Contoh Kata Sandang Bahasa Indonesia Beserta Pengertian dan Macamnya

Diposting pada

Contoh Kata Sandang Bahasa Indonesia Beserta Pengertian dan Macamnya – Dalam kalimat Bahasa Indonesia terkadang menggunakan beberapa kata yang termasuk kata sandang. Apa pengertian kata sandang itu? Apa saja contoh kata sandang Bahasa Indonesia? Apa saja macam macam kata sandang? Kata sandang sendiri dapat diartikan sebagai salah satu variasi kata Bahasa Indonesia yang tidak mempunyai makna khusus.

Maka dari itu pengertian kata ini tidak dapat kita jelaskan secara rinci dan konkret. Tapi berdasarkan kamus besar bahasa indonesia (KBBI) kata sandang merujuk pada sebuah preposisi. Setelah saya telusuri kembali preposisi disini adalah kata pengiring yang bisa dipakai untuk mengikuti frasa tertentu. Contohnya sang pemimpi, hang tuah, sri hamengku buwono, dan lain sebagainya.

Contoh Kata Sandang Bahasa Indonesia Beserta Pengertian dan Macamnya
Jenis Jenis Kata Sandang dalam Bahasa Indonesia

Kata sandang memiliki makna yang senada dengan kata benda yang diikutinya. Maka dari itu batas dan ketentuan kata benda tersebut didasarkan pada penggunaan kata sandangnya. Macam macam kata sandang Bahasa Indonesia memiliki fungsi yang berbeda beda sesuai dengan penggunaan dalam proses komunikasinya.

Kata Bahasa Indonesia ini dapat disebut sebagai “Artikula” yang berisi penjelasan tentang nomina karena kata ini tidak memiliki makna yang khusus. Masalahnya mayoritas siswa masih kewalahan ketika guru meminta menyebutkan contoh kata sandang secara spesifik. Maka dari itu,  dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang contoh kata sandang Bahasa Indonesia beserta pengertian kata sandang dan macamnya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contoh Kata Sandang Bahasa Indonesia Beserta Pengertian dan Macamnya

Tak semua orang familiar ketika ditanya apa itu kata sandang dalam bahasa indonesia. Dalam konteks pendidikan, materi satu ini sudah mulai diajarkan pada siswa ketika berada di bangku smp. Seiring berjalannya waktu guru pun akan memberi penjelasan tentang pengertian serta jenis kata sandang. Pasalnya, materi tersebut terkadang muncul sebagai soal ujian yang mampu mengecoh siswa.

Contoh kata sandang sendiri bisa kita jumpai dalam konteks kehidupan sehari-hari. Tanpa sadar jenis kata tersebut sering terlontar ketika sedang berbincang bersama teman, keluarga, ataupun kerabat. Terlebih jika kalian tinggal di daerah atau kota yang masih menjunjung tinggi adat.

Secara garis besar kata sandang memang dipakai untuk merepresentasikan suatu kelompok. Kita juga bisa mengartikannya sebagai kata ganti orang maupun benda. Tapi di beberapa daerah, kata sandang dianggap begitu penting karena sifatnya meninggikan derajat seseorang.

Baca juga : 6+ Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Indonesia Singkat Terbaik

Kata sandang memiliki keistimewaan dalam mendampingi kata benda dasar yang pembentukannya dari kata kerja pasif, kata pronomina dan kata kerja. Di bawah ini terdapat penjelasan lengkap mengenai pengertian kata sandang, jenis kata sandang, dan contoh kata sandang. Jika kalian penasaran maka simaklah artikel di bawah sampai selesai.

Apa Itu Kata Sandang

Pengertian kata sandang adalah sebuah kata yang tidak memiliki makna atau arti khusus di dalamnya. Hal ini dikarenakan contoh kata sandang berguna untuk menjelaskan kata yang berada di depannya saja. Untuk itu kata sandang memiliki arti yang didasarkan pada kata yang berada didepannya saja. Selain itu ada beberapa fungsi kata sandang yang meliputi:

  • Pembeda antar frase atau kata. Misalnya yang tekun belajar pasti lolos ujian (artinya ditujukan untuk orang orang yang memiliki sifat tekun belajar).
  • Sebagai pembentuk kata ganti orang atau kata benda. Misalnya para audience mendengarkan pidato dengan khitmad (artinya ditujukan untuk orang orang yang mendengarkan pidato).

Sebenarnya pengertian kata sandang sangatlah sederhana jika kita mengetahui konsepnya. Sebab penggunaan kata sandang sendiri dapat kita temukan hampir di setiap kegiatan manusia. Hanya saja kita sendiri yang tidak menyadarinya karena kurang memahami materi.

Jenis dan Contoh Kata Sandang

Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang macam macam kata sandang beserta contoh kata sandangnya. Kata sandang sendiri dapat dibagi menjadi beberapa macam berdasarkan penggunaannya untuk menujukkan jumlah tunggal, kelompok, dan kata ganti orang atau kata benda. Berikut penjelasan selengkapnya:

Kata Sandang Untuk Menunjukkan Jumlah Tunggal

Macam macam kata sandang yang pertama digunakan untuk menunjukkan jumlah tunggal. Adapun jenis jenisnya yaitu sang, sri, hang, dang, hyang, dan yang. Setiap jenis memiliki contoh kata sandangnya masing masing.

Kata sandang Sang
Sang adalah macam kata sandang yang digunakan sebagai nama panggilan seseorang, makhluk hidup ataupun benda mati. Tujuan penggunakan kata sang sendiri untuk menyindir atau meninggikan martabat. Adapun contoh kata sandang sang yaitu:

  • Sang Raja sangatlah bijaksana (meninggikan martabat).
  • Sang buaya darat kehilangan kata katanya (menyindir).
  • Sang pahlawan harus dijunjung tinggi (meninggikan martabat).

Baca juga : 8 Contoh Karangan Persuasi Singkat Tentang Lingkungan

Kata sandang Sri
Sri adalah macam kata sandang yang berguna sebagai sebutan nama manusia dengan kedudukan tinggi. Adapun contoh kata sandang sri yaitu:

  • Sri Baginda Raja sedang mengelola kerajaannya.
  • Sri Sultan Hamengkubuwono IX sedang mengikuti upacara kebudayaan.

Kata sandang Hang
Hang adalah macam kata sandang yang berguna untuk menghormati seseorang dalam bentuk sastra lama. Adapun contoh kata sandang hang yaitu:

  • Hang bae adalah orang yang cukup dikenal dalam sukunya.
  • Hang Dihi telah menemukan putrinya.

Kata sandang Dang
Dang adalah macam kata sandang yang penggunaannya hampir sama dengan kata “Hang”, tetapi khusus untuk perempuan saja. Adapun contoh kata sandang dang yaitu:

  • Dang Kunti menikah dengan Hang Tono.
  • Dang Lastri sedang memasak di dapur.

Kata sandang Hyang
Hyang adalah macam kata sandang yang digunakan sebagai sebutan khusus pada dewi dan dewa. Adapun contoh kata sandang hyang yaitu:

  • Pada hari ini terdapat upacara persembahan Hyang Widhi bagi umat beragama Hindu.
  • Sang Hyang Manon dapat disebut sebagai Matahari atau Batara Guru.

Kata sandang Yang
Yang adalah macam kata sandang yang berguna untuk mengganti dan membentuk nama Tuhan. Adapun contoh kata sandang yang yaitu:

  • Puji syukur kehadirat Yang Maha Kuasa.
  • Ketuhanan Yang Maha Esa.

Baca juga : 32 Contoh Kalimat Aktif Transitif dan Intransitif Beserta Pengertian

Kata Sandang Untuk Menunjukkan Kelompok

Macam macam kata sandang selanjutnya digunakan untuk menunjukkan jumlah kelompok. Adapun jenis jenisnya yaitu para, umat, dan kaum. Setiap jenis memiliki contoh kata sandangnya masing masing.

Para
Para adalah macam kata sandang yang berguna untuk menekankan persamaan tertentu dalam sekelompok manusia. Adapun contoh kata sandang para yaitu:

  • Para hadiri sekalian dimohon berdiri.
  • Para tamu undangan dipersilahkan untuk duduk.

Umat
Umat adalah macam kata sandang yang berguna untuk menjelaskan persamaan milik dalam ideologi atau bidang agama. Adapun contoh kata sandang umat yaitu:

  • Umat Kristiani sedang merayakan natal.
  • Umat islam berpedoman pada Al Qur’an.

Kaum
Kaum adalah macam kata sandang yang berguna untuk menyatakan persamaan ideologi atau pandangan seseorang. Adapun contoh kata sandang kaum yaitu:

  • Kaum wanita sedang meminta hak emansipasinya.
  • Kaum suami hendaknya memberikan haknya kepada istri istrinya.

Kata Sandang Untuk Menunjukkan Kata Benda atau Kata Ganti Orang

Macam macam kata sandang selanjutnya digunakan untuk menunjukkan kata benda atau kata ganti orang. Adapun jenis jenisnya yaitu si dan yang. Setiap jenis memiliki contoh kata sandangnya masing masing.

Si
Si adalah macam kata sandang yang berguna sebagai pembentuk kata sifat menjadi kata benda atau kata pengiring dari hewan maupun seseorang. Adapun contoh kata sandang si yaitu:

  • Si Nia sedang di rawat di Rumah Sakit.
  • Si kakak sedang menunggu adiknya.
  • Si Kerbau sedang digigit buaya.

Yang
Yang adalah macam kata sandang yang berguna untuk membentuk kata ganti orang menjadi kata benda secara khusus. Adapun contoh kata sandang yang yaitu:

  • Yang menangis seharian adalah ponakanku.
  • Seperti ada yang mengikutiku dari belakang.

Sekian penjelasan mengenai contoh kata sandang Bahasa Indonesia beserta pengertian dan macam macam kata sandang. Pengertian kata sandang adalah sebuah variasi kata Bahasa Indonesia yang tidak memiliki makna atau arti khusus didalamnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Macam Macam Imbuhan Bahasa Indonesia Beserta Contoh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.