Pengertian Poster, Tujuan, Fungsi dan Jenis Jenisnya

Diposting pada

Pengertian Poster, Tujuan, Fungsi dan Jenis Jenisnya – Dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian poster, tujuan poster, fungsi poster dan jenis jenis poster. Apa itu poster? Poster dapat diartikan sebagai media publikasi informasi yang ingin disampaikan kepada khalayak umum dengan berisi gambar, teks, maupun kombinasi keduanya. Pada dasarnya poster memang bertujuan sebagai media informasi untuk banyak orang. Namun yang membedakannya dengan jenis media informasi lainnya ialah hal hal yang terdapat didalamnya, seperti kombinasi gambar dengan teks, hanya berisi gambar, ataupun hanya berisi teks saja. Gambar dan teks dalam poster tersebut dibuat semenarik mungkin agar menarik perhatian pembacanya.

Pengertian Poster, Tujuan, Fungsi dan Jenis Jenisnya

Cara Membuat Poster

Adapula yang mengartikan pengertian poster sebagai bentuk iklan atau pengumuman yang terdapat di tempat strategis dan umum agar banyak orang dapat melihatnya dan didalamnya berisi kombinasi teks dengan gambar, hanya teks, ataupun gambar saja. Tujuan poster yang utama ialah memberikan banyak orang sebuah informasi penting. Namun adapula fungsi poster yang tidak kalah penting. Hal ini dikarenakan jenis jenis poster tersebut memiliki maksud dan tujuan tertentu dan pastinya setiap macam poster berbeda beda fungsinya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Poster, Tujuan, Fungsi dan Jenis Jenisnya

Poster memiliki sifat untuk mengajak orang lain atau persuasif sehingga mencakup beberapa pesan atau informasi yang menarik perhatian pembaca. Maka dari itulah pembuatan poster yang mencakup pesan dan informasi terkait di buat semenarik mungkin agar dapat mempengaruhi pembacanya. Dibawah ini terdapat pembahasan lengkap mengenai pengertian poster, tujuan poster, fungsi poster dan jenis jenis poster. Berikut penjelasan selengkapnya:

Baca juga : Contoh Kata Sandang Bahasa Indonesia Beserta Pengertian dan Macamnya

Pengertian Poster

Pengertian poster ialah media publikasi yang bertujuan untuk menyampaikan informasi kepada banyak orang melalui sebuah gambar, teks, maupun kombinasi antara teks dengan gambar terebut. Pemasangan poster pada dasarnya berada di tempat tempat yang strategis dan ramai seperti mall, sekolah, puskemas, kantor, pasar dan sebagainya. Selain itu dalam poster juga mengandung pesan dan informasi yang sifatnya mengajak.

Tujuan Poster

Selain pengertian poster, adapula tujuan poster yang terkandung didalamnya. Sebuah poster dibuat dengan maksud dan tujuan tertentu yakni mempublikasikan informasi untuk mengajak masyarakat agar membacanya. Untuk itu apapun caranya dilakukan agar tujuan poster ini dapat tercapai. Dalam sebuah poster terdapat tujuan khusus yang disesuaikan dengan keinginan pembuatnya. Contohnya untuk memperoleh perhatian masyarakat, untuk komersial, untuk memperoleh simpati publik dan lain lain.

Fungsi Poster

Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang fungsi poster. Fungsi sebuah poster ialah menambah pemahaman para pembaca atau khalayak umum melalui penyampaian informasi dari pembuatnya. Untuk mewujudkan fungsi tersebut, sebuah poster dibuat dengan kalimat yang jelas, singkat dan terkadang ditambahkan dengan gambar.

Selain pengertian poster, tujuan dan fungsi poster di atas. Adapula ciri ciri poster dan syarat syarat poster. Adapun ciri ciri sebuah poster yaitu meliputi:

  • Media poster dapat berupa kain atau kertas yang ukurannya besar dan harus berisi komposisi gambar maupun huruf.
  • Poster bersifat untuk menarik perhatian pembaca sebanyak mungkin. Maka dari itu cara pengaplikasiannya dapat di tempel pada dinding, permukaan datar, ataupun tempat tempat umum.
  • Pada dasarnya pembuatan poster dapat dilakukan dengan memadukan warna yang kontras dan kuat.
  • Bahasa poster bersifat tidak rancu, singkat dan jelas sehingga para pembaca dapat memahaminya dengan mudah.
  • Poster biasanya disertai dengan gambar untuk menyampaikan pesan pesan didalamnya.
  • Pembacaan poster tidak dapat dilakukan dengan sambil lalu.

Baca juga : 6+ Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Indonesia Singkat Terbaik

Selanjutnya saya akan membahas tentang syarat syarat poster. Sebuah poster dibuat dengan memenuhi beberapa syarat penting didalamnya seperti:

  • Bahasa yang digunakan harus mudah dimengerti.
  • Kalimatnya memiliki susunan yang padat, berisi, jelas dan singkat.
  • Alangkah baiknya jika poster dipadukan dengan gambar.
  • Dibuat semenarik mungkin agar dapat diminati khalayak umum.
  • Menggunakan bahan media poster yang tidak mudah sobek ataupun rusak.
  • Poster memiliki ukuran yang sesuai dengan target pembaca, lahan dan tempat pemasangan.
  • Poster memiliki gambar sesuai ide yang akan disampaikan.
  • Menggunakan kata kata yang sugestif, mudah diingat dan efektif.
  • Menggunakan ukuran huruf yang besar dan jenis huruf yang mudah dibaca.

Jenis Jenis Poster

Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang jenis jenis poster. Pembagian sebuah poster tersebut didasarkan pada isi dan tujuannya. Adapun macam macam posternya yaitu sebagai berikut:

Macam Macam Poster Berdasarkan Isinya
Jenis jenis poster yang pertama didasarkan pada isi didalamnya. Adapun jenisnya yaitu poster niaga, poster kegiatan, poster layanan masyarakat dan poster pendidikan. Berikut penjelasan selengkapnya:

Pengertian Poster, Tujuan, Fungsi dan Jenis Jenisnya
Contoh Poster Berdasarkan Isinya

Poster Niaga
Pengertian poster niaga ialah jenis poster yang digunakan sebagai media perniagaan untuk menawarkan sebuah jasa atau barang.

Poster Kegiatan
Pengertian dari poster kegiatan ialah macam poster yang berisi sebuah kegiatan seperti senam, donor darah, jalan sehat, dan sebagainya.

Poster Pendidikan
Pengertian poster pendidikan ialah jenis poster yang digunakan sebagai media pendidikan. Dengan kata lain pembuatan poster ini bertujuan untuk mendidik.

Poster Layanan Masyarakat
Pengertian dari poster layanan masyarakat ialah macam poster yang berisi pelayanan masyarakat yang berkaitan dengan kesejahteraan dalam masyarakat itu sendiri.

Baca juga : 50+ Contoh Slogan Kebersihan Inspiratif Dalam Bahasa Indonesia

Macam Macam Poster Berdasarkan Tujuannya
Jenis jenis poster selanjutnya didasarkan pada tujuan didalamnya. Adapun jenisnya yaitu poster propaganda, poster kampanye, poster film, poster komik, poster riset, poster dicari (wanted), poster afirmasi, poster kelas, poster komersial dan poster cheesecake. Berikut penjelasan selengkapnya:

Pengertian Poster, Tujuan, Fungsi dan Jenis Jenisnya
Contoh Poster Berdasarkan Tujuannya

Poster Propaganda
Pengertian poster propaganda ialah jenis poster yang tujuannya untuk memberikan kembali semangat atas usaha dan perjuangan seseorang bagi kehidupan kita karena hal yang dilakukannya sangat bermanfaat.

Poster Kampanye
Pengertian dari poster kampanye ialah macam poster yang dibuat pada saat pemilihan umum sehingga ingin memperoleh simpati masyarakat.

Poster Dicari (Wanted)
Pengertian poster dicari ialah jenis poster yang tujuannya untuk mencari karyawan yang dibutuhkan perusahaan maupun untuk mencari orang hilang.

Poster Cheesecake
Pengertian dari poster cheesecake ialah macam poster yang tujuannya untuk memperoleh minat publik seperti penyanyi, bintang rock, artis dan sebagainya.

Poster Film
Pengertian poster film ialah jenis poster yang bertujuan untuk mempromosikan produksi film tertentu dalam dunia industri perfilman.

Poster Komik
Pengertian dari poster komik ialah macam poster yang bertujuan untuk mempromosikan buku komik yang telah dibuat.

Poster Afirmasi
Pengertian poster afirmasi ialah jenis poster yang bertujuan untuk memberikan motivasi kepada pembaca, seperti hal hal yang mengenai kepempininan, bisnis dan sebagainya.

Poster Riset
Pengertian dari poster riset ialah macam poster yang bertujuan untuk mempublikasikan berbagai kegiatan riset kepada khalayak umum sehingga kegiatan tersebut dapat diapresiasi dan para pembaca tertarik untuk bergabung di dalamnya.

Poster Kelas
Pengertian poster kelas ialah jenis poster yang memberikan motivasi kepada pelajar. Poster ini biasanya diletakkan di dalam kelas belajar.

Poster Komersial
Pengertian dari poster komersial ialah macam poster yang tujuannya sebagai media promosi sesuatu. Tidak heran jika poster ini memiliki kesamaan dengan poster niaga.

Selain jenis jenis poster di atas, saya juga akan membagikan beberapa cara membuat poster. Adapun langkah langkah pembuatan poster yang baik dan benar yaitu meliputi:

  • Langkah pertama menentukan jenis poster yang ingin dibuat.
  • Kemudian memilih kata kata yang unik dan tepat untuk dapat dibuat menjadi sebuah susunan kalimat yang menarik.
  • Lakukan penyusunan kata tadi dalam sebuah kalimat poster.
  • Tambahkan gambar dengan warna yang mencolok dan menarik untuk melengkapi kalimatnya.

Sekian penjelasan mengenai pengertian poster, tujuan poster, fungsi poster dan jenis jenis poster. Dalam pembahasan poster tersebut, saya juga memberikan penjelasan mengenai syarat, ciri ciri dan cara membuat poster yang baik dan benar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *