16+ Prasasti Bersejarah di Indonesia Dari Berbagai Kerajaan

Diposting pada

16+ Prasasti Bersejarah di Indonesia Dari Berbagai Kerajaan – Negara Indonesia terdiri dari berbagai pulau dan suku suku. Untuk itulah negara Indonesia disebut sebagai negara yang kaya akan keberagamannya, baik suku, agama, ras, budaya dan sebagainya. Indonesia memiliki kebudayaan yang telah diwariskan oleh nenek moyang jaman dahulu dan terus berkembang sampai sekarang. Berabad abad lamanya negara ini mengalami beberapa reformasi, perjuangan dan sebagainya sebagai asal usul pembentukan dari negara Indonesia ini. Salah satu bukti bentuk asal usul Nusantara ini ialah beberapa prasasti bersejarah di Indonesia yang terdapat dibeberapa wilayah yang berbeda. Letak peninggalan prasasti bersejarah ini disesuaikan dengan letak penemuannya. Namun adapula beberapa prasasti yang diletakkan di museum Nasional.

Prasasti Prasasti yang Terletak di Indonesia

Seperti yang kita ketahui bahwa dalam sejarah bangsa Indonesia terdapat kisah nenek moyang ketika dimasa lampau. Bukti dari adanya masa lalu ini diwujudkan dalam bentuk peninggalan sejarah. Bahkan sampai sekarang masih ditemukan beberapa peninggalan bersejarah di Indonesia yang cukup beragam. Untuk itu peninggalan ini diletakkan di beberapa museum agar dapat dilestarikan dan dirawat dengan baik. Mengingat banyak sekali bentuk peninggalan sejarah yang ada di Indonesia, misalnya saja prasasti. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa prasasti bersejarah di Indonesia beserta letaknya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

16+ Prasasti Bersejarah di Indonesia Dari Berbagai Kerajaan

Sebelum saya membagikan beberapa peninggalan prasasti bersejarah di Indonesia. Maka saya akan memberikan penjelasan sedikit mengenai pengertian prasasti. Prasasti dapat diartikan sebagai dokumen atau piagam yang penulisannya menggunakan bahan yang tahan lama atau keras. Menurut bahasa Sansekerta, kata prasasti bermakna “Pujian”. Kemudian sekarang artinya berubah menjadi “Surat keputusan, Piagam, Tulisan, Maklumat, atau Undang Undang”. Prasasti ini disebut sebagai inkripsi oleh para arkeolog. Prasasti tersebut juga diartikan sebagai batu bersurat atau bertulis oleh kalangan awam.

Baca juga : 18 Candi Hindu di Indonesia Beserta Letaknya

Peninggalan Kerajaan Tarumanegara (Prasasti Tugu)
Peninggalan Kerajaan Tarumanegara (Prasasti Tugu)

Bentuk peninggalan prasasti bersejarah di Indonesia berasal dari peninggalan Kerajaan Sriwijaya di dekat kota Palembang dan peninggalan Kerajaan Tarumanegara di Bogor, Jawa Barat. Berikut beberapaa macam prasasti bersejarah beserta letak prasasti sejarah yang ada di Indonesia yaitu diantaranya:

Prasasti Peninggalan Kerajaan Tarumanegara

Kerajaan tarumanegara merupakan salah satu kerajaan adidaya di jamannya. Hal ini dibuktikan dengan adanya berbagai peninggalan kerajaan dan prasasti kerajaan tarumanegara yang tersebar di berbagai wilayah. Prasasti bersejarah di Indonesia yang pertama berasal dari peninggalan Kerajaan Tarumanegara. Kerajaan ini memiliki beberapa macam prasasti yang terdapat di Bogor, Jawa Barat yaitu meliputi:

  • Prasasti Ciaruteun, terletak di Bogor, Jawa Barat.
  • Prasasti Jambu, letak prasasti bersejarah di Indonesia ini berada di kota Bogor, Jawa Barat.
  • Prasasti Muara Cianten, terletak di Bogor, Jawa Barat.
  • Prasasti Lebak
  • Prasasti Kebon Kopi, letak prasasti bersejarah di Indonesia ini berada di kota Bogor, Jawa Barat.
  • Prasasti Pasir Awi, terletak di Bogor, Jawa Barat.
  • Prasasti Tugu, terletak di kota Bogor, Jawa Barat.

Baca juga : 10+ Peninggalan Kerajaan Sriwijaya Beserta Gambar

Prasasti Peninggalan Kerajaan Sriwijaya

Salah satu kerajaan adidaya selain tarumanegara dan majapahit adalah kerajaan sriwijaya. Kerajaan adidaya ini memiliki berbagai peninggalan bersejarah berbentuk prasasti kuno yang saat ini sudah ditemukan diberbagai daerah. Prasasti bersejarah di Indonesia selanjutnya berasal dari peninggalan Kerajaan Sriwijaya. Kerajaan ini memiliki beberapa macam prasasti yaitu meliputi:

  • Prasasti Karang Berahi, terletak di daerah Jambi hulu.
  • Prasasti Kedukan Bukit (tahun 638 M), berada di dekat kota Palembang.
  • Prasasti Telaga Batu, letak prasasti bersejarah di Indonesia ini berada di dekat Palembang.
  • Prasasti Palas Pasemah, terletak di wilayah Lampung Selatan.
  • Prasasti Talang Tuo (tahun 684 M), letak prasasti bersejarah di Indonesia ini berada di dekat kota Palembang.
Peninggalan Kerajaan Sriwijaya (Prasasti Karang Berahi)
Peninggalan Kerajaan Sriwijaya (Prasasti Karang Berahi)

Kumpulan Peninggalan Prasasti Bersejarah di Indonesia

Selanjutnya saya akan merangkum beberapa peninggalan prasasti sejarah di Indonesia menjadi satu. Kumpulan peninggalan prasasti bersejarah di Indonesia ini saya lengkapi dengan letak masing masing prasastinya. Berikut beberapa macam jenis prasasti yang terdapat di wilayah Indonesia yaitu diantaranya:
  • Prasasti Jambu, terletak di kota Bogor, Jawa Barat.
  • Prasasti Pasir Awi, berada di kota Bogor, Jawa Barat.
  • Prasasti Kedukan Bukit (tahun 638 M), terletak di dekat kota Palembang.
  • Prasasti Talang Tuo (tahun 684 M), letak prasasti bersejarah di Indonesia ini berada di dekat kota Palembang.
  • Prasasti Dinoyo (tahun 760 M), terletak di kota Malang, Jawa Timur. Prasasti ini berisi kisah kerajaan yang pusatnya berada di Kanjuruhan.
  • Prasasti Canggal (tahun 732 M), terletak di Magelang. Prasasti ini berisi kisah kerajaan Mataram Hindu yang dipimpin oleh Raja Sanjaya.
  • Prasasti Muara Kaman, letak prasasti bersejarah di Indonesia ini berada di tepi Sungai Mahakam, Kalimantan Timur.

Baca juga : 22 Peninggalan Kerajaan Kediri (Candi, Kitab dan Prasasti)

  • Prasasti Ciaruteun, terletak di kota Bogor, Jawa Barat.
  • Prasasti Tugu, berada di Bogor, Jawa Barat.
  • Prasasti Lebak, berada di Bogor, Jawa Barat.
  • Prasasti Karang Berahi, letak prasasti bersejarah di Indonesia ini berada di daerah Jambi hulu.
  • Prasasti Palas Pasemah, letaknya berada di Lampung Selatan.
  • Prasasti Kalasan (tahun 778), terletak di Yogyakarta. Prasasti ini berisi kisah kerajaan Mataram Hindu yang dipimpin oleh Raja Rakai Panangkaran.
  • Prasasti Kedu (tahun 907), prasasti ini berisi kisah Raja Belitung dari Kerajaan Mataram Hindu.
  • Prasasti Kebon Kopi, letak prasasti bersejarah di Indonesia ini berada di Bogor, Jawa Barat.
  • Prasasti Muara Cianten, letaknya berada di kota Bogor, Jawa Barat.
  • Prasasti Telaga Batu, terletak di dekat kota Palembang.
Beberapa prasasti sejarah di atas merupakan wujud peninggalan peninggalan kerajaan di Indonesia. Pada dasarnya prasasti bersejarah di Indonesia masih banyak lagi, namun dalam dunia pendidikan di Indonesia hanya beberapa prasasti di ataslah yang cukup terkenal. Di bawah ini terdapat salah satu contoh prasasti peninggalan Kerajaan Pajajaran yakni sebagai berikut:
Peninggalan Kerajaan Pajajaran (Prasasti Cikapundung)
Peninggalan Kerajaan Pajajaran (Prasasti Cikapundung)
Prasasti bersejarah di Indonesia ini bernama prasasti Cikapundung yang berasal dari Kerajaan Pajajaran.  Prasasti ini ditemukan pada tanggal 8 Oktober 2010 di sekitar sungai Cikapundung, Bandung oleh warga sekitar. Prasasti ini memiliki ukuran tinggi 55 cm, panjang 178 cm dan lebar 80 cm. Prasasti Cikapundung diperkirakan sudah ada sejak abad ke 14 dan berisi tulisan menggunakan huruf Sunda Kuno.
Sekian beberapa prasasti bersejarah di Indonesia beserta letaknya yang dapat saya bagikan. Letak prasasti sejarah di Indonesia ini menyebar di beberapa wilayah. Beberapa prasasti peninggalan sejarah yang saya bagikan di atas merupakan prasasti sejarah yang populer dalam dunia pendidikan. Karena pada dasarnya masih banyak lagi peninggalan peninggalan sejarah lainnya yang ada di Indonesia. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dan terima kasih telah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *