Kata Sapaan (Pengertian, Jenis Jenis dan Contohnya)

Diposting pada

Kata Sapaan (Pengertian, Jenis Jenis dan Contohnya) – Jenis  kata dalam Bahasa Indonesia pada dasarnya cukup banyak ragamnya. Salah satunya ialah jenis kata untuk sapaan. Kata ini merujuk pada kalimat untuk menyapa seseorang. Apa pengertian kata sapaan itu? Kata untuk sapaan merupakan suatu kata yang berguna untuk menyapa seseorang. Jenis kata ini dapat dibagi menjadi beberapa macam. Bahkan contoh katanya dapat digunakan untuk membuat kalimat sapaan. Jenis jenis kalimat sapaan tersebut didasarkan pada masing masing kegunaannya. Bahkan kata dan kalimat sapaan ini sama sama diunakan untuk menyapa seseorang ketika sedang bertemu, baik seseorang yang dikenal ataupun tidak.

Contoh kata sapaan
Contoh kata sapaan

Dalam kehidupan sehari hari, kata dan kalimat sapaan memang sangat penting untuk dipahami dan dipelajari. Hal ini dikarenakan sapaan tersebut merupakan wujud etika dan tingkah laku seseorang. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian, jenis jenis kata sapaan dan contohnya. Saya juga tidak lupa untuk membahas tentang jenis jenis kalimat sapaan beserta contoh kalimatnya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Kata Sapaan (Pengertian, Jenis Jenis dan Contohnya)

Pengertian kata sapaan ialah kata jamak atau tunggal yang berguna untuk menyapa pihak kedua maupun seseorang. Jenis kata ini sering kali diwujudkan dalam kalimat sapaan untuk menegur sapa seseorang, baik yang dikenal ataupun tidak. Bahkan setiap jenis kalimat sapaan juga digunakan untuk menyampaikan kalimat berita dalam sebuah radio ataupun televisi. Di bawah ini terdapat beberapa macam kata dan kalimat suatu sapaan beserta penjelasannya:

Baca juga : Menentukan Tema dan Pesan Syair Beserta Penjelasan

Jenis Jenis Kata Sapaan

Hal pertama yang akan saya jelaskan ialah jenis jenis kata berupa sapaan. Adapun macam macam sapaannya yaitu sebagai berikut:

  1. Istilah dalam bentuk kekerabatan. Contoh katanya seperti Kak, Dik, Saudara, Bapak, Kakek, dan sebagainya.
  2. Nama gelar atau jabatan. Contoh kata sapaannya seperti Suster, Bupati, Jenderal, Dokter, Gubernur, Profesor dan sebagainya.
  3. Nama benda, nama diri dan nama baik orang. Contoh katanya seperti Raja Rimba, Ida, si Kancil, Rika, dan sebagainya.

Selain berbentuk kata kata, terkadang sapaan juga dapat berbentuk kalimat. Kalimat tersebut biasanya ditujukan secara umum dari seseorang pada orang lain. Lalu apa saja syarat menggunakan kalimat sapaan? dan apa saja jenis jenis kalimat sapaan? silahkan simak dalam penjelasan di bawah.

Jenis Jenis Kalimat Sapaan

Selain jenis jenis kata sapaan di atas, adapula macam macam kalimat sapaan. Berikut beberapa jenis kalimat berupa sapaan yaitu meliputi:

  1. Sapaan Hormat seperti “Selamat siang Nyonya”, “Selama sore Tuan”, dan sebagainya.
  2. Sapaan Biasa seperti “Apa kabar Dina?”, “Halo Riko”, dan sebagainya.

Setelah kita mempelajari berbagai jenis kata sapaan dan kalimat sapaan, sekarang saatnya belajar tata cara menulis kata sapaan yang baik dan benar. Hal ini bertujuan agar sapaan yang kita berikan kepada orang lain bisa tepat sasaran. Sebenarnya dalam menyusun kata sapaan tidaklah terlalu sulit, kita hanya perlu memperhatikan beberapa hal di bawah.

Tata Cara Penulisan Kata Sapaan

Kata yang digunakan untuk sapaan memang berhubungan dengan adat kesantunan, keadaan atau situasi percakapan dalam suatu tempat, dan adat istiadat setempat. Maka dari itu adat kebiasaan daerah suatu tempat sering kali mengalahkan kaidah kebahasaan pada kalimat sapaan. Meski begitu dalam tata cara penulisan katanya harus memperhatikan beberapa penggunaan dalam huruf awalnya. Huruf awal yang digunakan berupa huruf kapital.

Baca juga : 12 Contoh Kata Pengantar Makalah, Tugas, Proposal, dan Laporan

Selain itu tata cara penulisan kata sapaan juga menggunakan pedoman dasar berupa EYD (Ejaan Yang Disempurnakan). Berikut penjelasan mengenai tata cara penulisan kalimat sapaan yaitu diantaranya:

Sebagai Huruf Pertama
Dalam tata cara penulisan kalimat sapaan terdapat huruf kapital yang berguna untuk huruf pertama. Huruf pertama ini digunakan sebagai kata penunjuk dalam hubungan kekerabatan. Contoh katanya seperti bapak, kakak, kakek, adik, tante, ibu, paman, nenek dan om. Kata ini digunakan untuk acuan dan sapaan. Adapun contoh kalimat sapaannya yaitu:

  • Berapa masa aktifnya bang?
  • Berapa lama perginya kak?

Bukan Sebagai Huruf Pertama
Dalam tata cara penulisan kata sapaan selanjutnya terdapat huruf kapital yang tidak digunakan sebagai huruf pertama. Kata ini bahkan tidak digunakan untuk acuan dan sapaan. Adapun contoh kalimat sapaannya yaitu:

  • Untuk beberapa bulan kedepan dia tidak dapat pulang kerumah bapaknya sendiri.
  • Selama setahun ia tidak dapat bertemu pamannya di Malang.

Sebagai Kata Ganti Anda
Dalam tata cara penulisan kalimat sapaan selanjutnya terdapat huruf kapital yang digunakan sebagai kata ganti anda. Adapun contoh kalimatnya yaitu sebagai berikut:

  • Sekarang anda bekerja dimana ya?
  • Apakah anda sedang sakit?

Contoh Kata dan Kalimat Sapaan

Agar anda lebih memahami tentang kata dan kalimat yang berupa sapaan. Selanjutnya saya akan membagikan beberapa contoh kata dan kalimat untuk menyapa yaitu sebagai berikut:

Contoh Kata Sapaan

  • Nama diri, misalnya Suryanto, Rika.
  • Kata yang termasuk istilah untuk kekerabatan seperti ibu, kakak, abang, bibi, bapak, adik, kak, dan paman.
  • Jabatan, gelar kepangkatan dan profesi, contohnya profesor, ketua, dokter, kapten, camat, sopir, dan lurah.
  • Kata nama, seperti nona, tuan, Tuhan, sayang, dan nyonya.

Baca juga : 12 Contoh Pengumuman Resmi dan Tidak Resmi Bahasa Indonesia Terlengkap

  • Kata ganti personal yang kedua, contoh kata sapaannya yaitu Anda.
  • Kata nama pelaku, contohnya penonton, hadirin, pendengar, dan peserta.

Contoh Kalimat Sapaan

  • Asal anda dari mana ya?
  • Anda kuliah dimana ya?
  • Dipersilahkan para hadiri untuk meninggalkan tempat…
  • Ingin berkata apa, Kak?

Sekian penjelasan mengenai pengertian kata sapaan, jenis jenis dan contohnya. Kata berupa sapaan tersebut merupakan kata jamak atau tunggal yang berguna untuk menyapa pihak kedua maupun seseorang. Jenis kata katanya sering dirangkai menjadi kalimat sapaan untuk menegur sapa dengan seseorang atau pihak kedua. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi kata dan kalimat berupa sapaan di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *