4 Ciri Ciri Konstitusi Negara Komunis Lengkap

Diposting pada

4 Ciri Ciri Konstitusi Negara Komunis Lengkap – Masing-masing Negara pasti mempunyai sistem konstitusi yang berbeda. Sebagian orang khususnya para siswa pasti tak asing lagi dengan apa itu konstitusi. Tapi ataukah kalian ternyata setiap jenisnya memiliki karakteristik berbeda. Misalnya negera yang menganut sistem liberal, demokrasi, hingga komunis sekalipun.

Lalu apa ciri ciri konstitusi negara komunis itu? Pertanyaan ini sering saya dengar terlontar dari mulut siswa. Konstitusi merupakan pedoman hukum dasar yang berlaku dalam sebuah negara untuk menyelenggarakan sesuatu secara resmi. Biasanya Konstitusi mengambil bentuk Undang Undang Dasar maupun hukum tertulis. Maka dari itu, tindakan penertiban warga negara dapat berpedoman pada sistem semacam ini.

4 Ciri Ciri Konstitusi Pada Negara Komunis Lengkap
Ciri ciri konstitusi negara komunis

Indonesia sendiri berpedoman pada konstitusi pancasila dan UUD 1945. Pancasila tersebut berperan sebagai dasar negara Indonesia, sedangkan Undang Undang Dasar 1945 merupakan hasil dari amandemen. Oleh karenanya, Negara kita sering disebut juga sebagai negara konstitusi pancasila. Hal ini dikarenakan dalam pelaksanaan pemerintahannya menganut asas asas Pancasila yang ada.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa ciri ciri konstitusi pada negara komunis lengkap. Meski sebenarnya materi ini sudah banyak sekali di bahas dalam berbagai kesempatan. Tapi tak ada salahnya bila kita mengulangnya sebagai bentuk pendalaman materi.

4 Ciri Ciri Konstitusi Negara Komunis Lengkap

Masing masing negara di dunia menganut sistem konstitusi yang berbeda beda seperti konstitusi komunis dan sebagainya. Lalu bagaimana ciri ciri konstitusi pada negara komunis? Komunisme ialah paham politik yang menentang adanya kebebasan individu dan menentang kebebasan dalam hak milik (kepemilikan).

Negara komunis memiliki masyarakat yang kehidupannya dikendalikan penuh oleh pemerintah. Misalnya melarang individu untuk memiliki hak kepemilikan. Sampai sekarang masih ada beberapa negara yang menganut sistem komunisme tersebut yaitu Vietnam, Cina, Korea Utara, dan Cuba.

Baca juga : Pengertian Negara Hukum, Ciri Ciri dan Unsurnya Lengkap

Apa Itu Konstitus Komunis

Sistem komunisme ini memiliki tujuan untuk menciptakan sebuah negara yang mengendalikan berbagai hal yang menyangkut kehidupan rakyatnya. Ciri ciri masyarakat komunis yakni tidak memiliki kepemilikan individu sehingga bebas dari keterikatan. Artinya masyarakat punya status yang sama, tidak ada eksploitasi, tidak ada penyiksaan, tidak adan perbedaan lapisan sosial atau kelas dan tidak ada penindasan.

Apakah hanya itu ciri ciri konstitusi negara komunis? tentu saja tidak. Pewujudan masyarakat komunis tersebut tidak lepas dari pemanfaatan negara sebagai alat untuk mengendalikan berbagai kehidupan berbangsa. Di bawah ini terdapat ciri ciri konstitusi pada negara komunis lengkap.

Setiap Orang Punya Status yang Sama

Pada pembahasan kali ini, saya akan membagikan beberapa ciri konstitusi yang terdapat pada negara komunis. Ciri ciri konstitusi negara komunis yang pertama ialah melarang adanya penggolongan masyarakat. Tidak heran apabila negara komunis memiliki semboyan konstitusi yaitu “sama rasa dan sama rata”.

Jadi tidak ada status sosial yang spesial antar warga negara layaknya di Indonesia. Entah kita bisa menyebutnya sebagai suatu kelebihan atau kekurangan. Memang dari sudut pandang ekonomi masyarakat akan lebih merata dan terhindar dari kesenjangan sosial. Tapi di lain sisi, sistem ini menjadi penghalang kebebesan untuk berkembang.

Tidak Mengenal Perbedaan Pandangan

Ciri ciri konstitusi pada negara komunis selanjutnya ialah pandangan ini tidak mengenal adanya perbedaan dalam hal apapun karena dapat menghancurkan keutuhan negara tersebut. Bahkan dalam negara komunis terdapat proses ketatanegaraan pemerintahan melalui tindak kekerasan dan cara ini dianggap sangat wajar dan lumrah. Ciri selanjutnya ialah negara tersebut memiliki satu partai yang berkuasa yaitu parta komunis. 

Baca juga : Pengertian Identitas Nasional Lengkap Dengan Unsurnya

Ciri Ciri Konstitusi Komunis

Selain ciri ciri diatas, adapula ciri ciri konstitusi pada negara komunis lainnya. Berikut beberapa ciri cirinya yaitu:

  • Penguasa negara diberikan kekuasaan besar oleh Undang Undang Dasar dalam mengendalikan berbagai aspek kehidupan masyarakatnya. 
  • Membatasi hak hak warga negaranya sesuai dengan pedoman Konstitusi (Undang Undang Dasar).

Sekian penjelasan mengenai ciri ciri konstitusi pada negara komunis lengkap. Pemerintah dalam menjalankan tugasnya dengan terjamin dan jelas karena berpedoman pada konstitusi yang ada. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Baca Juga  Penjelasan 8 Asas Hukum Menurut Lon Fuller

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.