Macam Macam Tari Tradisional Jawa Timur Beserta Gambarnya

Diposting pada

Macam Macam Tari Tradisional Jawa Timur Beserta Gambarnya – Indonesia terkenal dengan keberagaman budaya dan keseniannya. Salah satunya ialah tarian tradisional seperti tari tradisional Jawa Timur. Tarian tradisional dari Jawa Timur tersebut dapat dibagi menjadi beberapa macam. Jenis jenis tariannya memiliki gerakan dan maknanya sendiri. Bahkan pada tahun 2007, tarian dari Jawa Timur pernah diklaim menjadi tarian tradisional Malaysia.

Namun semua ini dapat dicegah dengan inisiatif masyarakat untuk memberikan daftar kebudayaan Indonesia ke UNESCO. Dengan demikian berbagai jenis tradisional dan tari daerah khas Indonesia akan selalu menjadi milik negara dan tidak diakui lagi oleh negara lain. Sebagai generasi muda Indonesia sudah selayaknya untuk melestarikan kebudayaan kebudayaan yang ada.

Karena menurut saya masyarakat serta siswa jaman sekarang sudah melupakan budayanya sendiri. Hal ini terbukti saat mereka tak mampu menjawab ketika diminta sebutkan mana yang termasuk tari tradisional jawa timur. Ketidaktahuan tersebut bukan hal lumrah mengingat semua penjelasan serta materi sudah terangkum di buku pedoman.

Macam Macam Tari Tradisional Jawa Timur Beserta Gambarnya

Indonesia merupakan Negara yang kaya akan budaya tradisional karena terdiri dari berbagai suku bangsa. Dari total 170 tarian kita akan mempelajari tari tradisional jawa timur yang notabenya cukup menarik. Provinsi Jawa Timur tidak hanya memiliki berbagai macam tarian tradisional, tetapi juga mempunyai rumah adat yang banyak hingga kini masih dilestarikan.

Ada banyak media pembelajaran yang memuat macam macam tari tradisional jawa timur. Baik itu dalam bentuk jurnal budyaa, informasi di internet, maupun buku pembelajaran siswa. Guru pun pasti sudah pernah menjelaskan materi tersebut di berbagai kesempatan sebagai bentuk pendalaman materi. Sebab, sedikit banyak siswa pasti akan diminta menybutkan jenis tarian tradisional jawa timur saat menghadapi ujian atau tes.

Baca juga : Macam Macam Aliran Seni Lukis Lengkap Dengan Ciri Cirinya

Jatim juga terkenal sebagai salah satu kota yang terus menjaga nilai nilai budaya khususnya mereka yang tinggal di surabaya dan malang. Bahkan, daerah tersebut selalu mengupayakan kampanye budaya lokal untuk memotivasi minat generasi muda sebagai penerus kebudayaan bangsa. Maka dari itu, sangat cocok apabila dalam artikel kali ini kita membahas berbagai macam tari tradisional jawa timur beserta gambarnya.

Tari Reog Ponorogo

Macam tari tradisional Jawa Timur yang pertama ialah tari reog ponorogo. Jenis tarian tradisional tersebut berasal dari Ponorogo, Jawa Timur. Tari reog ponorogo merupakan tarian tradisional dari Jawa Timur yang dibawakan oleh 6 – 8 wanita dan 6 – 8 pria. Tarian ini mempunyai durasi yang cukup panjang karena mempunyai beberapa sesi di dalamnya. Karena hal inilah masyarakat luas senang melihat seni tari tradisional dari Jawa Timur tersebut.

Macam Macam Tari Tradisional Jawa Timur Beserta Gambarnya
Gambar Tari Reog Ponorogo

Tari tradisional Jawa Timur ini berasal dari perjalanan mencari pujaan hati dari Prabu Kelana Sewandana menurut sejarah yang ada. Beliau melakukan perjalanan dengan ditemani patihnya bernama Bujang Ganong beserta prajurt prajuritnya. Sampai pada akhirnya dapat bertemu putri Kediri bernama Dewi Sanggalangit.

Cinta dari sang Prabu akan diterima oleh Dewi Sanggalangit jika beliau dapat menciptakan sebuah kesenian. Pembuktian cinta Prabu Kelana Sewandana kepada sang putri diwujudkan dalam bentuk tari reog ini. Untuk mengisi tarian yang diciptakan sang prabu, maka beliau meminta bantuan dari para prajuritnya. Maka dalam Tari Reog Ponorogo terdapat beberapa komponen penari seperti:

  • Prabu Kelono Sewandono
  • Patih Bujangganong
  • Pembarong
  • Jathil
  • Warok

Salah satu komponen tari tradisional Jawa Timur ini menggunakan topeng berukuran cukup besar menyerupai barongsai. Topeng tersebut memiliki berat sekitar 50 kg. Meski topeng ini sangat besar namun penarinya dapat menahannya dengan giginya saja. Sungguh luar biasa bukan? Topeng dalam tarian tradisional dari Jawa Timur ini dibuat dalam waktu yang cukup lama. Bahkan pembuat topeng reog ponorogo sendiri membutuhkan waktu belajar selama 7 – 10 tahun terlebih dahulu.

Tari Gandrung Banyuwangi

Macam tari tradisional Jawa Timur selanjutnya ialah tari gandrung banyuwangi. Jenis tarian tradisional tersebut berasal dari Banyuwangi. Nama gandrung dalam tarian tradisional dari Jawa Timur ini merupakan panggilan dari Dewi Sri sebagai Dewi Padi di zaman itu. Dewi Sri bertugas untuk menyejahterakan dan memberi kesuburan bagi masyarakatnya.

Macam Macam Tari Tradisional Jawa Timur Beserta Gambarnya
Gambar Tari Gandrung Banyuwangi

Tari gandrung banyuwangi adalah tari tradisional Jawa Timur yang masih termasuk dalam genre tarian Ketuk Tilu. Munculnya tarian tradisional dari Jawa Timur ini ketika pembangunan ibukota Balambangan. Kemudian cerita seorang laki laki bersama beberapa pemain musik yang berkelana dari desa ke desa tersebut di tulis menjadi sebuah makalah oleh salah satu seniman. Sampai pada akhirnya secara turun temurun cerita ini menjadi cerita rakyat hingga menciptakan tari gandrung banyuwangi. Tari Gandrung Banyuwangi menggunakan kostum yang berupa baju beludru dengan aribut atributnya. Di bagain kaki terdapat samping batik dan di bagian kepala terdapat mahkota omprok. Tarian ini diiringi dengan musik gong atau kempul.

Baca juga : Sejarah Perkembangan Musik Eropa

Tari Wayang Topeng

Macam tari tradisional Jawa Timur selanjutnya ialah tari wayang topeng. Tarian tradisional dari Jawa Timur ini berasal dari kota Malang. Para penari wayang topeng menggunakan atribut pakaian seperti wayang kulit. Tarian topeng tidak hanya terdapat di Jawa Barat, tetapi Jawa Timur juga memilikinya. Tari wayang topeng jaman dahulu hanya diselenggarakan dalam pertunjukan ritual saja. Penggunaan topeng tersebut merupakan lambang dari wajah nenek moyang yang telah diapresiasikan dalam bentuk tarian. Hal ini dikarenakan wujud penghargaan roh leluhur tersebut diwujudkan dalam bentuk penggunaan topeng.

Macam Macam Tari Tradisional Jawa Timur Beserta Gambarnya
Gambar Tari Wayang Topeng

Meskipun tari wayang topeng adalah tari tradisional Jawa Timur yang sedikit menggunakan nuansa mistik. Namun tarian tradisional dari Jawa Timur ini secara sejarah singkat berguna ketika agama Islam masuk ke wilayah Jawa. Tarian Wayang Topeng digunakan untuk mengambil hati masyarakat jawa yang saat itu masih kental dengan agama Hindu. Tarian dari Jawa Timur ini berbeda dengan tarian Topeng Jawa Barat karena dalam sejarahnya terdapat background wayang golek. Dalam tarian topeng dari Jawa Timur terdapat kisah Panji dan Ramayana. Tarian tersebut menggunakan musik pengiring berupa gamelan, bonang, kendang dan gong.

Tari Jaranan Buto

Macam tari tradisional Jawa Timur selanjutnya ialah tari jaranan buto. Tarian tradisional dari Jawa Timur ini berasal dari Banyuwangi. Tarian tersebut menggunakan kata Buto yang maknanya “Raksasa”. Maka dari itu jenis tarian ini memiliki makna kuda lumping raksasa. Untuk memainkan tari jaranan buto membutuhkan sekitar 16 sampai 20 orang didalamnya. Namun jenis tarian tradisional ini hampir punah. Tarian Jaranan Buto biasanya diselenggarakan ketika acara pernikahan atau khitanan. Rata rata penarinya adalah laki laki.

Macam Macam Tari Tradisional Jawa Timur Beserta Gambarnya
Gambar Tari Jaranan Buto

Tari Jaranan Buto menggunakan make up yang menyeramkan dan tebal. Katanya konon tari tradisional Jawa Timur ini merupakan sosok manusia yang wajahnya berupa raksasa karena Jaranan Buto berasal dari Menak Jinggo. Kadang kadang tarian tradisional dari Jawa Timur tersebut menggunakan gerakan gerakan yang ekstrim seperti gerakan akting bertengkar. Bahkan adapula beberapa pemain yang kesurupan setelah memainkan tarian ini. Tari Jaranan Buto menggunakan musik pengiring berupa kempul terompet, kendang, kecer, dua gong besar dan dua bonang.

Tari Remo

Macam tari tradisional Jawa Timur selanjutnya ialah tari remo. Tarian tradisional dari Jawa Timur ini digunakan untuk memberikan sambutan kepada tamu agung pada zaman dahulu. Penciptaan tari remo dilakukan oleh pengamen tempo dulu. Kebanyakan orang pada masa itu memang diharuskan untuk dapat menari. Bahkan pengamen juga harus dapat menari pula.

Baca juga : Pengertian, Jenis, dan Contoh Seni Rupa Terapan Lengkap

Macam Macam Tari Tradisional Jawa Timur Beserta Gambarnya
Gambar Tari Remo

Tari tradisional Jawa Timur ini biasanya dimainkan oleh laki laki. Tetapi seiring berkembangnya zaman membuat Tari Remo dapat dimainkan oleh perempuan. Tarian Remo pada zaman dahulu digunakan sebagai pembuka dalam pertunjukan ludruk. Namun sekarang ini setiap ada pertunjukan kesenian, tari remo selalu dipentaskan. Penggunaan busana dalam tari remo sendiri berbeda beda seperti gaya malangan, jombangan, gaya surabayan, sawunggaling maupaun remo putri. Musik pengiring dalam tarian tersebut berupa gamelan.

Tari Glipang

Macam tari tradisional Jawa Timur selanjutnya ialah tari glipang. Tarian tradisional dari Jawa Timur ini menggunakan pakaian yang menyerupai pakaian laki laki. Tari Glipang menggunakan alat musik seperti yang ada di negara Arab. Tari Glipang biasanya dimainkan oleh laki laki ataupun perempuan. Tarian tradisional tersebut berisi kisah tentang perilaku para penjajah dikala itu. Menurut bahasa Arab, kata Glipang berasal dari kata Gholiban yang maknanya “Kebiasaan”.

Macam Macam Tari Tradisional Jawa Timur Beserta Gambarnya
Gambar Tari Glipang

Tari tradisional Jawa Timur tersebut memiliki sejarah singkat yang diciptakan oleh Seno Truno ketika bekerja di Perusahaan Belanda sebagai mandor penebang tebu. Akhirnya ia berhenti bekerja karena Belanda memiliki sikap yang sewenang wenang. Seno Truno akhirnya memiliki inisiatif untuk menggambarkan sejarah hidupnya dalam bentuk tarian. Sampai pada akhirnya terwujud dalam bentuk tari Glipang ini.

Tari Beskalan

Macam Macam Tari Tradisional Jawa Timur Beserta Gambarnya
Gambar Tari Beskalan

Macam tari tradisional Jawa Timur selanjutnya ialah tari beskalan. Tarian tradisional dari Jawa Timur ini berasal dari Malang. Kata Beskalan berasal dari kata “Bakalan”. Menurut perkiraan, tarian beskalan memiliki usia ratusan tahun lamanya sehingga cukup tua. Tari Beskalan menggunakan konsep tarian keanggunan dari wanita sehingga terlihat dinamis, feminim dan lincah. Sebagian orang mengatakan bahwa tarian ini hampir sama dengan tarian Jaipong. Namun yang membedakan antara kedua jenis tarian ini adalah penggunaan bahasa sindennya. Tari Beskalan menggunakan pakaian berupa semyok, slendang, wedokan, sanggul (hiasan kepala) dan atribut lainnya. Musik pengiring dari tarian ini berupa jidor, kendang, sinden dan sebagainya.

Sekian penjelasan mengenai macam macam tari tradisional Jawa Timur beserta gambarnya. Tarian tradisional dari Jawa Timur ini menggunakan pakaian dan musik pengiring yang berbeda beda. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dan terima kasih telah berkunjung.

Baca Juga  Pertunjukan Alat Musik Angklung Termasuk Ke Dalam Jenis Musik Ansambel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.