4 Ciri Ciri Konstitusi Pada Negara Komunis Lengkap

Diposting pada

4 Ciri Ciri Konstitusi Pada Negara Komunis LengkapDalam sebuah negara pasti memiliki sistem konstitusi yang berbeda dengan negara lainnya. Mungkin anda sudah tidak asing lagi mengenai istilah “Konstitusi” ini. Lalu apa ciri ciri konstitusi pada negara komunis itu? Konstitusi merupakan pedoman hukum dasar yang berlaku dalam sebuah negara untuk menyelenggarakan sesuatu secara resmi. Biasanya Konstitusi berbentuk Undang Undang Dasar maupun hukum tertulis lainnya. Maka dari itu, tindakan penertiban warga negara dapat berpedoman pada sistem konstitusi ini.

4 Ciri Ciri Konstitusi Pada Negara Komunis Lengkap
Ciri ciri konstitusi negara komunis

Negara Indonesia memiliki pedoman Konstitui yaitu Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945. Pancasila tersebut berguna sebagai dasar negara Indonesia, sedangkan Undang Undang Dasar 1945 merupakan hasil dari amandemen. Maka dari itu negara Indonesia sering disebut sebagai Konstitusi Pancasila. Hal ini dikarenakan dalam pelaksanaan pemerintahannya menganut asas asas Pancasila yang ada. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa ciri ciri konstitusi pada negara komunis lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

4 Ciri Ciri Konstitusi Pada Negara Komunis Lengkap

Masing masing negara di dunia menganut sistem konstitusi yang berbeda beda seperti konstitusi komunis dan sebagainya. Lalu bagaimana ciri ciri konstitusi pada negara komunis? Komunisme ialah paham politik yang menentang adanya kebebasan individu dan menentang kebebasan dalam hak milik (kepemilikan). Negara komunis memiliki masyarakat yang kehidupannya dikendalikan penuh oleh pemerintah. Misalnya melarang individu untuk memiliki hak kepemilikan. Sampai sekarang masih ada beberapa negara yang menganut sistem komunisme tersebut yaitu Vietnam, Cina, Korea Utara, dan Cuba.

Baca juga : Pengertian Negara Hukum, Ciri Ciri dan Unsurnya Lengkap

Sistem komunisme ini memiliki tujuan untuk menciptakan sebuah negara yang mengendalikan berbagai hal yang menyangkut kehidupan rakyatnya. Masyarakat komunis memiliki ciri ciri yakni tidak memiliki kepemilikan individu sehingga bebas dari keterikatan, masyarakatnya sama, tidak ada eksploitasi, tidak ada penyiksaan, tidak adan perbedaan lapisan sosial atau kelas dan tidak ada penindasan. Pewujudan masyarakat komunis tersebut tidak lepas dari pemanfaatan negara sebagai alat untuk mengendalikan berbagai kehidupan masyarakatnya. Diawah ini terdapat ciri ciri konstitusi pada negara komunis lengkap.

Ciri Ciri Konstitusi Pada Negara Komunis

Pada pembahasan kali ini, saya akan membagikan beberapa ciri konstitusi yang terdapat pada negara komunis. Ciri konstitusi pada negara komunis yang pertama ialah melarang adanya penggolongan masyarakat. Tidak heran apabila negara komunis memiliki semboyan konstitusi yaitu “sama rasa dan sama rata”.

Ciri konstitusi pada negara komunis selanjutnya ialah pandangan ini tidak mengenal adanya perbedaan dalam hal apapun karena dapat menghancurkan keutuhan negara tersebut. Bahkan dalam negara komunis terdapat proses ketatanegaraan pemerintahan melalui tindak kekerasan dan cara ini dianggap sangat wajar dan lumrah. Ciri selanjutnya ialah negara tersebut memiliki satu partai yang berkuasa yaitu parta komunis. 

Baca juga : Pengertian Identitas Nasional Lengkap Dengan Unsurnya

Selain ciri ciri diatas, adapula ciri ciri konstitusi pada negara komunis lainnya. Berikut beberapa ciri cirinya yaitu:

  • Penguasa negara diberikan kekuasaan besar oleh Undang Undang Dasar dalam mengendalikan berbagai aspek kehidupan masyarakatnya. 
  • Membatasi hak hak warga negaranya sesuai dengan pedoman Konstitusi (Undang Undang Dasar).

Sekian penjelasan mengenai ciri ciri konstitusi pada negara komunis lengkap. Pemerintah dalam menjalankan tugasnya dengan terjamin dan jelas karena berpedoman pada konstitusi yang ada. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *