Cara Membuat Peta Wilayah Dengan Menggunakan Kompas Terlengkap

Diposting pada

Cara Membuat Peta Wilayah Dengan Menggunakan Kompas Terlengkap – Pada umumnya peta diartikan sebagai hasil pengukuran arah dan jarak sebuah daerah yang dipetakan sehingga dapat digunakan dengan sebagaimana mestinya. Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan istilah peta tersebut. Namun apakah anda tahu bagaimana cara membuat peta menggunakan kompas? Cara membuat peta wilayah menggunakan kompas tersebut pastinya tidak sembarangan. Langkah langkah dalam membuat peta ini harus memperhatikan beberapa hal penting agar hsail pengukuran arah dan jaraknya sama dengan kenyataan.

bagian dan komponen kompas
Bagian Bagian Kompas

Praktik pemetaan dapat dilakukan sendiri dengan cara membuat peta sekolah ataupun peta lingkungan sekitar. Dalam pembuatannya tersebut membutuhkan beberapa alat yang digunakan seperti meteran untuk mengukur jarak, busur derajat untuk menggambar hasil pengukuran arah di atas kertas, dan kompas untuk mengukur arahnya. Namun cara membuat peta menggunakan kompas tersebut harus dilakukan dengan hati hati dan teliti agar hasilnya sesuai dengan aslinya. Lalu bagaimana cara membuat peta wilayah menggunakan kompas itu? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara membuat peta wilayah dengan menggunakan kompas terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Cara Membuat Peta Wilayah Dengan Menggunakan Kompas Terlengkap

Sebelum menjelaskan tentang cara membuat peta menggunakan kompas, saya akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai cara menggunakan kompas. Kompas memiliki bagian berupa sebuah jarum yang memberikan petunjuk arah utara di salah satu ujungnya dan arah selatan pada ujung lainnya. Cara menggunakan kompas tersebut hanya tinggal mengarahkannya saja ke sebuah objek. Kemudian jarum akan bergeser ke objek lainnya sesuai dengan arah utara dan selatan. Hal ini dikarenakan jarum kompas akan tetap menuju utara meskipun digeserkan ke semua arah.

Baca juga : Keterkaitan Sarana Transportasi Dengan Aglomerasi Industri Lengkap

Selain itu adapula bagian kompas yang berupa piring kompas dimana didalamnya terdapat angka derajat, mulai dari 0⁰- 360⁰. Jika jarum kompas bergerak maka piringan tersebut juga ikut bergerak. Dalam piringan kompas kita hanya cukup melihat angka derajat untuk menentukan posisi objeknya melalui garis penunjuknya (pointer). Apabila pointer menyatakan angka 30 derajat maka dari arah utara terdapat letak benda tersebut sejauh 30 derajat. Sebelum memahami cara membuat peta menggunakan kompas, anda harus mengetahui beberapa langkah menggunakan kompas terlebih dahulu. Berikut cara menggunakan kompas yang benar yaitu meliputi:

  • Langkah pertama ialah menentukan pembidikan objek terlebih dahulu seperti objek yang tidak melakukan gerakan. Contohnya pohon, tiang listrik, perempatan jalan dan sebagainya. Anda juga dapat menggunakan tongkat atau tiang agar dapat berdiri maupun ditancapkan. Bahkan salah satu teman sendiri juga dapat dijadikan sebagai objek bidikan.
  • Kemudian penutup kompas dibuka dan objek yang sudah ditentukan tadi dibidik. Lalu pandangan diarahkan menuju objek melalui kawat pembidik yang letaknya di bagian penutup kompas. Tunggu jarum kompas yang mengarah ke utara sampai stabil. Bidikan yang tepat berasal dari fokus tidaknya arah pada kompas.
  • Lihat tanda penunjuk yang menyatakan sudut angka derajatnya.

Dalam cara membuat peta menggunakan kompas biasanya terdapat titik Azimuth. Pengertian titik Azimuth ialah sudut yang besarnya berasal dari bidikan titik tempat menuju sasaran dengan tepat. Selain itu adapula Back Azimuth yaitu bidikan pada tempat sasaran dari tempat awal pembidikannya sehingga pembentukan sudutnya dapat berkebalikan. Untuk itu besar angka derajatnya dapat ditambah dengan 180 derajat ataupun dikurangi dengan 180 derajat. Kompas dapat digunakan untuk mengukur arah dengan tepat, jika pelaksanaan bidikan tidak memiliki gangguan serta tepat. Adapun bentuk gangguannya seperti di sekitar kompas terdapat besi, aliran listrik maupun baja.

Baca juga : 12 Bukti Bumi Itu Bulat Terlengkap Menurut Ilmuwan Dunia

Maka dari itu pengukuran arah pada cara membuat peta menggunakan kompas harus benar dan tepat. Selain itu bidikan objeknya juga harus stabil dan jauhkan benda benda yang mengganggu kompas ketika melakukan bidikan menuju objek. Jika anda belum paham mengenai cara menggunakan kompas tersebut, maka lakukan langkah langkah di atas sampai anda bisa menggunakan kompasnya.

Cara Membuat Peta Dengan Kompas

Agar anda memahami lebih lanjut mengenai cara membuat peta menggunakan kompas. Maka dapat memperhatikan contoh pembuatan peta sekolah menggunakan hasil pengukuran di bawah ini. Namun sebelum itu anda harus mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk menggambar petanya seperti pensil, busur derajat, kertas HVS dan mistar. Setelah itu anda dapat menerapkan berbagai cara membuat peta yang akan saya jelaskan menggunakan hasil pengukuran di lapangannya yaitu:

  • Langkah pertama dalam membuat peta ialah menentukan titik pertama pada kertas atau plot A. Setiap plot yang terbentuk harus memperhatikan sudut dan jaraknya sehingga posisi plot A (plot pertama) pada kertas dapat ditentukan dan selanjutnya arah gambarnya tidak keluar dari kertas yang disediakan.
  • Kemudian menentukan arah utara yang terdapat pada peta.
  • Setelah itu membuat tanda tegak lurus atau silang pada titik A.
  • Lalu gunakan busur derajat untuk menentukan sudut garis A – B setelah pemberian silang pada titik A tadi. Setelah itu sudut diukur besarnya menurut hasil bidikan kompas pada titik A menuju titik B (Azimuth). Kemudian garis dari titik A ditarik menuju titik B sesuai dengan panjang skala yang telah ditentukan. Misalnya dilapangan terdapat hasil pengukuran sejauh 20 meter dari jarak A ke B dengan skala gambarnya 1 : 100. Maka diperolah panjang garis pada peta yaitu 20 cm.
  • Langkah selanjutnya membuat tanda silang pada plot B seperti halnya pada plot A tadi.
  • Setelah itu gunakan busur derajat untuk menentukan sudut garis B – C dan harus ditarik sesuai dengan perbandingan skala tadi.
  • Untuk plot plot selanjutnya dapat menerapkan langkah langkah tadi hingga menuju plot A lagi.

Setelah penggambaran semua data telah selesai, kemudian peta yang dibuat tadi perlu diperhatikan apakah bentuknya menyerupai poligon tertutup. Apabila cara membuat peta menggunakan kompas dalam lingkup wilayah, maka anda tidak perlu heran jika bentuk petanya tidak berupa poligon tertutup. Meski begitu cara membuat peta wilayah menggunakan kompas sering mengalami beberapa kesalahan yang disebabkan oleh pelaksanaan bidikan kurang tepat, angka derajat kompas salah dibaca, posisi membidik kurang tepat dan masih banyak lagi. Di bawah ini terdapat langkah langkah memperbaiki kesalahan dalam pembuatan peta yaitu sebagai berikut:

  • Garis ditarik dari kedua ujung celah yang dihubungkan. Lalu panjang celahnya diukur.
  • Kemudian garis lurus yang panjangnya sama dibuat menuju arah mendatar sehingga garis dari titik A menuju titik A lagi dapat digambar semua.

Baca juga : Cara Menghitung Kepadatan Penduduk (Aritmatik, Fisiologis, dan Agraris)

  • Setelah itu membuat garis tegak lurus pada salah satu ujung garis yang mendatar tadi sehingga panjangnya sama dengan pengukuran panjang celah tadi.
  • Lalu dari ujung garis tegak lurus di tarik lagi menuju ujung garis mendatar sampai terbentuk bangun segitiga.
  • Lakukan penempatan titik pada garis mendatar seperti titik A, B, C dan seterusnya hingga titik paling akhir. Setiap titik memiliki panjang yang sama dengan hasil penggambaran panjang pada langkah sebelumnya. Untuk itu kita lebih dulu harus melakukan pengukurannya.
  • Di setiap plot atau titik dibuat garis tegak lurus hingga menuju hipotenusa yakni garis di segitiga siku siku yang bentuknya miring.
  • Langkah selanjutnya ialah mengukur panjang di setiap garis dan setiap plot ditempatkan secara tegak lurus.
  • Pada gambar bercelah dibuat garis keliling baru dengan cara di ujung garis tegak lurus ditarik sampai poligon tertutup telah terbentuk.
  • Akhirnya telah selesai melakukan perbaikan gambar pada petanya.

Sekian penjelasan mengenai cara membuat peta wilayah dengan menggunakan kompas terlengkap. Cara membuat peta menggunakan kompas tersebut membutuhkan ketelitian, ketelatenan dan kesabaran lebih untuk menghasilkan gambar yang sesuai dengan jarak aslinya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *