Kesulitan Belajar Siswa (Faktor dan Cara Mengatasinya) Terlengkap

Diposting pada

Kesulitan Belajar Siswa (Faktor dan Cara Mengatasinya) Terlengkap – Pada dasarnya kepuasan dalam memperoeh kinerja akademik atau academic performance pada setiap siswa dapat dicapai dengan peluang yang sama. Tetapi faktanya dalam diri setiap siswa terlihat jelas terdapat perbedaan dalam kehidupan sehari hari. Contohnya latar belakang keluarga, kemampuan intelektual, pendekatan belajar, kemampuan fisik maupun kebiasaan yang terkadang dapat sangat mencolok diantara para siswa lainnya.

Kesulitan belajar ini dapat diatasi dengan beberapa cara. Lantas bagaimana cara mengatasi kesulitan belajar pada siswa? Apa saja jenis jenis kesulitan belajar pada siswa? inilah pertanyaan yang sering diajukan oleh wali murid. Untuk menjawab segala problematika tersebut maka kita harus mengerti terlebih dahulu apa itu kesulitan belajar.

Kesulitan Belajar Siswa (Faktor dan Cara Mengatasinya) Terlengkap
Langkah Langkah Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Siswa

Pada dasarnya penyelenggara pendidikan di sekolah hanya difokuskan pada siswa yang kemampuannya rata-rata. Maka dari itu anak yang kurang atau lebih kemampuannya akan sedikit terabaikan. Untuk itu siswa yang termasuk dalam kategori “diluar rata rata” seperti kurang pandai dan sangat pandai menjadi kekurangan kesempatan dalam mengembangkan kemampuan sesuai dengan potensinya.

Hal inilah yang dimaksud dengan kesulitan belajar. Kesulitan belajar sendiri tidak hanya ditujukan kepada kemampuan siswa yang rata rata saja. Tetapi juga siswa yang memiliki kemampuan rendah ataupun tinggi. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang faktor penyebab kesulitan belajar siswa dan cara mengatasi kesulitan belajar pada siswa terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Kesulitan Belajar Siswa (Faktor dan Cara Mengatasinya) Terlengkap

Para peserta didik memang lumrah jika mengalami kesulitan belajar. Kesulitan siswa ini sering terdapat dalam penerimaan pembelajaran di sekolah. Bahkan faktor penyebab kesulitan belajar siswa menyebabkan peserta didik kurang bisa menyerap dan mencerna informasi belajar yang disampaikan oleh guru. Kondisi seperti ini dapat menyebabkan kemajuan belajar anak menjadi terhambat. Maka dari itu diusahakan agar masalah tersebut dapat dipecahkan.

Sampai pada akhirnya terdapat beberapa cara mengatasi kesulitan belajar pada siswa. Tindakan tersebut efektif untuk dilakukan oleh orang tua di rumah maupun guru ketika berada di sekolah. Langkah langkah seperti ini dapat kita tempuh sebagai wujud kerjasama dan kepedulian dalam pendidikan anak.

Baca juga : 20+ Contoh Perubahan Sosial Budaya Beserta Penjelasan

Pengertian kesulitan belajar siswa ialah sebuah indikasi yang terlihat pada peserta didik dimana prestasi belajarnya menjadi di bawah norma atau lebih rendah dibandingkan ketetapan yang ada. Adapula yang mengartikan kesulitan belajar peserta didik sebagai sebuah gangguan dalam proses psikologis dasar baik satu atau lebih yang meliputi penggunaan dan pemahaman bahasa tulisan atau ajaran. Di bawah ini terdapat pembahasan mengenai faktor penyebab kesulitan belajar pada siswa, jenis jenis kesulitan belajar pada siswa dan cara mengatasi kesulitan belajar pada siswa. Berikut penjelasan selengkapnya:

Jenis Kesulitan Belajar Siswa

Gangguan atau kesulian belajar pada seorang anak yang berkembang dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis. Adapun beberapa jenis kesulitan belajar pada peserta didik yaitu meliputi:

  1. Kesulitan belajar akademis seperti kesulitan berhitung, membaca, dan menulis.
  2. Kesulitan belajar simbolik yaitu anak yang mempunyai ketidakmampuan dalam mencerna sebuah objek. Meskipun anak tersebut tidak mempunyai kelainan organ tubuh.
  3. Kesulitan belajar non simbolik yaitu anak yang mempunyai ketidakmampuan dalam mencerna pelajaran. Hal ini dikareakan anak tersebut kesullitan dalam mengulang kembali apa yang telah diajarkan.
  4. Kesulitan belajar sosial emosional ialah ketidakmampuan yang berasal dari emosi dalam diri dan lingkungan di sekitar anak tersebut.

Kesulitan belajar siswa dapat diketahui melalui beberapa gejala yang timbul. Gejala inilah yang nantinya menjadi indikasi tertentu apakah anak tersebut bermasalah dalam belajar ataupun tidak. Cotohnya anak yang kesulitan dalam menuntaskan beberapa materi atau semua materi mata pelajaran. Alhasil prestasi belajar siswa menjadi kurang memuaskan.

Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa

Faktor penyebab kesulitan belajar peserta didik biasanya dapat di bagi menjadi dua yakni faktor eksternal dan faktor internal. Berikut penjelasan mengenai masing masing faktornya:

Baca juga : Pengertian Subordinasi Dalam Hukum, Jenis Jenis dan Contohnya

Faktor Internal

Faktor internal ialah faktor penyebab kesulitan belajar siswa yang berasal dari dalam diri individualnya. Kesulitan dalam memahami pelajaran tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti rendahkan konsentrasi belajar, gangguan kesehatan, kelainan penglihatan, kelainan pendengaran dan lain-lain.

Faktor Eksternal

Faktor eksternal ialah faktor penyebab kesulitan belajar siswa yang berasal dari luar diri individualnya. Kesulitan dalam memahami pelajaran tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti beratnya beban pelajaran, keadaan belajar yang kurang kondusif dan lain-lain.

Ketika membicarakan faktor eksternal kesulitan belajar maka pembahasannya akan sangat kompleks. Karena dari segmen ini siswa yang memiliki kualitas individual baik bisa mengalami drop atau masalah jika lingkungannya tak mendukung. Misalnya siswa pintar yang kurang mendapat fasilitas sehingga kualitas belajarnya pun tak maksimal.

Cara Mengatasi Kesulitan Belajar

Guru memang menjadi pembimbing utama siswa ketika berada di sekolahan. Menjadi guru berarti juga harus mampu mendidik siswa dari berbagai latar belakang. Faktor penyebab kesulitan belajar peserta didik memang dapat diamati dengan beberapa gejala yang ada. Sebagai seorang guru tentunya dapat mengupayakan dengan beberapa cara mengatasi seperti di bawah ini:

Tempat Duduk Siswa

Kesulitan untuk melihat maupun mendengar yang dialami oleh siswa dapat mempengaruhi proses belajar. Maka dari itu cara mengatasinya dapat dilakukan dengan memindahkan tempat duduknya di bagian depan. Dengan begitu siswa akan lebih jelas dalam melihat papan tulis dan lebih jelas mendengar informasi belajar yang disampaikan semua oleh guru.

Gangguan Kesehatan

Cara mengatasi kesulitan belajar siswa yang mengalami gangguan kesehatan ialah dengan menyuruhnya beristirahat di rumah. Namun tetap disertai dengan pemberian bimbingan dan bahan pengajaran dari orang tua ataupun anggota keluarga lainnya.

Baca juga : Dampak Positif dan Negatif Konflik Sosial (Terlengkap)

Program Remedial

Cara mengatasi kesulitan belajar pada siswa yang tidak dapat memperoleh tujuan belajar karena kelainan internal. Maka dapat diatasi dengan menggunakan program remedial. Program ini dapat dijalankan dengan beberapa teknik seperti memberikan siswa pekerjaan atau tugas tertentu, mengulang pelajaran yang belum dikuasi siswa, dan sebagainya.

Bantuan Alat dan Media Peraga

Alat peraga dan media belajar dapat menjadi salah satu cara mengatasi kesulitan belajar siswa untuk memahami materi pelajaran yang diberikan. Hal ini dikarenakan gangguan belajar pada peserta didik dapat disebabkan oleh sifat materi pelajaran yang abstrak. Maka dari itu siswa lebih sulit untuk memahaminya.

Suasana Belajar Menyenangkan

Cara mengatasi kesulitan belajar peserta didik dapat dilakukan dengan mengubah suasana belajar menjadi lebih menyenangkan dan lebih kondusif. Maka dari itu siswa akan lebih cepat menerima pelajaran karena suasana belajarnya lebih menyenangkan dan nyaman.

Motivasi Orang Tua di Rumah

Kesulitan belajar siswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Untuk itu sebagai orang tua tentunya harus mengetahui cara mengatasinya. Orang tua tersebut pada dasarnya memiliki peran yang sangat penting kepada anak. Maka dari itu orang tua harus memberikan perhatian dan motivasi intrinsik ekstrinsik sehingga kemampuan anak dalam mencerna pelajaran dapat menghasilkan nilai yang memuaskan. Selain itu kesehatan tubuh pada anak juga harus diperhatikan oleh orang tua. Seperti memberikan minuman dan makanan yang bergizi serta sumplemen yang cukup dalam pembangunan tubuh.

Sekian penjelasan mengenai faktor penyebab kesulitan belajar siswa dan cara mengatasi kesulitan belajar pada siswa terlengkap. Pengertian kesulitan belajar adalah sebuah indikasi yang terlihat pada peserta didik dimana prestasi belajarnya menjadi di bawah norma atau lebih rendah dibandingkan ketetapan yang ada. Semoga artikel ini dapat bemanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Ilmu Sosiologi, Pengertian, Ciri-Ciri Serta Hakikatnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.