumlah atau kuantitas sebuah benda/barang. Satuan jumlah ini juga sering digunakan dalam transaksi jual beli sebuah benda/barang. Pada kesempaan kali ini saya akan mengenalkan anda tentang jenis satuan jumlah lusin, gross, rim dan kodi lengkap. 

Satuan secara umum dapat digunakan untuk mengetahui jenis ukuran yang digunakan dalam ilmu Matematika. Seperti halnya satuan lusin, rim, kodi dan gross yang digunakan untuk menyatakan ukuran jumlah. Pada dasarnya satuan jumlah memang dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Jenis jenis satuan tersebut dapat berupa lusin, gross, rim maupun kodi. Masing masing satuan dapat dikonversikan satu sama lain dengan aturan tertentu. Aturan tersebut dapat dijadikan dasar dalam pengubahan macam macam satuan jumlah tersebut.

Mengenal Satuan Jumlah Lusin, Gross, Rim dan Kodi
Satuan Rim, Lusin, Kodi, Gross

Sebenarnya, dalam kehidupan sehari hari kita sering menggunakan berbagai macam satuan hitung baik lusin, gross, kodi maupun rim tanpa kita sadari. Penggunaan masing masing satuan tersebut biasanya disesuaikan dengan barang yang dipakai. Misalnya saja kertas HVS umumnya akan menggunakan satuan hitung rim. Sedangkan benda benda lain seperti pena menggunakan satuan lusin.

Mengenal Satuan Jumlah Lusin, Gross, Rim dan Kodi

Satuan lusin, gross, rim, dan kodi berguna untuk menunjukan jumlah benda/barang yang dibeli. Dibawah ini terdapat penjelasan mengenai satuan jumlah lusin, satuan jumlah gross, satuan jumlah rim dan satuan jumlah kodi. Lalu apa bedanya satuan hitung tersebut? dan bagaimana cara memakainya?

Untuk mempelajari berbagai macam satuan hitung, maka terlebih dahulu kita harus mempelajari dan mengenalnya satu persatu mulai dari lusin, gros, rim hingga kodi. Dalam artikel kali ini saya telah meringkas materi hitung untuk dijadikan referensi belajar. Berikut adalah pengertian dan rumus lusin gros rim dan kodi yang dapat saya sampaikan:

Lusin

Berdasarkan bahasa serapan (Bahasa Belanda), kata lusin berarti “Dozijin” yang artinya 12. Sedangkan kata lusin dalam bahasa Inggris berarti “Dozen” yang artinya 12 juga. Satuan jumlah lusin berguna untuk menyatakan banyaknya jumlah seluruh barang/benda seperti lilin, buku, gelas, penghapus, piring, dan lain sebagainya. Dalam hal ini satuan lusin dapat dikonversikan menjadi satuan buah, dimana 1 lusin = 12 buah.

Baca juga : Mengenal Jenis Jenis Sudut Matematika Beserta Penjelasan

Gross

Satuan jumlah gross ialah bentuk konversi dari satuan lusin. Kebanyakan orang mungkin terasa asing ketika mendengar satuan gross ini. Satuan tersebut dapat digunakan untuk menyatakan barang/benda seperti baju, celana, dan sebagainya. Dalam hal ini satuan gross dapat dikonversikan menjadi satuan lusin dan buah, dimana 1 gross = 12 lusin = 144 buah.

Rim

Satuan jumlah rim berguna untuk menunjukan banyaknya jumlah benda/barang seperti kertas. Maka dari itu jumlah 1 rim setara dengan 500 lembar atau helai.

Kodi

Satuan jumlah kodi berguna untuk menunjukan banyaknya jumlah keseluruhan benda/barang seperti kayu, sepatu, baju, tas, mainan anak, batang bambu, dan lain lain. Satuan kodi dapat dikonversikan menjadi satuan buah, dimana 1 kodi = 20 buah.

Selain mengenal tentang satuan lusin, satuan gross, satuan rim dan satuan kodi di atas. Adapula tabel konversi terkait satuan satuan jumlah tersebut yaitu:

Mengenal Satuan Jumlah Lusin, Gross, Rim dan Kodi

Contoh Soal

Agar anda lebih mengenal tentang satuan jumlah lusin, satuan jumlah gross, satuan jumlah rim dan satuan jumlah kodi. Maka saya akan membagikan beberapa contoh soal terkait satuan satuan tersebut. Berikut beberapa contoh soalnya:

Baca juga : Cara Menghitung Diagonal Bidang dan Diagonal Ruang Balok

  • 3 lusin = . . . buah
Jawab.
1 lusin = 12 buah
Maka 3 lusin = 3 x 12 buah = 36 buah
Jadi 3 lusin = 36 buah.
  • 3 kodi = . . . buah
Jawab.
1 kodi = 20 buah
Maka 3 kodi = 3 x 20 buah = 60 buah
Jadi 3 kodi = 60 buah.
  • 4 gross = . . . lusin
Jawab.
1 gross = 12 lusin
Maka 4 gross = 4 x 12 lusin = 48 lusin
Jadi 4 gross = 48 lusin.
  • 2 rim = . . . lembar
Jawab.
1 rim = 500 lembar
Maka 2 rim = 2 x 500 lembar = 1.000 lembar
Jadi 2 rim = 1.000 lembar
  • 4 kodi + 3 lusin = . . . buah
Jawab.
4 kodi + 3 lusin = (4 x 20 buah) + (3 x 12 buah)
                          = 80 buah + 36 buah
                          = 116 buah

Sekian penjelasan mengenai satuan jumlah lusin, satuan jumlah gross, satuan jumlah rim dan satuan jumlah kodi. Satuan jumlah tersebut digunakan untuk menunjukan banyaknya jumlah keseluruhan barang/benda yang akan dibeli. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Rumus Luas Belah Ketupat dan Keliling Belah Ketupat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.