Pengertian Pidato Persuasif, Tujuan, Struktur dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Pidato Persuasif, Tujuan, Struktur dan Contohnya – Siapa yang tidak mengenal tentang istilah pidato. Pidato sendiri dapat disampaikan dalam lingkungan masyarakat maupun sekolah. Bahkan pidato sering digunakan dalam berbagai acara. Lalu apa yang dimaksud pidato persuasif itu? Apa tujuan pidato persuasif? Apa saja struktur pidato persuasif itu? Bagaimana contoh pidato persuasif? Pada umumnya dalam pidato terdapat beberapa bagian seperti sambutan, isi dan penutup pidatonya. Di setiap bagian memiliki makna yang berbeda beda.

Pidato Persuasif

Ajakan atau tindakan persuasif dapat dilakukan melalui berbagai cara. Salah satunya adalah dengan berbicara di depan umum lewat pidato. Terdapat banyak sekali contoh pidato persuasif yang sifatnya mengajak pendengar atau membelokan persepsi pendengar agar sama seperti orang yang sedang berpidato. Tema pidato persuasif sendiri juga beragam mulai dari politik, pendidikan, kesehatan, hingga menyangkut hal umum lainnya.

Sedangkan pidato itu sendiri merupakan sebuah kegiatan di depan umum untuk berbicara mengungkapkan pendapat, mengajak orang banyak agar melakukan atau berbuat sesuatu dan menyampaikan gambaran terkait sesuatu hal. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian pidato persuasif, tujuan pidato persuasif, struktur pidato persuasif, dan contoh pidato persuasif lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Pidato Persuasif, Tujuan, Struktur dan Contohnya

Definisi pidato persuasif ialah jenis pidato yang berguna untuk membujuk atau mengajak, menarik perhatian dan mempengaruhi para pendengarnya sehingga mereka dapat mengambil tindakan dan yakin bahwa apa yang dilakukannya sama seperti tujuan pidatonya. Dengan kata lain pidato persuasif dibuat dengan berlandaskan pada tujuannya. Pidato persuasif memiliki isi yang disesuaikan dengan argumentasi logis, bisa dipertanggungjawabkan, nalar dan masuk akal. Pidato persuasif juga memiliki sifat menghimbau dan mengajak masyarakat untuk menjalankan hal hal dalam kehidupan yang lebih bermanfaat.

Baca juga : 6+ Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Indonesia Singkat Terbaik

Selain itu adapula pengertian pidato persuasif yakni salah satu cara menggerakkan masyarakat secara efektif sehingga tindakannya dapat dilakukan lebih kreatif dan baik. Pidato persuasif sering ditemukan dalam acara acara tertentu di kalangan umum. Namun dalam pelaksanaan pidato sendiri terdapat kata kata lucu atau lelucon yang diselipkan agar para pendengarnya tidak bosan. Maka dari itu para pendengar dapat menerima dan memahami informasi dengan mudah. 

Pada dasarnya untuk memahami pidato persuasi sangatlah mudah bahkan setiap orang yang mendengarnya pun bisa menentukan bahwa pidato tersebut bersifat persuasif. Lantas bagaimana caranya? Jika isi dari pidato itu adalah ajakan untuk melakukan suatu hal bisa dikatakan jika itu adalah pidato persuasif yang kita dengarkan. Jika digunakan dengan benar maka jenis pidato yang satu ini bisa merubah persepsi dan mempengaruhi pikiran pendengarnya menuju hal yang lebih baik.

Tujuan Pidato Persuasif

Setiap hal yang dilakukan ketika berpidato biasanya memiliki tujuan yang baik. Begitu juga dengan pidato persuasi yang sedang kita bahas saat ini. Setelah membahas tentang pengertian pidato persuasif, selanjutnya saya akan menjelaskan tentang tujuan pidato persuasif. Pidato persuasif ini pada dasarnya memiliki tujuan umum seperti untuk mengubah, menguatkan dan membentuk tanggapan.

Sebenarnya baik pengertian, tujuan maupun struktur pidato persuasif bisa dengan mudah kita temukan pada buku pegangan siswa. Materi tentang pidato yang bersifat mengajak ini pun juga telah dibahas berkali kali pada mata pelajaran bahasa indonesia. Hal tersebut sejalan dengan kurikulum K13 yang saat ini diterapkan dalam pendidikan di Indonesia.

Nah pada intinya tujuan dari pidato persuasif ini adalah mengajak pendengarnya untuk melakukan hal sesuai dengan isi pidato tersebut. Inti dari pidato bisa berisi ajakan action ataupun hanya sekedar membelokan pemikiran pendengar agar sejalan dengan orang yang sedang berpidato. Cukup mudah bukan cara membedakan pidato persuasi dengan jenis pidato biasa pada umumnya?

Struktur Pidato Persuasif

Setiap materi dalam pelajaran bahasa indonesia pasti memiliki sebuah dasar. Baik itu materi teks, cerpen, bahkan pidato sekalipun. Struktur, pola kalimat, dan kerangka merupakan hal yang lumrah ditemui dalam pembuatan suatu pidato. Sama halnya dengan pidato persuasif yang sedang kita bahas. Dalam pembuatan pidato persuasi pada dasarnya harus memperhatikan beberapa struktur di dalamnya. Adapun kerangka atau struktur pidato persuasif yaitu meliputi:

  • Salam Pembuka.
  • Pendahuluan yang isinya gambaran umum mengenai isi pidato.
  • Isi Pidato yang berisi rencana, langkah langkah atau tindakan, sasaran, tujuan dan maksud.
  • Penutup yang isinya harapan dan kesimpulan.
  • Salam Penutup.

Nah itulah struktur pidato ajakan yang mayoritas digunakan hingga saat ini. Lantas apakah ada contoh konkrit dari pidato persuasif tersebut? tentu saja ada. Untuk melihat contohnya silahkan simak pada penjelasan bagian selanjutnya.

Contoh Pidato Persuasif

Sebenarnya terdapat banyak contoh pidato ajakan yang ada baik dilingkungan umum maupun lingkungan sekolah. Pernahkah kita mendegarkan amanat (nasehat) dari kepala sekolah ketika upacara bendera? tentu saja pernah. hal ini bisa menjadi contoh pidato persuasi yang paling simple di lingkungan sekolahan.

Setelah membahas tentang pengertian pidato persuasif, tujuan pidato persuasif dan struktur pidato persuasif di atas. Selanjutnya saya akan membagikan contoh pidato persuasifnya. Berikut contoh pidatonya yaitu:

Baca juga : Kata Sapaan (Pengertian, Jenis Jenis dan Contohnya)

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh…
Pertama tama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadit Tuhan Yang Maha Esa karena kita dapat berkumpul disini dengan sehat walafiat berkat rahmat dari-Nya. Kemudian tidak lupa sholawat dan salam kita haturkan kepada Nabi Muhamma SAW karena di hari akhir nanti kita akan menantikan syafaatnya.

Kepada yang terhormat kepala perusahaan Sekar Makmur…

Kepada yang terhormat para karyawan karyawan Sekar Makmur sekalian…

Tidak lupa saya ucapkan terimakasih kepada para panitia penyelenggara acara ini sehingga dapat berjalan dengan lancar dan baik.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa suksesnya sebuah perusahaan tentunya tidak terlepas dari masa masa awal atau titik nol bermulanya perusahaan tersebut. Kebanyakan seorang pengusaha yang sukses pada umumnya memiliki mimpi besar meskipun latar belakangnya tidak mampu atau susah dalam kehidupannya. Selain itu latar belakang kebanyakan pengusaha sukses dan besar memiliki pendidikan yang tidak terlalu tinggi, contohnya lulusan SD. Seperti halnya pengusaha sukses dari Jawa Timur yang bernama Pak Kusnandar ini. Beliau dapat mengembangkan usaha pembuatan Televisi dalam lingkup Nasional meskipun hanya berlatar belakang pendidikan sekolah dasar. Namun cita cita Pak Kusnandar dapat tercapai karena memiliki semangat juang dan etos kerja yang tinggi.

Sebuah pekerjaan dapat diperoleh dengan baik tidak hanya berlandaskan pada pendidikan yang tinggi, namub semua itu juga harus diimbangi dengan semangat juang dan etos kerja tinggi pula. Walaupun tidak memiliki latar belakang tinggi, namun orang orang yang dipekerjakan kebanyakan mempunyai pendidikan tinggi. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa sebagai generasi mudah kita dapat mewujudkan mimpi setinggi mungkin karena banyak kesempatan yang selebar lebarnya.
Billahitaufiq wal hidayah, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh…

Sekian penjelasan mengenai pengertian pidato persuasif, tujuan pidato persuasif, struktur pidato persuasif, dan contoh pidato persuasif lengkap. Pidato persuasif dapat diartikan sebagai salah satu jenis pidato yang berguna untuk membujuk atau mengajak, menarik perhatian dan mempengaruhi para pendengarnya sehingga mereka dapat mengambil tindakan dan yakin bahwa apa yang dilakukannya sama seperti tujuan pidatonya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *