Rumus Empiris dan Rumus Molekul Beserta Contoh Soal

Diposting pada

Rumus Empiris dan Rumus Molekul Beserta Contoh Soal – Dalam ilmu Kimia terdapat materi pembelajaran mengenai rumus dalam empiris dan molekul. Materi Empiris dan Molekul sendiri sering dijadikan sebagai salah satu soal Ujian Nasional maupun Ujian Sekolah tingkat Sekolah Menengah Atas. Pada dasarnya rumus kimia dapat dibagi menjadi dua macam yakni rumus untuk empiris dan molekul. Rumus dalam empiris ialah rumus kimia yang menjelaskan tentang perbandingan mol terkecil yang terdapat di beberapa atom senyawa yang menyusunnya.

Kedua rumus kimia ini memiliki perbedaan yang terletak pada banyak atomnya. Namun memiliki persamaan dalam hal atom penyusun senyawanya. Apakah anda tahu bagaimana rumus empiris itu? Bagaimana rumus molekul itu? Empiris dan Molekul adalah dua materi Kimia yang telah kita pelajari ketika di bangku sekolah. Materi ini memiliki pengertian dan rumus yang berbeda beda.

Rumus Empiris dan Rumus Molekul Beserta Contoh Soal
Rumus empiris dan molekul

Pengertian rumus dalam empiris secara sederhana ialah rumus sederhana dalam sebuah molekul yang menjelaskan tentang perbandingan antar atom yang menyusun molekulnya. Rumus tersebut berguna untuk menunjukkan perbandingan jumlah dan jenis sebuah senyawa yang paling sederhana. Empiris memiliki sebuah rumus yang diperoleh melalui percobaan.

Misalnya molekul benzena memiliki rumus yakni C6H6 dan memiliki rumus dalam empiris yang berupa CH. Kemudian adapula molekul hidrogen peroksida dengan rumus H2O2 dan empiris dengan rumus HO. Bagaimana cara menentukan kedua rumus kimia ini? Kali ini saya akan menjelaskan tentang rumus empiris dan rumus molekul beserta contoh soal. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Rumus Empiris dan Rumus Molekul Beserta Contoh Soal

Empiris memiliki rumus yang berguna untuk menyatakan rumus dalam molekul jika informasi massa molekul relatif sebuah senyawa tidak diperoleh. Contohnya sebuah molekul dapat dinyatakan memiliki rumus NO2 apabila massa molekul relatifnya tidak diketahui. Namun jika diketahui massa molekul relatifnya contohnya 92, maka NO2 adalah rumus dalam empiris karena senyawanya memiliki rumus dalam molekul N2O4. Rumus dalam empiris dan molekul secara singkat dapat ditentukan melalui cara dibawah yaitu:

Persen Massa → Mol masing masing unsur →Perbandingan mol antar unsur → Rumus Empiris → Rumus Molekul (data Mr).

Pengertian rumus dalam molekul ialah rumus senyawa yang sebenarnya. Cara menentukan rumus dalam molekul harus didukung dengan adanya informasi massa molekul relatifnya. Dengan kata lain massa molekul relatif harus diketahui terlebih dahulu sebelum menentukan rumus dalam molekulnya. Jika dijabarkan langkah langkah rumus empiris dan rumus molekul dapat menjadi seperti di bawah ini:

Baca juga : Pengertian Laju Reaksi, Faktor, Rumus, Orde dan Contoh Soal Laju Reaksi

Setiap unsur penyusun senyawa harus dicari perbandingan massanya
Kemudian mencari perbandingan mol melalui pembacaan massa atom relatif (Ar) dan massa unsurnya. Setelah itu perbandingan mol yang paling sederhana dicari dengan cara menghitung faktor pengali n melalui rumus dalam molekul sehingga empirisnya dapat diketahui rumusnya. Hasil kelipatan dari rumus dalam empiris adalah rumus dalam molekul. Maka dari itu rumus dalam empiris dan molekul dapat dinyatakan dalam bentuk di bawah ini:

(Rumus Empiris)n = Rumus Molekul
Nilai n berhubungan dengan kedua rumus kimia tersebut yang berupa massa molekul relatifnya.

Tabel Rumus Empiris dan Rumus Molekul

Banyak yang sependapat bahwa sangat sulit untuk menghafalkan rumus empiris maupun rumus molekul. Hal ini telah dialami oleh berbagai siswa di sekolah. Maka dari itu guru harus menemukan alternatif agar siswa mampu menghafal kedua rumus tersebut.

Dalam bagian ini saya akan mencoba membantu dengan membuat tabel rumus empiris dan rumus molekul. Untuk menentukan rumus dalam empiris dan molekul dapat memperhatikan tabel rumus di bawah ini. Berikut tabel rumus dalam empiris dan molekul yaitu meliputi:

Rumus MolekulRumus Empiris
C2H6CH3
CE6H12O6CH20
C6H6CH
H23SO4H2SO4
NH3NH3
Tabel rumus molekul dan rumus empiris

Tabel diatas dibuat agar siswa maupun guru dapat dengan mudah menghafal rumus empiris atau molekul. Selain itu tabel diatas dapat membantu kita semua dalam menentukan jawaban dari soal empiris. Apakah anda pernah mengerjakan soal rumus empiris ataupun soal rumus molekul? Jika pernah maka anda akan sangat familiar dengan contoh soal di bawah ini.

Contoh Soal Empiris dan Rumus Molekul

Agar anda lebih memahami kedua rumus kimia tersebut, maka saya akan membagikan contoh soal terkait rumus tersebut. Berikut contoh soal dan pembahasannya:

Sebuah senyawa Organik disusun oleh Karbon 48%, Hidrogen 4%, dan Oksigen sisanya. Apabila besar Mr 200, maka hitunglah rumus empiris dan rumus molekul dalam senyawa organik tersebut ? (Ar C = 12, H = 1, O = 16)

Pembahasan
Diketahui : C = 48%; H = 4%; O = 100 – (48 + 4) = 48%; Mr = 200
Ditanyakan : Rumus dalam Empiris dan Molekul = ?
Jawab :Jumlah mol C(nC) = Kadar unsur C/Massa molar C = 48%/12 = 4 mol
Jumlah mol H (nH) = Kadar unsur H/Massa molar H = 4%/1 = 4 mol
Jumlah mol O (nO) = Kadar unsur OMassa molar O = 48%/16 = 3 mol
Rasio mol unsur C : H : O = nC : nH : nO = 4 : 4 : 3

Maka, Rumus Empirisnya adalah C4H4O3

Baca juga : 45 Contoh Perubahan Kimia Beserta Penjelasan Lengkap

(C4H4O3)n = 200
(4 x Ar C + 4 x Ar H + 3 x Ar O)n = 200
(4 x 12 +  4 x 1 + 3 x 16)n = 200
100n = 200
n = 2

Maka Rumus Molekulnya adalah C8H8O6
Jadi, rumus empiris dan rumus molekul dalam senyawa organik tersebut ialah C4H4O3 dan C8H8O6.

Demikianlah penjelasan mengenai rumus empiris dan rumus molekul beserta contoh soalnya. Pengertian rumus dalam empiris ialah rumus kimia yang menjelaskan tentang perbandingan mol terkecil yang terdapat di beberapa atom senyawa yang menyusunnya. Sedangkan rumus dalam molekul ialah rumus senyawa yang sebenarnya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Contoh Soal Rumus Empiris dan Rumus Molekul Beserta Pembahasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.