Pengertian Sistem Ekonomi, Fungsi, Ciri dan Jenisnya Lengkap

Pengertian Sistem Ekonomi, Fungsi, Ciri dan Jenisnya Lengkap - Masing masing negara di dunia mempunyai kebijakannya sendiri dalam hal penentuan sistem ekonomi. Penerapan sistem ekonomi ini digunakan untuk menyelesaikan dan menghadapi persoalan dalam bidang ekonomi. Metode penyelesaian yang digunakan oleh masing masing negara memang berbeda satu sama lain karena disesuaikan dengan keadaan dan situasi di dalam negara itu sendiri. Lantas apa definisi sistem ekonomi itu? Apa saja fungsi sistem ekonomi? Apa saja jenis jenis sistem ekonomi itu?
Pengertian Sistem Ekonomi, Fungsi, Ciri dan Jenisnya Lengkap
Sistem ekonomi dan perekonomian negara
Terdapat banyak sekali perdebatan yang masih simpang siur tentang pengertian dan jenis sistem ekonomi negara di seluruh dunia. Perdebatan tersebut tentunya berasal dari cendikiawan dan pakar yang mendalami sistem ekonomi negara dan sistem perekonomian dunia. Namun pada dasarnya semua perbedaan pendapat tersebut jika disimpulkan mengarah pada hal yang sama. Lantas seperti apa materi sistem ekonomi tersebut?

Sistem ekonomi dapat diartikan sebagai sebuah metode yang digunakan untuk menghadapi atau menyelesaikan masalah di sebuah negara dalam bidang ekonomi. Sistem ekonomi yang dimiliki oleh setiap negara memang berbeda beda. Hal ini karena disesuaikan dengan kondisi dan situasi terjadinya peristiwa di negara tersebut. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian sistem ekonomi, fungsi sistem ekonomi, dan jenis jenis sistem ekonomi lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Sistem Ekonomi, Fungsi, Ciri dan Jenisnya Lengkap

Pembahasan tentang jenis sistem ekonomi negara beserta dengan fungsinya sudah banyak terdapat pada buku pembelajaran. Kita bisa dengan mudah menemukan materi sistem ekonomi ini pada pelarajan IPS dan Ips ekonomi. Pentingnya mempelajari berbagai jenis sistem perekonomian dan ekonomi ini juga tertuang dalam silabus pendidikan kurikulum 2013 revisi.

Dalam materi sistem ekonomi sendiri terdapat beberapa sub bagian yang menjadi pokok informasi. Diantaranya adalah pengertian sistem ekonomi baik menurut para ahli ataupun secara umum, fungsi sistem ekonomi yang sudah diterapkan di berbagai negara, dan peran serta sistem itu sendiri. Lantas seperti apa pembahasan materi sistem ekonomi tersebut? silahkan simak artikel ini hingga selesai.

Pengertian Sistem Ekonomi Menurut Para Ahli

Apa yang dimaksud sistem ekonomi itu? Sistem ekonomi didefinisikan sebagai sebuah sistem di suatu negara yang digunakan untuk mengatur seluruh kegiatan perekonomian masyarakat, baik swasta maupun pemerintah. Secara umum kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat dapat dicapai menggunakan prinsip tertentu pada sistem ekonomi. Sistem perekonomian di setiap negara memang berbeda beda tergantung keadaan dan situasi di negara tersebut. Maka dari itu hasil yang diperoleh masing masing negara juga berbeda meskipun sistem perekonomiannya terbaik.

Selain definisi sistem ekonomi secara umum, adapula pengertian sistem ekonomi menurut para ahli. Banyak ahli dan pakar ekonomi berpendapat serta memiliki pandangan tersendiri tentang eksistensi dari sistem perekonomian yang ada.  Di bawah ini terdapat pengertian perekonomian menurut para ahli yaitu sebagai berikut:

McEachern
Definisi sistem perekonomian menurut McEachern ialah seperangkat institusi dan mekanisme yang digunakan untuk memberikan jawaban pertanyaan untuk siapa (for whom), apa (what) dan bagaimana (how) jasa atau barang dapat diproduksi.

Gilarso
Pengertian sistem ekonomi menurut Gilarso ialah semua tata cara dalam mengatur perilaku masyarakat (konsumen, bank, produsen, pemerintah dan lain lain) untuk melaksanakan kegiatan ekonomi (distribusi, investasi, produksi, konsumsi dan lain lain) sehingga satu kesatuan secara dinamis dan teratur dapat tercipta.

M. Manu dan Gregory Grossman
Pengertian perekonomian menurut M. Manu dan Gregory Grossman ialah sekelompok unsur atau komponen yang berupa lembaga maupun unit ekonomi dalam melakukan hubungan, saling mempengaruhi, berinteraksi dan menopang satu sama lain.

Dumatry
Definisi sistem ekonomi menurut Dumatry ialah sebuah sistem yang digunakan untuk melakukan hubungan dan pengaturan ekonomi dalam sebuah ketahanan sesama manusia melalui seperangkat kelembagaan.

M. Hatta
Pengertian sistem ekonomi menurut M. Hatta ialah sebuah sistem di Indonesia yang diterapkan menggunakan asas kekeluargaan dengan baik. M Hatta sendiri adalah seorang cendikiawan asal indonsia yang pernah menjadi wakil presiden RI. Dalam kiprahnya di bidang tata negara beliau pernah merumuskan pengertian, fungsi dan ciri ciri sistem ekonomi negara. Berkat ilmu pengetahuannya pula beliau disebut sebagai bapak perekonomian Indonesia.

Fungsi Sistem Ekonomi

Lazimnya sebuah sistem diciptakan tentu dengan sebuah tujuan. Tujuan dibentuknya sistem ekonomi tersebut tidak lepas dari fungsinya dalam kehidupan bernegara. Perekonomian sebuah negara sangat bergantung pada sistem ekonomi yang digunakan. Sistem ekonomi tersebut pada dasarnya memiliki beberapa fungsi di dalamnya. Adapun beberapa fungsi sistem ekonomi yaitu sebagai berikut:

  • Mendorong sebuah negara dalam melakukan kegiatan produksi.
  • Mengatur semua kegiatan perekonomian yang dilakukan oleh individu.
  • Mengontrol hasil produksi yang dibagi kepada seluruh anggota masyarakat sehingga berlangsungnya kegiatan ekonomi dapat sesuai harapan dan baik.
  • Membuat sebuah mekanisme tertentu untuk menjalankan kegiatan distribusi jasa dan barang sehingga menjadi lebih baik.
Di indonesia sendiri keberadaan sistem ekonomi sudah dirasakan manfaatnya bahkan sejak kita merdeka dulu. Sejak dicetuskan atau diberlakukan sistem ini terbukti mampu mendongkrak perekonomian bangsa. Selain itu dengan sistem ekonomi terpusat yang saat ini dipakai Indonesia juga sebagai acuan sistem perekonomian daerah.


Jenis Jenis Sistem Ekonomi

Setiap negara tentu memiliki kebijakan sendiri dalam mengatur keuangannya. Aturan tersebut tidak terlepas dari diberlakukannya sistem ekonomi di negara tersebut. Baik itu Indonesia, malaysia, amerika, perancis dan negara di benua eropa sekalipun memiliki sistem ekonomi yang berbeda yang dampak dan manfaatnya berbeda pula. Untuk mempelajari perbedaan tersebut simaklah berbagai jenis sistem ekonomi di bawah.

Setelah membahas tentang pengertian sistem ekonomi dan fungsi sistem ekonomi di atas. Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang macam macam sistem ekonomi. Adapun beberapa jenis sistem perekonomian yaitu sebagai berikut:

Sistem Ekonomi Tradisional
Jenis sistem ekonomi yang pertama ialah sistem ekonomi tradisional. Pengertian sistem perekonomian tradisional ialah sistem yang digunakan untuk menjalankan kehidupan ekonomi pada sebuah organisasi fengan berlandaskan faktor produksi apa adanya, tradisi, dan kebiasaan masyarakat turun temurun. Adapun ciri ciri sistem ekonomi tradisional yaitu sebagai berikut:

  • Belum ada kejelasan dalam pembagian kerja.
  • Kehidupannya masih bergantung pada sektor pertanian.
  • Kurang dinamis dan memiliki ikatan dengan tradisi.
  • Kegiatan produksinya masih menggunakan teknologi yang sangat sederhana.

Selain ciri ciri sistem perekonomian tradisional di atas, adapula kelebihan sistem ekonomi tradisional dan kekurangan sistem ekonomi tradisional. Sistem ekonomi tradisional memiliki kelebihan yaitu semua orang mempunyai semangat kekeluargaan dan jujur dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Sedangkan kekurangan sistem perekonomian tradisional yaitu kesejahteraan masyarakat sulit ditingkatkan menuju arah yang lebih baik.

Sistem Ekonomi Komando (Terpusat)
Jenis sistem ekonomi selanjutnya ialah sistem ekonomi komando atau terpusat. Pengertian sistem ekonomi komando ialah sistem ekonomi yang didominasi oleh kekuasaan pemerintah dalam mengontrol aktivitas ekonominya. Di bawah ini terdapat ciri ciri sistem ekonomi Komando atau terpusat yaitu sebagai berikut:

  • Pemerintah mengatur semua kegiatan perekonomian seperti distribusi, konsumsi, produksi dan penetapan harga.
  • Dalam menjalankan usaha tidak terdapat kebebasan perorangan dan bahkan hak milik individunya tidak diakui oleh pemerintah.
  • Negara menguasai seluruh peralatan produksi.

Dalam sistem ekonomi terpusat, para anggota masyarakat mengerjakan kegiatan ekonomi yang dibatasi oleh pemerintah sebagai bentuk kekuasaannya. Meski begitu sistem perekonomian Komando digunakan oleh beberapa negara seperti Negara Eropa Timur (pecahan dari Uni Soviet), Rusia dan Republik Rakyat Cina.

Sistem Ekonomi Kapitalis (Liberal)
Jenis sistem ekonomi selanjutnya ialah sistem ekonomi kapitalis atau liberal. Pengertian sistem ekonomi kapitalis ialah sistem ekonomi yang tidak ada campur tangan dari pemerintah dalam melakukan kegiatan perekonomian oleh semua masyarakat sehingga pelaksanaannya lebih bebas. Adapun beberapa ciri ciri sistem ekonomi kapitalis (liberal) yaitu sebagai berikut:

  • Kegiatan ekonomi dapat dilakukan oleh setiap individu secara bebas.
  • Barang kapital (barang modal) dapat dimiliki secara bebas oleh setiap individu.
  • Keuntungan pribadi dapat diperoleh dalam semua kegiatan perekonomian yang dilakukan dengan berdasar pada semangat.

Dalam sistem ekonomi liberal terdapat pengambilan keputusan ekonomi yang tidak ada campur tangan dari pemerintah sehingga keuntungan pribadi yang dapat diperoleh masyarakat menjadi lebih besar. Sistem perekonomian liberal ini digunakan oleh beberapa negara seperti Kanada, Irlandia, Amerika Serikat, Perancis, Inggris dan sebagainya.

Sistem Ekonomi Campuran
Jenis sistem ekonomi selanjutnya ialah sistem ekonomi campuran. Pengertian sistem ekonomi campuran ialah sistem ekonomi yang rakyatnya diberikan kebebasan oleh pemerintah untuk menjalankan aktivitas ekonomi, tetapi kegiatan tersebut terdapat campur tangan dari pemerintah. Adapun ciri ciri sistem ekonomi campuran yaitu sebagai berikut:

  • Pihak swasta memperoleh batasan tertentu dari pemerintah dalam mengendalikan sektor tertentu, terutama dalam bidang yang berhubungan dengan harkat kehidupan banyak orang.
  • Pengaturan mekanisme pasar memperoleh campur tangan dan kewenangan dari pemerintah melalui kebijakan ekonomi yang terdapat didalamnya.
  • Seluruh kegiatan perekonomian terdapat campur tangan dari pemerintah melalui kebijakan ekonomi yang dikeluarkannya.
  • Hak pilih perorangan diakui oleh pemerintah selama kepentingan masyarakat umum tidak dirugikan.

Dalam sistem perekonomian campuran, pemerintah ikut turut campur tangan dengan tujuan agar penguasaan yang dilakukan oleh sekelompok masyarakat dapat dicegah secara penuh dalam menyediakan sumber sumber ekonominya.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian sistem ekonomi, fungsi sistem ekonomi, dan jenis jenis sistem ekonomi lengkap. Sistem perekonomian merupakan sebuah sistem di sebuah negara yang digunakan untuk mengatur seluruh kegiatan perekonomian masyarakat, baik swasta maupun pemerintah. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Silahkan berkomentar
EmoticonEmoticon