12 Contoh Kata Pengantar Makalah, Tugas, Proposal, dan Laporan

Diposting pada

12 Contoh Kata Pengantar Makalah, Tugas, Proposal, dan Laporan – Dalam pembuatan makalah, tugas, proposal maupun laporan tentunya tidak terlepas dari adanya contoh kata pengantar meskipun singkat. Bahkan kata pengantar ini juga digunakan dalam sebuah novel, tesis dan karya tulis lainnya. Apa itu kata pengantar? Kata pengantar merupakan komponen utama dalam sebuah karya tulis seperti makalah, tugas, proposal dan laporan yang tidak dapat dilewatkan begitu saja.

Hal ini dikarenakan peran kata pengantar dalam sebuah karya tulis tersebut cukup penting. Misalnya saja jika karya tulis seperti makalah tidak disertai dengan contoh kata pengantar makalah maka akan terkesan kurang lengkap dan tidak baik. Lantas bagaimana cara membuat kata pengantar yang baik dan benar?

12 Contoh Kata Pengantar Makalah, Tugas, Proposal, dan Laporan
Membuat Kata Pengantar yang Baik dan Benar

Kata pengantar dalam sebuah makalah, tugas, proposal dan laporan mencakup beberapa ucapan penulis terkait penyelesaian pembuatan karya tulisnya, baik dalam bentuk kritik dan saran yang membangun, ucapan rasa syukur, maksud dan tujuan penulisan serta ucapan rasa terima kasih. Selain itu kata pengantar juga berisi kalimat pengharapan dan penjelasan mengenai tema penulis dalam makalahnya. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa contoh kata pengantar makalah, tugas, proposal dan laporan. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

12 Contoh Kata Pengantar Makalah, Tugas, Proposal, dan Laporan

Apakah kata pengantar penting untuk ditulis? Jawabannya adalah iya, karena sebuah karya tulis tidak akan lengkap tanpa adanya kata pengantar. Contoh kata pengantar ini berpengaruh tehadap pembuatan karya secara profesional. Untuk itu bagian kalimat pengantar tidak kalah penting dengan daftar pustaka, daftar isi, dan bagian bagian karya tulis lainnya. Pada dasarnya penulis makalah, tugas, proposal dan laporan mewujudkan rasa hormat kepada pembacanya dalam bentuk kata pengantar ini. Untuk itu kata kata yang digunakan harus efektif dan bahasanya baku. Dengan begitu para pembaca akan lebih memahai maksud dari tulisan tersebut.

Baca juga : 12 Contoh Pengumuman Resmi dan Tidak Resmi Bahasa Indonesia Terlengkap

Struktur Kata Pengantar

Struktur merupakan salah satu poin penting jika anda ingin menyusun contoh kata pengantar proposal, makalah ataupun laporan. Bisa dibilang struktur sama seperti kerangka yang mengatur bagaimana cara pembuatan kata pengantar itu sendiri.

Sebelum membagikan beberapa contoh kata pengantar, saya akan menjelaskan mengenai struktur kata pengantar terebih dahulu. Hal ini bertujuan agar kita mengerti betul bagaimana cara membuat kata pengantar yang benar. Adapun beberapa struktur dalam kata pengantar yaitu meliputi:

Pembukaan
Struktur kata pengantar yang pertama berupa pembukaan. Pembukaan ialah bagian pertama dalam paragraf satu dan kedua. Dalam contoh kata pengantar ini terdapat pembukaan yang isinya ucapan tim penyusun atau penulis atas rasa syukur karena pembuatan karya tulisnya selesai. Contohnya ucapan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa, rasa syukur kepada Allah SWT, ucapan terima kash kepada orang orang yang berjasa dalam penyelesaian karya tulis dan sebagainya. Dalam bagian pembukaan terdapat pihak pihak yang bersangkutan dengan urutan sesuai dengan pengaruh seberapa besar pihak tersebut membantu dalam menyelesaikan karya tulis itu. Contohnya kata pengantar dalam sebuah makalah tugas berisi ucapan terima kasih kepada guru kelas terlebih dahulu. Kemudiaan dilanjutkan dengan beberapa pihak lain yang berperan besar dalam penulisan makalah tersebut.

Isi
Struktur kata pengantar selanjutnya berupa isi. Bagian contoh kata pengantar ini mengandung gambaran dari pembuatan isi karya tulis tersebut. Pada awalnya ditulis judul karyanya terlebih dahulu, kemudin dilanjutkan dengan pembahasan penulis dalam menceritakan isi karya tulisnya. Usahakan isi kata pengantar ini jangan terlalu rinci atau terlalu panjang. Penulisan bagian ini hanya berisi sedikit pandangan atau garis besar dari pembuatan karya tulis tersebut.

Penutup
Struktur kata pengantar selanjutnya berupa penutup. Bagian contoh kata pengantar ini berisi harapan dan permohonan maaf penulis dalam pembuatan karya tulisnya. Ungkapan penulis dalam permohonan maaf ini diberikan kepada pembaca jika terdapat beberapa kesalahan penulisan yang ditemukan di kemudian hari. Maka dari itulah seseorang yang membuat sebuah karya tulis pasti tidak terlepas dari adanya kekurangan dan luput dari kesalahan. Selain itu penutup kata penulis juga berisi harapan mengenai sudut pandang topik karya tulis tersebut. Topik pembahasan ini nantinya dapat diangkat kembali dalam bentuk karya tulis baru dengan perbedaan sudut pandang.

Cara Menulis Kata Pengantar

Untuk memperoleh contoh kata pengantar yang bagus tentunya harus menggunaan metode penulisan yang baik dan benar. Hal ini dikarenakan dalam kata pengantar tersebut terdapat pemikiran isi dan curahan hati penulis terhadap pembacanya. Metode penulisan kata pengantar tidak terlepas dari penggunaan struktur kata pengantar di atas. Untuk itu dibagian awalnya diberikan ucapan pujian dan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Misalnya Alhamdulilah, Puji Syukur dan sebagainya. Kemudian dilanjutkan dengan bagian penjelasan singkat tentang isi pembuatan karya tulis tersebut. Kata pengantar ini dibuat dengan maksud dan tujuan dari karya tulis anda.

Baca juga : 8 Contoh Latar Belakang Laporan PKL (Prakerin) yang Baik dan Benar

Setelah itu contoh kata pengantar dilanjurkan dengan ucapan terima kasih kepada pihak pihak yang membantu dalam menyelesaikan karya tulis tersebut. Contohnya kepada dosen, keluarga, guru, sahabat, teman dan sebagainya. Lalu dalam karya tulis ini juga disertai dengan penulisan harapan atau keinginan anda kedepannya. Dibagian akhir kata pengantar diberikan ungkapan permohonan maaf jika karya tulis tersebut memiliki beberapa kekurangan didalamnya. Selain itu karya tulis ini juga disertai kritik dan saran yang membangun dari para pembacanya.

Contoh Kata Pengantar

Apakah kata pengantar proposal dan kata pengantar makalah sama saja? sejatinya isi kata pengantar untuk makalah, tugas akademik, skripsi, laporan, proposal dan lain sebagainya sama saja. Yang membedakan adalah cara penyampaian dan berita yang dimuat didalamnya.

Untuk bisa membuat kata pengantar yang baik dan benar, maka kita harus mengamati contoh kata pengantar dalam konteks sesungguhnya. Maka dari itu, saya akan membagikan beberapa contoh kata pengantar makalah, tugas, proposal dan laporan. Berikut beberapa contohnya yaitu meliputi:

Contoh Kata Pengantar Makalah

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Puji syukur kehadirat Allah SWT karena kemudahan yang diberikan kepada kami dalam menyelesaikan makalah ini sehingga tepat waktu. Kami tidak dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik tanpa adanya pertolongan dari-Nya. Sholawat dan salam kami haturkan kepada Nabi Muhammad SAW dengan melimpah karena syafa’atnya telah kita nanti nantikan di akhirat. 

Atas limpahan sehat pikiran serta fisik dan nikmat Allah SWT, penulis mengucapkan rasa syukur kepada-Nya sehingga dapat menyelesaikan makalah tugas akhir dengan judul “Teori Belajar Inovatif” ini dengan tepat waktu.

Akhir kata, penulis sadar bahwa makalah ini banyak sekali kesalahan dan kekurangan serta didalamnya jauh dari kata sempurna. Maka dari itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca terkait makalah ini. Dengan begitu kedepannya makalah ini dapat menjadi lebih baik lagi. Penulis juga memohon maaf sebesar besarnya jika makalah ini memiliki banyak kesalahan didalamnya.

Tidak lupa penulis juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Muslimin selaku Dosen Pembimbing dan semua pihak karena telah membantu menyelesaikan penulisan makalah ini. Semoga makalah ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.

Mojokerto, 5 Mei 2019
Penyusun               

Contoh Kata Pengantar Tugas

KATA PENGANTAR 

Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan berkat-Nya yang telah diberikan kepada kami sehingga dapat menyelesaikan tugas mata kuliah Teori Belajar dengan tema Teori Belajar menurut Edwin Ray Guthrie. Kami mengucapkan terima kasih karena terselesainya tugas ini kepada :

  1. Bapak Drs. Jarwono, M.Si dan Dra. Nurul Fatimah, M.Si atas bimbingan moril yang beliau berikan sehingga kami dapat memahami dan lebih bersemangat dalam menyelesaikan materi tugas ini.
  2. Semua anggota kelompok yang telah meluangkan pikiran, kerjasama, dan waktu yang baik dalam penyusunan tugas kuliah ini. 

Demikian tugas kuliah ini kami buat dengan rasa kesungguhan dan tanggung jawab. Semoga tugas ini dapat memberikan manfaat bagi para pembacanya. Kami juga mengucapkan permohonan maaf jika dalam tugas yang telah disusun ini masih terdapat kesalahan. Kami secara terbuka selalu menerima kritik dan saran yang membangun dari para pembaca. Sekian. Terima kasih.

Baca juga : 6+ Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Indonesia Singkat Terbaik

Purwodadi, 3 Desember 2018
Penyusun               

Contoh Kata Pengantar Laporan

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena penulis memperoleh limpahan hidayah dan rahmat-Nya, sehingga laporan yang berjudul berjudul Teori Bumi itu Bulat dapat diselesikan penulis dengan lancar tanpa suatu halangan apapun. Penulisan laporan ini merupakan syarat untuk kelengkapan tugas kuliah yang dibimbing oleh Bapak Joko Sulisno.

Menurut teori ini dalam memperoleh bukti bahwa bentuk bumi itu bulat diperlukan beberapa faktor pendukung teori dari para ahli. Selain itu terdapat beberapa faktor lain yang mendukung pernyataan para ahli tersebut

Dengan disusunnya laporan ini, penulis berharap agar laporan ini dapat dijadikan pedoman pembelajaran dan bermanfaat bagi para pembaca. Akhir kata, penulis menerima saran dan kritik secara terbuka dari pembaca karena penulis menyadari bahwa laporam ini masih jauh dari kata sempurna agar nantinya laporan ini dapat ditulis lebih sempurna lagi.

Jakarta, 5 Januari 2019
Penyusun          

Demikianlah beberapa contoh kata pengantar makalah, tugas, proposal dan laporan yang dapat saya bagikan. Untuk menyusun kata pengantar yang baik dan benar, maka harus menggunakan struktur bagian kata pengantar yang tersedia. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *