Perbandingan Sistem Pemerintahan Indonesia Dengan Negara Lain Terlengkap

Diposting pada

Perbandingan Sistem Pemerintahan Indonesia Dengan Negara Lain Terlengkap – Apa itu sistem pemerintahan? Sistem pemerintahan adalah susunan dan hubungan yang terjadi antar lembaga negara yang saling terikat. Lembaga lembaga tersebut juga menjalin hubungan satu kesatuan untuk menyelenggarakan negara menjadi lebih maju. Masing masing negara tentunya memiliki sistem pemerintahannya sendiri. Sistem pemerintahan tersebut bertujuan untuk mengatur kondisi jalannya pemerintahan suatu negara agar tetap stabil.

Dari beberapa segi kita dapat melihat perbedaan sistem pemerintahan di Indonesia dengan negara lain seperti bentuk pemerintahan, eksekutif, bentuk negara, legislatif, sistem pemerintahan, dan yudikatif. Untuk itulah dalam sistem pemerintahan Indonesia dapat dibandingan dengan sistem pemerintahan di negara lain. Lantas bagaimana perbandingan sistem pemerintahan di Indonesia dan di negara lain? Pelaksanaan sistem pemerintahan Indonesia berbeda dengan pelaksanaan sistem pemerintahan di negara lain sekarang ini. Misalnya saja Presiden dipilih secara langsung oleh rakyat, sedangkan di negara lain terdapat seorang raja yang ditentukan berdasarkan keturunan.

Perbandingan Sistem Pemerintahan di Indonesia dan di Negara Lain
Perbandingan Sistem Pemerintahan di Indonesia dan di Negara Lain

Seperti yang telah kita ketahui sekarang ini bahwa Indonesia mengalami perkembangan. Sistem pemerintahan di Indonesia yang bekembang tersebut tidak dapat dilepaskan dari perbandingan hasil sistem pemerintahan di negara lain. Contohnya di Amerika Serikat. Lantas bagaimana bentuk perbandingan sistem pemerintahan di Indonesia dan di negara lain itu? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang perbandingan sistem pemerintahan Indonesia dengan negara lain terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Perbandingan Sistem Pemerintahan Indonesia Dengan Negara Lain Terlengkap

Apakah sistem pemerintahan sama dengan bentuk pemerintahan? Jawabannya berbeda karena sistem pemerintahan ini tidak sama dengan bentuk negara maupun bentuk pemerintahan. Bentuk pemerintahan sendiri terdiri dari kerajaan dan republik. Sedangkan bentuk negara terdiri dari konfederasi, kesatuan, dan federal. Kemudian untuk sistem pemerintahan tersebut memiliki korelasi yang kuat dengan bentuk pemerintahannya.

Bentuk pemerintahan setiap negara memang berbeda. Hal ini dikarenakan ada perbedaan aturan yang berlaku, budaya, dan norma dalam setiap daerah sehingga ideologi yang muncul juga berbeda. Maka dari itulah kita dapat mengetahui perbandingan sistem pemerintahan Indonesia dengan negara lain.

Masing masing negara di dunia pada dasarnya menganut sistem pemerintahan yang berbeda beda, baik secara presidensial ataupun parlementer. Dari perbedaan sistem pemerintahan Indonesia dengan negara lain ini mengakibatkan beberapa perbandingan yang dilakukan. Perbandingan ini digunakan untuk mengembangkan sistem pemerintahan di negara sendiri agar lebih maju. Misalnya saja perbandingan sistem pemerintahan Indonesia dengan Amerika Serikat. Selain itu masih ada beberapa perbandingan sistem pemerintahan di Indonesia dan di negara lainnya. Berikut penjelasan selengkapnya:

Baca juga : Hubungan Antara Hukum Internasional dan Hukum Nasional Terlengkap

Sistem Pemerintahan Indonesia Setelah Amandemen

Perbandingan sistem pemerintahan Indonesia dengan negara lain yang pertama akan saya bahas terjadi setelah melakukan amandemen. Setelah amandemen di Indonesia terdapat beberapa ketetapan atau aturan dalam sistem pemerintahannya seperti:

  • Menganut sistem pemerintahan presidensial dengan bentuk pemerintahan Republik.
  • Presiden menjabat sebagai kepala negara sekaligus kepala pemerintahan.
  • Presiden memegang kekuasaan eksekutif.
  • Pemilihan presiden dan wakil presiden pada tahun 2004 pertama kali dilakukan secara langsung melalui pemilihan umum oleh rakyat.
  • Presiden dapat mengangkat dan memberhentikan menteri atau kabinet.
  • Parlemen tersusun oleh DPD dan DPR.
  • DPR memegang kekuasaan legislatif.
  • Mahkamah Agung menjalankan kekuasaan yudikatif dan badan peradilan yang terdapat dibawahnya seperti Mahkamah Konstitusi, pengadilan tinggi, Komisi Yudisial, atau pengadilan negeri.

Sistem Pemerintahan di Amerika Serikat

Selanjutnya saya akan membahas tentang perbandingan sistem pemerintahan Indonesia dengan negara lain yakni negara Amerika Serikat. Berikut beberapa ketentuan dalam sistem pemerintahan Amerika Serikat yaitu meliputi:

  • Presiden memegang kekuasaan eksekutif yang dibantu oleh para menteri.
  • Presiden memiliki masa jabatan selama 4 tahun.
  • Presiden tidak memiliki hubungan dengan badan legislatif sehingga penerapannya secara terpisah.
  • Pemerintah menyiapkan Undang Undang secara mayoritas.
  • Dalam rancangan Undang Undang terdapat hak veto milik Presiden yang telah diterima oleh kongres dengan baik.
  • Presiden dapat memilih sendiri menterinya dalam rangka checks dan balances, namun untuk jabatan duta besar dan hakim agung harus mendapatkan persetujuan dari senat terlebih dahulu.

Sistem Pemerintahan di Inggris

Selanjutnya saya akan membahas tentang perbandingan sistem pemerintahan Indonesia dengan negara lain yakni negara Inggris. Berikut beberapa ketentuan dalam sistem pemerintahan Inggris yaitu meliputi:

  • Raja atau Ratu memegang kekuasaan sebagai kepala negara yang sifatnya simbolis serta tidak bisa diganggu gugat.
  • Jabatan kabinet harus segera diletakkan apabila tidap mendapatkan kepercayaan lagi dari badan legislatifnya.

Baca juga : Hasil Amandemen UUD 1945 Beserta Tahapannya

  • Pemilihan umum dapat diadakan sewaktu waktu oleh perdana menteri sebelum berakhirnya masa jabatan parlemen selama lima tahun tersebut.
  • Pemilu dapat dimenangkan karena hanya memiliki dua partai besar di Inggris sehingga dukungan mayoritas dapat diperoleh. Sedangkan partai yang kalah dijadikan sebagai oposisi.
  • Dalam penyelenggaraan negara terdapat peraturan perundangan yang sifatnya lebih banyak konvensi.

Sistem Pemerintahan di India

Selanjutnya saya akan membahas tentang perbandingan sistem pemerintahan Indonesia dengan negara lain yakni negara India. Berikut beberapa ketentuan dalam sistem pemerintahan India yaitu meliputi:

  • Badan Eksekutif tersusun oleh Presiden dan Perdana Menteri yang memimpin para menteri. 
  • Masa jabatan Presiden selama 5 tahun.
  • Model penyelenggaraan pemerintahan India hampir sama dengan negara Inggris yakni Cabinet Govermental.
  • Agar usaha pembangunan negara tidak terganggu maka pemerintahan dapat menunjukkan kegiatan media masa, pembatasan kegiatan untuk pelaku pelaku politik dan menyatakan keadaan darurat.

Sistem Pemeritahan di Perancis

Selanjutnya saya akan membahas tentang perbandingan sistem pemerintahan Indonesia dengan negara lain yakni negara Perancis. Berikut beberapa ketentuan dalam sistem pemerintahan Perancis yaitu meliputi:

  • Presiden memiliki kedudukan eksekutif yang kuat karena rakyat memilihnya secara langsung.
  • Presiden menjabat sebagai kepala negara dengan masa jabatan sekitar 7 tahun.
  • Presiden memperoleh wewenang dalam menyelesaikan krisis dengan tindakanya saat dalam keadaan darurat.
  • Badan legislatif dapat dibubarkan oleh Presiden jika terjadi pertentangan antara legislatif dengan kabinet.
  • Apabila Undang Undang tidak memperoleh persetujan dari Presiden dan disetujui oleh legislatif, maka dapat meminta pertimbangan Majelis Konstitusional atau secara langsung mengajukan referendum kepada rakyat.
  • Interpelasi dan mosi dipersukar penerimaannya seperti pengajuan mosi dalam sidang legislatif belum boleh dilakukan sebelum 10% jumlah anggota badan tersebut mendukungnya.

Sebenarnya Perancis tidak mengembangkan sistem pemerintahan parlementer murni. Namun ciri parlementerisme dapat ditunjukan melalui pemisahan jabatan kepala pemerintahan dengan kepala negara.

Sistem Pemerintahan di Pakistan

Selanjutnya saya akan membahas tentang perbandingan sistem pemerintahan Indonesia dengan negara lain yakni negara Pakistan. Berikut beberapa ketentuan dalam sistem pemerintahan Pakistan yaitu meliputi:

  • Badan legislatif tersusun oleh Presiden dan para menteri yang menganut agama Islam.
  • Perdana menteri tidak dapat merangkap sebagai anggota legislatif karena hanya sebagai pembantu saja.
  • Wewenang presiden dalam rancangan Undang Undang melalui hak vetonya kepada badan legislatif sehingga dapat diterima. Namun apabila mayoritas 2/3 suara menerima rancangan Undang Undang maka dapat dilakukan pembatalan veto.
  • Badan legislatif dapat dibubarkan oleh presiden, namun dalam waktu 4 bulan presiden harus mengundurkan diri juga. Maka dari itu akan diadakan pemilihan umum yang baru.

Baca juga : Tata Urutan Peraturan Perundang Undangan di Indonesia (Tertinggi sampai Terendahnya)

  • Presiden dapat mengajukan pengeluaran ordinances dalam kondisi darurat dengan waktu 6 bulan paling lama kepada lembaga legislatif.
  • Jika presiden melanggar Undang Undang, maka dapat dipecat oleh lembaga legislatif.

Berlangsungnya sistem pemerintahan Pakistan sesuai dengan UUD tahun 1962 sampai 1969. Negara Pakistan kembali menggunakan sistem perlementer kabinet sekarang ini.

Sekian penjelasan mengenai perbandingan sistem pemerintahan Indonesia dengan negara lain terlengkap. Perbedaan sistem pemerintahan di Indonesia dan di negara lain dapat dilihat dari beberapa segi seperti bentuk pemerintahan, eksekutif, bentuk negara, legislatif, sistem pemerintahan, yudikatif dan lain lain. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  12 Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.