Pengertian Animisme dan Dinamisme Beserta Contohnya

Diposting pada

Pengertian Animisme dan Dinamisme Beserta Contohnya – Di Indonesia terdapat beberapa macam manusia pra sejarah. Pada zaman tersebut manusia purba telah mengalami perkembangan hingga memiliki sebuah kepercayaan tertentu. Kepercayaan ini dapat berupa animisme dan dinamisme. Apa pengertian animisme itu? Apa contoh animisme itu? Apa pengertian dinamisme? Apa saja contoh dinamisme? Kedua kepercayaan manusia purba ini memiliki perbedaan, mulai dari segi pengertian, contoh, maupun hal yang dipujanya. Hal inilah yang menjadi dasar dalam paham kepercayaan manusia purba dikala itu.

Pengertian Animisme dan Dinamisme Beserta Contohnya
Kepercayaan Animisme dan Dinamisme

Perbedaan animisme dan dinamisme sangat terlihat jelas dari sesuatu yang dipercayainya. Animisme lebih merujuk pada kepercayaan terhadap sesuatu yang berkaitan dengan roh. Sedangkan dinamisme lebih merujuk pada kepercayaan terhadap benda yang dianggap sakti atau memiliki kekuatan. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian animisme dan pengertian dinamisme beserta contoh animisme maupun contoh dinamisme. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Animisme dan Dinamisme Beserta Contohnya

Animisme dan Dinamisme tidak dapat dikategorikan menjadi sebuah agama. Hal ini dikarenakan dinamisme dan animisme termasuk dalam kepercayaan yang tidak hanya kepada Tuhan. Dengan kata lain kepercayaan yang dianut oleh orang tersebut dianggap mempunyai kekuatannya sendiri. Di Negara Indonesia terdapat 6 macam agama yang berbeda beda. Di dalam agama tersebut terkadang ada beberapa yang mengandung kepercayaan contoh animisme dan contoh dinamisme tersendiri. Misalnya seseorang memiliki sebuah agama, namun orang tersebut ingin memperoleh kekuatan dengan cara mempercayai bahwa suatu pohon dapat memberikan kekuatan dan kekayaan tersebut. Dengan begitu ia menyetujui dan melakukan ketentuan serta syarat tertentu agar pohon tersebut dapat memberikan kekuatan dan kekayaan. Dari sinilah kita dapat lebih tahu mengenai pengertian animisme dan pengertian dinamisme.

Baca juga : Sejarah Singkat Hari Kebangkitan Nasional dan Faktanya

Pada dasarnya animisme dan dinamisme tidak dapat dikategorikan menjadi sebuah agama. Hal ini dikarenakan tidak mempunyai sistem, ketentuan dan syarat tertentu didalamnya sehingga hanya beberapa orang saja yang menjadi penganutnya. Selain itu sistem yang terdapat didalamnya juga tidak terstruktur, misalnya nabi (dalam islam), kitab dan sebagainya. Maka dari itu sebagian besar masyarakat tidak menganut kepercayaan dinamisme maupun animisme. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai pengertian animisme, contoh animisme, pengertian dinamisme dan contoh dinamisme yaitu sebagai berikut:

Animisme

Definisi animisme secara sederhana ialah pemujaan kepada jiwa atau roh. Maka dari itu pengertian animisme ialah paham kepercayaan yang memiliki keyakinan terhadap roh atau jiwa dalam benda benda tertentu sehingga tidak hanya berupa makhluk hidup. Asal mula kata animisme tersebut dari kata “Anima” yang maknanya jiwa atau roh. Dalam kepercayaan ini terdapat keyakinan bahwa kekuatan spiritual masih terdapat dalam arwah leluhur yang sudah meninggal. Kekuatan tersebut nantinya akan berpengaruh terhadap kehidupan keturunannya.

Berdasarkan pengertian animisme di atas kita dapat menyimpulkan bahwa paham kepercayaan ini mempunyai keyakinan terhadap roh atau jiwa manusia yang telah meninggal. Kemudian roh tersebut nantinya dapat berpindah ke suatu benda material atau makhluk hidup. Maka dari itu agar tidak mengganggu kehidupan keturunannya harus melakukan pemujaan kepada benda atau arwah leluhur yang mempunyai kekuatan gaib tersebut. Bahkan orang orang yang memiliki kepercayaan animisme yakin bahwa struktur sosial yang dimiliki oleh masyarakat manusia juga dimiliki oleh arwah leluhur. Dari sinilah kedudukan para arwah leluhur dapat ditentukan, mulai yang paling tinggi hingga paling rendah kedudukannya.

Kedudukan arwah leluhur yang paling tinggi struktur sosialnya dapat memberi keputusan pada kehidupan manusia. Dengan begitu orang orang yang menganutnya dapat melakukan pemujaan yang lebih serius daripada yang lainnya. Arwah yang kedudukan struktur sosialnya tertinggi ini dapat disebut dewa. Adapun contoh animisme yaitu seperti upacara kematian, ritual pemakanan untuk mengatur dan mempersiapkan arwah orang yang telah meninggal agar menuju alam nenek moyang serta upacara pemanggilan roh dewa pertanian sebagai wujud syukuran terhadap panen yang melimpah.

Baca juga : 18+ Peninggalan Zaman Praaksara di Indonesia Beserta Gambar

Dinamisme

Definisi dinamisme secara sederhana ialah pemujaan kepada suatu benda. Maka dari itu pengertian dinamisme ialah paham kepercayaan terhadap benda benda tertentu yang diyakini dapat memiliki kekuatan mistis atau gaib. Berdasarkan bahasa Yunani, kata dinamisme berasal dari kata “Dunamos” yang berarti kekuasaan, daya, atau kekuatan.

Berdasarkan pengertian dinamisme tersebut dapat kita peroleh kesimpulan bahwa paham kepercayaan ini melakukan pemujaan terhadap benda tertentu yang dianggap memiliki kekuatan gaib. Adapun contoh dinamisme yaitu melakukan pemujaan terhadap pohon, batu besar, api, jimat ataupun senjata. Selain itu contoh paham dinamisme juga dapat dilihat dari kepercayaan menyembah matahari bagi masyarakat Jepang. Mereka percaya bahwa sinar matahari yang memancar keseluruh dunia memiliki kekuatan sehingga layak untuk di sembah.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian animisme, contoh animisme, pengertian dinamisme dan contoh dinamisme. Animisme adalah kepercayaan untuk memuja arwah atau roh leluhur, sedangkan dinamisme adalah kepercayaan untuk memuja benda benda tertentu yang memiliki kekuatan magis. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi kepercayaan animisme dan dinamisme di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *