12 Contoh Teks Rekaman Percobaan Singkat dan Terbaru

Diposting pada

12 Contoh Teks Rekaman Percobaan Singkat dan Terbaru – Apakah anda pernah mendengar tentang istilah teks rekaman percobaan? Teks ini merupakan salah satu teks Bahasa indonesia yang memiliki struktur dan unsur kebahasaannya sendiri. Kedua hal inilah yang dijadikan pedoman dalam pembuatan contoh teks rekaman percobaan singkat. Lantas apa pengertian teks rekaman percobaan itu? Bagaimana bentuk struktur teksnya? Bagaimana unsur kebahasaan teksnya? Teks rekaman percobaan adalah teks Bahasa Indonesia yang berisi gambaran percobaan yang penulis lakukan. Tidak heran jika jenis teks ini sering digunakan alam pelaksanaan sebuah percobaan, baik dalam bentuk laporan praktikum maupun karya ilmiah.

12 Contoh Teks Rekaman Percobaan Singkat dan Terbaru
Contoh Teks Rekaman Percobaan

Penyusunan teks rekaman percobaan dilakukan dengan pemahaman yang lebih terkait sebuah percobaan yang akan dilakukan. Dengan begitu seorang peneliti dan pelajar dapat memperkuat kedisiplinan ilmu percobaan menggunakan teks rekaman ini. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa contoh teks rekaman percobaan singkat dan terbaru. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

12 Contoh Teks Rekaman Percobaan Singkat dan Terbaru

Sebelum membagikan beberapa contoh teks rekaman percobaan. Saya akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai struktur teks rekaman percobaan dan unsur kebahasaan teks rekaman percobaan terlebih dahulu. Berikut penjelasan selengkapnya:

Baca juga : 12 Contoh Teks Cerita Fantasi Singkat Terbaru Menegangkan

Struktur Teks Rekaman Percobaan
Untuk membuat sebuah contoh teks rekaman percobaan yang baik dan bagus diperlukan pedoman struktur teks yang ada. Bagian bagian dalam struktur teks ini dijadikan sebagai dasar dan pondasi teks tersebut sehingga dapat berdiri sendiri. Adapun beberapa struktur teks rekaman percobaan yaitu meliputi:

  • Tujuan
  • Alat dan Bahan
  • Langkah Langkah
  • Hasil
  • Kesimpulan

Struktur teks rekaman percobaan di atas merupakan struktur utama yang dijadikan pedoman dalam pembuatan contoh teks rekaman percobaan yang ada. Namun pada umumnya sebuah penelitian atau percobaan membutuhkan sebuah struktur tambahan sehingga teks tersebut lebih lengkap. Misalnya saja hipotesis awal dalam sebuah penelitian atau percobaan. Selain itu adapula yang disertai dengan landasan berfikir atau kajian teori pula. Struktur tambahan ini berguna untuk membuat laporan percobaan yang dibuat menjadi lebih jelas dan lengkap.

Pada dasarnya struktur teks rekaman percobaan memiliki kemiripan dengan struktur teks prosedur. Namun yang membedakan diantara kedua teks ini terdapat dibagian hasil dan kesimpulannya. Dengan kata lain dalam contoh teks rekaman percobaan terdapat struktur bagian hasil dan kesimpulannya. Sedangkan dalam teks prosedur tidak ada struktur bagian hasil dan kesimpulannya.

Unsur Kebahasaan Teks Rekaman Percobaan
Selain struktur teks, adapula unsur kebahasaan teks rekaman percobaan. Unsur percobaan ini juga digunakan dalam pembuatan contoh teks rekaman percobaan pula. Adapun beberapa unsur kebahasaannya yaitu meliputi:

  • Kata Bilangan
  • Antonim
  • Sinonim

Baca juga : 12 Contoh Teks Negosiasi Singkat Beserta Strukturnya

Baik itu unsur ataupun struktur teks rekaman percobaan diatas mudah dihafal bukan? Untuk melengkapi pengetahuan tentang teks tersebut saatnya kita melihat salah satu contoh teks rekaman percobaan singkat dengan tema general yang biasanya kita temui.

Contoh teks rekaman percobaan

Sebenarnya kita bisa menemukan berbagai contoh percobaan lengkap dengan script teksnya di berbagai media khususnya Internet. Teks tersebut biasanya akan kita jumpai bersama dengan rekaman suara ataupun video dan disampaikan sebagai lampiran hasil percobaan.

Setelah membahas tentang struktur dan unsur kebahasaan teks rekaman percobaan. Selanjutnya saya akan membagikan beberapa contoh teks rekaman percobaan singkat dan terbaru. Berikut beberapa contohnya yaitu meliputi:

Contoh Teks Rekaman Percobaan Singkat
Membuat Taplak Meja Sederhana

Tujuan
Pada dasarnya taplak meja digunakan untuk menghias sebuah meja. Taplak meja terebut dapat dibeli dengan harga yang lumayan serta dapat ditemukan di toko toko. Namun taplak meja ini dapat anda buat sendiri di rumah sehingga anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Pembuatan taplak meja sederhana ini bertujuan untuk memanfaatkan barang bekas sehingga dapat bernilai lebih.

Alat dan Bahan

  1. Kain perca berukuran 1,5 m
  2. Benang dan Jarum
  3. Jangka
  4. Kertas, Pensil dan Gunting

Langkah Langkah

  1. Langkah pertama menggunakan jangka untuk membuat sketsa gambar yang berdiameter 8 cm. Kemudian gunting gambar sketsa tersebut.
  2. Taruh sketsa di atas kain perca dan tempelkan. Kemudian jiplak polanya dan gunting kain sesuai dengan pola. Lakukan langkah kedua ini sampai membentuk 60 bulatan.
  3. Setelah itu pinggirnya di jahit dan tarik. Tambahkan pula dengan tali. Lakukan sampai membentuk 60 bulatan.
  4. Lalu bulatan tersebut dirangkai satu persatu hingga membentuk pola taplak meja.
  5. Setelah bentuk pola sesuai keiginan maka perkuat dengan menjahitnya satu sama lain.
  6. Lalu setelah bentuknya menyerupai taplak meja, kemudian jahitan dirapikan.

Baca juga : 8 Contoh Teks Eksemplum Singkat Tentang Pendidikan dan Pengalaman Pribadi

Hasil
Taplak meja hasil kreasi sendiri akhinya sudah jadi. Hasil taplak meja tersebut dapat diletakkan di meja ruang makan atau ruang tamu. Kreasi tangan sendiri ini dapat dikembangkan menjadi sebuah usaha rumahan yang untung.

Kesimpulan
Taplak meja dapat dibuat dengan cara sederhana dan tidak sesulit yang dibayangkan. Namun dalam pembuatannya, kita harus tetap ulet dan telaten. Dengan begitu kreativitas kita dapat bertambah, keterampilan semakin terlatih dan biaya yang dikeluarkan lebih hemat.

Contoh Teks Rekaman Percobaan Terbaru
Membuat Baterai dari Sabun

Tujuan
Baterai adalah salah satu alat yang dapat digunakan sebagai penyimpan energi sementara. Baterai tersebut sangat dibutuhkan oleh banyak alat seperti remote tv, mouse tanpa kabel dan sebagainya. Maka dari itu, kita dapat mengkreasikan baterai berbahan dasar sabun. Dengan begitu biaya yang dikeluarkan tidak banyak serta mudah dilakukan. Pembuatan baterai tersebut dapat menambah wawasan dan kreativitas kita.

Alat dan Bahan

  1. Sabun mandi (apapun merknya)
  2. Kawat Tembaga
  3. 1 buah Lampu LED
  4. Pisau, Gunting Besi serta Kabel secukupnya
  5. Alumunium dari pancil bekas, plat nomor bekas ataupun kaleng minuman soda.

Langkah Langkah

  1. Langkah pertama alumunium dipotong sebanyak 10 buah dengan bentuk persegi panjang. Ukuran potongan alumunium tersebut ialah 0,5 x 10 cm.
  2. Setelah itu kawat tembaga di potong dengan pisau sebanyak 10 buah.
  3. Kawat tembaga dan potongan Alumunium di tancapkan ke potongan sabun secara berhadapan tanpa bersentuhan.
  4. Potongan alumunium dan potongan kawat tembaga saling dihubungkan sampai keduanya benar benar terhubung. Ujung pada susunan 10 sabun tersebut diawali dengan kawat tembaga dan potongan Alumunium diletakkan di akhir.
  5. Pada potongan sabun yang dipasang pada alumunium dan logam tembaga ditambahkan dengan 1 – 2 tetes air.
  6. Setelah itu hubungkan kabel listrik ke kaki lampu LED. Jika LED tidak menyala maka tukar posisi kabel pada lampu LEDnya.
  7. Lampu LED dapat menyala selama sabun dalam kondisi basah. Jika lampu mati maka potongan sabun tersebut tinggal ditambahkan dengan 1 – 2 tetes air.

Hasil
Anda dapat membuat energi alternatif ketika proses pembuatan baterai dari sabun telah selesai. Anda juga dapat mengembangkan kreativitas yang dapat bermanfaat untuk banyak orang.

Kesimpulan
Dalam pembuatan energi, kita dapat memanfaatkan bahan bahan di sekitar. Contohnya kentang, jeruk nipis, wortel dan sebagainya. Baterai dapat dibuat dengan bahan apapun jika kandungan pH nya di atas 7.

Sekian beberapa contoh teks rekaman percobaan singkat dan terbaru yang dapat saya bagikan. Teks rekaman percobaan ialah teks Bahasa Indonesia yang berisi gambaran percobaan yang penulis lakukan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *