Pengertian Seni Rupa Murni, Fungsi, dan Contoh Lengkap

Diposting pada

Pengertian Seni Rupa Murni, Fungsi, dan Contoh Lengkap – Seni rupa murni diciptakan tanpa memperhatikan segi kegunaan dan fungsi sehingga terkesan bebas, namun lebih memfokuskan pada segi estetika atau keindahannya. Lantas apa definisi seni rupa murni itu? Apa fungsi seni rupa murni? Apa saja contoh seni rupa murni? Seni sendiri diartikan sebagai karya lukisan seseorang yang digunakan untuk mengungkapkan ekspresi. Sedangkan definisi rupa ialah bentuk yang mempunyai volume atau kedalaman isi. Untuk itu seni rupa murni dapat diartikan sebagai cabang seni yang menghasilkan karya dari penangkapan media melalui rabaan dan mata.

Pengertian Seni Rupa Murni, Fungsi, dan Contoh Lengkap
Pembuatan Seni Rupa Murni

Dalam konteks kehidupan sehari hari tentu kita sering mendengar istilah seni baik itu seni rupa murni maupun terapan. Karena dianggap penting untuk mempelajarinya materi seni rupa murni tersebut hingga ditetapkan dalam silabus pendidikan dan menjadi salah satu materi yang muncul dalam soal ujian. Sayangnya tidak semua orang mengerti betul apa itu seni rupa murni dan contoh seni rupa murni dalam kehidupan sehari hari.

Dalam seni rupa tersebut terdapat hasil karya yang berasal dari pengolahan garis, bentuk, warna, pencahayaan, titik, bidang, tekstur, dan volume dengan berdasar pada nilai estetika. Seni rupa dapat dibagi menjadi beberapa jenis secara umum yaitu seni rupa murni, seni desain dan seni kriya. Seni murni cenderung merujuk pada karya yang tujuannya untuk ekspresi pribadi saja. Sedangkan untuk seni desain dan kriya merujuk pada kemudahan dan fungsi produksinya. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian seni rupa murni, fungsi seni rupa murni, dan contoh seni rupa murni.

Pengertian Seni Rupa Murni, Fungsi, dan Contoh Lengkap

Kesenian khususnya seni rupa merupakan sebuah elemen yang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat dan pendidikan Indonesia. Hadirnya seni rupa memberikan arti tersendiri bagi para penikmat kesenian untuk melihat benda dari sudut pandang yang lain. Untuk bisa memahami makna dari seni rupa sendiri kita harus mengerti benar pengertian seni rupa murni beserta dengan contoh seni rupa murni dan segala fungsinya. Dengan demikian barulah kita bisa memaknai pentingnya seni rupa murni tersebut dalam kehidupan sehari hari.

Baca juga : Kerajinan Bahan Keras (Teknik, Tahap Pembuatan, dan Contohnya)

Lantas apa sebenarnya yang dimaksud seni rupa murni tersebut? apakah ada bedanya dengan seni rupa ataupun kesenian lain yang diajarkan di sekolah? tentu saja ada. Dalam artikel kali ini kita akan membahas lebih dalam tentang pengertian dan contoh seni rupa murni yang ada di tengah tengah masyarakat. Materi seni rupa sebenarnya juga dapat dengan mudah kita temukan dalam buku pegangan siswa jika kita rajin membacanya.

Namun seiring berkembangnya teknologi kita bisa menemukan materi seni rupa murni tersebut di berbagai media online baik itu blog pendidikan, youtube, hingga situs penyedia matari belajar. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan yang mencakup pengertian, fungsi, dan contoh seni rupa bersifat murni di bawah.

Pengertian Seni Rupa Murni

Siapa yang tidak mengenal seni rupa, pelajaran yang dikenal santai ini tentu memiliki berbagai manfaat dan fungsi. Salah satunya adalah untuk menentramkan jiwa pelaku seni itu sendiri. Sayangnya banyak orang yang salah memaknai keberadaan dan pentingnya seni itu sendiri. Di mata orang awam bentuk dari seni rupa murni hanyalah sebuah gambar seperti pada umumnya. Padahal anggapan ini salah besar dan perlu untuk dikoreksi.

Pengertian seni rupa murni adalah cabang seni rupa yang menciptakan sebuah karya untuk sekedar ekspresi jiwa seperti lukisan sehingga cenderung berfokus pada segi keindahan untuk dinikmati. Pembuatan seni rupa murni ini tidak terlalu mempertimbangkan nilai praktis di dalamnya sehingga cenderung mengutamakan nilai estetis atau keindahannya saja. Dalam pembuatannya terdapat nilai keindahan dari seni rupa murni yang cukup tinggi. Untuk itu seni rupa murni ini banyak digunakan sebagai hiasan atau pajangan kantor atau rumah.

Hadirnya seni rupa murni di tengah tengah masyarakat tentu memberikan kesan yang positif. Karena merupakan ekspresi jiwa yang difokuskan pada keindahan tentu karya ini dapat kita nikmati. Jika orang yang memiliki jiwa seni tinggi maka dengan melihatnya saja sudah bisa terpancar ekspresi dari si pencipta seni tersebut.

Fungsi Seni Rupa Murni

Setelah membahas tentang pengertian seni rupa murni, selanjutnya saya akan menjelaskan tentang fungsi seni rupa murni. Seni rupa ini berfungsi sebagai pajangan atau hiasan saja. Hal ini dikarenakan seni rupa murni lebih mengutamakan segi keindahan saja sehingga hanya dapat dinikmati tetapi tidak dapat digunakan sebagai alat dalam mempermudah kehidupan sehari hari.

Jarang juga hasil karya seni rupa murni dijual di pasaran karena sifatnya hanya sebagai ekspresi jiwa dari si pembuat. Tentunya jika kita memiliki jiwa seni tinggi tidak akan semudah itu menjual karya yang merupakan ekspresi diri sendiri. Namun tidak jarang juga kita menemukan karya seni rupa dijual atau dipamerkan begitu saja.

Contoh Seni Rupa Murni

Apakah seni rupa murni harus selalu berbentu gambar dan lukisan? tentu saja tidak. Sejatinya seni rupa adalah sebuah karya yang bisa dinikmati keindahannya melalui mata. Jadi produk dan karya seni rupa murni bisa berbentuk ukiran patung, lukisan, gambar. relief, dan lain sebagainya. Selanjutnya saya akan membahas tentang contoh seni rupa murni. Adapun beberapa contoh dari seni rupa murni yaitu sebagai berikut:

Relief
Contoh seni murni yang pertama ialah relief. Pengertian relief ialah lukisan atau gambar yang penampilannya berbentuk trimata atau tiga dimensi dan dwimata atau dua dimensi di atas bidang. Biasanya relief berada di candi candi maupun di tugu peringatan. Isi dari relief ini pada umumnya berupa nilai sejarah dan diaroma yang cukup tinggi.

Pengertian Seni Rupa Murni, Fungsi, dan Contoh Lengkap
Gambar Seni Rupa Murni (Relief)

Patung
Contoh seni rupa murni selanjutnya ialah patung. Pengertian seni rupa murni berbentuk patung ialah karya seni rupa sebagai bentuk ekspresi jiwa manusia. Bentuk patung yang dibuat oleh seseorang biasanya menyerupai visual tiga dimens. Pembuatan patung bertujuan untuk menciptakan keindahan seperti berbentuk hewan, manusia dan sebagainya. Keindahan dari patung itu sendiri dapat kita nikmati dan lihat di Indonesia karena jumlahnya cukup banyak. Misalnya patung di pura, candi Borobudur dan tempat sejarah lainnya.

Lukisan
Contoh seni murni selanjutnya ialah lukisan. Pengertian lukisan ialah seni yang diciptakan dengan teknik penggoresan cat menggunakan kuas dan alat lainnya. Media pembuatan lukisan ini berupa kanvas. Pada umumnya para pelukis terkenal banyak membuat lukisan dengan harga sekitar jutaan sampai ratusan juta untuk setiap lukisannya. Lukisan ini juga hanya dapat dinikmati keindahannya sehingga berguna untuk pajangan atau hiasan dinding saja.

Pengertian Seni Rupa Murni, Fungsi, dan Contoh Lengkap
Gambar Seni Rupa Murni (Lukisan)

Baca juga : Nama Nama Tarian Daerah di Indonesia Beserta Gambarnya

Seni Grafis
Contoh seni rupa murni selanjutnya ialah seni grafis. Pengertian seni rupa murni berbentuk grafis ialah cabang seni rupa murni yang tergolong dalam seni rupa terapan. Seni grafis berguna untuk sarana ilustrasi. Maka dari itu termasuk dalam golongan seni rupa terapan. Namun adapula penggunaan seni grafis untuk hiasan semata sehingga dapat dikategorikan sebagai seni rupa murni juga.

Seni Fotografi
Fotografi bisa juga menjadi contoh seni rupa murni yang simple karena semua orang bisa melakukannya. Pengertian fotografi ialah karya seni rupa murni yang dikembangkan melalui teknologi kamera. Banyak orang yang mengekspresikan dirinya melalui media fotografi tersebut. Biasanya kamera akan mengabadikan objek dengan lebih indah, terlebih lagi jika dipadukan dengan seni fotografi tersebut.

Kaligrafi
Kaligrafi bisa diartikan sebagai tulisan arab yang memiliki nilai estetika yang sangat tinggi. Hadirnya kaligrafi dalam dunia seni sekaligus menandainya sebagai contoh seni rupa murni yang keberadaanya ada di tengah masayarakat. Pengertian seni rupa murni berbentuk kaligrafi ialah karya seni rupa murni yang digunakan untuk menghias dinding. Kaligrafi biasanya di pajang dalam rumah orang Islam maupun di masjid.

Pengertian Seni Rupa Murni, Fungsi, dan Contoh Lengkap
Gambar Seni Rupa Murni (Kaligrafi)

Topeng
Siapa yang tidak kenal dengan adanya topeng. Topeng merupakan salah satu contoh seni rupa murni yang dapat digunakan untuk pajangan dinding. Selain itu topeng juga digunakan untuk properti tari dan sebagainya. Jenis seni rupa murni ini dapat meningkatkan nilai keindahan yang terdapat di dalam rumah dan sebagai media ekspresi suasana hati manusia.

Mozaik
Mozaik juga bisa menjadi contoh seni rupa murni yang keberadaanya nyata di tengah masyarakat. Pengertian seni rupa murni berbentuk mozaik ialah seni murni yang berasal dari potongan atau pecahan batu kecil, kaca atau keramik yang dirangkai menjadi karya baru. Jenis karya seni murni ini biasanya digunakan sebagai hiasan dinding karena terlihat indah dipandang.

Ukiran
Contoh seni murni selanjutnya ialah seni ukiran. Pengertian ukiran ialah seni memahat kayu atau batu sesuai dengan keinginan. Bentuk seni ukiran tersebut dapat menyerupai bunga, kehidupan, ataupun makhluk hidup. Ukiran dapat digunakan sebagai pajangan kantor ataupun rumah.

Inilah penjelasan mengenai pengertian seni rupa murni, fungsi seni rupa murni, dan contoh seni rupa murni. Seni rupa murni ialah cabang seni rupa yang menciptakan sebuah karya untuk sekedar ekspresi jiwa seperti lukisan sehingga cenderung berfokus pada segi keindahan untuk dinikmati. Semoga artikel dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *