Tipe Tipe Lembaga Sosial Beserta Contohnya Terlengkap

Diposting pada

Tipe Tipe Lembaga Sosial Beserta Contohnya Terlengkap – Pada hakikatnya tipe tipe lembaga sosial dapat berkembang sesuai dengan perubahan sosial yang terdapat dalam masyarakat. Hal ini dikarenakan lembaga sosial yang mengalami pertambahan akan berbanding lurus dengan perkembangan dalam masyarakat. Lantas apa saja contoh lembaga sosial itu? Lembaga sosial sendiri dapar diartikan sebagai lembaga yang beranggotakan sekumpulan masyarakat bersatu karena memiliki satu visi dan misi yang sama. Untuk itu lembaga sosial sering dinamakan dengan lembaga kemasyarakatan.

Tipe Tipe Lembaga Sosial
Tipe Tipe dalam Lembaga Sosial

Dalam lembaga sosial tidak hanya terdapat visi dan misi yag sama tetapi juga memiliki kesamaan lain seperti unsur, nilai, adat dan norma kemasyarakatan yang dianutnya. Selain itu nantinya dalam lembaga sosial juga memiliki kesepatakan aturan yang sama sehingga dapat berlangsung sesuai dengan keinginan bersama. Jika seseorang masuk ke dalam lembaga sosial tertentu maka ia harus mematuhi peraturan yang tersedia di dalamnya. Bahkan dalam lembaga ini juga terdapat tradisi yang perlu diketahui oleh anggotanya saja dan harus dilaksanakan dalam bentuk kegiatan, meskipun tradisi ini tidak tertulis. Kali ini saya akan menjelaskan tentang tipe tipe lembaga sosial beserta contoh lembaga sosial terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Tipe Tipe Lembaga Sosial Beserta Contohnya Terlengkap

Sebelum menjelaskan tentang tipe tipe lembaga sosial dan contoh lembaga sosial, saya akan membahas sedikit mengenai lembaga tersebut. Di dalam lembaga sosial terdapat aturan dalam memenuhi kebutuhan di masyarakat sesuai dengan orientasi nilai budaya sehingga dapat berjalan dengan teratur dan tertib. Pembuatan lembaga sosial didasarkan pada kebutuhan manusia yang cukup kompleks sehingga dapat dibagi menjadi beberapa kategori. Menurut Soerjono Soekanto, pengertian lembaga sosial ialah sekumpulan tindakan dan norma yang merujuk pada kebutuhan pokok di kehidupan masyarakat. Lembaga sosial dapat juga dinamakan dengan institusi sosial atau pranata sosial.

Selain pengertian lembaga sosial, adapula karakteristik atau ciri ciri lembaga sosial secara umum. Adapun beberapa karakteristik lembaga sosial yaitu meliputi:

  • Mempunyai ikatan aturan atau tradisi.
  • Mempunyai tujuan dan fungsi yang jelas.
  • Mempunyai kelengkapan, sarana dan prasarana.
  • Mempunyai lambang atau simbol tertentu.
  • Mempunyai tata tertib yang tidak tertulis dan tertulis.
  • Menggambarkan norma dan nilai sosial di masyarakat.
  • Mempunyai jangka waktu atau kekekalan tertentu.

Hal hal di atas merupakan ciri ciri lembaga sosial. Namun tidak hanya itu saja, tetapi masih ada fungsi lembaga sosial di dalam semua tipe lembaga sosial yang ada. Adapun beberapa fungsi dari lembaga sosial yaitu meliputi:

  • Menyampaikan pedoman kepada anggota masyarakat seperti pedoman dalam bersikap dan bertingkah laku untuk menyelesaikan permasalahan dalam masyarakat yang muncul ataupun berkembang.
  • Melindungi masyarakat secara utuh.
  • Memberi masyarakat sebuah pengarahan untuk menyelenggarakan sisten pengendalian sosial.

Tipe Tipe Lembaga Sosial

Setelah membahas tentang pengertian lembaga sosial, ciri ciri lembaga sosial dan fungsi lembaga sosial. Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang tipe atau jenis jenis lembaga sosial. Macam macam lembaga sosial tersebut dapat dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan sistem nilai yang diterima dalam masyarakat, berdasarkan perkembangan, berdasarkan penerimaan dalam masyarakat, berdasarkan penyebarannya dan berdasarkan fungsinya. Berikut penjelasan selengkapnya:

Berdasarkan Sistem Nilai yang Diterima Masyarakat
Tipe lembaga sosial yang pertama akan saya jelaskan didasarkan pada sistem nilai yang diterima dalam masyarakat. Di bawah ini terdapat beberapa jenis lembaga sosial yaitu meliputi:

  • Basic Institutions ialah lembaga sosial yang digunakan untuk mempertahankan dan memelihara tata tertib penting dalam masyarakat. Adapun contoh lembaga sosial basic institutions yaitu sekolah, negara dan keluarga.
  • Subsidiary Institutions ialah jenis lembaga sosial yang dianggap kurang penting oleh masyarakat. Adapun contoh lembaga yang termasuk didalamnya yaitu aktivitas rekreasi.

Berdasarkan Perkembangannya
Tipe lembaga sosial selanjutnya didasarkan pada perkembangan di dalam masyarakatnya. Di bawah ini terdapat beberapa macam lembaga sosial yaitu meliputi:

  • Crescive Institutions ialah lembaga sosial dari adat istadat yang tanpa direncana tumbuh dalam masyarakat. Adapun contoh lembaga sosial crescive institutions yaitu lembaga agama dan lembaga perkawinan.
  • Enacted Institutions ialah jenis lembaga sosial yang pembentukannya disengaja sehingga tujuan tertentu dapat dicapai. Adapun contoh lembaga yang termasuk didalamnya seperti lembaga keuangan (bank). Pembentukan bank dilakukan dengan sengaja agar hal hal keuangan dalam masyarakat dapat dibantu serta peredaran uang di masyarakat dapat diatur dengan baik.

Berdasarkan Penerimaan Masyarakat
Tipe lembaga sosial selanjutnya didasarkan pada penerimaan di dalam masyarakatnya. Di bawah ini terdapat beberapa macam lembaga sosial yaitu meliputi:

  • Social Sanctioned (Approved Institutions) ialah lembaga sosial yang secara umum dapat diterima masyarakat. Lembaga tersebut digunakan sebagai saksi jika terdapat pelanggaran aturan dalam lembaga ini yang dilakukan oleh seseorang. Adapun contoh lembaga sosial approved institutions yaitu agama, perdagangan, dan sekolah.
  • Unsanctioned Institutions ialah jenis lembaga sosial dalam masyarakat yang tidak dikehendaki atau ditolak keberadaannya. Walaupun secara tuntas tidak dapat diberantas. Adapun contohnya yaitu kelompok pemeras dan sebagainya.

Berdasarkan Penyebarannya
Tipe lembaga sosial selanjutnya didasarkan pada penyebaran di dalam masyarakatnya. Di bawah ini terdapat beberapa macam lembaga sosial yaitu meliputi:

  • General Institutions ialah lembaga sosial dalam masyarakat dunia yang semuanya hampir dikenal dan diakui. Contoh lembaga sosialnya yaitu HAM (hak asasi manusia) dan agama.
  • Restricted Institutions ialah jenis lembaga sosial dalam masyarakat tertentu yang dikenal hanya sebagian saja.

Berdasarkan Fungsinya
Tipe lembaga sosial selanjutnya didasarkan pada fungsi di dalam masyarakatnya. Di bawah ini terdapat beberapa macam lembaga sosial yaitu meliputi:

  • Operative Institutions ialah lembaga sosial yang berguna untuk mengelompokkan cara dan pola yang dibutuhkan agar tujuan tertentu dapat dicapai. Adapun contoh lembaga sosial operative institutions yaitu lembaga perikanan, lembaga pertanian, lembaga perdagangan dan sebagainya.
  • Regulative Institutions ialah jenis lembaga sosial yang berguna untuk memantau tata kelakuan di masyarakat. Contoh lembaga yang termasuk di dalamnya yaitu kejaksaan, pengadilan dan kepolisian.

Sekian penjelasan mengenai tipe tipe lembaga sosial beserta contoh lembaga sosial terlengkap. Secara umum pengertian lembaga sosial ialah lembaga yang beranggotakan sekumpulan persatuan masyarakat didasarkan pada satu visi dan misi yang sama. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *