Pengertian Asteroid, Ciri Ciri, Jenis Jenis dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Asteroid, Ciri Ciri, Jenis Jenis dan Contohnya – Apakah anda pernah melihat benda benda yang berkilau di langit malam hari? Benda benda berkilau tersebut sering dinamakan dengan bintang. Padahal di atas langit sana tidak hanya terdapat bintang saja, melainkan terdapat bulan juga. Banyak orang yang mengatakan bahwa bintang adalah benda langit yang memancarkan cahayanya sendiri. Pernyataan ini benar karena bintang memang memiliki cahayanya sendiri. Sedangkan bulan hanya dapat memantulkan cahaya matahari sehingga dapat bersinar di malam hari. Selain kedua benda ini adapula benda langit yang bernama asteroid.  Apa pengertian asteroid itu? Apa saja ciri ciri asteroid? Apa jenis jenis asteroid? Apa saja contoh asteroid?

Pengertian Asteroid, Ciri Ciri, Jenis Jenis dan Contohnya
Sekumpulan Asteroid di Angkasa

Asteroid merupakan satu dari sekian banyak benda benda yang terdapat dilangit. Benda benda langit yang terdapat diangkasa tersebut dapat berupa asteroid, bulan, matahari, bintang, planet, komet dan sebagainya. Semua benda langit ini memiliki ciri khasnya masing masing. Nah dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian asteroid, ciri ciri asteroid, jenis jenis asteroid dan contoh asteroid. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Asteroid, Ciri Ciri, Jenis Jenis dan Contohnya

Pengertian asteroid adalah sekumpulan benda langit yang menggerombol sehingga dapat berbentuk sabuk raksasa karena jumlahnya jutaan. Gerombolan asteroid ini terletak diantara planet Jupiter dengan planet Mars karena bentuknya berupa sabuk. Dengan adanya sabuk asteroid ini membuat planet dapat dibagi menjadi planet luar dan planet dalam. Planet luar adalah planet yang terletak setelah sabuk asteroid jika ditinjau dari Matahari, seperti planet Saturnus, Neptunus, Jupiter dan Uranus. Sedangkan planet dalam ialah planet yang terletak diantara sabuk asteroid sampai Matahari, seperti planet Mars, Merkurius, Bumi, dan Venus.

Baca juga : 12 Bukti Bumi Itu Bulat Terlengkap Menurut Ilmuwan Dunia

Pengertian Asteroid, Ciri Ciri, Jenis Jenis dan Contohnya
Letak Sabuk Asteroid

Asteroid juga dapat dinamakan dengan planetoid atau planet minor. Adapula pengertian asteroid secara umum yakni benda langit yang bentuknya seperti bebatuan jika dilihat dari dekat. Asteroid mempunyai orbitnya sendiri meskipun jumlahnya sangat banyak. Orbit asteroid ini melalukan aktivitas yang bebas di angkasa karena berbentuk elips asteroid. Asteroid berasal dari sekumpulan zat seperti silikat, tanah liat dan sebagainya.

Ciri Ciri Asteroid

Jika dilihat dari bumi, semua benda langit hanya kelihatan kelip kelip karena jaraknya yang cukup jauh. Tetapi sebenarnya bentuk benda benda langit tersebut tidak sama dan berbeda beda. Seperti halnya bentuk asteroid yang tidak beraturan ini. Di bawah ini terdapat ciri ciri asteroid yaitu meliputi:

Memiliki Bentuk yang Tidak Beraturan
Ciri ciri asteroid yang pertama ialah memiliki bentuk yang tidak beraturan. Asteroid tesebut memiliki bentuk yang menyerupai hiasan batu batu kecil aquarium yang berwarna warni. Ada asteroid yang berbentuk bulat, ada yang berbenuk sudut sudut, ataupun ada yang berbentuk lonjong. Selain itu asteroid juga memiliki permukaan yang berupa kawah, tidak rata dan berlubang. Hal ini dapat terjadi karena memang pada dasarnya asteroid adalah batu ruang angkasa.

Mengorbit Pada Matahari
Ciri ciri asteroid selanjutnya ialah mengorbit pada matahari. Asteroid juga mengelilingi matahari seperti halnya planet planet di angkasa. Pada dasarnya aktivitas sebagian benda langit memiliki persamaan yakni mengelilingi atau mengorbit matahari. Lintasan asteorid dalam mengorbit Matahari memiliki bentuk elips atau lonjong. Asteroid  ini melakukan orbitan menuju matahari dengan berputar putar sehingga kadang kadang arah jatuhnya tak menentu. Asteroid yang jatuh ini dapat merusak kehidupan makhluk Bumi jika menabrak dan sampai ke permukaan.

Disusun Oleh Es dan Debu
Ciri ciri asteroid selanjutnya ialah disusun oleh es dan debu. Asteroid memiliki elemen yang tersusun oleh es dan juga debu. Karena keberadaan es tersebut membuat debu debu menjadi beku. Terlebih lagi jarak debu tersebut jauh dari matahari. Maka dari itu dapat membentuk sekumpulan asteroid yang sangat berbahaya dan keras.

Ukurannya Lebih Kecil dibandingkan Planet Kerdil
Ciri ciri asteroid selanjutnya ialah mempunyai ukuran lebih kecil jika dibandingkan dengan planet kerdil. Planet kerdil disini terkenal dengan nama planet Pluto. Ukuran diameter asteroid tersebut kurang lebih 1 – 60 mil saja.

Jumlah Sabuk Asteroidnya Banyak
Ciri ciri asteroid selanjutnya ialah memiliki sabuk asteroid yang jumlahnya banyak. Di luar angkasa banyak sekali asteroid yang jumlahnya hampir ribuan. Jumlah asteroid ini terdapat di sabuk asteroid yang terletak diantara planet Jupiter dan Mars. Jumlah asteroid pada sabuknya ialah sekitar 750.000 asteroid.

Baca juga : Jenis Jenis Laut Berdasarkan Kedalaman dan Letaknya

Termasuk Benda Langit Tidak Aktif
Ciri ciri asteroid selanjutnya ialah termasuk benda langit yang tidak aktif. Di angkasa sana terdapat asteorid yang bergerak dengan bebas. Meski begitu benda langit ini termasuk dalam golongan benda langit tidak aktif seperti halnya meteor. Asteroid hanya mengelilingi matahari saja.

Mempunyai Suhu yang Sangat Dingin
Ciri ciri asteroid selanjutnya ialah mempunyai suhu yang sangat dingin. Suhu anteroid tersebut sekitar -73⁰C sehingga cukup dingin.

Permukaannya Berbatu
Ciri ciri asteroid selanjutnya ialah permukaannya berbatu. Asteroid memiliki permukaan yang terdiri dari banyak kawah, berbatu dan tidak halus.

Tersebar di Tata Surya dan Berjumlah Banyak
Diluar angkasa banyak sekali asteroid yang menyebar di seluruh tata surya. Untuk itulah jumlah asteroid tersebut sangat banyak dan dapat bergerak bebas di angkasa.

Jenis Jenis Asteroid

Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang jenis jenis asteroid. Macam macam asteroid ini didasarkan pada susunan komposisi dan orbitnya. Berikut beberapa penjelasan mengenai jenis jenis dari asteroid yaitu :

  • Jenis C ialah asteroid yang terdiri dari batuan silikat dan tanah liat. Asteroid ini dinamakan dengan jenis karbon keabu abuan. Kebanyakan letak asteroid tersebut berada di luar sabuk utama.
  • Jenis S ialah asteroid yang terdiri dari nikel dan besi. Asteroid ini dinamakan dengan Asteroid Silicaceous. Kebanyakan letak asteroid tersebut berada di dalam sabuk utama.
  • Jenis M ialah asteroid yang terdiri dari nikel dan besi yang warnanya kemerah merahan. Asteroid ini dinamakan dengan Asteroid Metalik. Kebanyakan letak asteroid tersebut berada di bagian tengah sabuk utama.
  • Jenis V ialah asteroid yang terdiri dari kerak vulkanik dan batuan basaltik.

Contoh Contoh Asteroid

Para ilmuan Bumi telah melakukan identifikasi terhadap banyak asteroid. Bahkan asteroid asteroid tersebut juga diberikan nama tertentu. Adapun contoh contoh asteroid yang telah dinamai oleh para ilmuan yaitu meliputi:

Baca juga : Macam Macam Bioma Lengkap Dengan Ciri Cirinya

  • Pallas Vesta
  • Interamnia
  • Ceres
  • Hygiea
Pengertian Asteroid, Ciri Ciri, Jenis Jenis dan Contohnya
Contoh Contoh Asteroid

Cara Melihat Asteroid dari Bumi

Selain penjelasan mengenai pengertian asteroid, ciri ciri asteroid, jenis jenis asteroid dan contoh asteroid. Saya juga akan membahas tentang cara melihat asteroid dari bumi. Asteroid tersebut dapat dilihat dengan mata telanjang ketika di malam hari. Namun bentuknya terlihat sama dengan bintang dan benda langit lainnya. Untuk itu bentuk asteroid dapat terlihat jelas menggunakan alat khusus bernama Teleskop atau Teropong Bintang. Teleskop adalah alat yang digunakan untuk melihat bintang dan pemandangan langit. Asteroid dapat diamati dengan teleskop ketika lintasannya mendekati bumi. Disaat itulah asteroid dapat terlihat jelas.

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai pengertian asteroid, ciri ciri asteroid, jenis jenis asteroid dan contoh asteroid. Asteroid ini merupakan benda langit yang berbentuk bebatuan terbang. Jumlah dari asteroid ini sangat banyak sekitar 750.000 yang terletak dibagian sabuknya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dan terima kasih telah membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *