Nama Nama Tarian Daerah di Indonesia Beserta Gambarnya

Diposting pada

Nama Nama Tarian Daerah di Indonesia Beserta Gambarnya – Indonesia memiliki kekayaan budaya yang beragam, bahkan negara di duniapun mengakuinya. Seperti yang telah kita ketahui bahwa dari sabang sampai merauke terdapat kebudayaan Indonesia yang tersimpan di berbagai daerah daerahnya. Salah satu kekayaan budaya yang dimiliki oleh Indonesia ialah tarian daerah. Di setiap daerah di Indonesia memiliki jenis tarian adat atau tarian tradisional yang berbeda beda. Tarian tersebut memiliki namanya masing masing. Lantas apa saja nama tarian daerah Indonesia itu? Tarian daerah ialah bentuk perkembangan tarian dan identitas kebudayaan masyarakat di sebuah daerah.

Nama Nama Tarian Daerah di Indonesia Beserta Gambarnya
Jenis Jenis Tarian Daerah di Indonesia

Biasanya tarian daerah berisi cerita perkembangan kebiasaan atau sejarah yang berhubungan dengan masyarakatnya. Di Indonesia sudah banyak tarian daerah yang indah dan negara di duniapun mengakuinya. Misalnya tari Saman. Pada tahun 2013 di The Internationaly Fork Festival, Indonesia memperoleh gelar The Best Performance berkat tari Saman yang indah. Selain itu masih banyak lagi prestasi yang ada di Indonesia berkat tarian daerahnya sendiri. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang nama nama tarian daerah di Indonesia beserta gambarnya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Nama Nama Tarian Daerah di Indonesia Beserta Gambarnya

Tari tarian daerah adalah salah satu kekayaan Negeri yang harus kita lestarikan. Tarian tersebut adalah sebuah warisan yang diturunkan secara turun temurun oleh para pendahulu di berbagai daerah. Setiap daerah tentu memiliki adat tarian yang berbeda antara satu dengan lainnya. nama nama tarian daerah di Indonesia pun juga berbeda. Inilah yang membuat Indonesia menjadi negara yang kaya akan budaya.

Materi yang membahas nama tarian daerah baik itu jawa tengah, jawa timur, bali, jawa barat, papua, kalimantan, sumatera, hingga maluku sebenarnya sudah di bahas di berbagai media. Misalnya saja di buku pelajaran kesenian yang ada di sekolah. Dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang beberapa nama tarian daerah Indonesia, mulai dari sabang sampai merauke. Selain itu saya juga akan membagikan beberapa gambar tarian daerahnya. Berikut penjelasan selengkapnya:

Baca juga : 30+ Pengertian Seni Tari Menurut Para Ahli (Lengkap)

Tari Saman (Aceh)

Nama tarian daerah di Indonesia yang pertama ialah tari saman. Asal tari saman dari Suku Gayo. Penampilan tari Saman bagi masyarakat Aceh biasanya untuk peringatan hari adat penting saja. Bahkan perkembangan tari Saman menurut beberapa literatur dilakukan oleh seorang ulama dari Gayo Aceh Tenggara yang bernama Syekh Saman. Bahkan duniapun sangat mengenal tari Saman ini. Pada tahun 2011, tari saman dijadikan sebagai Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity oleh UNESCO.

Nama Nama Tarian Daerah di Indonesia Beserta Gambarnya
Gambar Tari Saman

Pembawaan tari Saman dilakukan oleh sekelompok penari dengan jumlah yang ganjil. Selain itu tarian tersebut juga memiliki keunikan pada gerakan tangan dari para penari yang menghasilkan suara. Pembawaan tari Saman dilakukan dengan posisi duduk oleh para penarinya sehingga gerakannya tidak sama dengan jenis tarian daerah lainnya yang dibawakan dengan gerakan bebas.

Tari Kecak (Bali)

Nama Nama Tarian Daerah di Indonesia Beserta Gambarnya
Gambar Tari Kecak

Nama tarian daerah di Indonesia selanjutnya ialah tari kecak. Tari kecak berasal dari Bali. Di dalam tarian tersebut terdapat cerita Ramayana sebagai tokoh pewayangan. Tari Kecak biasanya ditampilkan ketika upacara keagamaan sehingga dapat dinamakan dengan tari Sanghyang. Biasanya jumlah penari yang memainkan tari Kecak mencapai 70 orang dan dilakukan dengan bentuk barisan yang melingkar. Tarian ini memiliki keunikan pada pembakaran para penari menggunakan api, namun penari tersebut tidak terbakar dan tetap kebal terhadap api. Di sepanjang pelaksanaan tarian Kecak terdapat kata cak cak cak yang diteriakkan oleh para penari laki laki. Maka dari itulah nama tarian daerah Bali ini bernama tari kecak.

Tari Jaipong (Jawa Barat)

Nama Nama Tarian Daerah di Indonesia Beserta Gambarnya
Gambar Tari Jaipong

Nama tarian daerah Indonesia selanjutnya ialah tari Jaipong. Tari Jaipong berasal dari Jawa Barat. Tarian ini adalah bentuk gerakan kepuk tilu, pencak silat, wayang golek dan sebagainya yang melebur. Di daerah Jawa Barat terdapat ikon kesenian yang berupa tari Jaipong ini. Pada tahun 1976, H. Suanda menciptakan Jaipong di Karawang Jawa Barat. Pertunjukkan tarian daerah ini digunakan sebagai bentuk penyambutan kedatangan tamu mancanegara yang hadir di Jawa Barat. Tari Jaipong memiliki bentuk gerakan yang vulgar dan erotis. Bahkan di awal kemunculannya terdapat perbincangan hangat terkait gerakan tari tersebut.

Baca juga : Macam Macam Tari Tradisional Jawa Timur Beserta Gambarnya

Tari Piring (Sumatera Barat)

Nama tarian daerah di Indonesia selanjutnya ialah tari piring. Jenis tarian daerah Sumatera Barat ini memiliki gerakan yang menggunakan properti piring sehingga namanya menjadi tari piring. Pelaksanaan tari piring pada zaman dahulu ialah laki laki ,sedangkan perempuan bertugas untuk membawa bentuk rasa syukur atas melimpahnya panen kepada para dewa yang berupa sesembahan. Tari piring memiliki keunikan yang berada pada gerakan penari menggunakan piring yang indah, cepat dan atraktif. Bahkan piring tersebut tidak terjatuh sama sekali dari tangan mereka.

Nama Nama Tarian Daerah di Indonesia Beserta Gambarnya
Gambar Tari Piring

Tari piring merupakan salah satu nama tarian daerah Indonesia yang koreografi gerakannya menggunakan piring ditangannya. Ketika melakukan gerakan tersebut, piring tidak akan terjatuh atau terlepas dari tangan. Saat alat musik saloang dan talempong dibunyikan maka para penari akan melakukan gerakan sesuai dengan koreografinya.

Tari Pendet (Bali)

Nama tarian daerah di Indonesia selanjutnya ialah tari pendet. Asal tari pendet ialah dari Pulau Dewata, Bali. Jenis tarian ini cukup terkenal sebagai kesenian tradisional Bali. Penampilan tari pendet biasanya dalam acara penyambutan tamu besar atau acara kebudayaan tertentu. Tari pendet pada awalnya termasuk dalam unsur upacara Piodala di tempat suci keluarga atau Pura. Hal ini dikarenakan tarian tersebut digunakan sebagai simbol masyarakat Bali atas bersyukurnya para dewata dari kahyangan yang turun sehingga disambut dengan tarian tersebut.

Nama Nama Tarian Daerah di Indonesia Beserta Gambarnya
Gambar Tari Pendet

Tari pendet merupakan salah satu nama tarian daerah Indonesia yang memiliki gerakan indah dan komplit. Hampir semua bagian tubuh melakukan gerakan tarian pendet, mulai dari jari, badan, tangan, mimik muka, maupun gerakan mata (gerakan eksresif). Untuk itulah jenis tarian adat Bali tersebut menarik perhatian wisatanan lokal maupun Internasional.

Tari Reog Ponorogo (Jawa Timur)

Nama tarian daerah di Indonesia selanjutnya ialah tari reog ponorogo. Asal tarian ini ialah dari Ponorogo, Jawa Timur. Reog ponorogo memiliki alur cerita yang resmi yaitu niatan raja Ponorogo yang ingin melamar Dewi Ragil Kuning (putri Kediri). Tetapi diperjalanan sang raja dihadang oleh raja kerajaan Kediri yang bernama raja Singaborang. Raja tersebut memiliki pasukan yang berupa singa dan merak. Sedangkan Ponorogoo mempunyai raja Kelono dan Warok sebagai wakil Anom.

Nama Nama Tarian Daerah di Indonesia Beserta Gambarnya
Gambar Tari Reog Ponorogo

Tari Reog Ponorogo pada intinya bercerita tentang perang kerajaan Ponorogo dengan kerajaan Kediri melalui ilmu hitam yang diadu oleh keduanya. Hal ini terlhat ketika tarian dipentaskan maka akan ada beberapa penari yang kerasukan. Reog ponorogo biasanya dipertunjukan dalam acara khitanan, pernikahan mapun hari besar Nasional. Reog ini ditampilkan dengan tarian pembukaan yang terdiri dari 2 – 3 rangkaian. Setiap tarian pertamanya terdapat 6 – 8 orang laki laki dengan menggunakan pakaian hitam sebagai simbol pemberani bagi pasukan singa. Selain itu adapula 6 – 8 perempuan yang memainkan tarian kedua, dimana menggunakan properti kuda lumping yang dinaiki.

Tarian Daerah Indonesia Lainnya

Sejak zaman dahulu, para nenek moyang kita telah mewariskan berbagai bentuk kebudayaan yang bertahan sampai sekarang. Seperti halnya tarian daerah ini yang wajib kita lestarikan dann pelajari sebagai bentuk budaya tradisional. Di bawah ini terdapat beberapa nama tarian daerah di indonesia lainnya yaitu sebagai berikut:

  • Aceh Darussalam memiliki beberapa nama tarian daerah Indonesia seperti tari Seudati, tari Saman Meuseukat, tari Pukat, tari Rampai, tari Ratoh Duek, tari Ula Ula Lembing, tari Laweut, tari Likok Pulo, tari Rapa’i Geleng, tari Rateb Meuseukat, tari Rabbani Wahed, dan tari Ranup lam Puan.
  • Bali memiliki beberapa nama tarian tradisional seperti tari Kecak, tari Legong, tari Arje, tari Cendrawasih, tari Trunajaya, tari Barong, tari Pendet, tari Baris, tari Panji Semirang, tari Puspanjali, tari Margapati, tari Wirayudha, tari Gopala, tari Topeng, tari Condong, dan tari Janger.
  • Bangka Belitung memiliki beberapa nama tarian daerah di Indonesia seperti tari Sekapur Sirih, tari Campak, tari Sepen, tari Beripat, tari Pendulang Timah, tari Men Sahang Lah Mirah, dan tari Gi Ke Aik.
  • Bengkulu memiliki beberapa nama tarian tradisional seperti tari Andun, tari Bidadari Teminang Anak, tari Tombak Kerbau, tari Putri Gading Cempaka, tari Pukek, tari Kejei, dan tari Penyambutan.

Baca juga : Pengertian Musik Ansambel, Jenis dan Contoh Lengkap

  • Banten memiliki beberapa nama tarian daerah Indonesia seperti tari Dzikir Saman, tari Katuran, tari Gitik Cokek, tari Bedug Warnane, tari Gitek Ganjen, tari Walijamaliha, tari Grebeg Terbang Gede, tari Bendrong Lesung, dan tari Bentang Banten.
  • DKI Jakarta memiliki beberapa nama tarian daerah di Indonesia seperti tari Yapong, tari Topeng, tari Sembah, tari Sirih Kuning, tari Lenggang Nyai, tari Cokek, dan tari Japin Betawi. 
  • Bali memiliki beberapa nama tarian adat seperti tari Dana Dana, tari Elengge, tari Tanam Padi, tari Sabe, tari Modepito/Mopohuloo, tari Saronde, tari Langga, dan tari Tulude.
  • Jambi memiliki beberapa nama tarian daerah Indonesia seperti tari Sekapur Sirih, tari Rangguk, tari Selampit Delapan, tari Tauh, tari Inai, tari Sekato, tari Nitih Mahligai, tari Liang Asak, tari Serengkuh Dayung, tari Rentak Kudo, dan tari Kisan.
  • Jawa Barat memiliki beberapa nama tarian daerah di Indonesia seperti tari Merak, tari Topeng Kuncaran, tari Jaipong, tari Ketuk Tilu, tari Wayang, tari Buyung, tari Keurseus, tari Ronggeng Bugis, dan tari Sampiung.
  • Jawa Tengah memiliki beberapa nama tarian tradisional seperti tari Serimpi, tari Bambangan Cakil, tari Kendalen, tari Kethek Ogleng, tari Sintren, tari Jlantur, tari Langen Asmara, tari Driasmara, tari Bondan Payung, tari Bedhaya, tari Gambyong, tari Beksan Wireng, tari Kuda Lumping, tari Jathilan, tari Prawiroguno, tari Kumbang, tari Merak,tari  Angsa, dan tari Wira Pertiwi.
  • Jawa Timur memiliki beberapa nama tarian daerah Indonesia seperti tari Remo/Remong, tari Jejer, tari Tanduk Majeng, tari Reog Kendang, tari Glipang, tari Gandrung Banyuwangi, tari Reog Ponorogo, tari Jaranan Buto, tari Gambu/Gembu, tari Beskalan, dan tari Sri Panganti.
  • Sumatera Barat memiliki beberapa nama tarian daerah di Indonesia seperti tari Piring, Payung, Tabuik, Alang Babega Minangkabau, Ambek Ambek Koto Anau, Barabah, Gelombang, Indang Badindin, Kain Paisia Selatan, Kiek Gadih Minang, Lilin, Paten, Pasambahan Minang, Piring Kubu Durian Padang, Rancak Minangkabau, Rancak Di Nan Jombang, Randai, Sabalah Sumatera Barat, Sinar Riau, Tempurung, dan Tudung Saji Minangkabau.
  • Sumatera Selatan memiliki beberapa nama tarian tradisional seperti tari Tanggal, Putri Bekhusek, Nindai (Madik), Tenun Songket, Rodat Cempako, Mejeng Basuko, Tanggai, Gending Sriwijaya, Sebimbing Sekundang, Pagar Pengantin, Kebagh, dan Putri Bekhusek.
  • Sumatera Utara memiliki beberapa nama tarian daerah Indonesia seperti tari Serampang Dua Belas, Tor Tor, Manduda, Baluse, Kuda Kuda, Gundala Gundala, Mulih Mulih, Baka, Begu Delleng, Muncang, Piso Surit, Endeng Endeng, Tortor Naposo Bulung, Guro Guro Aron Terang Bulan, Toping Toping, Haroan Bolon, Manduda, Tatak Menapu Kopi, Tatak Garo Garo, Dembas Simanguda, Tatak Muat Page,Tatak Renggisa, Balanse Madam, Perang, Maena, Moyo, dan Serampang Dua Belas.
  • Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki beberapa nama tarian daerah di Indonesia seperti tari Serimpi Sangupati, Bedaya, Merak, Lawung Ageng, Rara Ngigel, Kumbang Yogyakarta, Beksan Srikandi Suradewati, Klono Rojo Yogyakarta, Arjuna Wiwaha, Golek Sulung Dayung Yogyakarta, dan tari Angguk.

Sekian beberapa nama tarian daerah di Indonesia beserta gambarnya yang dapat saya bagikan. Setiap daerah di Indonesia pada dasarnya memiliki tarian adat atau tarian tradisional yang berbeda beda. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia memiliki kebudayaan yang banyak dan beragam. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *