Contoh Soal HOTS Matematika Kelas 6 Beserta Penjelasannya

Diposting pada

Contoh Soal HOTS Matematika Kelas 6 Beserta Penjelasannya – Dalam pelajaran Matematika Kurikulum 13 terdapat materi mengenai soal Higher Order Thinking Skills atau HOTS. Apa itu Higher Order Thinking Skills (HOTS)? HOTS ialah kemampuan individu yang lebih tinggi dalam berpikir singkat seperti berpikir logis, kreatif, kritis dan metakognisi. Proses berpikir tersebut berkaitan dengan pengetahuan dan ingatan yang porsinya cukup kecil pada HOTS. Lantas bagaimana cara menyelesaikan contoh soal HOTS Matematika SD kelas 6 itu? Pada dasarnya ilmu HOTS ini cenderung mengukur kemampuan asesmennya sehingga kemampuan recall (mengingat informasi kembali) lebih diminimalisir.

Contoh Soal HOTS Matematika Kelas 6 Beserta Penjelasannya
Diagram Taksonomi Bloom LOTS ke HOTS

Dunia pendidikan memang sudah semakin meningkat seiring berjalannya waktu. Hal ini dibuktikan dengan diterapkannya soal HOTS matematika dan pelajaran lain di sekolahan. High order of thinking skill merupakan target yang harus dicapai siswa dalam pembelajaran. Penerapan HOTS dalam segala aspek pendidikan ini tertuang dalam kurikulum 2013 revisi yang saat ini kita pakai. Tidak heran jika soal HOTS matematika kelas 6 SD, SMP, hingga SMA sering kita jumpai sekarang.

Kemampuan HOTS dalam individu terjadi ketika informasi baru berkaitan dengan informasi yang sebelumnya telah dimiliki. Lalu diciptakan sebuah solusi yang belum dikenal konteksnya dalam persoalan tertentu. Ilmu Higher Order Thinking Skills (HOTS) cenderung memberikan pemahaman informasi lebih dalam daripada sekedar mengingatnya saja. Untuk itu soal HOTS Matematika SD Kelas 6 merujuk pada penalaran dan pemahaman akan soal tersebut sehingga bukan sekedar recall (mengingat kembali) cara mengerjakannya. Namun contoh soal HOTS kelas 6 ini bukan berarti lebih sulit dikerjakan dibandingkan soal recall. Kali ini saya akan membagikan contoh soal HOTS Matematika kelas 6 beserta penjelasannya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Contoh Soal HOTS Matematika Kelas 6 Beserta Penjelasannya

Mempelajari latihan soal memang sangatlah penting, namun yang tidak kalah penting adalah memahami pengertian dan hakikat HOTS itu sendiri. Sebelum membagikan contoh soal  HOTS kelas 6 Matematika. Saya akan menjelaskan sedikit mengenai HOTS terlebih dahulu. Biasanya yang ditekankan dalam soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) lebih merujuk pada proses seperti di bawah ini:

  • Pentransferan fakta yang berasal dari satu konteks menuju konteks lainnya.
  • Memilih, menerapkan dan memproses sebuah informasi.
  • Memeriksa beberapa informasi yang saling berhubungan namun berbeda.
  • Menyelesaikan masalah melalui penggunaan informasi.
  • Menguji secara kritis akan gagasan dan informasi.

Baca juga : Cara Menghitung Luas Tembereng Beserta Rumusnya

Soal HOTS Matematika kelas 6 memang lebih menekankan pada hal hal di atas. Selain itu soal HOTS kelas 6 Matematika memiliki bentuk eksplorasi dan analisis, mengkritisi, menginterpretasi dan menilai, eksplorasi dan jawaban, serta menalar sebuah informasi bukan mengingatnya kembali. Namun penyajian bentuk soal Higher Order Thinking Skills biasanya terdiri dari pilihan ganda, isian singkat, menjodohkan, unjuk kerja, esai, dan portofolio.

Untuk penyajian soal HOTS Matematika SD Kelas 6 yang berbentuk pilihan ganda biasanya berupa stimulus soal yakni berhubungan dengan konteks dunia nyata. Selanjutnya untuk soal yang berbentuk pertanyaan diharuskan untuk menjawabnya dengan berpikir logis, metakognisi, tidak sekedar pemahaman atau ingatan lagi, kritis, dan kreatif. Maka dari itu para penulis soal memiliki pedoman tertentu untuk mengaplikasikan beberapa cara pembuatan butir soal yang mengupayakan cara berpikir tingkat tinggi. Dengan kata lain berdasarkan ranah kognitif Bloom dibuatlah pertanyaan atas materi khusus untuk mengukur perilaku pada level kreasi, analisis dan evaluasi.

Cara berpikir tingkat tinggi dapat diajarkan melalui butir soal HOTS yang berdasar pada stimulus (pertanyaan) dengan bentuk bahan atau sumber bacaan seperti paragraf, penggalan cerita/novel/dongeng, kasus, grafik, rumus, tabel, contoh, suara yang direkam, evaluasi, teks bacaan, kreasi, analisis, teks drama, puisi, gambar, foto, daftar simbol/kata dan peta. Butir soal HOTS kelas 6 Matematika ditulis dengan beberapa teknik di bawah ini yaitu:

  • Untuk level pendidikan harus memperhatikan lingkup materinya.
  • Setiap level pendidikan harus memperhatikan beberapa kompetensi yang nantinya diluncurkan dalam bentuk beberapa tujuan dan indikator pembelajaran sesuai dengan rekomendasi kurikulumnya.
  • Menggunakan pengetahuan dasar yang mencakup level pendidikan dengan kemungkinan perbedaan materi.
  • Menggunakan kemampuan dasar atau pengetahuan untuk menyelesaikan persoalan.

Biasanya dalam menjawab pertanyaan di tingkat berikutnya menggunakan tingkat taksonomi bloom yang terendah sehingga dapat dijadikan sebagai pengetahuan dasar.

Contoh Soal Matematika HOTS

Setelah membahas tentang soal HOTS kelas 6 Matematika di atas. Selanjutnya saya akan membagikan beberapa contoh soal HOTS Matematika kelas 6. Berikut contoh soal dan pembahasannya:

Baca juga : Contoh Soal Dimensi Tiga dan Pembahasannya

1. Perusahaan jaringan infomasi melakukan survey pengembangan jaringan melalui panggilan telepon. Dika adalah salah satu karyawan yang bertugas untuk mencatat hasil jumlah panggilan telepon dalam beberapa periode berurutan setiap harinya. Penyajian hasil cacatan Dika diubah dalam bentuk grafik seperti berikut ini:

Contoh Soal HOTS Matematika Kelas 6 Beserta Penjelasannya
Contoh Soal HOTS Matematika Kelas 6 #1
 

Berdasarkan data di atas, jawablah beberapa pertanyaan di bawah ini:
a. Berapa harikah survei yang dilakukan Dika? 
b. Hari ke berapa Dika tidak melakukan panggilan keluar?
c. Hari ke berapa panggilan masuk yang diterima Dika lebih banyak dibandingkan panggilan keluar untuk pertama kalinya?

Jawaban
a. Survei yang dilakukan Dika berlangsung selama 8 hari.
b. Dika tidak melakukan panggilan keluar pada hari ke 4.
c. Panggilan masuk yang diterima Dika lebih banyak dibandingkan panggilan keluar untuk pertama kali terjadi pada hari ke 5.

2. Edi mempunyai flashdisk dengan kapasitas 1024 MB (1 Gigabyte) dengan beberapa data seperti di bawah ini:

Contoh Soal HOTS Matematika Kelas 6 Beserta Penjelasannya
Contoh Soal HOTS Matematika Kelas 6 #2

Jika Edi ingin menambahkan 400 MB file gambar. Maka salah satu file paling besar dalam flashdisk tersebut ingin dipindahkan ke laptop. File manakah yang harus dipindahkan ke laptop itu?

Jawaban
File yang akan dipindahkan ke laptop memiliki ukuran terbesar. Dari data diatas terdapat file terbesar yaitu 500 MB untuk kategori “Musik”. Jadi file yang harus dipindahkan ke laptop ialah file musik.

3. Di sebuah kandang terdapat ayam yang jumlahnya 50 ekor. Di dalamnya terdapat 20 ekor ayam betina dan 10 ekor di antaranya memiliki warna putih. Jika ayam yang warnanya putih berjumlah 25 ekor. Berapakah jumlah ayam jantan yang warnanya tidak putih?

Jawaban
Untuk menyelesaikan soal HOTS Matematika kelas 6 di atas, kita dapat mengaplikasikannya dalam bentuk tabel seperti di bawah ini:

Contoh Soal HOTS Matematika Kelas 6 Beserta Penjelasannya
Tabel Jawabah Soal HOTS

Tanda Pᶜ merupakan tanda himpunan bukan P
Setelah tabel dibuat sedemikian rupa, kemudian lengkapi tabel diatas seperti di bawah ini:

Contoh Soal HOTS Matematika Kelas 6 Beserta Penjelasannya
Tabel Jawabah Soal HOTS

Jadi jumlah ayam jantan yang warnanya tidak putih ialah 5 ekor.

Baca juga : Sifat Sifat Operasi Bilangan Bulat Matematika Kelas 5 SD

4. Perhatikan gambar di bawah ini!

Contoh Soal HOTS Matematika Kelas 6 Beserta Penjelasannya
Contoh Soal HOTS Matematika Kelas 6 #4

Gambar diatas merupakan sketsa kebun yang bentuknya jajar genjang. Kebun tersebut akan dibuat taman bunga dibagian dalamnya, dimana panjang AB = 16 m dan DE = 8 m. Kemudian disekeliling taman kebun akan ditambahkan dengan jalan. Apabila taman dan kebun tersebut sebangun, maka berapakah luas jalan itu?

Jawaban
Langkah pertama ialah menambahkan titik KLMN pada kebun di atas. Maka gambar sketsa kebunnya akan menjadi seperti di bawah ini:

Contoh Soal HOTS Matematika Kelas 6 Beserta Penjelasannya
Jawaban Soal HOTS No.4

Karena taman dan kebun sebangun maka panjang KL = 16 + 1 + 1 = 18 m. Langkah selanjutnya mencari nilai NO menggunakan konsep perbandingan senilai seperti di bawah ini:

Contoh Soal HOTS Matematika Kelas 6 Beserta Penjelasannya
Cara Mencari Panjang NO

Setelah panjang NO diketahui, kemudian mencari luas jalan menggunakan cara di bawah ini:

Contoh Soal HOTS Matematika Kelas 6 Beserta Penjelasannya
Cara Mencari Luas Jalan

Jadi besar luas jalan ialah 34 m².

5. Sebuah menara memiliki bayangan yang panjangnya 20 m dan sebuah tiang pancang juga memiliki bayangan dengan panjang 4 m. Apabila tiang pancangnya memiliki tinggi 8m. Berapakah tinggi menaranya?

Jawaban
Bayangan menara (Bm) = 20 m
Bayangan tiang pancang (Bt) = 4 m
Tinggi tiang pancang (Tt) = 7 m
Untuk mencari tinggi menara dapat menggunakan konsep perbandingan senilai seperti di bawah ini:

Contoh Soal HOTS Matematika Kelas 6 Beserta Penjelasannya
Jawaban Soal HOTS No.5

Jadi tinggi menaranya ialah 35 meter.

Apakah soal HOTS SD, SMP, dan SMA hanya bisa diterapkan dalam pelajaran matematika saja? tentu saja tidak. HOTS adalah pola pikir yang harus dikembangkan siswa di sekolahan. Ini merupakan tanggung jawab seluruh guru mata pelajaran. jadi semua guru wajib mengimplementasikan dan membuat soal HOTS sesuai kurikulum dan bisa dipertanggungjawabkan.

Demikianlah penjelasan mengenai contoh soal HOTS Matematika kelas 6. Soal HOTS kelas 6 Matematika pada dasarnya digunakan untuk mengembangkan cara berpikir secara divergen karena konteks yang ditekankan merujuk pada dunia nyata seperti dunia kerja. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dan terima kasih telah membaca soal HOTS Matematika SD kelas 6 di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *