Hubungan Antara Antropologi Dengan Ilmu Lainnya Terlengkap

Diposting pada

Hubungan Antara Antropologi Dengan Ilmu Lainnya Terlengkap – Hubungan adalah sesuatu yang sifatnya timbal balik. Seperti halnya hubungan antropologi dengan ilmu lainnya. Apa itu Antropologi? Pengertian antropologi ialah cabang dari Ilmu Pengetahuan Sosial yang membahas tentang sebuah etnis tertentu dalam budaya masyarakat. Terbentuknya Antropologi berasal dari orang orang Eropa yang tertarik dengan adat istiadat, ciri ciri fisik dan budaya yang mereka lihat berbeda dengan negaranya. Pada dasarnya kata Antropologi dapat dibagi menjadi “Anthropos” yang artinya “Manusia” dan ” Logos” yang artinya “Ilmu”. Untuk itu adapula yang mengartikan Antropologi sebagai ilmu yang menjelaskan tentang manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk biologis.

Hubungan Antara Antropologi Dengan Ilmu Lainnya Terlengkap
Antropologi dan Ilmu Lain Saling Berhubungan

Pengertian Antropologi tidak hanya secara umum saja, melainkan dapat menurut pendapat beberapa ahli. Adapun definisi Antropologi menurut William A. Haviland ialah studi yang mempelajari tentang umat manusia menggunakan cara generalisasi yang disusun sehingga manusia serta perilakunya dapat memanfaatkannya serta untuk mendapatkan keanekaragaman manusia dengan pengertian yang lengkap. Adapula David Hunter yang mengartikan Antropologi sebagai keingintahuan yang tidak terbatas akan umat manusia sampai membentuk sebuah ilmu tertentu. Lantas apa hubungan Antropologi dengan ilmu lainnya? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang hubungan antara Antropologi dengan ilmu lainnya terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Hubungan Antara Antropologi Dengan Ilmu Lainnya Terlengkap

Pengertian Antropologi tidak hanya menurut para ahli di atas saja. Melainkan masih ada definisi Antropologi menurut Koentjaraningrat yaitu ilmu yang membahas tentang aneka warna, hasil kebudayaan, dan bentuk fisik masyarakat seperti halnya umat manusia pada umumnya. Hubungan Antropologi dengan ilmu lainnya memang cukup banyak. Hubungan antara Antrolopogi dengan banyak ilmu tersebut tentunya akan menghasilkan timbal balik. Hal ini dikarenakan Antropologi membutuhkan bantuan dari beberapa ilmu, begitu pula sebaliknya.

Baca juga : Pengertian Moralitas dan Legalitas

Lantas apa saja hubungan Anropologi dengan ilmu lainnya itu? Antropologi biasanya berhubungan dengan ilmu Geologi, Anatomi, Psikiatri, Arkeologi, Geografi, Hukum, Politik, Kesehatan masyarakat, Ekonomi, Sosiologi, Administrasi, Paleontologi, Sejarah, dan Linguistik. Adapun penjelasan masing masing hubungan antara Antropologi dengan ilmu lainnya yaitu sebagai berikut:

Hubungan Antropologi Dengan Ilmu Geologi
Dalam Antropologi terdapat peran sangat penting yang berasal dari ilmu Geologi. Hal ini dikarenakan ilmu Geologi berisi tentang perubahan dan ciri ciri bumi yang cukup mempengaruhi bagian dari Antropologi seperti Prehistori dan Paleoantropologi. Peran dari ilmu Geologi ialah sebagai ketentuan dari umur relatif yang terdapat dalam fosil manusia dan fosil makhluk primata pada zaman dahulu. Selain itu juga berisi ketentuan tentang bekas kebudayaan dan beberapa artefak dalam lapisan bumi yang kemudian di gali sehingga dapat ditemukan.

Hubungan Antropologi Dengan Ilmu Paleontologi
Dalam Antropologi terdapat peran dari ilmu Paleontologi yang digunakan untuk menciptakan sebuah rekontruksi dari hasil peneliti fosil makhluk di jaman dahulu sehingga tercipalah bentuk evolusi dari makhluk hidup sejak jaman dahulu sampai sekarang.

Hubungan Antropologi Dengan Ilmu Anatomi
Selanjutnya saya akan membahas tentang hubungan antara Antropologi dengan ilmu Anatomi. Ilmu Antropologi sendiri sangat membutuhkan ilmu Anatomi, karena berisi penelitian ciri ciri berbagai kerangka manusia disetiap bagian seperti bagian kerangka manusia, bagian tubuh manusia, dan bagian tengkorak. Bagian bagian tersebut dijadikan sebagai objek terpenting dalam penelitian  seorang ahli Antropologi fisik. Dengan penelitian ini, mereka dapat memperoleh informasi mengenai penyebaran, hubungan antar ras, dan asal mula manusia di dunia.

Baca juga : Pengertian Akulturasi, Proses, Tujuan, Faktor, Dampak dan Contoh Akulturasi

Hubungan Antropologi Dengan Ilmu Kesehatan
Selanjutnya saya akan membahas tentang hubungan antara Antropologi dengan ilmu kesehatan. Antropologi dan ilmu kesehatan memiliki hubungan yang erat karena dalam ilmu Antropologi terdapat informasi mengenai aneka kebudayaan dan data kesehatan dari masyarakat di berbagai daerah. Selain itu juga berisi cara dan metode penyesuaian diri dengan adat istiadat dan kebudayaan setempat. Dengan begitu mereka akan lebih mudah menyesuaikan diri ketika bekerja atau ingin bekerja di luar daerahnya sendiri.

Hubungan Antropologi Dengan Ilmu Linguistik
Ilmu Linguistik merupakan salah satu ilmu yang dibutuhkan oleh ilmu Antropologi dalam melaksanakan sebuah penelitian sehingga dapat membantu memahami dan mengenali bahasa dari objek penelitian seperti sebuah suku bangsa tertentu.

Hubungan Antropologi Dengan Ilmu Arkeologi
Pada dasarnya ilmu Antropologi dapat di bagi menjadi dua macam yakni antro budaya dan antro biologi. Antro budaya memiliki pembahasan mengenai sub bahasan berupa Prehistori yang biasanya digunakan dalam ilmu Antropologi dalam memperoleh informasi mengenai sejarah perkembangan suku bangsa dan kebudayaan manusia dari zaman sebelum ditemukan tulisan sampai dengan zaman sekarang. Untuk itu sub bahasan ini dapat digunakan sebagai sarana ilmu.

Hubungan Antropologi Dengan Ilmu Sejarah
Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang hubungan antara Antropologi dengan ilmu Sejarah. Hubungan antara sejarah dengan antropologi memang cukup erat. Hal ini dikarenakan ilmu sejarah memberikan sumbangan mengenai data dan fakta sebuah daerah di masa lampau. Maka dari itu dapat dijadikan sebagai objek penelitian atau kajian dalam Antropologi, karena kita memperoleh informasi tentang perkembangan dan sejarah sebuah suku bangsa tertentu.

Baca juga : Pakaian Adat Gorontalo Beserta Keterangan dan Gambar

Hubungan Antropologi Dengan Ilmu Geografi
Selanjutnya saya akan membahas tentang hubungan antara antrolopogi dengan ilmu Geografi. Geografi adalah ilmu yang mengkaji tentang bumi dan isinya. Bumi tersebut berisi permukaan bumi yang terdiri dari bentang alam, fauna dan flora. Kajian Geografi yang akan dijadikan objek ini dapat disebut sebagai manusia. Dengan begitu peran Antropologi sangat diperlukan oleh ilmu Geografi. Seperti yang telah kita ketahui bahwa Antropologi merupakan ilmu yang menjelaskan tentang warna manusia, baik ras, suku bangsa, ataupun etnisnya. Selain itu Antropologi juga membutuhkan peran ilmu Geografi didalamnya. Hal ini dikarenakan bentang alam terdapat dalam pembahasan ilmu Geografi. Kebudayaan manusa sendiri cukup dipengaruhi oleh kondisi fisik yang terdapat di tempat hidupnya masing masing.

Hubungan Antropologi Dengan Ilmu Ekonomi
Kondisi masyarakat sangat berpengaruh terhadap proses, hukum dan kekuatan dalam aktivitas ekonomi di kalangan masyarakat. Untuk itu sebuah negara dapat membangun perekonomiannya dengan menggunakan bahan komparatif tentang beragam unsur kemasyarakatan di negara itu sendiri. Selain itu peran ilmu Antropologi sangat dibutuhkan untuk mengumpulkan keterangan atau data data yang diperlukan dan sebaliknya. Jika bidang ekonomi mengalami perubahan, maka kebudayaan akan ikut berubah juga.

Hubungan Antropologi Dengan Ilmu Hukum
Selanjutnya saya akan membahas tentang hubungan antara Antropologi dengan ilmu hukum. Pada dasarnya banyak ahli hukum yang menggunakan Antropologi dalam hukum adat. Ilmu ini berguna untuk meneliti beberapa tempat yang memberlakukan hukum adat. Penggunaan antropologi memang sangat penting karena hukum adat tersebut hidup dan tercipta dalam masyarakat secara langsung serta bukanlah hukum tertulis. Ilmu hukum ini sangat diperlukan oleh Antropologi karena hukum pasti dimiliki oleh setiap masyarakat sebagai pengendali sosial. Dalam masyarakat itu sendiri terdapat pemberlakuan hukum yang berpengaruh terhadap kejadian kebudayaan dalam masyarakat tersebut. Maka dari itu pengetahuan umum mengenai prinsip hukum pada umumnya harus dimiliki oleh seorang Antropolog.

Hubungan Antropologi Dengan Ilmu Administrasi
Selanjutnya saya akan membahas tentang hubungan antara Antropologi dengan ilmu administrasi. Hak hak yang dipelajari dalam ilmu administrasi pada umumnya sama seperti ilmu Ekonomi. Contohnya dalam ilmu Administrasi terdapat pembahasan tentang Agrarian. Dengan ilmu Antropologi ini, kita dapat meneliti dan mengkaji masalah tersebut menggunakan metode metode di dalamnya.

Hubungan Antropologi Dengan Ilmu Politik
Sebuah kekuatan dan sistem politik dalam sebuah negara dapat dianalisa dan diteliti dengan memperhatikan kekuatan politik, latar belakang masalah dalam budaya, kekuatan politik dan sistem pemerintahannya. Kekuatan politik sendiri memiliki latar belakang yang terdiri dari sistem norma, tradisi, ideologi dan adat istiadat di semua kalangan dalam penyusunan kekuatan politik itu sendiri. Susunan latar belakang kekuatan politik ini dapat dipahami dengan cara menggunakan metode analisa Antropologi.

Sekian penjelasan mengenai hubungan antara Antropologi dengan ilmu lainnya terlengkap. Adapun hubungan Antropologi dengan ilmu lainnya seperti dengan ilmu Geologi, Anatomi, Psikiatri, Arkeologi, Geografi, Hukum, Politik, Kesehatan masyarakat, Ekonomi, Sosiologi, Administrasi, Paleontologi, Sejarah, dan Linguistik. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  12 Daftar Gunung Tertinggi di Indonesia Beserta Ketinggiannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.