Cara Cepat Menghitung Bilangan Kuadrat Berakhiran 5 Beserta Contoh Soal

Cara Cepat Menghitung Bilangan Kuadrat Berakhiran 5 Beserta Contoh Soal - Dalam ilmu Matematika terdapat materi pembelajaran mengenai bilangan kuadrat. Bilangan kuadrat sendiri adalah hasil bilangan yang berasal dari perkalian ganda. Dengan kata lain dua bilangan yang sama dikalikan dan akan memperoleh hasil bilangan kuadrat tersebut. Kuadrat dalah bahasa Indonesia dapat dinamakan dengan pangkat dua (²). Misalnya dua kuadrat dapat ditulis 2², lima kuadrat dapat ditulis 5², dan sebagainya. Lalu bagaimana cara menghitung bilangan kuadrat berakhiran 5 dengan cepat?  Trik cepat menghitung bilangan kuadrat akhiran 5 ini pada dasarnya dapat dilakukan dengan mudah.
Rumus Cepat Menghitung Bilangan Kuadrat Berakhiran Angka 5
Rumus Cepat Menghitung Bilangan Kuadrat Berakhiran Angka 5
Menghitung bilangan kuadrat maupun berpangkat adalah hal yang lumrah dalam matematika. Banyak sub materi yang memang mengharuskan siswa untuk menghitung bilangan kuadrat berakhiran 5, 6, dan seterusnya. Mengingat waktu mengerjakan yang singkat maka kita perlu menghematnya. Solusi untuk bisa menghemat waktu ketika mengerjakan adalah dengan menggunakan rumus cepat menghitung bilangan kuadrat berakhiran 5.

Dalam mengerjakan bilangan kuadrat berakhiran 5 ini tidak perlu menggunakan kalkulator ataupun cara bersusun. Dengan begitu waktu pengerjaan soal kuadratnya lebih singkat dan tidak membutuhkan waktu lama. Cara cepat menghitung bilangan kuadrat dengan akhiran angka 5 ini dapat anda terapkan dengan langkah langkah yang mudah. Kali ini saya akan menjelaskan tentang cara cepat menghitung bilangan kuadrat berakhiran 5 beserta contoh soal. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Cara Cepat Menghitung Bilangan Kuadrat Berakhiran 5 Beserta Contoh Soal

Pada dasarnya jika kita mau menemukan dan mempelajari ilmu Matematika lebih dalam, maka kita akan menjumpai sebuah pola di dalamnya. Seperti halnya cara mengerjakan bilangan kuadrat berakhiran 5 ini. Dalam hal ini kita tahu bahwa semua bilangan yang berakhiran angka lima dikuadratkan akan menghasikan bilangan 25 di belakangnya. Contoh 15² = 225, 25² = 625 dan sebagainya. Dari sinilah dapat kita simpulkan bahwa bilangan kuadrat akhiran 5 pasti akan memiliki bagian ekor yang berupa angka 25.
Baca juga: Cara Cepat Mencari Bilangan Kuadrat Berakhiran 6 Lengkap
Setelah itu dalam cara cepat menghitung bilangan kuadrat berakhiran 5 ini tinggal mencari langkah yang tepat untuk mengetahui bagian depan bilangannya. Digit depan dalam hasil bilangan kuadrat akhiran angka 5 dapat diperoleh melalui perkalian antara angka bagian depan bilangan yang dikuadratkan dengan angka sesudah bilangan depan dikuadratkan tadi. Contohnya 15², dalam bilangan 15 terdapat angka 1 didepan angka 5. Setelah angka 1 terdapat angka 2. Maka akan diperoleh hasil perkalian antara 1 dan 2 yaitu 1 x 2 = 2. Karena ekor bilangannnya sudah pasti 25 maka tinggal digabung saja menjadi satu. Maka hasil 15² adalah 225. Mudah bukan?

Langkah Langkah Menghitug Cepat

Apabila anda masih bingung bagaimana cara mengerjakan bilangan kuadrat berakhiran 5 ini. Maka saya akan membagikan langkah langkah perhitungannya dengan singkat dan mudah. Adapun trik cepat menghitung bilangan kuadrat akhiran 5 yaitu sebagai berikut:

  1. Angka yang berada di depan angka 5 diambil. Lalu dikalikan dengan angka setelah angka yang diambil tadi. Contohnya tadi mengambil angka 4 maka dikalikan 5, 5 dikalikan dengan 6, 7 dikalikan dengan 8, dan sebagainya.
  2. Setelah itu hasil perkalian pada tahap pertama tadi ditambahkan dengan ekor yang berupa angka 25. 
Agar anda lebih memahami cara cepat menghitung bilangan kuadrat berakhiran 5 tersebut. Maka saya akan membagikan beberapa contoh soal terkait trik menghitng cepat bilangan kuadrat akhiran 5 di atas. Adapun beberapa contoh soalnya yaitu sebagai berikut:

1. 35² = . . .
Cara Cepat Menghitung bilangan kuadrat diatas adalah:
Cara Mengerjakan Bilangan Kuadrat Berakhiran 5 dengan Cepat
Jadi nilai 35² adalah 1225.

2. 45² = . . .
Cara Cepat Menghitungnya adalah:
Trik menghitung bilangan kuadrat berakhiran 5
Jadi nilai 45² adalah 2025.
3. 75² = . . .
Cara Cepat Menghitung bilangan kuadrat diatas adalah:
Rumus bilangan kuadrat berakhiran 5
Jadi nilai 75² adalah 5625.

Sekian penjelasan mengenai cara cepat menghitung bilangan kuadrat berakhiran 5 beserta contoh soal. Rumus cepat mencari bilangan kuadrat akhiran angka 5 ini sebenarnya tinggal mengalikan angka di depan angka 5 dengan angka sesudahnya dan menggabungkannya dengan ekor berupa angka 25. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dan selamat belajar.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon