12 Contoh Karangan Siswa Tentang Kegiatan Sekolah

Diposting pada

12 Contoh Karangan Siswa Tentang Kegiatan Sekolah – Bulan Ramadhan adalah salah satu bulan yang paling ditunggu tunggu bagi umat agama Islam. Di kala itu banyak sekali kegiatan yang dapat dilakukan dan bermanfaat untuk diri sendiri dan orang banyak. Selain itu ketika dibangku sekolah, para siswa juga diberikan tugas oleh guru untuk membuat contoh karangan mengenai kegiatan ramadhan. Contoh karangan kegiatan Ramadhan ini berguna untuk menambah nilai harian untuk para siswa. Lalu bagaimana cara membuat contoh karangan siswa mengenai kegiatan ramadhan? Karangan ini berisi hal hal yang dilakukan siswa ketika bulan puasa Ramadhan.

Karangan Tentang Bulan Ramadhan
Karangan Tentang Bulan Ramadhan

Tugas menulis contoh karangan kegiatan ramadhan ini tentunya berkaitan dengan kegiatan siswa yang bersangkutan. Namun ada beberapa siswa yang mengalami kesulitan dalam menulis contoh karangan mengenai kegiatan ramadhan karena belum terbiasa dalam menulis sebuah karangan. Sebenarnya hal hal yang dapat ditulis dalam karangan bertemakan bulan Ramadhan tersebut sangat banyak seperti kegiatan berpuasa, membeli takjil, tarawih, sahur dan masih banyak lagi. Kali ini saya akan membagikan beberapa contoh karangan siswa mengenai kegiatan ramadhan sederhana. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

12 Contoh Karangan Siswa Tentang Kegiatan Sekolah

Sebelum membagikan beberapa contoh karangan kegiatan ramadhan. Saya akan menjelaskan tentang pengertian karangan terlebih dahulu. Karangan ialah tulisan yang berbentuk ungkapan perasaan dan pikiran pengarang dengan tema yang utuh. Selain itu karangan juga dapat diartikan sebagai serangkaian ungkapan perasaan atau hasil pemikiran yang dituangkan dalam bentuk tulisan yang teratur.

Untuk itu karangan yang bertemakan bulan ramadhan merupakan ungkapan perasaan dan pemikiran yang dilakukan ketika bulan Ramadhan. Pembuatan contoh karangan mengenai kegiatan ramadhan tersebut tidak terlepas dari adanya unsur dan ciri dalam karangan tersebut. Dibawah ini terdapat beberapa contoh karangan siswa mengenai kegiatan Ramadhan yaitu sebagai berikut:

Baca juga : 12 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Ilmiah, Hewan dan Tumbuhan

Contoh Karangan Kegiatan Ramadhan

Liburan Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang kutunggu tunggu dan kurindukan. Banyak yang kurindukan ketika bulan Ramadhan seperti suasana salat tarawih berjamaah di masjid, ibu yang selalu membangunkanku ketika sahur, suara mengaji setiap malam tanpa henti dan sebagainya. Ini adalah bulan yang penuh berkah yang paling kutunggu selama 11 bulan sebelumnya.

Akhirnya bulan puasapun datang. Ibadah puasa pada minggu pertama memang terasa berat karena tubuhku belum terbiasa melakukannya. Ketika puasa pertama sampai puasa ketiga, aku berhasil melalui puasa penuh karena tidak ada aktivitas sekolah. Di awal puasa memang terasa begitu sulit seperti ketika aku dibangunkan sahur jam 3 pagi oleh ibu. Rasanya mengantuk dan tidak ingin bangun. Namun ibu berkata bahwa bulan ini adalah bulan penuh berkah dan termasuk bulan yang kutunggu dan kurindukan. Akupun langsung bergegas untuk mencuci muka dikamar mandi. Setelah mencuci muka rasa kantukku sedikit menghilang.

Makan sahurku sangat menyenangkan karena bersama keluarga. Kami juga menonton televisi ketika sahur. Banyak artis yang membuat kami tertawa karena polah tingkahnya yang menghibur. Kami makan sahur kurang lebih membutuhkan waktu 30 menit. Setelah sahur, aku, adik dan ayahku pergi ke masjid untuk shalat subuh berjamaah. Namun tidak berselang lama, adikku ternyata ketiduran. Akhirnya aku membangunkannya untuk shalat subuh berjamaah.

Catatan : Pada umumnya sebuah karangan memiliki ciri ciri tersendiri. Adapun ciri ciri karangan ialah mudah dan jelas dipahami oleh pembaca, mempunyai kesatuan kalimat yang baik, mempunyai susunan kalimat yang baik, ekonomis atau efisien, dan menggunakan bahasa yang diterima dan mudah dipahami oleh pembaca. Untuk itu contoh karangan kegiatan Ramadhan tersebut harus mencakup hal hal berikut. Meskipun karangan ini bertemakan bulan Ramadhan, namun pada dasarnya ciri ciri yang digunakan sama seperti karangan dengan tema lainnya.

Ketika bulan ramadhan tiba, masjid selalu penuh karena banyak orang yang ingin menunaikan shalat dengan berjamaah. Bahkan pada hari pertama puasa, shalat subuh di masjid sampai 5 shaf. Sungguh merasa senang hatiku melihatnya. Setelah shalat subuh, kemudian aku membereskan tempat tidur dan menyapu halaman rumah. Hari hariku ketika berpuasa aku isi untuk membantu pekerjaan ibu. Tak terasa waktu sudah menunjukkan waktu shalat ashar.

Aku melakukan shalat ashar di masjid bersama teman temanku. Setelah itu kegiatan kami lanjutkan untuk ngabuburit bersama seperti bersepeda di sekitar kompleks perumahan. Saking asiknya bersepeda ternyata waktu sudah menunjukkan pukul 5 sore. Aku bergegas pulang untuk membantu ibu mempersiapkan makanan buka puasa. Waktu berbuka pun datang, semua rasa dahaga dan laparku selama seharian ini rasanya sudah terpenuhi.

Hari pertama berpuasaku di bulan ramadhan berhenti setelah sholat tarawih dan tadarusan di masjid. Ketika bulan Ramadhan, sebagian besar kegiatanku seperti itu dan berulang terus menerus. Namun terkadang kami juga berbuka diluar karena ayahku yang mengajak. Aku selalu ingat perkataan ayah bahwa bulan ramadhan adalah bulan keberkahan. Di bulan berkah ini kami harus banyak membantu orang tua, berada dirumah dan beribadah di masjid. Dengan begitu berkah bulan Ramadhan akan begitu terasa.

Baca juga : 12 Contoh Teks Anekdot Singkat Lucu Terbaru

Contoh karangan mengenai kegiatan Ramadhan di atas menggambarkan hal hal yang dilakukan ketika berpuasa. Selain itu contoh karangan siswa mengenai kegiatan Ramadhan yang berjudul “Liburan Bulan Ramadhan” ini juga memberikan pengajaran bahwa ketika bulan Ramadhan harus diisi dengan hal hal yang bermanfaat seperti sholat berjamaah di masjid, tadarusan di masjid, dan sebagainya. Karangan tentang bulan Ramadhan tersebut tidak hanya berisi ungkapan perasaan dan pikiran pengarangnya, tetapi juga memberikan pesan moral bagi para pembacanya.

Contoh Karangan Siswa Tentang Kegiatan Ramadhan

Bulan yang Menyenangkan
Tahun ini, arti bulan Ramadhan bagiku cukup menyenangkan dan istimewa. Aku dapat melakukan puasa sebulan penuh dan shalat tarawih berjamaah di masjid. Aku juga tidak lupa melakukan tadarus setelah tarawih. Terkadang aku juga membaca Al Qur’an dirumah selama bulan Ramadhan ini. Aku berhasil menunaikan puasa satu bulan penuh dan rasanya sangat menyenangkan. Aku sadar bahwa puasa sangat berat dilakukan. Terlebih lagi ketika sudah waktunya masuk sekolah. Selama bulan Ramadhan hal hal yang diajarkan ketika sekolah berkaitan dengan ketaqwaan dan keimanan.

Hari pertama puasa dapat aku lalui dengan tekad dan niat yang kuat. Meskipun rasanya sangat haus dan lapar ketika itu. Bahkan rasanya badanku lemas sekali. Siang hari terasa sangat panjang. Aku segera menunaikan ibadah shalat Zuhur dan kemudian bergegas tidur. Menjelang shalat Ashar aku dibangunkan oleh ibu. Hari pertama puasa dapat aku lalui dengan baik sampai berkumandang suara adzan Maghrib. Suara adzan itu menandakan waktu berbuka puasa. Setelah selesai berbuka, kemudian aku bergegas menuju masjid untuk shalat berjamaah dan shalat tarawih.

Banyak sekali orang yang ingin menunaikan tarawih di malam pertama bulan Ramadhan tersebut. Saat itu aku juga mencatat inti ceramah yang disampaikan oleh Pak Ustad untuk memenuhi buku agenda Ramadhan. Kegiatan bulan Ramadhanku terus berulang seperti itu. Sampai akhirnya aku dapat menjalankan puasa penuh. Aku terus berusaha melakukan kegiatan bulan Ramadhan dengan hal hal yang baik. Bahkan aku juga menyempatkan membaca Al Qur’an di rumah.

Dalam contoh karangan kegiatan Ramadhan juga harus mengandung unsur unsur karangan pada umumnya. Dengan begitu contoh karangan siswa mengenai bulan Ramadhan tersebut dapat disusun dengan baik dan benar. Adapun beberapa unsur karangan secara umum yaitu mengandung ide atau gagasan, tatanan, tuturan dan wahana. Selain contoh karangan siswa mengenai kegiatan Ramadhan di atas, masih ada lagi contoh karangan bertemakan bulan Ramadhan lainnya.

Contoh Karangan Kegiatan Ramadhan Sederhana

Aktivitas Bulan Ramadhan
Bulan Ramadhan hanya ada satu kali dalam setahun. Untuk itu dibulan Ramadhan ini harus aku penuhi dengan kegiatan kegiatan yang bermanfaat. Aku juga tidak lupa untuk memohon ampunan dan lebih mendekatkan diri kepada Tuhan. Aku bersama keluarga melakukan sahur pada pukul 3 pagi. Setelah itu aku lanjutkan untuk membaca Al Qur’an sembari menunggu adzan Subuh. Setelah adzan subuh berkumandang, kemudian aku bergegas untuk menunaikan ibadah shalat subuh.

Baca juga : 24 Contoh Cerita Fabel Singkat Menarik Terbaru

Ketika shalat, saya memohon ampunan kepada Tuhan atas kesalahan kesalahan yang kuperbuat, baik disengaja ataupun tidak. Setelah itu saya tidur sejenak sebelum berangkat sekolah. Waktu sudah menunjukan pukul setengah enam pagi. Aku pun bersiap siap untuk pergi ke sekolah. Aku langsung mandi dan berganti seragam sekolah. Setelah itu aku segera berangkat ke sekolah. Sesampainya di sekolah aku belajar dengan khitmad. Waktu pun berlalu sampai bel pulang sekolah dibunyikan. Aku segera pulang untuk menuju rumah.

Tak terasa hari puasa terasa cepat sampai waktunya untuk berbuka. Rasanya puasa hari ini sungguh menyenangkan dan tidak terasa kalau sedang menahan haus dan lapar. Setelah berbuka puasa kemudian aku shalat tarawih berjamaah di masjid dan tidak lupa tadarusan setelah tarawih. Setelah tadarus Al Qur’an, aku belajar sejenak untuk mempersiapkan pelajaran sekolah esok hari.

Contoh karangan kegiatan ramadhan di atas berisi pengalaman siswa ketika menjalani bulan Ramadhan. Isi dari contoh karangan siswa tentang kegiatan Ramadhan memang harus disesuaikan dengan pengalaman masing masing. Dengan begitu hasil karangannya akan sesuai dengan kenyataan yang dilakukan selama ini. Sekian beberapa contoh karangan siswa mengenai kegiatan Ramadhan sederhana yang dapat saya bagikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca karangan bertemakan bulan Ramadhan di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *