6 Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Indonesia Singkat, Baik, dan Benar

Diposting pada

6 Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Indonesia Singkat, Baik, dan Benar – Tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan istilah kata pidato. Apa itu pidato? Pidato adalah kalimat yang tersusun rapi untuk disampaikan kepada orang banyak. Selain itu definisi pidato menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) yaitu ungkapan kata yang didalamnya terdapat kandungan makna agar tersampaikan kepada khalayak umum. Apapun bentuk pidatonya pasti menggunakan pembukaan pidato di bagian awalnya dan bagian penutup untuk akhirannya. Lalu bagaimana contoh pembukaan pidato Bahasa Indonesia yang baik dan benar?

6+ Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Indonesia Singkat Terbaik
Contoh Pembukaan Pidato Terbaik

Pembukaan menjadi salah satu unsur yang tak boleh kalian lewatkan ketika berbicara di depan publik. Lewat pembukaan singkat inilah pembaca bisa perlahan menangkap dan merasionalkan topik bahasan. Contoh pembukaan pidato sebenarnya bisa kita jumpai hampir di semua buku pedoman bahasa Indonesia. Sayangnya siswa kurang membaca dan akhirnya kesulitan untuk menulis menggunakan struktur serta kaidah kebahasaan.

Tata cara penulisan pidato Bahasa Indonesia yang baik dan benar sebenarnya terlihat dari respon pendengar itu sendiri. Sejatinya pidato dibuat untuk memberikan pengaruh kepada orang lain agar mengikuti apa yang kita sampaikan. Seseorang yang dituntut untuk melakukan pidato memang harus menyampaikannya dengan baik dan benar. Adapun beberapa bagian pidato yang perlu disampaikan yaitu pembukaan, isi, dan penutup. Nah dalam pembahasan kali ini saya akan membagikan beberapa contoh pembukaan pidato Bahasa Indonesia terbaik. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

6 Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Indonesia Singkat Terbaik

Dengan adanya contoh pembukaan pidato ini diharapkan anda dapat menyampaikan pidato dengan baik dan lengkap. Pada dasarnya pembuka pidato berisikan beberapa kalimat sebelum penyampaian isi pidato. Pidato tersebut dapat diartikan sebagai bentuk aktivitas dalam penyampaian pikiran, aspirasi, dan segala hal yang ingin diungkapkan kepada banyak orang. Materi yang disampaikan dalam pembuka pidato tentunya selalu berkaitan dengan isi yang akan disampaikan kepada audience.

Baca juga : 8 Contoh Karangan Persuasi Singkat Tentang Lingkungan

Mempelajari struktur serta penggunaan kaidah kebahasaan menjadi kunci utama terciptanya pidato yang baik. Meski semua materi sudah tertulis rapi dibuku LKS tapi sayangnya siswa masih terkesan mengabaikannya. Padahal materi tersebut mampu membantu kalian memahami unsur pidato lebih baik. Maka dari itu, saya akan bagikan terlebih dahulu struktur pidato secara umum:

  1. Pembuka Pidato.
  2. Isi Pidato.
  3. Penutup Pidato.

Nah, pembukaan menjadi bagian pertama yang harus kalian buat sebagai permulaan. Meski terkesan mudah namun pada bagian ini terkadang siswa merasa kesulitan menuangkan ide atau gagasannnya. Permasalahnnya sebenarnya cukup sederhana yakni kurangnya perbendaharaan kata sehingga siswa kesulitan menyusun kalimat. Tapi pada artikel kali ini saya ingin membahas lebih dalam contoh pembukaan pidato beserta kaidah kebahasaannya.

Pembukaan Pidato dengan Bersyukur kepada Tuhan

Pembukaan pidato biasanya akan berisi sambutan atau ucapan rasa syukur kepada Sang Pencipta. Ide serta gagasan satu ini sudah cukup lumrah dan bisa kita pakai untuk berbagai acara secara fleksibel.

Pertama tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan hidayahnya kita dapat berkumpul di ruangan ini ,dengan sehat walafiat dan tidak kekurangan suatu apapun. Kita juga tidak lupa untuk menghaturkan salam dan shalawat kepada junjungan nabi kita, Nabi Muhammad SAW.

Para hadirin terhormat, izinkanlah saya pada kesempatan kali ini untuk menyampaikan pidato mengenai (contoh pembukaan pidato ini kemudian dilanjutkan dengan isi pidatonya).

Pembukaan Pidato Berisi Perkenalan Diri

Selamat pagi dan sehat selalu untuk teman teman semua.
Apa kabar teman teman semua? Semoga teman teman sekalian selalu sehat walafiat tanpa kekurangan suatu apapun. Apakah teman teman semua mengenal saya? Mungkin diantara kalian semua ada yang mengenal maupun tidak. Ada pepatah mengatakan bahwa “Tak Kenal Maka Tak Sayang”. Untuk itulah saya akan memperkenalkan diri disini. Perkenalkan nama saya adalah Rio Sandoro, atau dapat dipanggil Rio. Saya lahir pada tanggal 3 Januari 1990 di Jepang. Selama 29 tahun lamanya saya besar dan hidup di Negeri Sakura tersebut. Pendidikan saya berada di perguruan tinggi yang ada di Jepang. Kemudian saya juga aktif dalam bidang organisasi perlindungan anak yang terlantar dan bidang pendidikan.

Baca juga : 8 Contoh Latar Belakang Laporan PKL (Prakerin) yang Baik dan Benar

Untuk kesempatan yang luar biasa ini, saya berharap teman teman semua dapat ikut berperan serta dalam dunia pendidikan melalui semangat yang akan saya sampaikan dalam pidato ini.
Teman teman yang saya sayangi,
(Contoh pembukaan pidato ini kemudian dilanjutkan dengan isi pidatonya)

Pembukaan Pidato Berisi Pemberian Ilustrasi

Para tamu undangan yang saya hormati,
Pada pagi hari ini marilah kita renungkan sejenak mengenai apa yang pernah kita lakukan diwaktu dekat ini. Lihatlah lingkungan kita ini. Keadaan sekitar kita sungguh memprihatinkan. Kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya nampaknya tidak dapat menggerakkan hati banyak orang. Bahkan pembuangan sampah sendiri masih banyak dilakukan oleh pengendara motor dan mobil yang lalu lalang dijalanan. Kejadian ini tentunya sungguh tidak enak untuk dipandang dan membuat lingkungan sekitar kita terlihat tidak bersih. Selain itu sampah sampah tersebut juga mengakibatkan banyak penyakit dan menimbulkan aroma yang tidak sedap. Terlebih lagi jika lingkungan kita terkena bencana banjir. Bukankah kebiasaan seperti ini tidak boleh disepelekan? Sudahkah lingkungan kita jaga dengan baik?

Dengan perantara pidato ini, saya berniat untuk mengajak para tamu undangan sekalian agar selalu menjaga tempat tinggal dan lingkungan sekitar kita agar tetap bersih.

Hadirin yang saya hormati,
(Contoh pembukaan pidato ini kemudian dilanjutkan dengan isi pidatonya)

Pembukaan Pidato Berisi Fakta Sejarah

Para hadirin yang berbahagia,
Pada hari yang cerah ini kita dapat memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Tentunya kita teringat pada hari kemerdekaan ini para pejuang dan pahlawan bangsa telah mengusir dan menghalau penjajah di negeri ini dengan mengorbankan seluruh raga dan jiwanya. Para pahlawan dengan gagah berani melawan sekutu dan pasukan penjajah yang membombardir negeri tercinta kita ini dengan terus menerus, baik melalui udara, darat, ataupun laut. Namun pahlawan pahlawan tersebut terus maju melawan penjajah tanpa gentarnya. Para pahlawan terus memperjuangkan martabat bangsa Indonesia dengan gagah berani.

Hadirin yang saya hormati,
(Contoh pembukaan pidato ini kemudian dilanjutkan dengan isi pidatonya)

Baca juga : 32 Contoh Kalimat Aktif Transitif dan Intransitif Beserta Pengertian

Pembukaan Pidato Disajikan Dalam Bentuk Humor

Hadiri sekalian,
Apakah anda pernah memiliki pemikiran bahwa perut gemuk merupakan lambang kemakmuran? Tentunya saya pernah berpikir seperti itu. Tetapi saya juga tidak begitu yakin jika keduanya memiliki hubungan. Mungkin kedua hal ini termasuk teman tapi mesra (TTM), brother zone, ataupun friend zone. Hahahaha. Baiklah, mari kita kembali pada hubungan kemakmuran dengan perut gemuk. Seperti yang kita ketahui bahwa mereka yang memiliki tubuh kurus cenderung untuk pegawai yang jabatannya biasa. Namun untuk mereka yang memiliki perut gemuk cenderung untuk pegawai yang jabatannya tinggi ataupun pegawai yang jabatannya sedang naik. Hal ini tentunya membuat saya kurang begitu yakin mengenai hubungan pembukaan pidato ini dengan sesuatu yang ingin saya sampaikan.

Hadirin yang terhormat,
Saya ingin menyampaikan beberapa patah kata melalui pidato ini terkait penjagaan integritas diri yang penting dalam mengemban sebuah tanggung jawab dan tugas tugas dalam sebuah pekerjaan.
(Contoh pembukaan pidato ini kemudian dilanjutkan dengan isi pidatonya)

Sekian beberapa contoh pembukaan pidato Bahasa Indonesia terbaik. Pembuka pidato tersebut dapat ditambahkan dengan fakta sejarah, disajikan dalam bentuk humor, perkenalan diri, memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan, dan sebagainya. Dalam sebuah pidato yang baik dan lengkap tentunya harus berisi bagian bagian penting seperti pembukaan pidato, isi pidato dan diakhiri dengan penutup pidatonya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca.

Baca Juga  Pengertian Diksi, Fungsi dan Jenis Jenisnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.