Pengertian Kingdom Protista, Ciri Ciri, Klasifikasi dan Contohnya

Pengertian Kingdom Protista, Ciri Ciri, Klasifikasi dan Contohnya - Klasifikasi kingdom dalam ilmu Sains dapat dibagi menjadi dua yaitu kingdom monera dan kingdom protista. Kedua kingdom ini memiliki pengertian, ciri ciri, klasifikasi dan contoh yang berbeda. Seperti halnya definisi kingdom protista, ciri ciri kingdom protista, klasifikasi kingdom protista, dan contoh kingdom protista. Protista dapat diartikan sebagai organisme eukariot yang paling sederhana dan pertama. Adapula yang menyebutkan protista sebagai organisme eukariotik yang memiliki membran inti sel, tetapi tidak termasuk dalam kategori kingdom plantae (tumbuhan), fungi (jamur), ataupun animalia (hewan).
Materi lengkap yang membahas kingdom protista yang ada di sekitar kita
Klasifikasi kingdom protista dan contoh kingdom protista
Seperti yang telah kita ketahui bahwa protista dikaitkan sebagai sebuah takson dengan keberagaman anggota di dalamnya. Anggota kingdom protista sendiri tidak termasuk kategori prokariot, tumbuhan, hewan, ataupun jamur. Namun kingdom protista memiliki anggota yang berupa eukariotik, organel dengan membran yang mengelilinginya dan memiliki inti lebih jelas. Terjadinya respirasi pada kingdom ini berlangsung secara aerobic. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian kingdom protista, ciri ciri kingdom protista, klasifikasi kingdom protista dan contoh kingdom protista. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Kingdom Protista, Ciri Ciri, Klasifikasi dan Contohnya

Jika kita masih duduk di bangku smp dan SMA tentu tidak akan asing lagi jika mendengar klasifikasi kingdom. Materi kingdom ini sangatlah luas mengigat jenis kingdom ada banyak sekali. Kingdom protista adalah satu diantaranya yang wajib untuk kita pelajari. Pada dasarnya kita bisa menemukan materi ini di berbagai media baik cetak maupun online.

Kingdom protista dapat dibagi menjadi organisme tingkat rendah yang terdiri dari ganggang, jamur lender, protozoa dan jamur air. Meski begitu klasifikasi dalam kingdom protista berupa seluruh organisme Uniseluler, tetapi karena kategori ganggang ada yang multiseluler maka mengakibatkan terbelahnya kelompok ganggang. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai definisi kingdom protista, ciri ciri kingdom protista, klasifikasi kingdom protista, dan contoh kingdom protista yaitu sebagai berikut.

Pengertian Kingdom Protista

Seperti yang kita ketahui bahwa kita hidup dalam sebuah ekosistem yang seimbang. Keseimbangan tersebut tercipta karena peran serta semua komponen yang ada didalamnya. Meskipun kita hidup berdampingan dengan komponen ekosistem lain namun kita sendiri tidak pernah menyadari hadirnya kingdom protista ini dalam kehidupan.

Mengapa demikian? tentu saja karena makhluk dari kingdom protista sangatlah kecil dan terkadang kita mengklasifikasikannya menjadi makhluk lain. Kingdom protista sendiri bisa menyerupai serangga kecil maupun tumbuhan sekalipun. Sangat penting mempelajari materi kingdom protista ini jika kita masih duduk di bangku sekolah. hal ini disebabkan karena pengertian kingdom protista, klasfikasi dan contoh kingdom protista dijadikan sebagai soal ujian.
Baca juga: Pengertian Basa Kuat dan Basa Lemah Beserta Contohnya Lengkap
Definisi kingdom protista ialah kingdom yang mempunyai sel tunggal, banyak sel atau satu sel dan termasuk organisme eukariot (mempunyai membran inti). Protista terdiri dari beberapa kelompok bagian seperti ganggang (serupa dengan tumbuhan), serupa dengan jamur, dan protozoa (serupa dengan hewan). Untuk melindungi tubuh kingdom protista dari cuaca kering, maka tempat hidup kingdom ini berada di dalam air karena tidak mempunyai pelindung. Selain itu kingdom protista juga dapat diartikan sebagai susunan kingdom yang terdiri dari satu sel dan paling sederhana. Meski begitu pengelompokannya juga termasuk dalam organisme multiseluler, walaupun dibandingan dengan organisme lainnya masih sangat sederhana.

Ciri Ciri Kingdom Protista

Seperti yang sudah saya utarakan sebelumnya bahwa terdapat berbagai jenis kingdom di dalam kehidupan. Setiap kingdom memiliki klasifikasi dan ciri ciri tersendiri antara satu dengan lainnya. Begitu juga dengan kingdom protista yang memiliki ciri khusus untuk membedakannya dengan kingdom lain. Setelah membahas tentang pengertian kingdom protista, selanjutnya saya akan menjelaskan tentang ciri ciri kingdom protista. Kingdom protista memiliki beberapa ciri ciri seperti di bawah ini:

Memiliki Ukuran Makroskopis dan Mikroskopis
Salah satu ciri utama dari semua kingdom baik itu protista, monera dan lain sebagainya terletak pada ukuran. Ukuran makroskopis pada kingdom protista memiliki panjang sekitar 60 meter atau lebih. Sedangkan untuk ukuran mikroskopisnya mencapai 5 μm - 3 mm panjang organismenya. Hal inilah yang membuat keberadaan kigdom protista sangat sulit untuk disadari. Bahkan untuk melihatnya pun kita harus menggunakan microscope ataupun kata mata mikroskopik.

Biasanya Uniseluler
Ciri ciri kingdom protista selanjutya ialah memiliki susunan uniseluler atau satu sel. Namun adapula kingdom protista yang memiliki sel banyak atau multiseluler. Kingdom protista yang multiseluler (banyak sel) menurut penelitian akan membentuk koloni atau hidup secara berkelompok.

Tipe Sel Eukariotik
Dalam pengertian kingdom protista di atas dijelaskan bahwa kindom ini termasuk dalam kategori sel eukariotik. Protista dapat dinamakan dengan sel eukariotik karena mempunyai membran inti. Meski mempunyai membran inti, tetapi masih tergolong dalam organisme paling sederhana (prokariotik) dan lebih kompleks dalam hal fungsi, ekologi, struktur dan tingkah lakunya daripada Eubacteria maupun Archaebacteria.

Hidupnya Simbiosis atau Bebas
Ciri ciri kingdom protista selanjutnya ialah memiliki hidup yang simbiosis (saling menguntungkan) ataupun bebas. Meski begitu kingdom protista adapula yang sifatnya parasitisme terhadap organisme lain sehingga disekitarnya banyak menyebabkan penyakit.

Habitatnya di Tempat Lembab
Tempat hidup protista berada di lingkungan lembab ataupun di dalam air. Protista dapat hidup di laut dengan banyak kadar garamnya maupun di air tawar. Sebagian besar protista yang tempat hidupnya di laut akan bertindak sebagai kontributor utama yang menyediakan energi jaring dalam makanan seperti fitoplankton.

Sifatnya Anaerob dan Aerob
Ciri ciri kingdom protista selanjutnya ialah memiliki sifat anaerob dan aerob. Sifat aerob pada kingdom protista disini maksudnya proses respirasinya membutuhkan oksigen karena tempatnya berada di mitokondria. Sedangkan sifat anaerob pada kingdom protista tersebut maknanya proses respirasinya tidak membutuhkan oksigen karena melakukan simbiosis dengan bakteri aerob.

Sifatnya Heterotrof
Makanan yang diperoleh protista berasal dari molekul organis yang diabsorsi sehingga sifatnya heterotrof. Namun adapula protista yang memmpunyai tempat penangkapan energi matahari berupa kloroplas sehingga sifatnya fotoautotrof.

Sifatnya Motil
Ciri ciri kingdom protista selanjutnya ialah memiliki sifat motil. Alat gerak yang dimiliki oleh sebagian protista dapat berupa rambut getar (silia), kaki semu (pseudopodia), dan bulu cambuk (flagel). Untuk itu kingdom protisnya dapat dinamakan dengan motil yang gerakannya bebas.

Klasifikasi Kingdom Protista

Setelah membahas tentang pengertian kingdom protista dan ciri ciri kingdom protista di atas. Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang klasifikasi kingdom protista. Kingdom protista dapat diklasifikasikan menjadi beberapa bentuk seperti menyerupai jamur, menyerupai hewan dan menyerupai tumbuhan. Berikut penjelasan selengkapnya:

Menyerupai Hewan (Protozoa)
Klasifikasi dalam kingdom protista yang pertama menyerupai hewan. Protista yang hampir sama dengan hewan dinamakan dengan protozoa. Pengertian protozoa ialah organisme yang ketika ukurannya mikroskopis pada umumnya memiliki sel. Cara berkembangbiak jenis protista tersebut dilakukan secara asseksual maupun seksual. Selain itu gerakan pada protista menyerupai hewan ini juga lebih aktif. Protozoa dapat dibagi menjadi 4 kelas menurut filum protozoa (alat geraknya) seperti Ciliata (bulu getar), sporozoa (tidak mempunyai alat gerak yang khusus), Rhizopoda (kaki semu), dan Flagellata (bulu cambuk). Adapun gambar contoh kingdom protistanya yaitu sebagai berikut:
Contoh kingdom protista menyerupai hewan
Meskipun contoh kingdom protista diatas diklaim menyerupai hewan namun tidak berarti memiliki bentuk sama seperti hewan. Kenyataanya untuk melihat makhluk diatas kita harus menggunakan microscope dan melakukan microzoom. Keberadaanya pun juga tidak menentu karena lingkungan hidupnya dipengaruhi oleh bebera faktor seperti suhu, tingkah kelembapan, dan kadar air.

Menyerupai Tumbuhan (Algae)
Klasifikasi kingdom protista selanjutnya menyerupai tumbuhan. Protista yang hampir sama dengan tumbuhan dikategorikan dalam kelompok fotosintetik. Susunan algae terdiri dari koloni yang tubuhnya berbentuk multiseluler dan bersel satu. Hal ini tercantum dalam pengertian kingdom protista di atas. Selain itu kingdom protista yang menyerupai tumbuhan juga mempunyai klorofil. Berdasarkan pigmen dominannya, algae dapat dikelompokkan menjadi beberapa kelas seperti Alga Emas (Chrysophyta), Alga Merah (Rhodophyta), Alga Hijau (Cholophyta), dan Alga Coklat (Phaeophyta). Adapun gambar contoh kingdom protistanya yaitu sebagai berikut:
Contoh kingdom protista menyerupai tumbuhan
Klasifikasi kingdom protista diatas diklaim menyerupai tumbuhan karena memiliki klorofil layaknya tumbuhan asli. Selain itu jika dizoom menggunakan microscope maka akan terlihat mereka memiliki warna kehijauan yang mirip dengan tumbuhan atau algae. Adapun satu lagi contoh kingdom protista lain yang hampir sama dengan diatas adalah protista mirip jamur.

Menyerupai Jamur
Klasifikasi kingdom protista selanjutnya menyerupai jamur. Jamur protistanya sendiri dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu Myxomycota (Jamur Lendir) dan Oomycota (Jamur Air), meskipun bukan termasuk jamur sejati. Bentuk jamur ini hampir sama dengan jamur berfilamen atau sporangia seperti hifa. Warna jamur tersebut ialah putih, berlendir, dan kuning. Adapun gambar contoh kingdom protistanya yaitu sebagai berikut:
Contoh kingdom protista menyerupai jamur
Spesies fungi (jamur) memang sangat berbeda dengan tumbuhan pada umumnya. Jika tumbuhan memiliki klorofil untuk menghasilnya makanan sendiri berbeda dengan jamur. Jika membicarakan tentang jamur yang ada di benak kita tentu adalah tumbuhan parasit. Padalah contoh protista diatas bukanlah parasit layaknya jamur. Protista diatas diklaim memiliki cara memproduksi makanan sendiri tanpa klorofil.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian kingdom protista, ciri ciri kingdom protista, klasifikasi kingdom protista dan contoh kingdom protista. Kingdom protista merupakan susunan kingdom yang terdiri dari satu sel dan paling sederhana. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi kingdom protista di atas.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon