Ruang Lingkup Sejarah Beserta Ciri Ciri dan Contohnya Terlengkap

Diposting pada

Ruang Lingkup Sejarah Beserta Ciri Ciri dan Contohnya Terlengkap – Pengertian sejarah adalah suatu kejadian atau peristiwa yang ada di masa lampau. Dalam sejarah inilah terdapat beberapa peristiwa yang mempengaruhi kehidupan dari manusia. Untuk itu ada beberapa ruang lingkup sejarah secara umum yang menjadi dasar dalam definisi atau pengertian dari sejarah itu sendiri. Adapun ruang lingkupnya yaitu sejarah sebagai ilmu, sejarah sebagai seni, sejarah sebagai peristiwa dan sejarah sebagai kisah. Setiap ruang lingkup dalam sejarah terdapat ciri ciri dan contohnya masing masing. Untuk itu sejarah yang berpengaruh dalam kehidupan manusia sejak dulu memiliki ruang lingkup yang berbeda beda tergantung fungsinya.

Ruang Lingkup Sejarah Beserta Ciri Ciri dan Contohnya Terlengkap
Ruang Lingkup Sejarah

Seperti yang kita ketahui bahwa sejarah memiliki definisi yang cukup luas. Hal inilah yang menjadi dasar sejarah yang berupa semua kejadian masa lampau yang berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Sejarah pada umumnya memiliki beberapa unsur di dalamnya seperti manusia, waktu dan ruang. Selain itu adapula macam macam sejarah dan ciri ciri sejarah itu sendiri. Nah dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang ruang lingkup sejarah beserta ciri ciri dan contohnya terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Ruang Lingkup Sejarah Beserta Ciri Ciri dan Contohnya Terlengkap

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa ruang lingkup sejarah terdiri dari sejarah sebagai ilmu, sejarah sebagai seni, sejarah sebagai peristiwa dan sejarah sebagai kisah. Setiap lingkup sejarah tersebut memiliki pengertian dan unsurnya masing masing. Selain itu adapula ciri ciri sejarah di setiap ruang lingkupnya. Tidak heran jika ruang lingkup ilmu sejarah ini dijadikan sebagai dasar dalam menentukan esensi sejarah, tujuan sejarah dan pengertian sejarah secara umum. Berikut penjelasan mengenai masing masing ruang lingkup dalam sejarah beserta ciri ciri dan contohnya yaitu:

Baca juga : 40+ Peninggalan Kerajaan Majapahit Beserta Gambar

Sejarah Sebagai Peristiwa

Ruang lingkup sejarah yang pertama ialah sejarah sebagai peristiwa. Secara umum pengertian sejarah sebagai peristiwa adalah sebuah peristiwa sejarah yang benar benar ada dan telah terjadi. Sejarah dapat disebut sebagai perisiwa jika kejadian didalamnya bersifat aktual, penting dan nyata. Untuk itu dalam sejarah ini hanya menjelaskan tentang kejadian kejadian penting pada masa lampau yang berhubungan dengan kehidupan manusia.

Ruang lingkup sejarah ini memiliki ciri cirinya sendiri. Adapun ciri ciri sejarah sebagai peristiwa yaitu bersifat abadi sehingga tidak dapat berubah, kejadiannya berlangsung sekali saja, unik, dan menimbulkan pengaruh seperti dampak dan efek dari peristiwa sejarah yang telah terjadi sebelumnya.

Selain ciri ciri, adapula contoh ruang lingkup sejarah sebagai peristiwa. Adapun contoh sejarah sebagai peristiwa yaitu seperti sejarah berdirinya PBB, sejarah kemerdekaan Indonesia, sejarah terbentuknya ASEAN, dan sejarah peristiwa lainnya yang benar benar terjadi.

Sejarah Sebagai Ilmu

Ruang lingkup sejarah selanjutnya ialah sejarah sebagai ilmu. Secara umum pengertian sejarah sebagai ilmu adalah kebenaran sejarah yang sifatnya objektif. Dalam sejarah tersebut terdapat penjelasan mengenai kenyataan dalam mengkaji dan meneliti sebuah peristiwa cerita dalam sejarah. Sejarah dapat disebut sebagai ilmu pengetahuan jika di dalamnya terdapat ilmu di masa lampau yang telah disusun menggunakan metode kajian ilmiah sehingga dapat berbentuk sistematis.

Kategori ruang lingkup sejarah ini dijadikan sebagai sarana perkembangan ilmu pengetahuan dan pendidikan. Untuk itu didalamnya terdapat beberapa ciri ciri didalamnya. Adapun ciri ciri sejarah sebagai ilmu yaitu mempunyai objek, mempunyai metode, sifatnya empiris, generalisasi sesuai dengan penelitian yang dilakukan sebelumnya, dan memiliki teori.

Selain ciri ciri, adapula contoh ruang lingkup sejarah sebagai ilmu. Adapun contoh sejarah sebagai ilmu pengetahuan yaitu seperti penelitian sejarah melalui bukti artefak, fosil, situs kuno, tugu, prasasti dan bukti ilmiah lainnya dalam sejarah.

Baca juga : Pengertian Peradaban Menurut Para Ahli Beserta Ciri-Cirinya (Lengkap)

Sejarah Sebagai Kisah

Ruang lingkup sejarah selanjutnya ialah sejarah sebagai kisah. Secara umum pengertian sejarah sebagai kisah adalah peristiwa yang ditulis oleh seseorang, namun idenya berasal dari sejarah. Untuk itu, sejarah dijadikan sebagai rangkaian kisah atau cerita yang disusun menjadi narasi sesuai dengan kejadian, kesan, ingatan, dan tafsiran manusia di masa lalu.

Penyajian ruang lingkup sejarah sebagai kisah tersebut dituangkan dalam bentuk tulisan ataupun lisan. Untuk penyajian kisah sejarah secara lisan dilakukan dengan cara pidato, cerita lisan, maupun ceramah. Sedangkan penyajian kisah sejarah secara tertulis diwujudkan dalam bentuk buku, cerpen, maupun majalah.

Kemudian adapula contoh ruang lingkup sejarah sebagai kisah ini. Adapun contoh sejarah sebagai kisah yaitu meliputi ceramah tentang sejarah Islam yang dilakukan oleh pemuka agama, artikel mengenai terbentuknya PBB, buku sejarah mengenai Wali Songo, dan kisah sejarah lainnya.

Sejarah Sebagai Seni

Ruang lingkup sejarah selanjutnya ialah sejarah sebagai seni. Secara umum pengertian sejarah sebagai seni adalah penulisan atau penceritaan kembali mengenai sejarah berdasarkan faktanya tetapi memiliki sifat seni didalamnya. Pada dasarnya penyusunan sejarah memang berkaitan dengan hal hal ilmiah, namun sejarah tersebut disajikan sesuai seni penulisan dan keindahan bahasa yang digunakannya.

Ruang lingkup sejarah sebagai seni tersebut berisi beberapa hal penting yang membuat penulisannya menjadi lebih menarik seperti menggunakan gaya bahasa, intuisi, emosi dan imajinasi. Namun sejarah tidak secara mutlak dapat dikategorikan sebagai seni, karena proses menelitinya dilakukan dengan cara ilmiah.

Kemudian adapula contoh ruang lingkup sejarah sebagai seni ini. Adapun contoh sejarah sebagai seni yaitu meliputi seni dalam situs bersejarah yang berupa relief, seni di kuil yang berbentuk patung, seni pahat dalam candi, dan seni sejarah lainnya.

Sekian penjelasan mengenai ruang lingkup sejarah beserta ciri ciri dan contohnya terlengkap. Ruang lingkup ilmu sejarah ini dapat dibagi menjadi beberapa kategori seperti sejarah sebagai ilmu, sejarah sebagai seni, sejarah sebagai peristiwa dan sejarah sebagai kisah. Setiap ruang lingkup memiliki pengertian sejarah, ciri ciri sejarah dan contoh sejarahnya masing masing. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *