Klasifikasi dan Ciri Ciri Kingdom Monera Beserta Contohnya

Klasifikasi dan Ciri Ciri Kingdom Monera Beserta Contohnya - Monera ialah sebuah istilah yang menunjukkan sebuah kerajaan. Pada dasarnya kingdom monera dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu Alga Hijau Biru (Cyanophyta) dan Schizomycetes (Bacteria). Namun sekarang ini pengelompokannya tidak berguna lagi setelah Cyanophyta ditemukan karena dinyatakan sebagai jenis bakteria yang lebih tepat. Maka dari itu dalam klasifikasi kingdom monera nama Cyanophyta telah mengalami perubahan menjadi Cyanobacteria.
contoh gambar kingdom monera
Klasifikasi kingdom monera
Tidak hanya dibahas dalam buku ilmu pengetahuan saja materi kingdom monera telah dibahas oleh beberapa ahli. Baik itu terkait dengan kalsifikasi, ciri ciri kingdom monera, jenis dan contohnya itu sendiri. Berdasarkan Carl Woose, klasifikasi kingdom monera dapat dibagi menjadi dua yakni Archaebacteria dan Eubacteria. Untuk kategori Cyanobacteria dimasukkan ke dalam anggota dari kingdom Eubacteria. Lantas apa ciri ciri dari kingdom monera itu? Apa saja contoh kingdom monera?

Pengertian kingdom monera ialah kerajaan pada makhluk hidup prokariotik yang memiliki sel tunggal. Menurut Bahasa Yunani, istilah Monera berarti "Moneres" yang artinya tunggal. Makhluk hidup ini memiliki struktur yang sederhana yakni hanya satu sel hidup saja. Kingdom monera dinamakan prokariotik karena belum tentu mempunyai kariotek (membran inti) pada bagian inti selnya. Selain itu kingdom monera juga sering disebut sebagai nama bakteri. Istilah bakteri ini asalnya dari "Bakterion" yang artinya batang sangat kecil. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang klasifikasi kingdom monera, ciri ciri kingdom monera, dan contoh kingdom monera. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Klasifikasi dan Ciri Ciri Kingdom Monera Beserta Contohnya

Mempelajari ilmu pengetahuan alam memang sangat kompleks namun bisa juga dikatakan menyenangkan. Karena sifat ilmunya yang luas jadi kita bisa belahar berbagai hal baru. Salah satunya adalah mempelajari contoh kingdom monera beserta ciri cirinya. Materi kingdom monera sendiri sebebenarnya sudah banyak sekali di bahas di berbagai media pembelajaran.

Baik melalui buku pegangan siswa maupun internet kita bisa dengan mudah menemukan klasifikasi kingdom monera. Umumnya materi ini sering disandingkan dengan klasifikasi kingdom lainnya seperti protista, animalia, plantae dan lain sebagainya. Pentingnya mempelajari klasifikasi kingdom monera ini juga telah dituangkan dalam silabus pembelajaran kurikulum 2013.
Baca juga: Pengertian Kingdom Protista, Ciri Ciri, Klasifikasi dan Contohnya
Maka dari itu kita akan mempelajari secara lengkap tentang materi kingdom yang lebih berfokus ke monera. Dalam pembahasan kali ini saya akan membaginya menjadi beberapa sub menu seperti klasifikasi kingdom monera, ciri ciri kingdom monera, dan contoh kingdom monera. Adapun penjelasannya yaitu sebagai berikut.

Klasifikasi Kingdom Monera

Pada pembahas diatas sudah saya terangkan bahwa menurut pakar ilmu pengetahuan lingdom monera secara umum dapat diklasifikasikan menjadi dua macam. Yakni Eubacteria dan Archaebacteria sesuai dengan yang sudah tertulis pada buka ilmu pengetahuan. Setiap jenis monera memiliki ciri ciri kingdom moneranya sendiri sendiri. Di bawah ini terdpat penjelasan mengenai klasifikasi dalam kingdom monera yaitu sebagai berikut:

Eubacteria atau Bakteri
Klasifikasi kingdom monera yang pertama ialah Eubacteria atau Bakteri. Antony van Leeuwenhoek ialah seorang ilmuan yang menemukan Bakteri dan Mikroskop lensa Tunggal. Pada tahun 1674, Antony van Leeuwenhoek selaku ilmuan dari Belanda telah menemukan bakteri tersebut. Kemudian pada tahun 1828, Ehrenberg memperkenalkan istilah bakteri ini. Di bawah ini terdapat ciri ciri Eubacteria yaitu sebagai berikut:

  • Panjang rata rata mikroorganismenya mencapai 2 - 3 µm dengan diameter 1 mikron dan lebar 1 - 2 µm.
  • Memiliki hidup yang berkoloni (berkelompok) atau soliter (sendiri sendiri) sehingga memiliki sifat Uniseluler.
  • Memiliki bentuk sel yang relatif tetap karena penyusunan dinding selnya dari peptidoglikan.
  • Dapat menghasilkan endospora yakni spora yang kebal dari keadaan lingkungan buruk karena memiliki dinding tebal.
  • Susunan tubuhnya memiliki struktur yang terdiri dari dinding sel, sitoplasma, mesosom, plasmid, kapsul, ribosom, DNA, dan membran plasma.
  • Terjadinya reproduksi dapat berupa seksual (pembelahan biner) maupun aseksual (transduksi, konjugasi, dan transformasi).

Klasifikasi dan Ciri Ciri Kingdom Monera Beserta Contohnya
Gambar eubacteria kingdom monera
Selain ciri ciri kingdom monera kategori Eubacteria di atas. Adapula contoh kingdom monera kategori Eubacteria. Kedua jenis kingdom monera tersebut tentu memiliki ciri ciri dan bentuk yang sangat berbeda antara satu dengan yang lain. Sudah menjadi tanggung jawab kita sebagai pelajar untuk menghafalkannya. Berikut beberapa contoh Eubacteria yaitu meliputi:

  • Kelas Bacillaceae.
  • Kelas Enterobacteriaceae.
  • Kelas Azotobacteraceae.
  • Kelas Lactobacillaceae.
  • Kelas Neisseriaceae.
  • Kelas Micrococcaceae.
  • Kelas Rhizobiaceae.


Archaebacteria
Klasifikasi kingdom monera selanjutnya ialah Archaebacteria. Pada tahun 1977, Carl Woesse dan George Fox telah menemukan Archaebacteria ini. Menurut Bahasa Yunani, istilah Archaebacteria berarti "Archaio" yang maknanya kuno. Adapula pengertian Archaebacteria menurut para ahli yaitu sel sel paling kuno yang berhubungan erat dengan organisme ekukariotik (mempunyai membran inti sel). Tempat hidup Archaebacteria berada di lingkungan ekstrim seperti awal lingkungan di bumi ini.
Gambar Archaebacteria
Gambar Archaebacteria kingdom monera
Ciri ciri kingdom monera kategori Archaebacteria berbeda dengan Eubacteria. Letak perbedaan diantara keduanya berada di dinding sel, susunan basa Nitrigen di rRNA, maupun komposisi pada membran selnya. Archaebacteria memiliki dinding sel yang tidak bersifat peptidoglikan. Walaupun struktur Archaebacteria hampir sama dengan prokariotik Uniseluler tetapi dibandingkan dengan bakteri, Archaebacteria cenderung lebih sama dengan organisme eukariotik. Inilah yang membuat sama dengan eukariotik dalam hal translasi dan transkripsi genetiknya.
Baca juga: Pengertian Prolog, Dialog, Monolog dan Epilog Bahasa Indonesia
Archaebacteria merupakan klasifikasi kingdom monera yang memiliki variasi bentuk seperti tidak beraturan, bulat, spiral, maupun batang. Bahkan adapula yang bentuknya sel tunggal, koloni ataupun filamen pada beberapa jenis Archaebacteria. Terjadinya reproduksi Archaebacteria melalui pembelahan biner (membelah diri), fragmentasi, ataupun pembentukan tunas. Archaebacteria memiliki tempat hidup di lingkungan ekstrim sehingga sering dinamakan dengan organisme ekstermofil. Contoh tempat hidupnya seperti di dasar samudra atupun di mata air panas. Archaebacteria memiliki anggota yang seluruhnya termasuk kategori organisme nonpatigen. Di bawah ini terdapat ciri ciri Archaebacteria yaitu sebagai berikut:

  • Tubuhnya memiliki struktur yang sederhana. Menurut perkiraan Archaebacteria adalah makhluk di dunia yang pertama.
  • Tubuhnya berukuran 0,1 - 200 µm.
  • Termasuk dalam organisme prokariotik.
  • Tidak mempunyai peptidoglikan pada bagian dinding selnya.
  • Memiliki lipid pada bagian membran plasmanya sehingga melakukan percabangan pada rantai hidrokarbon dengan membentuk ikatan eter pada gliserol.
  • Dapat hidup secara berkelompok atau sendiri sendiri (soliter).
  • Memiliki variasi bentuk seperti persegi panjang, bulat, spiral, maupun batang.
  • Dapat hidup di lingkungan ekstrim seperti di lingkungan asam, air panas, dasar laut, larva dan laut dengan kadar garam yang tinggi.

Selain ciri ciri kingdom monera kategori Archaebacteria di atas. Adapula contoh kingdom monera kategori Archaebacteria. Inilah yang sebenarnya membuat materi kingdom sangatlah kompleks dalam ilmu pelajaran sains. Dalam materi tersebut masih terdapat sub bagian yang terus bercabang. Berikut beberapa contoh Archaebacteria yaitu meliputi:

  • Halofit ekstrim.
  • Methanogen.
  • Thermo asidofil.

Ciri Ciri Kingdom Monera


Setelah membahas tentang klasifikasi kingdom monera dan berbagai kategorinya maka tidak lengkap rasanya jika kita tidak mempelajari karakteristik kingdom itu sendiri. Selanjutnya saya akan membagikan beberapa ciri ciri dari kingdom monera. Berikut penjelasan selengkapnya:

Susunannya berupa Uniseluler (Satu Sel)
Ciri ciri kingdom monera yang pertama ialah susunannya berbentuk Uniseluler atau satu sel. Susunan pada tubuh alga hijau biru (monera) dan bakteri hanya berupa satu sel saja sehingga tidak heran jika keduanya dikeluarkan dari kingdom plantae.

Memiliki Variasi pada Bentuk Selnya
Sekelompok monera memiliki bentuk sel yang beragam. Variasi bentuk sel monera sendiri dapat berupa spiral, basil (batang), berkoloni, cocus (bulat) ataupun sendiri sendiri. Kingdom monera yang berkoloni berbentuk sarcina (kubus), staphylococcus/staphylobasil (anggur), diplobasil/diplococus (gabungan dua sel) maupun streptococcus/streptobasil (rantai).

Memiliki Tipe Sel yang Prokariotik
Ciri ciri kingdom monera selanjutnya ialah memiliki tipe sel yang prokariotik. Anggota monera seluruhnya mempunyai sel prokariotik yakni sel yang tidak mempunyai inti sejati. Tipe selnya berbentuk nukleoid karena didalamnya tidak memiliki membran inti sel.

Mempunyai Dinding Peptidoglikan
Susunan dinding sel pada tumbuhan memang berbeda dengan alga biru dan bakteri. Susunan tubuh pada tumbuhan berupa Selulosa, sedangkan monera memiliki zat peptidoglikan pada dinding selnya. Walaupun begitu, adapula susunan dinding pada beberapa bakteri yang tidak memiliki peptidoglikan. Misalnya kelompok archaebacter.

Tidak mempunyai Organel Bermembran
Ciri ciri kingdom monera selanjutnya ialah tidak mempunyai organel bermembran. Membran sel yang tidak dimiliki oleh monera mengakibatkan organel organel bermembran lainnya juga tidak dimiliki organisme monera. Contohnya mitokondria, badan golgi, vakuola, kloroplas, lisosom, dan retikulum endoplasma. Namun monera memiliki beberapa organel seperti mesosom, klorofil, dinding sel, nucleoid, membrane sel dan ribosom.

Demikianlah penjelasan mengenai klasifikasi kingdom monera, ciri ciri kingdom monera, dan contoh kingdom monera. Pengertian kingdom monera ialah kerajaan pada makhluk hidup prokariotik yang memiliki sel tunggal. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dan terima kasih telah membaca materi kindom monera di atas.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon