Pengertian, Tugas dan Fungsi Bank Sentral

Diposting pada

Pengertian, Tugas dan Fungsi Bank Sentral – Di Indonesia terdapat pelaksana dari Bank Sentral yang dinamakan dengan BI atau Bank Indonesia. Pada awalnya DJB (De Javanesche Bank) merupakan nama Bank Indonesia terdahulu. Pada tanggal 24 Januari 1982, Hindia Belanda mendirikan  De Javanesche Bank ini. Kemudian pada tanggal 1 Juli 1953 setelah Indonesia merdeka mulai ada penasionalan DJB (De Javanesche Bank) tersebut dan namanya diganti menjadi Bank Indonesia. Setelah itu BI dijadikan sebagai Bank Sentral Republik Indonesia. Apa pengertian Bank Sentral itu? Apa tugas Bank Sentral? Apa saja fungsi Bank Sentral?

Pengertian, Tugas dan Fungsi Bank Sentral
Bank Sentral di Indonesia

Bank Indonesia di awal kemerdekaan pernah melakukan komersial di bidang bisnis. Namun bisnis tersebut dihentikan seiring berjalannya waktu dan fungsi Bank Indonesia dikembalikan menjadi lembaga keuangan di negara Indonesia. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian Bank Sentral, tugas Bank Sentral dan fungsi Bank Sentral. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian, Tugas dan Fungsi Bank Sentral

Pengertian Bank Sentral secara umum ialah sebuah instansi atau lembaga keuangan yang memiliki tanggung jawab dalam membangun tingkat kestabilan dalam kegiatan perekonomian dan kebijakan moneter di suatu negara. Bank Sentral juga dapat diartikan sebagai sebuah institusi milik pemerintah pada umumnya di suatu negara dengan tanggung jawab untuk melindungi tingkat inflasi, sistem finansial keseluruhan, nilai mata uang yang stabil, dan sektor perbankan di sebuah negara yang stabil. BI atau Bank Indonesia  diberikan tanggung jawab sebagai Bank Sentral di Indonesia. Untuk itu ada beberapa kewenangan yang diberikan kepada BI secara penuh, baik melakukan pengawasan ataupun pengaturan kepada lembaga lembaga keuangan Bank di Indonesia.

Baca juga : Jenis Jenis Bank Beserta Tugas dan Contohnya Terlengkap

Tugas Bank Sentral

Setelah membahas tentang pengertian Bank Sentral, selanjutya saya akan menjelaskan tentang tugas Bank Sentral dan fungsi Bank Sentral. Bank Sentral mempunyai beberapa tanggung jawab dan tugas yang perlu dilakukan agar tujuannya dapat tercapai. Di bawah ini terdapat beberapa tugas dari Bank Sentral yaitu meliputi:

Melakukan dan Membuat Kebijakan Moneter
Tanggung jawab Bank Sentral yang pertama ialah melakukan dan membuat kebijakan moneter. Pelaksanaan dan ketetapan kebijakan moneter berguna untuk membuat peredaran jumlah uang di masyarakat dapat dikendalikan sehingga tetap terkendali harga harga jasa dan barang di masyarakat tersebut. Bank Indonesia ialah lembaga yang menetapkan kebijakan moneter sekaligus mendukung perekonomian Nasional agar dapat tumbuh dan berkembang. Bank Indonesia melakukan kerja sama dengan pemerintah untuk menjalankan hal ini sehingga dapat diambil kebijakan yang sejalan dengan kebijakan ekonomi dan kebijakan fiskal lainnya.

Melindungi dan Mengatur Kelancaran Sistem Pembayaran
Tugas Bank Sentral selanjutnya ialah melindungi dan mengatur kelancaran sistem pembayaran. Sistem pembayaran tersebut merupakan sistem pembayaran yang berupa non tunai maupun tunai. Bank Indonesia dalam hal ini memiliki tanggung jawab untuk membangun sebuah aturan, prosedur, kesepakatan dan standar agar digunakan untuk mengendalikan uang yang beredar di masyarakat. Dalam hal ini tentunya sesuai dengan fungsi Bank Sentral yang ada.

Mengawasi dan Mengatur Perbankan
Tanggung jawab Bank Sentral selanjutnya ialah mengawasi dan mengatur perbankan. Pengawasan dan pengaturan perbankan tersebut ialah melakukan pengawasan makroprudensial sehingga tujuan Indonesia dalam kestabilan sistem keuangannya dapat dijaga. Pengertian makroprudensial secara umum ialah kebijakan yang diciptakan untuk membuat biaya dan resiko krisis sistemik dapat dibatasi sehingga tetap terjaga keseimbangan sistem keuangannya.

Fungsi Bank Sentral

Setelah membahas tentang pengertian Bank Sentral dan tugas Bank Sentral. Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang fungsi dari Bank Sentral. Secara umum, Bank Indonesia mempunyai fungsi dan tujuan untuk menjalankan tugasnya sebagai Bank Sentral Republik indonesia.  Di bawah ini terdapat beberapa tujuan dan fungsi BI yaitu meliputi:

  • Melindungi dan membuat nilai Rupiah (mata uang Indonesia) tetap seimbang. Maka dari itu nilai tukar rupiah dengan mata uang asing tetap stabil
  • Melindungi dan membuat harga jasa serta barang tetap stabil sehingga di Indonesia terdapat laju inflasi yang stabil.

Dalam Undang Undang Nomor 23 Tahun 1999 terdapat fungsi Bank Sentral yang perannya dilakukan oleh Bank Indonesia. Kebijakan kebijakan yang dilakukan oleh Bank Indonesia sesuai dengan tujuan utamanya yaitu memelihara dan menggapai kestabilan nilai rupiah dimana nilai tukar rupiah dan tingkat inflasinya lebih difokuskan. Di bawah ini terdapat beberapa fungsi lainnya dari Bank Sentral yaitu sebagai berikut:

Baca juga : Klasifikasi Industri Berdasarkan Modal dan Barang yang Dihasilkan

  • Melakukan suku bunga yang terdapat di operasi pasar terbuka.
  • Melakukan pengawasan terhadap kinerja perbankan sehingga lembaga keuangan dapat diciptakan dengan sehat.
  • Memelihara dan mengatur kelancaran dalam sistem keuangan.
  • Melaporkan pihak dan mengakses informasi yang kemungkinan dapat membahayakan kestabilan moneter.
  • Mengamankan dan menyeleksi sistem keuangan.

Wewenang Bank Sentral

Selain pengertian Bank Sentral, tugas Bank Sentral dan fungsi Bank Sentral di atas. Adapula beberapa kewenangan Bank Sentral. Secara khusus wewenang Bank Sentral tercantum dalam UUD RI. Adapun beberapa kewenangan dalam Bank Sentral yaitu meliputi:

Kewenangan Menciptakan Kebijakan Moneter

  • Menetapkan dan menentukan cadangan munimun bank umum, kredit atau pembiayaan yang di atur dan tingkat diskontonya.
  • Menetapkan dan menentukan target moneter sehingga tingkat Inflasi yang terdapat di Indonesia dapat diperhitungkan.
  • Melakukan pengendalian tidak terbatas terhadap moneter pasar uang yang terdapat dioperasi pasar terbuka, baik valuta asing maupun mata uang Rupiahnya.

Kewenangan Mengendalikan Sistem Pembayaran

  • Menetapkan dan menentukan instrumen pembayaran yang digunakan.
  • Memberikan dan membuat izin serta persetujuan mengenai sebuah sistem pembayaran yang diselenggarakan.
  • Mengawasi jasa penyelenggara yang melakukan sistem pembayaran.

Kewenangan Mengawasi dan Mengatur Perbankan

  • Menetapkan dan membuat peraturan di Indonesia tentang tata cara melakukan Perbankan.
  • Memberikan sanksi kepada pelanggar peraturan sesuai dengan ketetapan dari bank yang berdasar pada peraturan Undang Undang.
  • Mencabut dan memberikan izin terhadap kegiatan usaha atau kelembagaan tertentu dari Bank.
  • Mengawasi sebuah bank, baik secara individual maupun sebagai sistem perbankan.

Sekian penjelasan mengenai pengertian Bank Sentral, tugas Bank Sentral, dan fungsi Bank Sentral. Selain itu saya juga telah menjelaskan tentang beberapa wewenang Bank Sentral. Di Indonesia terdapat peran Bank Sentral yang diberikan kepada Bank Indonesia atau BI. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi Bank Sentral di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *