Keterkaitan Sarana Transportasi Dengan Aglomerasi Industri Lengkap

Diposting pada

Keterkaitan Sarana Transportasi Dengan Aglomerasi Industri Lengkap – Lokasi Industri ialah sebuah wilayah atau tempat yang mengandung semua unsur di permukaan bumi yang berguna untuk memberikan kontribusi perkembangan dan kelancaran industri, baik secara sosial maupun fisik sehingga dalam segi ekonomi lebih optimal. Adapun unsur unsurnya seperti modal, sumber energi, pasar, iklim, peraturan, bahan baku atau bahan mentah, tenaga kerja, perundang undangan, transportasi, teknologi, dan sumber air. Lantas apa hubungan sarana transportasi dengan aglomerasi industri itu? Aglomerasi industri sendiri pada dasarnya dapat di pengaruhi oleh beberapa faktor. Hal ini dikarenakan tidak semua unsur pendukung dalam kegiatan industri dapat diperoleh dengan mudah dan tersedia di suatu tempat.

Hubungan Sarana Transportasi dengan Aglomerasi Industri
Hubungan Sarana Transportasi dengan Aglomerasi Industri

Apabila faktor faktor yang mendukung sebuah industri tergolong lengkap, maka akan memberikan keuntungan tersendiri dalam kegiatan industrinya. Namun pada kenyataannya jarang menemukan lokasi industri yang memenuhi segala peryaratan atau ideal. Maka dari itu diantara tempat tempat yang paling menguntungkan akan dipilih satu tempat sebagai lokasi industri. Dari sinilah akan muncul istilah Aglomerasi Industri yakni pemilihan lokasi yang disebabkan oleh keterbatasan tempat ideal yang cenderung menyebabkan sebuah industri menjadi terkonsentrasi atau pemusatan di sebuah wilayah tertentu. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang keterkaitan sarana transportasi dengan aglomerasi Industri lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Keterkaitan Sarana Transportasi Dengan Aglomerasi Industri Lengkap

Sebelum menjelaskan tentang hubungan sarana transportasi dengan aglomerasi Industri. Saya akan menjelaskan sedikit mengenai aglomerasi industri itu sendiri. Contoh aglomerasi dalam pembangunannya berdekatan dengan tempat pusat pemukiman penduduk yang sering kita jumpai ialah industri kerajinan, industri garmen, dan industri konveksi. Selain itu adapula industri berat yang membutuhkan bahan mentah dengan tempat lokasi pabrik ditentukan berdasarkan dekat tidaknya dengan sumber bahan mentah tersebut sepeti besi baja dan batu bara.

Baca juga : Cara Menghitung Kepadatan Penduduk (Aritmatik, Fisiologis, dan Agraris)

Sekarang ini semakin banyak industri dewasa yang semakin berkembang pesat dengan dukungan ruang industri agar di suatu wilayah tersebut tidak terganggu ekosistemnya. Maka dari itu terciptalah sebuah aglomerasi industri. Tetapi masih ada keterkaitan sarana transportasi dengan aglomerasi industri tersebut. Pengertian aglomerasi industri ialah beberapa industri yang berkaitan saling berkumpul dan mendukung adanya penghematan dalam eksternal atau ecternal economics. Aglomerasi ini memiliki beberapa faktor penyebab di dalamnya. Adapun faktor penyebab aglomerasi industri yaitu meliputi:

  • Perusahaan yang dalam kondisi diferensiasi harus dapat memiliki lokasi dekat dengan beberapa perusahaan terkait dengan sedapat mungkin.
  • Para pekerja daerah harus memiliki keahlian khsusus tertentu yang mengakibatkan di daerah tersebut terdapat pendirian usaha oleh perusahaan lain.
  • Dikarenakan lokasi perusahaan ditempatkan dalam daerah tertentu maka akan menciptakan pasar setempat atas hasil barang produksi perusahaan tersebut. Maka dari itu resiko harga perusahaan dapat dialihkan oleh para pedagang.

Keterkaitan sarana transportasi dengan aglomerasi industri ini memiliki beberapa hal yang berpengaruh di dalamnya. Adapun hal hal yang berpengaruh dalam aglomerasi industri yaitu meliputi:

  • Industri ekstraktif yang pelaksanaannya harus berada ditempat penemuan bahan galiannya.
  • Industri dengan tenaga alam yang penempatannya harus dekat dengan sumber tenaganya.
  • Industri yang tempatnya disesuikan dengan iklim dan kondisi tanahnya.
  • Industri pengolahan bahan dasar agraris yang sulit diangkut dan cepat rusak karena berkaitan dengan lokasinya.

Pemerintah menghendaki penempatan industri di lokasi lokasi tertentu untuk kategori usaha yang menggangu kesehatan masyarakat setempat. Keterkaitan sarana transportasi dengan aglomerasi industri dapat dilakukan melalui udara, darat dan air. Dalam hal ini hubungan sarana transportasi dengan aglomerasi industri berkaitan dalam hal hal seperti di bawah ini:

  1. Pendistribusian hasil produksi ke pasar.
  2. Upaya untuk mendatangkan bahan mentah.

Baca juga : Pengertian Sistem Informasi Geografis Beserta Komponennya

Aglomerasi industri sebelum berkembangnya transportasi darat telah dilakukan melalui bandar bandar laut menurut fakta sejarah Indonesia. Industri disekitar jalan terjadi pemusatan di zaman penjajahan setelah pembangunan jalan anyer penarukan. Dalam hal ini aglomerasi industri semakin tinggi karena terdapat pengaruh peran serta dari pemerintah. Hal ini dibuktikan dengan adanya lokasi kegiatan industri yang diarahkan menggunakan pedoman tertentu sesuai dengan keputusan mentri perindustrian. Hasilnya hubungan sarana transportasi dengan aglomerasi industri tidak dapat dielakkan. Bahkan lokasi semua kegiatan industri harus berada di lahan khusus industri berdasarkan SK memperin Nomor 15/SK/1993 sesuai dengan ketetapan pemerintah setempat tentang kebijakan tata ruangnya.

Keterkaitan sarana transportasi dengan aglomerasi industri berpengaruh terhadap letak lokasi kegiatan industrinya. Lokasi setiap jenis industri cenderung dekat dengan sumber bahan mentahnya sehingga secara teknik proses produksinya terpadu, keperluannya lebih efisian dan proses produksinya dapat berkembang secara aglomerasi (berkelompok) serta di dalam kawasan tersebut berkenan untuk dijadikan sebagai lokasi industri. Selain itu dikawasan industri juga terdapat beberapa jenis industri yang tidak dapat menempatinya seperti industri pupuk, petrokimia hulu, kayu lapis, tapioka, pengkalengan nanas, semen, pilp, galangan kapal, baja terpadu, serat sabut kelapa dan kayu gergajian. Dari sinilah kita tahu bahwa hubungan sarana transportasi dengan aglomerasi industri saling mendukung satu sama lain.

Sekian penjelasan mengenai keterkaitan sarana transportasi dengan aglomerasi industri. Pada dasarnya aglomerasi industri bertujuan untuk memperhatikan lingkungan sekitar dalam area pengolahan dan tatatan industri besar sehingga aktifitas manusianya tidak terganggu karena pelaksanaan sekelompok proses industri. Selain itu juga bertujuan untuk memberikan kemudahan di dalam bidang transportasi setiap industri, baik dalam hal pendistribusian maupun pendatangan barang mentah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *