Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia Beserta Penyebarannya

Diposting pada

Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia Beserta Penyebarannya – Terbentuknya sebuah negara tentunya tidak terlepas dari adanya asal usul nenek moyang dari negara tersebut. Contohnya saja pembentukan bangsa Indonesia. Dalam sejarah terdapat penjelasan mengenai asal usul nenek moyang bangsa Indonesia yang menyebar di beberapa wilayah. Hingga pada akhirnya dapat membentuk sebuah negara yang kokoh bernama negara Indonesia. Siapa yang pertama kali mendiami wilayah Indonesia? Dari mana asal usul bangsa Indonesia itu? Bagaimana penyebaran mereka menuju pulau pulau Nusantara? Apa kebudayaan yang dibawa ke Indonesia? Semua hal inilah pastinya perlu kita pelajari dan pahami.

Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia Beserta Penyebarannya
Asal Usul Nenek Moyang Indonesia

Untuk mengetahui asal usul nenek moyang negara Indonesia ini, para ahli sejarah melakukan beberapa penelitian. Dengan penelitian yang panjang akhirnya para ahli sejarah ini memiiki pendaat yang berbeda maupun sama. Nah pada kesempaan kali ini saya akan menjelaskan tentang asal usul nenek moyang bangsa Indonesia beserta penyebarannya. Saya juga akan menjelaskannya menurut pendapat beberapa ahli sejarah mengenai asal usul nenek moyang Indonesia tersebut. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia Beserta Penyebarannya

Keberagaman dari asal usul nenek moyang bangsa Indonesia ini dapat kita lihat kebelakang dari beberapa ratus tahun yang lalu. Bahkan muncul teori asal usul nenek moyang Indonesia dalam Kebudayaan Prasejarah Indonesia dari Barat memberikan penjelasan bahwa bangsa Indonesia memiliki nenek moyang dari Asia Tenggara (Yunnan/Indochine). Kedatangan mereka ke Indonesia dilakukan dalam dua gelombang yakni pada tahun 2000 SM maupun tahun 5000 SM. Mereka melakukan penyeberangan di Samudera India dari pulau ke pulau. Setelah itu, mereka menyebar ke Filipina sampai Madagaskar dan Melanesia. Sampai pada akhirnya menyatu dan hidup bersama penduduk asli setempat. Mereka inilah yang menjadi nenek moyang dari negara Indonesia.

Baca juga : 16+ Prasasti Bersejarah di Indonesia Dari Berbagai Kerajaan

Von Heine Geldern bahkan mendukung adanya teori asal usul nenek moyang bangsa Indonesia tersebut. Von Heine Geldern berpendapat bahwa negara Indonesia memiliki nenek moyang berasal dari benua Asia (Cina Selaan atau Yunnan) karena generasi yang diturunkan cukup banyak. Geldern mengungkapkan pendapatnya dengan memberikan bukti peninggalan benda benda di Indonesia yang hampir sama dengan peninggalan Yunnan. Persamaan peninggalan benda benda bersejarah ini seperti kapak persegi dan kapak lonjong. Dalam asal usul nenek moyang Indonesia ini menjelaskan bahwa di pulau Nusantara terdapat orang orang yang melakukan migrasi dari Yunnan karena memperoleh desakan dari bangsa lain yang lebih kuat dari negaranya. Bahkan ketika berpindahpun, mereka tidak memperoleh kesejahteraan hidup karena bertempat tinggal di alam.

Seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa kedatangan asal usul nenek moyang bangsa Indonesia dilakukan dengan dua gelombang yakni Proto Melayu (Melayu Tua) pada  golongan pertama dan Deutero Melayu (Melayu Muda) pada gelombang kedua. Di bawah ini terdapat penjelasan lengkap mengenai kedua asal usul nenek moyang Indonesia beserta penyebarannya yaitu sebagai berikut:

Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia Beserta Penyebarannya
Peta Penyebaran Nenek Moyang di Indonesia

Baca juga : Ruang Lingkup Sejarah Beserta Ciri Ciri dan Contohnya Terlengkap

Golongan Nenek Moyang Proto Melayu

Asal usul nenek moyang bangsa Indonesia yang pertama berasal dari golongan proto melayu (melayu tua). Menurut perkiraan sejak tahun 2000 SM mulai datang golongan Melayu Tua ini. Nenek moyang ini datang dengan membawa kebudayaan batu bau (Neolitikum). Untuk penyebaran asal usul nenek moyang Indonesia golongan Proto Melayu dilakukan pada dua cabang. Penyebaran cabang pertama dilakukan oleh ras Papua Melanesoid dari Yunnan melalui Filipina. Setelah ini mulai menyebar ke Papua, Sulawesi Utara dan Maluku. Cabang pertama tersebut membawa peralatan berupa kapak lonjong.

Cabang kedua dalam asal usul nenek moyang bangsa Indonesia golongan proto melayu dilakukan oleh ras Austronesia. Nenek moyang Indonesia ini mulai datang dari Yunnan melalui Jawa, Malaya, Nusa Tenggara, Sumatera, dan pulau lainnya. Asal usul nenek moyang Indonesia cabang kedua tersebut membawa kebudayaan berupa kapak persegi. Sebagian dari mereka melakukan asimilasi dengan ras Austro Melanesoid ketika sudah sampai di pulau Indonesia. Sedangkan sebagian lainnya tetap menjunjung tinggi ras mereka yang asli.

Golongan Nenek Moyang Deutero Melayu

Asal usul nenek moyang bangsa Indonesia selanjutnya berasal dari golongan deutero melayu (melayu muda). Menurut perkiraan sejak tahun 5000 SM mulai datang golongan Melayu Muda ini. Kedatangan golongan Deutero Melayu membawa kebudayaan Dongson Vietnam Utara berupa kebudayaan logam. Adapun bentuk kebudayaannya seperti arca, candrasa, bejana perunggu, manik manik, maupun nekara. Penyebaran asal usul nenek moyang ini memiliki jalur dari daratan Asia menuju Malaysia Barat, Indonesia dan Thailand. Nenek moyang golongan Deutero Melayu masih termasuk dalam ras Austronesia. Kemudian ras Austronesia, ras Austro Melanesoid dan ras Papua Melanesoid mengalami perkembangan hingga menciptakan suku suku bangsa di Indonesia yang bermacam macam.

Asal Usul Nenek Moyang Indonesia Menurut Para Ahli

Selanjutnya saya akan menjelaskan asal usul nenek moyang bangsa Indonesia menurut pendapat para ahli sejarah. Para ahli tersebut mengungkapkan pendapatnya mengenai asal usul bangsa Indonesia seperti di bawah ini.

Drs. Moh. Ali
Pendapat asal usul nenek moyang bangsa Indonesia yang pertama dikemukakan oleh Drs. Moh. Ali. Ia berpendapat bahwa asal mula bangsa Indonesia ialah dari Yunnan. Bangsa Indonesia tersebut memiliki nenek moyang yang terdapat di hulu sungai besar di Asia. Mereka secara bergelombang melakukan perjalanan untuk datang ke Indonesia. Pada tahun 3000 sampai 1500 SM, kedatangan gelombang pertama dilakukan dengan membawa kebudayaan yang berciri khas Neolitikum. Ciri khas tersebut terlihat dari adanya perahu bercadik satu. Kemudian pada tahun 1500 sampai 500 SM dilakukan kedatangan gelombang kedua yang membawa ciri khas berupa perahu bercadik dua.

Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia Beserta Penyebarannya
Gambar Perahu Bercadik

Baca juga : Sejarah Agresi Militer Belanda 1 dan 2 Lengkap

Moens
Pendapat asal usul nenek moyang bangsa Indonesia selanjutnya dikemukakan oleh Moens. Ia berpendapat bahwa asal mula bangsa Indonesia ialah dari Mongol karena memperoleh desakan dari bangsa bangsa kuat lainnya. Maka dari itulah penyebaran penduduk Mongol dilakukan menuju arah selatan hingga ke wilayah Indonesia.

Prof. H. Kroom
Pendapat asal usul nenek moyang bangsa Indonesia selanjutnya dikemukakan oleh Prof. H. Kroom. Ia berpendapat bahwa asal mula bangsa Indonesia ialah dari Cina Tengah karena daerah tersebut memiliki sumber sungai yang besar. Kemudian sekitar tahun 2000 SM – 1500 SM, mereka melakukan penyebaran hingga wilayah Indonesia.

Moh. Yamin
Pendapat asal usul nenek moyang bangsa Indonesia selanjutnya dikemukakan oleh Moh. Yamin. Ia menyatakan bahwa pendapat para ahli tidak sesuai dan ia ingin menentangnya. Bangsa Indonesia memiliki asal usul dari negara Indonesia itu sendiri. Bahkan Blood Und Breden Unchro juga mendukung pernyataan dari Moh. Yamin tersebut karena Bangsa Indonesia memiliki asal mula dari tanah dan daerah Indonesia itu sendiri. Blood Und Breden Unchro juga berkata bahwa di wilayah Indonesia ditemukan artefak dan fosil yang lebih lengkap dan banyak daripada daerah di Asia lainnya. Contohnya penemuan manusia purba yang berjenis Homo Wajakensis dan Homo Soloensis.

Sekian penjelasan mengenai asal usul nenek moyang bangsa Indonesia beserta penyebaran asal usul bangsa Indonesianya. Banyak sekali pendapat para ahli sejarah yang berkaitan dengan asal usul nenek moyang Indonesia. Selain itu adapula yang mengatakan bangsa Indonesia berasal dari golongan Proto Melayu maupun Deutero Melayu. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dan terima kasih telah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *