12 Bukti Bumi Itu Bulat Terlengkap Menurut Ilmuwan Dunia

Diposting pada

12 Bukti Bumi Itu Bulat Terlengkap Menurut Ilmuwan Dunia – Apakah anda pernah berfikir apakah bumi itu bulat atau datar? Hal inilah yang membuat beberapa ilmuan mencari bukti bahwa bumi itu bulat ataupun datar. Jika dilihat dari globe dan gambar gambar yang ada menyatakan beberapa bukti bumi bulat. Pada zaman dahulu terdapat beberapa pandangan mengenai hal hal yang berkaitan dengan bumi. Sejak zaman Yunani Kuno terdapat konsep bentuk bumi yang selalu menjadi perbincangan. Pada saat itu terdapat perbincangan mengenai bentuk bumi yang datar. Hal seperti ini bahkan dipercaya oleh banyak orang. Selain itu orang zaman dahulu juga percaya bahwa Mataharilah yang mengelilingi bumi dan bukan bumilah yang mengelilingi matahari. Hingga sampai akhirnya para ilmuan menemukan bukti mengenai bentuk bumi yang bulat.

12 Bukti Bumi Itu Bulat Terlengkap Menurut Ilmuwan Dunia
Apakah Bumi itu Bulat atau Datar?

Lalu apa saja bukti bumi bulat dari para ilmuan? Pembuktian bahwa bentuk bumi yang bulat dilakukan oleh beberapa ilmuan melalui penelitian. Dengan penelitian yang dilakukan tersebut dapat membuat beberapa hal yang salah dapat dibenarkan sesuai dengan bukti yang ada. Dalam pembahasan kali ini saya akan membagikan beberapa bukti bahwa bumi itu bulat terlengkap menurut ilmuan dunia. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

12 Bukti Bumi Itu Bulat Terlengkap Menurut Ilmuwan Dunia

Pythagoras telah mengemukakan bukti bahwa bumi itu bulat sejak abad ke 6 SM. Kemudian pada tahun 330 SM, Aristoteles membangun pemikiran bukti bumi bulat dari paradigma Pythagoras. Setelah itu pada tahun 3 SM dilanjutkan oleh Erasthotenes yang memberikan bukti empiris terkait bentuk bumi yang bulat. Adapun beberapa hal yang menyatakan bukti bentuk bumi yang bulat yaitu meliputi:

  • Variasi ketinggian bintang yang diamati dari berbagai tempat di Bumi.
  • Lenyapnya kapal di Cakrawala yang diamati ketika perginya kapat tersebut dari pelabuhan.
  • Terlihatnya bayangan Bumi di Bulan ketika terjadinya gerhana Matahari.
  • Perbedaan bayangan benda yang diamati dari berbagai tempat.

Baca juga : Jenis Jenis Laut Berdasarkan Kedalaman dan Letaknya

Pandangan bukti bahwa bumi itu bulat tersebut berlanjut sampai abad pertengahan. Kemudian pada tahun 1616, bukti bumi bulat dikemukakan lagi oleh Galileo. Tetapi pada saat itu terdapat perbedaan pandangan antara Galileo dengan Gereja. Gereja mengungkapkan bahwa bentuk bumi itu datar. Karena Gelileo tidak dapat menunjukkan bentuk bumi itu bulat melalui bukti yang otentik, akhirnya membuat Galilelo masuk ke dalam penjara.

Para ilmuan di dunia terus mencari dan menngumpulkan bukti bahwa bumi itu bulat dengan gigih dan tiada genti. Sampai pada akhirnya bukti bumi bulat yang otentik diperoleh Apollo 8 melalui foto bumi ketika dalam misi luar angkasanya. Apollo 8 tersebut menghasilkan foto bumi yang dinamakan dengan Earthrise. Kemudian pada tanggal 24 Desember 1968, gambar tersebut disebarkan dan viral dikalangan penduduk dunia. Kebenaran dari bentuk bumi menurut pendapat ilmuan kuno ini dapat dibuktikan melalui penelitian selama kurang lebih 25 abad. Bentuk bumi memang bulat namun tidak terlihat menggunakan alat yang modern. Bentuk bumi yang tidak sempurna tersebut dikarenakan adanya rotasi yang menyebabkan bumi bagian tengah sedikit menggelembung pada bagian kutubnya. Maka dari itu dari satelit terdapat gambar bumi yang kadang terlihat menyerupai buah pir.

12 Bukti Bumi Itu Bulat Terlengkap Menurut Ilmuwan Dunia
Bumi itu Bentuknya Bulat

Baca juga : Macam Macam Bioma Lengkap Dengan Ciri Cirinya

Lalu mengapa bentuk bumi itu bulat?
Bukti bahwa bumi itu bulat terlihat dari luar angkasa, namun bentuknya tidak terlihat bulat jika dilihat dari permukaan. Bukti bumi bulat tersebut telah dikemukakan oleh beberapa ilmuan dunia. Bumi memiliki permukaan yang datar, ada yang menjorok ke dalam bawah permukaan laut maupun ada yang menjulang tinggi ke atas.  Selain itu bumi juga memiliki permukaan yang bentuknya bukit, palung, gunung, lembah dan sebagainya. Bumi yang berbentuk bulat ini dikarenakan adanya gravitasi bumi. Bentuk bumi tersebut dimanipulasi oleh gravitasi sehingga jarak pusat gravitasi dengan permukaan bumi memiliki panjang yang sama. Kemudian gaya gravitasi akan meningkat karena ditambah dengan massa semua benda yang terdapat di bumi.

Selama 25 abad dilakukan beberapa penelitian untuk memperoleh bukti bahwa bumi itu bulat. Pemerolehan bukti bumi bulat ini dilakukan agar teori bumi itu datar dapat dibuktikan kebenarannya. Jaman dahulu orang mempercayai adanya teori bentuk bumi datar sehingga  membuat orang orang menampik adanya gerhana, gravitasi, bumi yang mengelilingi matahari dan sebagainya. Untuk itu semua hal ini dibuktikan dengan adanya penelitian yang menghasilkan data tertentu. Sekian penjelasan mengenai bukti bahwa bentuk bumi itu bulat terlengkap menurut ilmuan dunia. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dan terima kasih telah membaca.

One thought on “12 Bukti Bumi Itu Bulat Terlengkap Menurut Ilmuwan Dunia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *